Home / Uncategorized

Uncategorized

Cara Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil

Musim puasa menjelang lebaran seperti saat ini adalah momen yang tepat untuk memulai bisnis modal kecil khususnya bisnis rumahan kuliner. Namun jika Anda akan beralih kuadran dari menjadi karyawan menjadi wirausaha, ada dua masalah utama untuk memulai sebuah bisnis kecil yaitu: membuka bisnis kecil Anda yang sekaligus atau secepatnya menghasilkan uang dan juga Anda tetap harus membayar tagihan dan biaya hidup Anda sementara yang dulunya Anda biayai dari gaji sebagai karyawan.

Berikut ini solusi dua masalah utama ini untuk memulai bisnis kecil dan bagaimana Anda bisa mengatasinya.

Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Segera Menghasilkan Uang

Terlalu banyak orang yang membuang waktu dan uang mereka dalam sebuah bisnis kecil yang merugi. Mengapa mereka melakukannya? Karena mereka ingin melakukan hal tertentu dan melupakan hukum dasar bisnis (bisnis itu menguntungkan) yaitu harus ada permintaan pasar. Misalnya saja Anda adalah tukang daging yang sangat berbakat namun jika Anda mendirikan toko daging di kota yang sepenuhnya vegetarian, tidak akan ada gunanya!

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda mempertimbangkan untuk membeli bisnis yang sudah ada atau memulai bisnis kecil dari awal? Lantas, “Bagaimana bisnis ini menghasilkan uang?” Pertanyaan kedua adalah, “Berapa banyak uang yang akan dihasilkan?” Anda perlu mengetahui jawaban ini jika ini adalah cara yang Anda harapkan untuk mencari nafkah.

Tahapan Memulai Bisnis Kecil Anda agar Bisa Segera Menghasilkan Uang

  • Lakukan Riset Pasar Anda dimana kebutuhan pasar didahulukan; ide dan / atau keinginan Anda harus menempati urutan kedua (atau bahkan ketiga). Misalnya saja Anda tidak dapat memulai bisnis yang sukses jika tidak ada cukup banyak orang yang mau dan mampu membeli produk atau layanan Anda di area layanan Anda.
  • Mulai Temukan dan Jual ke Pasar Target Anda dan kemudian mulailah usaha di bidang tersebut.
  • Lakukan Rencana Bisnis dan mulailah dengan Riset pasar. Tujuan utama dari rencana bisnis adalah perlindungan terbaik Anda terhadap kegagalan bisnis.

Dari sekian banyak alasan untuk memulai rencana bisnis, yang utama adalah ini: setelah selesai suatu pekerjaan, maka Anda akan tahu apakah ide bisnis yang Anda usulkan dapat diubah menjadi bisnis kecil yang menguntungkan.

Beli Waralaba yang Menguntungkan Daripada Memulai Bisnis Kecil Dari Awal

Waralaba yang menguntungkan bisa jadi cocok bagi pemula karena orang lain telah bekerja memulai usaha tersebut, dan terbukti sukses menghasilkan sesuatu bisnis yang menghasilkan uang. Jika Anda memiliki uang untuk membeli waralaba yang menguntungkan dan merupakan tipe orang yang tidak mau repot trial and error maka membeli waralaba yang menguntungkan bisa menjadi solusi ideal untuk Anda.

Membuka Bisnis Baru Jangan Berorientasi Langsung untuk Menghasilkan Uang

Jika bukan berasal dari sistem waralaba yang menguntungkan, bisnis baru biasanya butuh waktu antara enam bulan hingga beberapa tahun untuk menjadi bisnis yang menguntungkan. Jadi salah satu masalah utama bagi orang yang memulai bisnis kecil adalah membiayai hidup mereka sampai bisnis baru mereka mulai menghasilkan uang. Apa yang bisa Anda lakukan? Itulah yang harus Anda persiapkan sebelum memulainya.

Solusi untuk Bisnis Baru Agar Bisa Bertahan Hidup dan Menghasilkan Uang

  • Punya Pasangan Pendukung: Bagi banyak orang memulai bisnis kecil, bisa jadi adalah solusi terbaik. Pasangan yang bekerja dapat menanggung biaya hidup dan berkontribusi pada biaya untuk memulai bisnis baru.
  • Gunakan Tabungan Anda: Banyak orang menggunakan sebagian dari tabungan mereka untuk menjaga diri dan keluarga mereka agar tetap bisa bertahan ketika mereka memulai bisnis kecil. Uang pribadi adalah sumber paling umum dari modal awal bisnis, baik dari tabungan, menggadaikan kembali rumah (KPR), atau menjual properti.
  • Pinjam Bank: Jangan anggap pinjaman bank sebagai sumber dana. Kebijakan bank sangatlah ketat, bank telah mengatakan berulang kali bahwa mereka memberikan pinjaman kepada usaha kecil dengan rencana bisnis yang kuat atau yang sudah berjalan setidaknya 3 tahun.

Memahami cara memulai sebuah usaha baru sama pentingnya dengan keberanian untuk memulai usaha itu sendiri. Diluar itu, banyak berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman adalah cara terbaik memulai usaha baru.

3 Strategi Marketing untuk Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri seharusnya bisa dijadikan momen untuk meraih keuntungan maksimal bagi pebisnis. Ada banyak bisnis yang cocok untuk lebaran, yang paling dominan adalah bisnis kuliner dan pakaian. Keuntungan adalah aspek paling penting dari bisnis apa pun, karena tidak ada gunanya menjalankan bisnis yang tidak menghasilkan laba. Agar bisa maksimal harus didukung dengan strategi promosi yang tepat, salah satunya promosi online yang sedang booming saat ini.

Agar berhasil dan bisnis Anda menjadi besar di pasar, Anda harus berpikir out-of-the-box di momen lebaran kali ini. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah berorientasi pada profit, dan mengembangkan strategi dengan biaya minimal. Berikut ini caranya:

Gunakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Keuntungan Anda

Meskipun mall dan pusat perbelanjaan teta ramai di Hari Raya Idul Fitri, namun sejatinya transaksi online di luar mall jauh lebih besar. Saat ini, perilaku belanja konsumen telah berubah secara drastis. Semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler dan media sosial untuk berinteraksi termasuk dalam mebeli produk sesuai dengan merek yang mereka kenal. Hal ini telah membuka jalan bagi bisnis untuk menggunakan peluang ini demi keuntungan mereka. Dengan platform media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Instagram dll, Anda juga dapat mengubah strategi promosi Anda dan meningkatkan pendapatan dengan memanfaatkan media sosial ini. Menurut penelitian emarketer, 50% pemilik bisnis kecil di Amerika Serikat menggunakan media sosial sebagai taktik pemasaran digital utama mereka karena membantu mereka terhubung dengan pelanggan baru. Di Indonesia, cepat atau lambat akan mengarah kesitu juga.

