BEE Accounting Version 1.8 User Manual


Mutasi Stock


Mutasi Stock adalah perpindahan item / barang dari satu tempat penyimpanan menuju tempat penyimpanan lain. Suatu contoh untuk mutasi barang dari Gudang menuju toko maka secara Otomatis stcok yang ada pada Gudang akan berkurang dan Stock yang ada diToko akan bertambah.

Cara Akses

 Untuk melakukan analisa stock pada BEE, pilih pada MenuBar Stock --> Mutasi Stock

Mutasi Stock

Data Header Mutasi Stock

Data Detail  Mutasi Stock

Cara Mutasi Stock

  1. Misalkan dicontohkan item barang dengan nama"BOLP Glitter 6 Warna"  pada gudang PT. Buana Sejahtera akan dilakukan mutasi stock dari toko ke dalam gudang  sebanyak 28 pcs dari persediaan di toko yang berjumlah 38 pcs.

    Stock pada toko sebelum mutasi stock
    List Item
    Stock pada gudang sebelum mutasi stock
    Stock Gudang

  2. Pada form mutasi stock pilih gudang asal (point 1 pada gambar) dan gudang tujuan (point 2 pada gambar) kemudian pada data grid isi dengan item barang yang akan dilakukan proses stock masuk yaitu"BOLP Glitter 6 Warna" (point 3 pada gambar). Kemudian masukkan jumlah item yang masuk, dalam contoh ini 28 pcs item akan dipindahkan dari toko ke dalam gudang (point 4 pada gambar).
    Mutasi Stock

  3. Tekan save pada toolbar form untuk menyimpan. Stok item barang "BOLP Glitter 6 Warna"  pada gudang akan menjadi 28 pcs dari yang sebelumnya 0 pcs. Dan pada toko akan menjadi 10 pcs. (lihat gambar dibawah).

    Stock pada toko sesudah mutasi stock
    List Item
    Stock pada gudang sesudah mutasi stock
    List Item


Lihat Video