BEE Accounting Version 1.8 User Manual


Retur Penjualan


Retur penjualan adalah dokumen yang menyimpan data pengembalian item yang telah diorder sebelumnya oleh customer. Pengembalian item bisa dikarenakan ketidak sesuain pesanan atau barang yang diterima rusak atau cacat. Data pengembalian item bisa diimport dari invoice penjualan atau dari data pengiriman.

Cara Akses

 Untuk memasukkan order pengiriman di BEE, pilih pada MenuBar Penjualan --> Retur Penjualan

retur penjualan

Proses Retur Penjualan

Pada proses Retur penjualan terdapat 2 jenis transaksi, yaitu :
  1. Retur Penjualan Credit
    Retur Penjualan credit adalah proses Retur dengan mengembalikan barang yang telah dibeli dengan tidak diganti dengan uang / cash. Untuk nota Retur penjualan dapat digunakan sebagai nota potong untuk invoice penjualan dengan termin credit.
     
  2. Retur Penjualan Cash
    Retur penjualan cash adalah Retur penjualan dengan mengembalikan barang yang telah dibeli dan mendapatkan uang ganti / cash. Sehingga untuk proses dipilih termin cash dan pilih cash yang digunakan sebagai pengeluar uang / cash.

Berikut beberapa metode pencatatan data pada dokumen retur penjualan:
  1. Retur Penjualan Standart
    Adalah proses input transaksi penjualan tanpa ada import data dari Order Penjualan atau Pengiriman. Pada proses ini user memasukkan data item, qty harga dan diskon dari suatu barang.
     
  2. Retur Penjualan Item PID
    • Untuk Retur penjualan dengan menggunakan PID dalam jumlah besar dan terurut dapat dilakukan dengan menggunakan cara Proses Input Item PID.
    • Namun untuk Retur penjualan yang hanya input PID dengan jumlah sedikit dan PID tidak dalam keadaan urut, maka dapat dilakukan dengan menggunakan proses Input PID Satu per Satu.
    • Untuk merubah harga, discount detail pada Item yang menggunakan PID dalam jumlah banyak akan menjadi lebih mudah dilakukan dengan menggunakan cara Edit Harga PID.

  3. Retur Penjualan import dari Penjualan
    Pada proses ini input item, harga serta discount tidak perlu memasukkan data item secara manual. Sehingga user dapat mengetahui harga jual yang telah dikenakan kepada customer dana dapat pula diperhitungkan harga potong untuk customer.

  4. Retur Penjualan import dari Pengiriman
    Sama halnya dengan proses penjualan dengan import dari Order penjualan, pada proses ini user tinggal memasukkan data penjualan berdasarkan data pengiriman.

Data Header Penjualan

Data Detail Retur Penjualan



Lihat Video