Selain Facebook, saluran media sosial lainnya juga bisa digunakan. Pinterest, misalnya, telah memperkenalkan pin buyable; Twitter memiliki tombol “Beli Sekarang”; Instagram memiliki platform yang mudah dijual melalui iklan. Disis lain saat memposting video yang menarik,YouTube dapat memberi Anda dimbal balik yang besar. Media sosial juga membantu Anda berinteraksi dengan banyak orang yang tentu saja bisa menciptakan peluang bisnis baru. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Laporan Keuangan Lengkap

Gunakan Referensi Dan Program Afiliasi

Referensi semakin menjadi komponen penting dari strategi penjualan yang sukses. Jika dahulu  rujukan datang dari mulut ke mulut adalah cara mudah, di era mas kini viral begitu efektif untuk meningkatkan keuntungan Anda. Jika pelanggan secara aktif berbicara tentang produk atau layanan Anda dan membawa prospek ke proses “closing deal” tentu ini yang diharapkan pemilik produk. Referensi tidak otomatis. Beberapa terjadi begitu saja tetapi sebagian besar terjadi karena Anda melakukan sesuatu untuk memicu mereka. Anda harus belajar untuk bertanya kepada pelanggan Anda, meskipun dengan mengutarakannya dalam bentuk semacam bantuan. Kenapa begitu? Karena orang suka membantu orang lain, terutama ketika mereka sudah mengenal mereka. Program inilah yang dinamakan afiliasi.

Anda dapat melakukannya dengan menargetkan pelanggan Anda yang paling berpengaruh. Tidak hanya afiliasi memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif, mereka juga melindungi Anda dari para pesaing. Jika Anda memiliki cukup afiliasi di ceruk bisnis Anda, hal itu akan membuat lebih sulit bagi pesaing untuk mengambil pangsa pasar Anda.

Strategi Periklanan Online yang Tepat

Jika 2 strategi diatas belum juga masuk target, jangan berkecil hati, karena ada pilihan lain yang dapat Anda ubah, bahwa itu jauh lebih sederhana, murah, dan terbaik dari semuanya, efektif .

Iklan online telah menjadi salah satu pilihan favorit untuk bisnis yang ingin menarik prospek karena memungkinkan mereka meningkatkan visibilitas mereka di platform utama Internet secara instan. Contoh dari platform ini termasuk Google, Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Pengguna yang mengklik iklan untuk produk atau layanan tertentu jauh lebih tersegmentasi, karena mereka sudah dalam tahap keputusan dan oleh karena itu lebih prospektif  untuk berubah menjadi pelanggan bisnis Anda.

Salah satu keuntungan dari strategi ini adalah Anda hanya membayar untuk iklan yang diklik saja. Sederhananya, Anda memutuskan apakah Anda membayar untuk tayangan, klik, prospek atau konversi. Misalnya, jika sasaran utama Anda adalah meningkatkan penjualan, kampanye yang berfokus pada konversi adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Selain strategi diatas, jangan lupa untuk ikut berbagai macam bazar yang biasanya banyak digelar dalam menyambut hari raya lebaran. Bahkan banyak juga yang gratis biayanya sehingga bisa mendukung strategi marketing usaha Anda.

Berbagai Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Coba

Ibu rumah tangga sejauh ini punya waktu luang di sela kesibukan mengurus rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk menjalani usaha rumahan. Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sebenarnya banyak, tinggal menyesuaikan dengan minat dan kondisi di rumah. Prinsipnya cuma satu, usaha rumahan tersebut harus fleksibel dari sisi waktu dan tidak perlu meninggalkan rumah. Peluang usaha rumahan apa sajakah yang cocok utnuk ibu rumah tangga tersebut? Deretan daftar usaha rumahan berikut ini bisa dicoba:

Membuka jasa penitipan dan perawatan Anak

Peluang usaha rumahan ini cocok dengan naluri ibu rumah tangga dan aktivitas harian yang dijalani. Bisa saja awalnya ditawarkan untuk membantu menjaga anak sambil menjaga anak sendiri. Setelah berkembang bisa ke arah profesional. Anda juga dapat menghasilkan uang dengan menawarkan layanan Anda sebagai pengasuh anak, atau pengasuh lansia. Kumpulkan beberapa rujukan positif dari teman dan anggota keluarga, lalu sebarkan info bahwa Anda membuka bisnis tersebut. Tempat-tempat komunitas seperti Facebook, projects.co.id, dsb adalah tempat bagus untuk mempromosikan bisnis Anda (dan semuanya itu gratis lho)!

Jika usaha rumahan nantinya semakin besar, tak ada salahnya belajar dari bisnis skala global dengan membaca Buku FabJob tentang bagaimana cara Menjadi Pemilik Tempat Penitipan Anak yang profesional.

Mejadi Penulis Freelance

Anda tidak perlu seorang lulusan jurusan bahasa Indonesia atau Inggris untuk menjadi penulis lepas. Pada kenyataannya, peluang usaha rumahan ini adalah cara yang menyenangkan untuk mencari tambahan uang jika Anda suka menulis dan semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda mendapatkan rating pelanggan dan penghasilan.

Ada banyak situs untuk freelancer di bisnis ini. Mereka bisa menjadikan situs tersebut sebagai tempat untuk terhubung, sambil berbagai proyek serta untuk mendapatkan pengalaman dan membangun portofolio Anda. Projects.co.id, frelancer.co.id, sribuancer.co.id, Upwork, Problogger, People Per Hour, Fiverr, Profinder by LinkedIn, Workhoppers, Toptal, Guru.com, Craigslist adalah platform marketplace yang dimaksudkan.

Menghasilkan Uang dari aktivitas Blogging

Bagi yang hobi menulis, memulai membuat blog merupakan langkah yang tepat. Setelah blog Anda mulai ramai dikunjungi pembaca maka blog Anda tersebut bisa dimonetisasi sendiri untuk menghasilkan uang. Tidak rumit untuk memulainya. Anda dapat menggunakan opsi WordPress gratis atau Blogger yang merupakan platform gratis komersial untuk memulai usaha rumahan ini. Keduanya memiliki fitur serupa terkait fungsi dan desain, dan keduanya dapat dimonetisasi, melalui jaringan iklan masing-masing. Jika sudah mulai canggih bisa beralih ke hosting dan domain berbayar.

Ujung-ujungnya, Anda dapat memonetisasi blog Anda, dengan menggunakan WordAds atau iklan AdSense Blogger.

Jual Barang secara Online

Sambil melakukan aktivitas harian di rumah, Anda bisa mulai berjualan online mulai dari pakaian anak-anak hingga buku-buku bekas, CD, DVD, permainan anak, busana dewasa dan masih banyak lagi yang semuanya dapat dijual secara virtual dengan harga pantas secara online. Beberpa platform marketplace seperti tokopedia dan bukalapak bisa jadi solusi usaha sampingan rumahan tersebut. Anda gak punya produk? Gampang saja, Anda bisa jalankan skema dropship atau reseller. Untuk skala global,  Amazon bisa jadi incaran usaha rumahan Anda selanjutnya

Kesimpulan dari usaha rumahan diatas adalah banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalani ibu rumah tangga dari rumah.  Ingat, bisnis apa pun yang Anda putuskan untuk memulainya, Anda harus memiliki semangat untuk melakukan apapun yang ingin Anda lakukan. Tanpa antusiasme dan kegembiraan melakukannya, Anda akan menjadi bosan dan tidak termotivasi, dan pada akhirnya itu akan gagal. Jangan hanya mengikuti uang, ingatlah, Anda harus mengikuti kata hati Anda dan setelah itu uang yang akan mengikuti Anda.

Mengapa Brand Sangat Penting Untuk Usaha Kecil?

Selain logo yang mudah diingat, branding yang baik meningkatkan nilai perusahaan, memberikan arahan dan motivasi kepada karyawan, dan membuat lebih mudah mendapatkan pelanggan baru. Jadi apa sebenarnya merek itu?

Jawaban singkatnya adalah: semuanya.

Sebuah merek mewakili jumlah persepsi orang tentang layanan pelanggan, reputasi, iklan, dan logo perusahaan. Dan ketika semua bagian dari bisnis ini bekerja dengan baik secara bersama dan keseluruhan maka brand (merek) bisnis Anda akan cenderung sehat. Menurut Discover, Learn & Grow berikut ini alasan mengapa brand sangat pentung untuk usaha kecil Anda:

Branding Menciptakan Kepercayaan

Ketika sebuah perusahaan menampilkan diri mereka secara profesional, dan ketika ada bukti sosial bahwa produk dan layanan mereka berkualitas, prospek akan mempercayai perusahaan itu dan merasa lebih nyaman memberikan uang hasil jerih payah mereka untuk berbelanja produk atau jasa Anda. Disini peran branding sangat penting.

Branding Meningkatkan Pengakuan Akan Produk Atau Jasa Anda

Salah satau cara menciptakan brand yang kuat adalah membuat logo yang berklualitas. Meskipun logo Anda tidak harus menjadi yang terbaik dari semua upaya branding Anda, Anda tetap harus meluangkan waktu dan upaya untuk menghasilkan logo yang mengesankan dan dirancang secara profesional. Logo Anda tidak hanya akan berkesan, tetapi juga akan memberikan kesan yang diinginkan pada perusahaan Anda sehingga ketika orang melihatnya, mereka langsung berpikir dan merasakan apa yang Anda ingin mereka pikirkan dan rasakan.

Branding Mendukung Upaya Pemasaran Anda

Pemasaran adalah komponen penting dari merek Anda. Apalagi jika usaha Anda masih baru dan masih kecil. Media dan saluran yang dipilih serta target demografis membantu membangun merek Anda. Berhati-hatilah dengan fokus pemasaran yang terlalu sempit, atau Anda akan berisiko “dikecewakan” dan kehilangan kemampuan untuk berekspansi ke pasar baru. Lagipula, fokus pemasaran yang terlalu luas juga dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk menciptakan kesan yang jelas tentang perusahaan Anda di benak konsumen. Anda bisa menciptakan branding yang dikelola dengan baik untuk mendukung upaya pemasaran usaha kecil Anda. 

Baca Juga: Inilah Skill Penting Untuk Pengusaha Pemula

Branding memotivasi karyawan

Siapa pun dapat merekrut karyawan, tetapi hanya merek yang kuat yang dapat membuat karyawan termotivasi dan terinspirasi untuk membawa visi dan misi Anda ke depan. Ketika merek Anda terasa membanggakan, maka karyawan Anda juga akan melakukan hal terbaik untuk bisnis Anda. Memiliki brand yang kuat sangat penting untuk meningkatkan moral dan produktivitas karyawan.

Branding Menghasilkan Pendapatan Baru

Branding adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan referensi atau bisnis dari mulut ke mulut. Dan sekali lagi, inilah mengapa penting agar logo, pemasaran, dan reputasi Anda bekerja secara kohesif untuk membentuk kesan yang tak terhapuskan di benak konsumen. Pikirkan tentang hal ini, Anda tidak dapat memberi tahu teman Anda tentang sebuah produk kuliner, misalnya yang baru saja Anda makan jika Anda tidak dapat mengingat mereknya.

Sekarang setelah Anda tahu mengapa penting untuk mengembangkan strategi branding yang solid, berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

1. Selalu Pikirkan Pelanggan Anda

Merek Anda harus menyelaraskan diri dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Saat memulai kampanye branding apa pun, selalu perhatikan pelanggan Anda.

2. Ciptakan Pesan yang Menggambarkan Nilai Bisnis Anda

Anda harus membuat pesan langsung dan sederhana MENGAPA merek Anda penting bagi pelanggan Anda. Sebagian besar konsumen tidak memiliki waktu atau kecenderungan untuk mencari tahu ini atas nama Anda. Merek Anda harus mampu menjawab pertanyaan, “mengapa harus memilih Anda?”

3. Gunakan Emosi

Jika Anda mampu memberi konsumen alasan untuk peduli dan merasakan sesuatu tentang merek Anda, mereka punya alasan untuk membeli produk Anda. Kebanyakan orang membuat keputusan pembelian berdasarkan emosi bukan logika, jadi ciptakan emosi dalam prospek Anda setiap kali mereka melihat merek Anda.

Tidak peduli berapa ukuran usaha Anda, bisnis yang paling sukses adalah yang telah memantapkan diri mereka sebagai pemimpin dalam industri mereka dengan menciptakan merek yang kuat. Dan, ketika bisnis ini fokus membangun pengalaman pelanggan yang berharga, mereka dengan mudah mengubah pelanggan menjadi duta merek Anda.

Teknik Memenangkan Persaingan Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner dapat bertahan dari persaingan ketat bahkan bertahan dari para pemain besar sekalipun, jika merumuskan rencana pemasaran yang unik. Kita harus tahu ceruk pasarnya, mampu mamilih target pelanggan, dan memahami tingkat pesaing dengan sangat baik. Bisnis kuliner sangat kompetitif karena Anda harus bisa mengarahkan pelanggan untuk makan dan menikmati di tempat Anda lebih dari yang mereka lakukan di tempat lain. Jika Anda tidak dapat menarik perhatian mereka, kemungkinan usaha kuliner Anda akan tutup. Sebagian besar bisnis kuliner tutup karena gagal menarik minat orang untuk mencoba dan menjadi pelanggan tetapnya.

Beberapa survei telah menemukan bahwa tingkat kegagalan dalam industri kuliner sebenarnya sangat tinggi. Menurut survei majalah Restoran Startup, 23% dari restoran gagal pada tahun pertama di Dallas, sebuah kota besar di Amerika Serikat di negara bagian Texas. Tetapi penelitian ini juga menunjukkan bahwa jika bisnis kuliner tersebut bertahan pada tahun pertama, maka hanya 14% dan 7% bisnis kuliner yang tutup pada tahun kedua dan ketiga.

Yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan usaha kuliner secara efektif adalah menghindari kesalahan yang dibuat orang lain. Sebagai contoh, banyak pengusaha gagal membuka bisnis kuliner tanpa riset pasar dan pelanggan yang tepat. Berikut Teknik Penting Untuk Memenangkan Bisnis Kuliner yang Bisa Anda Coba

1. Sewa Koki yang Bagus Dan Ketahui Konsep Usaha Kuliner Anda

Pastikan bahwa Anda menyewa seorang koki yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyiapkan hidangan untuk kepuasan pelanggan, jika bisnis Anda dalam bentuk restoran. Koki seperti bintang. Orang pergi ke restoran tertentu karena memiliki jasa koki yang memiliki reputasi untuk menyiapkan hidangan unik yang nyaman di lidah pelanggan. Lokasi restoran Anda juga penting dalam menentukan keberhasilan bisnis Anda. Kunjungi banyak tempat dan lakukan riset untuk mengetahui lokasi mana yang akan penting untuk usaha kuliner Anda. Pastikan restoran Anda berada di area sibuk yang memiliki tempat parkir.

2. Simpan Dana Yang Memadai Sebagai Cadangan

Kemerosotan tiba-tiba dalam bisnis sering tak tertahankan bagi pemilik bisnis kuliner pemula. Jika tak siap dana cadangan, usaha Anda bisa ikut mati seketika. Sebagian besar pebisnis kuliner mulai menyiapkan dana cadangan di musim off ketika pelanggan sepi. Langkah bijak untuk menghadapi situasi uang ketat seperti ini adalah merencanakan pengeluaran modal Anda selama beberapa bulan ke depan.

Umumnya, pemilik usaha kuliner baru membutuhkan waktu sekitar delapan hingga sembilan bulan sebelum mencapai titik impas. Sisihkan cukup uang sampai periode itu berakhir. Selain itu, Anda perlu uang tambahan dalam 1-3 bulan lagi karena dalam masa krisis mungkin akan menghabiskan semua uang anggaran Anda dengan cepat.

3. Gunakan Media Sosial

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pelanggan potensial Anda ada di situs sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi, buat halaman media sosial yang berguna untuk bisnis Anda.

Kemudian, mulailah memposting konten yang relevan untuk memberikan detail dan perkembangan baru yang relevan dengan bisnis kuliner Anda. Pastikan Anda mengirim tweet secara teratur setiap hari. Tujuan di sini adalah untuk melibatkan orang-orang dengan layanan dan bisnis kuliner Anda.

4. Lakukan Promosi Agresif

Promosi agresif bisnis kuliner baru Anda sangat penting untuk mendapatkan pengakuan produk di antara orang-orang. Mereka akan segera mengetahui tentang restoran baru di wilayah mereka. Tidak butuh dana besar yang terlibat untuk publisitas. Yang perlu Anda lakukan adalah mengadopsi beberapa cara pemasaran yang hemat biaya.

5. Menjangkau Blogger Makanan Lokal dan Influencer

Salah satu strategi pemasaran terbesar saat ini adalah memanfaatkan jaringan bisnis lain. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda dapat memanfaatkan jaringan blogger makanan lokal dan influencer dengan terhubung dengan mereka dan membuat mereka berbagi konten yang terkait dengan usaha kuliner Anda. Anda dapat memberi mereka insentif seperti makanan gratis untuk membuat mereka mempopulerkan produk Anda di antara jaringan mereka.

6. Dapatkan Aplikasi Makanan Terdaftar

Beberapa aplikasi makanan bermunculan selama bertahun-tahun karena banyaknya permintaan dari konsumen seperti Go Food misalnya. Konsumen tidak lagi harus melalui direktori yang membosankan atau menjelajahi web selama beberapa menit untuk menemukan tempat makan yang cocok.

Yang harus mereka lakukan hari ini adalah menginstal aplikasi makanan yang mengarahkan mereka ke restoran terdekat. Manfaatkan gelombang teknologi seluler ini dengan cara bermitra dengan aplikasi makanan untuk memastikan bisnis kuliner Anda terdaftar. Menjadi terdaftar di aplikasi makanan ini memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pelanggan potensial.

Jika dijalankan dengan disiplin, strategi diatas bisa membantu Anda memenangkan persaingan dalam bisnis kuliner Anda nantinya.

Inilah Skill Penting Untuk Pengusaha Pemula

Pengusaha harus punya pola pikir yang berbeda dengan karyawan. Umumnya pengusaha harus berani mengambil risiko yang lebih besar daripada seorang karyawan, namun tetap terukur resikonya. Seringkali, risiko kewirausahaan ini bisa dalam bentuk risiko keuangan, risiko masa depan bisnisnya, risiko emosional, atau risiko bisnis secara keseluruhan.

Karena ada begitu banyak risiko kegagalan dalam sebuah bisnis maka menjadi pengusaha pemula butuh skill, dan dibutuhkan keterampilan yang sangat spesifik sehingga seorang wirausahawan bisa sukses seperti berikut ini.

Kemampuan Dalam Komunikasi

Setiap pengusaha perlu menjadi komunikator yang efektif. Apakah seseorang adalah pengusaha pemula ataukah yang sudah menjalankan perusahaan sekelas Fortune 500, mereka perlu memahami cara berkomunikasi secara efektif dengan semua pemangku kepentingan dan pemangku kepentingan potensial yang menyentuh bisnis mereka.

Sangat penting bagi seorang pengusaha untuk dapat berkomunikasi dengan karyawan, investor, pelanggan, kreditor, rekan kerja, dan mentor. Jika seorang wirausahawan tidak dapat mengkomunikasikan nilai perusahaan mereka, kecil kemungkinan perusahaan tersebut akan berhasil. Apalagi jika masih tahap pemula. Mereka juga perlu menguasai semua bentuk komunikasi, termasuk percakapan satu lawan satu, percakapan kelompok, komunikasi tertulis, dan email atau pesan online.

Kemampuan Menjual Produk

Pengusaha yang hebat harus mampu berkomunikasi, menjual produk, fokus pada bidang bisnis yang dia miliki, tekun belajar, dan pintar menyusun strategi secara efektif. Kemampuan untuk terus belajar bukan hanya keterampilan kunci bagi seorang pengusaha, tetapi juga keterampilan hidup yang sangat berharga.

Soft skill penjualan berjalan seiring dengan komunikasi yang diperlukan untuk menjadi sukses. Sebagai wirausaha, orang ini harus bisa menjual apa saja. Pengusaha perlu menjual ide bisnis kepada calon investor, produk atau layanan kepada pelanggan, dan jika perlu menjual diri mereka sendiri dalam lingkup sebagai bagian dari karyawan perusahaan yang dia miliki. Jika seorang pengusaha mampu berkomunikasi secara efektif, mereka lebih siap untuk menjual ide dan produk fisik mereka.

Pada awalnya, wajar bagi pengusaha untuk menjadi tenaga penjualan pertama di perusahaan masing-masing. Keterampilan penjualan tersebut diperlukan untuk menunjukkan nilai bagi semua pemangku kepentingan di dalam dan di luar perusahaan.

Kemampuan Dalam Menjalani Fokus Bisnis

Jalan menuju kewirausahaan yang sukses penuh dengan pasang surut. Ada puncak kegembiraan dan keputus-asaan jika sampai mengalami posisi terendah. Pengusaha yang sukses harus mampu fokus sehingga mereka bisa tetap di jalurnya ketika dalam keadaan sulit.

Salah satu risiko utama yang dihadapi pengusaha adalah risiko ketidakstabilan emosional. Keterampilan ini juga dapat dianggap sebagai landasan penting dalam mencapai tujuan akhir. Tidak peduli apa pun perjuangan yang dilalui seorang pengusaha, seorang pengusaha yang sukses memiliki fokus yang diperlukan untuk mengawasi dengan cermat tujuan akhir bisnisnya dan dapat mendorong dirinya sendiri untuk mencapainya.

Kemampuan untuk belajar

Kemampuan untuk belajar adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki dalam hidup, apalagi dalam berwirausaha. Namun, jika seseorang membangun bisnis, kemampuan untuk belajar diperlukan untuk sukses.

Pasang surut yang dialami seorang pengusaha tidak bisa dihindari. Pengusaha membutuhkan kemampuan belajar yang tinggi — dan keinginan untuk belajar. Jika seseorang mampu belajar dalam situasi apa pun, bahkan kegagalan, mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pengusaha yang sukses. Kegagalan dapat membantu memperluas pengetahuan dan pemahaman seseorang tentang bisnis.

Kemampuan Dalam Mengambil Resiko yang Terukur

Sebagai pengusaha Anda harus belajar untuk bisa tampak lebih nyaman dengan risiko daripada seorang karyawan. Bermain dengan resiko bisa menyebabkan kegagalan yang luar biasa, tetapi juga keberhasilan yang menakjubkan. Pengusaha pemula bersedia untuk hidup tanpa gaji dan tetap  melakukan pengorbanan jangka pendek untuk imbalan jangka panjang. Namun demikian, risiko yang diambil pengusaha perlu dihitung. Resiko yang tidak terkontrol akan membuat usaha Anda mati sebelum berkembang.

Dengan memahami skill penting diatas, diharapkan usaha Anda akan terukur dan bisa mengantarkan Anda menuju sukses.

Kesalahan Pengusaha Pemula yang Berakibat Gagalnya Bisnis

Hari-hari ini, di dunia maya yang sedang booming ini, tak jarang kita jumpai berita tentang kisah sukses para pengusaha di Internet yang sukses dalam “semalam”. Puluhan juta bisa diraup hanya dalam sebulan. Dan ini memungkinkan di dunia digital dengan penetrasi pasar yang sangat masif seperti saat ini. Tapi, apakah hal seperti itu bisa bertahan lama dan apakah memang bisa diraih dalam waktu singkat?

Tentu saja tidak. Suka atau tidak suka, kerja keras, keberuntungan, kesulitan keuangan, dan jutaan hal lain diperlukan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Jadi, tahukah Anda bagaimana tingkat kegagalan pengusaha? Penelitiannya bervariasi, dan beberapa diantaranya mengatakan angka yang sebenarnya tidak mungkin dilacak. Angka-angka yang saya lihat cukup tinggi – sebagian besar berada di sekitar level 75%, sementara beberapa bahkan mengatakan bahwa 95% dari semua startup akan gagal pada tahun pertama mereka. Oleh karena itu, ada baiknya Anda belajar memahami kesalahan pengusaha pemula yang berakibat gagalnya bisnis untuk dihindari seperti berikut ini:

1. Kurang Fokus

Saya telah melihat banyak calon pengusaha gagal hanya karena mereka “ada di mana-mana” dengan tidak fokus pada apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan. Mereka mencoba begitu banyak bisnis yang berbeda dalam beberapa tahun pertama mereka sehingga mereka tidak pernah mendapatkan apa-apa. Kondisi seperti ini perlu disingkirkan dalam proses “pra-peluncuran” Anda. Itu berlaku untuk semua bisnis agar sukses.

Misalnya, jika Anda tahu ingin menjual produk secara online, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui persis apa yang ingin Anda jual dan bagaimana Anda ingin menjualnya. Contoh kesalahan mendasar misalnya saja Anda baru saja meluncurkan situs web suatu produk dan kemudian secara konstan mengubah fokus dari menjual cup cakes misalnya dan kemudian menjadi menjual obeng dan berubah lagi menjadi menjual pakaian dalam wanita adalah cara yang pasti membuat bisnis Anda akan “selesai” bahkan sebelum Anda memulainya.

2. Berbisnis di bidang yang bukan passion (gairah) atau Bakat Anda

Bisakah Anda berhasil terlibat dalam sesuatu yang tidak Anda sukai? Bisa saja, namun seberapa besar kemungkinan Anda akan tetap merasa termotivasi setelah melakukannya selama enam bulan? Betapa lebih mudahnya jika Anda memilih sesuatu bisnis yang Anda sukai?

Dari pengalaman pribadi dan dari berbicara dengan pemilik usaha kecil lainnya, saya dapat memberi tahu Anda bahwa sangat penting untuk mengikuti hasrat, bakat, dan impian Anda. Dedikasi adalah faktor yang sangat besar, terutama di awal usaha Anda, dan pengetahuan atau bakat yang sudah ada sebelumnya yang Anda miliki akan membuat segalanya lebih mudah bagi Anda. Gairah alias passion ini adalah salah satu karakteristik utama seorang wirausahawan dengan mengikuti pada apa yang Anda ketahui dan cintai.

3. Ketidaksabaran

Pastikan Anda melakukan uji persiapan bisnis Anda secara tuntas dan melakukan penelitian dengan tepat sebelum memulai bisnis Anda. Ini kembali ke titik pertama saya pada fokus diatas tadi. Setiap wirausahawan yang sukses akan memberi tahu Anda bahwa akan terjadi kesalahan dalam perjalanan bisnis Anda, dan penting untuk belajar dari kesalahan ini dan beradaptasi terhadap hal baru. Namun, Anda harus cukup siap sehingga Anda dapat menghindari kesalahan besar, mahal yang kadang-kadang dapat menenggelamkan ide Anda.

4. Terlalu Ragu

Sebelum Anda memulai bisnis baru, bahkan jika itu adalah keinginan Anda, perlu ada sejumlah penelitian atau setidaknya semacam survei yang dilakukan sebelum mengambil risiko membuka bisnis tersebut.

Saya telah melihat orang-orang yang sepertinya puas melakukan penelitian terus-menerus tentang suatu bisnis, dan terlalu takut untuk benar-benar meluncurkannya. Ingat, akan selalu ada sejumlah risiko dan ketidakpastian dalam bisnis baru apa pun yang akan Anda buka. Jika Anda tidak mau mengambil risiko itu atau tidak punya keinginan untuk itu, Anda tidak akan pernah berhasil. Anda harus bisa keluar dari saat-saat keraguan itu!

5. Tidak Mencari (atau Mengabaikan) Nasihat Orang Lain

Tidak ada yang tahu semua bisnis secara detil. Anda harus belajar dan mau mendengaran nasihat orang lain. Parkirkan ego Anda di depan pintu dan mintalah nasihat orang lain. Bicaralah dengan pengusaha sukses, dan jika mungkin, dapatkan saran dari orang-orang yang pernah melakukan apa yang ingin Anda lakukan.

Tentu saja, mereka tidak akan memberikan rahasia bisnis terbaik mereka tentang apa yang membuat mereka sukses, tetapi Anda mungkin akan terkejut dengan kesediaan mereka untuk membantu Anda dengan beberapa masalah saat Anda mencoba memulainya.

Jadi, membuka usaha penuh dengan resiko, oleh karena itu Anda harus banyak belajar tentang kesalahan yang biasa dilakukan pengusaha pemula seperti uraian diatas agar kelak bisa menghindarinya.

Berikut Strategi Manajemen Kasir yang Wajib Anda Terapkan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Strategi Manajemen Kasir mutlak dipahami dan dijalankan dengan baik. Strategi Manajemen Kasir yang dijalankan dengan baik bisa efektif mendukung kelancaran arus kas perusahaan. Ingat, arus kas merupakan jantungnya perusahaan yang akan mampu mendorong perputaran bisnis agar tetap bisa berlangsung dengan baik.

Dalam jangka panjang, arus kas, ekuitas dan pembiayaan utang adalah sumber modal kerja terbaik. Namun, opsi ini mungkin tidak tersedia untuk semua bisnis. Dalam kasus seperti itu, ada strategi manajemen arus kas alternatif yang dapat digunakan oleh usaha kecil untuk mengurangi tekanan biaya pada modal kerja mereka. Inilah beberapa di antaranya:

1. Minta pembayaran deposit

Perusahaan yang produk atau layanannya membutuhkan uang tunai adalah kandidat yang baik untuk meminta klien pembayaran deposit. Desainer grafis, desainer web, agensi pemasaran, agensi PR, dan bahkan perusahaan konstruksi termasuk dalam kategori ini.

Tidak semua klien mungkin bersedia melakukan setoran atau pembayaran deposit. Jadi, dorong pelanggan Anda untuk meminta deposit kepada pelanggan mereka. Hal ini akan menambah arus kas Anda menjadi lebih baik lagi.

2. Minta pelanggan membayar lebih cepat

Opsi lain untuk mengelola arus kas adalah membuat pelanggan membayar lebih cepat. Cara ini bisa dalam beberapa bentuk. Bentuk paling sederhana adalah memberikan diskon kepada vendor, misalnya saja dengan sistem 2/10, yang mengharuskan pelanggan memberikan diskon 2% jika faktur dibayar dalam waktu 10 hari. Jika tidak, jumlah penuh akan jatuh tempo dalam 30 hari. Ini bisa menjadi proposisi yang menarik bagi pelanggan perusahaan, karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan setara dengan 70% hanya dengan membayar tagihan mereka lebih cepat.

 3. Potong atau tunda pembayaran biaya

Jika pelanggan tidak bisa membayar lebih cepat, opsi lain adalah menunda pengeluaran. Strateginya dapat mengambil berbagai bentuk, tergantung pada bisnis Anda. Perusahaan manufaktur dapat mempertimbangkan untuk menggunakan input berbiaya lebih rendah untuk mengirimkan barang atau layanan yang sama, sementara perusahaan jasa dapat memilih untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pekerjaan yang sama.

Perusahaan juga harus mempertimbangkan menyiapkan persediaan yang ada sebelum membeli persediaan baru, atau merekrut karyawan paruh waktu atau kontrak untuk menggantikan karyawan penuh waktu.

4. Minta persyaratan pembayaran yang lebih menguntungkan dari vendor

Demi menghargai klien mereka, vendor memiliki insentif yang kuat untuk membantu membiayai pembelian pelanggan mereka. Mendapatkan tempo dua minggu untuk melakukan pembayaran bisa sangat membantu. Jika ketentuan pembayaran Anda adalah 15 hari, minta 30 hari. Jika mereka 30 hari, minta 45 hari. Bergantung pada hubungan Anda dengan vendor Anda, Anda akan menemukan bahwa setidaknya beberapa dari mereka akan terbuka untuk pengaturan yang lebih menguntungkan.

Dan, gigihlah! Mungkin Anda pernah mencoba meminta persyaratan pembayaran yang lebih menguntungkan dari sebelumnya. Anda tidak akan rugi banyak dengan usaha keras Anda, baik untuk menanyakan vendor yang sama atau vendor yang berbeda. Tentu saja, semakin Anda tepat waktu dan dapat diandalkan, semakin besar keinginan mereka untuk memperpanjang masa kontrak kerjasama mereka.

5. Tingkatkan margin

Meningkatkan margin akan membantu bisnis Anda menghasilkan lebih banyak uang tunai yang dapat digunakan untuk mendanai operasi bisnis Anda. Satu-satunya cara bisnis yang dapat meningkatkan margin adalah dengan menaikkan biaya atau mengurangi biaya untuk proses pengiriman produk atau layanan. Cara ini mungkin tidak cocok untuk semua bisnis. Namun, menaikkan harga adalah pilihan nyata bagi bisnis dengan permintaan kuat untuk produk atau layanan mereka. Atau bisa juga Anda meningkatkan margin dengan produk yang unik, atau proposisi nilai yang tidak tersedia dari pesaing. Setiap kenaikan harga harus diposisikan dengan hati-hati untuk menghindari pelanggan yang kabur.

Selamat mencoba !

6 Ide Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil

Bisnis makanan seolah tak ada matinya karena merupakan jenis produk fast moving goods alias cepat laku. Cara tercepat untuk terjun di bisnis ini adalah dengan mengambil produk Franchise Makanan dan Minuman yang banyak kita jumpai saat ini. Ada makanan ringan, pia, mandarin cake, lapis legit, roti bermacam-macam dan kue dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini beberapa usaha makanan yang sedang tren apalagi menjelang lebaran seperti saat ini:

Pia Cookies ~ Gurih & Crispy

Pia adalah kue tradisional yang renyah, gurih dan dibuat dalam berbagai rasa. Salah satunya adalah Pia Cookies ~ Gurih & Crispy di Bali. Kerenyahan pia yang unik membuat pecinta makanan ingin mencoba dan mencoba lagi. Pia Cookies ~ Gurih & Crispy ini sangat lezat dan mengisi bagian dalam rongga mulut Anda dan tidak mudah hancur di tangan Anda karena Pia Cookies ~ Gurih & Crispy secara higienis dan alami dikeringkan tanpa pengawet melalui proses standar yang telah dibuat secara unik.

Pia Cookies ~ Gurih & Crispy hadir dalam berbagai rasa, antara lain CHEESE, CHOCOLATE dan MUNG BEANS. Ketika mengunjungi Bali jangan lupa untuk membeli hadiah Bali yang lezat dan lezat ini. Pia Cookies ~ Gurih & Crispy telah menjadi salah satu produk hadiah yang terkenal dan sangat cocok untuk disajikan sebagai kelezatan yang diterima dengan baik di pertemuan keluarga atau untuk seseorang yang istimewa.

Lapis Legit ~ 1000 lapisan kelezatannya

Lapis Legit merupakan kue berlapis yang sangat nikmat dan bisa dijumpai di kota wisata Bali. Lapis Legit sering dianggap sebagai bagian dari ‘warisan budaya kuliner Indonesia’ karena kue ini telah menjadi bagian integral dari tradisi Indonesia. Kue unik ini idealnya disajikan kepada orang spesial itu; selama acara-acara perayaan seperti Idul Fitri & Natal; disajikan sebagai hadiah khusus untuk acara bisnis dan kenalan bisnis. Kue lapis kami adalah buatan sendiri dengan tekstur lembut dan dibuat tanpa bahan pengawet. Lapis Legit menggunakan bahan berkualitas premium dan ‘Fresh From The Oven’ karena Lapis Legit hanya memproduksi berdasarkan pesanan.

Kebab Turki Baba Rafi

Baba Rafi Indonesia adalah pemilik Kebab Turki Baba Rafi, sebuah industri makanan siap saji dengan menu khasa kebab dari Timur Tengah. Didirikan tahun 2003 dan memulai waralaba di tahun 2005 dengan Kantor Pusat di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia. Sampai dengan tahun 2015 kemarin, jumlah outlet mencapai 1.200+.

Produk Kebab Turki Baba Rafi meliputi kebab, hamburger, sandwich, roti canai, minuman, kripik, makanan beku. Kebab Turki Baba Rafi adalah jaringan kebab terbesar di dunia, yang mengoperasikan lebih dari 1.200 outlet di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Bangladesh. Berkantor pusat di Indonesia, bisnis ini dimulai pada tahun 2003 yang dioperasikan oleh pengusaha muda, Nilam Sari. Mulai tahun 2005, bisnis menerapkan sistem waralaba. Perusahaan ini dimiliki oleh Baba Rafi Enterprise, perusahaan yang juga memiliki Piramizza, Bebek Garang, dan Voila! Indonesia.

Gerai Kebab Turki Baba Rafi dioperasikan baik oleh franchisee atau oleh perusahaan itu sendiri. Kebab Turki Baba Rafi ini juga merupakan pelopor waralaba investasi syariah di Indonesia. Berbagai jenis outlet digunakan, seperti gerobak makanan, toko, stan, gerai 24-jam indoor dan non-stop.

Kebab Turki Baba Rafi terutama menjual kebab, hamburger, sandwich (seperti shawarma dan hot dog), kripik, roti canai, dan makanan beku. Gerai Filipina juga menyajikan minuman, seperti matcha, limun, dan asam.

Klenger Burger

Klenger Burger adalah jaringan restoran Indonesia yang berbasis di Jakarta, dioperasikan oleh PT Kinarya Anak Negeri. Jaringan restoran ini menyajikan hamburger halal yang dirancang untuk memenuhi selera Indonesia. Perusahaan menjual berbagai macam burger, termasuk Raja Klenger 25 cm (King Klenger) yang dirancang untuk melayani tujuh orang.

Didirikan oleh suami dan istri Velly Kristanti dan Gatut Cahyadi, yang sebelumnya mengelola restoran ‘Pondok Sayur Asem’. Nama ‘Klenger’ dimaksudkan untuk menyampaikan rasa saus pedas, seperti pada sambal.

Pada puncaknya, perusahaan ini mengoperasikan sekitar 70 outlet di Jawa, Bali dan Medan di bawah perjanjian waralaba, ditambah beberapa lusin outlet di supermarket Alfa Midi. Namun, pada akhir 2011, perusahaan mengalami restrukturisasi. Hingga Desember 2012, beberapa outlet masih beroperasi. Pada tahun 2013, Klenger Burger hadir dengan konsep baru, Klenger Burger Gourmet dan Klenger Burger Delivery. Juga memperkenalkan logo baru dan maskot baru, Super Klenger.

J.CO Donuts & Coffee

J.CO Donuts & Coffee adalah jaringan restoran kafe yang berasal dari Indonesia yang mengkhususkan diri dalam donat, kopi dan yogurt beku. Perusahaan ini dimiliki dan dikelola oleh Johnny Andrean Group.

Pertumbuhan bisnis

J.CO adalah jaringan kafe donat & kopi tercepat di Indonesia dengan 236 toko dibuka sejak 2005. Mereka telah berhasil menembus ke pasar lokal di Indonesia melawan Krispy Kreme dan Dunkin Donuts untuk menjadi salah satu pemimpin pasar untuk donat dan kopi.

Dalam hal pertumbuhan internasional, mereka telah dengan cepat memperluas jaringan kafe mereka di seluruh negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Hong Kong sehingga total jumlah toko menjadi lebih dari 275 rantai pada tahun 2017.

J.CO membuka cabang pertamanya di Malaysia pada tahun 2007 dengan total 17 toko dibuka pada tahun 2017. Di Singapura, mereka membuka cabang pertama mereka pada tahun 2008 dengan total 3 toko dibuka pada 2018 yang berlokasi di Paya Lebar Square, Raffles City Shopping Mall dan Tampines 1 shopping mall. Pada tahun 2012, J.CO memasuki Filipina dengan sekarang 44 toko dibuka pada 2017. Pada bulan Desember 2016, J.CO membuka cabang pertamanya di Hong Kong.

Donat lembut J.CO juga dikenal karena topping dan isinya yang berkualitas tinggi seperti almond panggang, cokelat hitam dan putih premium, matcha, dan bahan lainnya. Beberapa produk pelengkap yang mereka jual termasuk J.CRONUT (donat croissant), J.POPS (donat ukuran mini), J.CLUB (sandwich donat), J.COOL (yogurt beku), dan pilihan gourmet kue kering, sandwich, dan salad.

Rasa donat J.CO diberi nama menggunakan eponim atau permainan kata seperti permainan kata-kata. Salah satu contohnya adalah, Alcapone, rasa donat paling populer, terinspirasi oleh gangster Amerika yang paling dicari Al Capone. Pada 2017, mereka telah meluncurkan lebih dari 45 rasa, beberapa di antaranya terinspirasi oleh selera lokal seperti kay mereka donat dan kurma donat.

J.COFFEE juga memiliki berbagai macam minuman kopi mulai dari yang klasik hingga es campur; mereka sekarang berkembang menjadi kopi spesial menggunakan metode pour-over dengan biji kopi Arabika premium yang berasal dari Kolombia, Guatemala, dan wilayah Indonesia lainnya.

Es Teler 77

Es Teler 77 adalah jaringan makanan cepat saji yang didirikan di Jakarta, Indonesia, pada tahun 1982. Namanya seolah menjadi referensi untuk minuman elegan yang populer di Indonesia, es teler. Es Teler 77 ini menjual makanan Indonesia lain seperti bakso, selain es teler. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 outlet di Indonesia, ditambah beberapa di Malaysia, Singapura dan Australia.

Perusahaan ini didirikan oleh Sukyatno Nugroho, seorang Tionghoa Indonesia yang juga dikenal sebagai Hoo Tjioe Kiat, yang meninggal, berusia 59 tahun, terserang stroke dalam penerbangan ke Singapura. Perusahaan ini adalah bisnis waralaba pertama di Indonesia. Sukyatno, putus sekolah menengah, membuka kios es pertama pada tahun 1982, dan berkembang mencakup lebih banyak kios, dan pada tahun 1992 membuat keputusan untuk menjadi waralaba makanan cepat saji berbasis di banyak pusat perbelanjaan.

Indonesia saat ini merupakan pasar terbesar untuk usaha makanan dan minuman. Ada banyak restoran baru yang dibuka di mal dan lokasi lain, dari jaringan restoran lokal hingga yang terkenal di AS, Hong Kong, China. Dari santapan lezat, makanan cepat saji, menu makanan daerah gurun hingga minuman berbagai model yang unik, mereka selalu ramai. Beberapa ide makanan ringan modal kecil diatas bisa ditiru untuk dikembangkan dan disesuaikan dengan lokasi Anda.

Sebelum Memperluas Pasar, Simak Tips Berikut ini

Memperluas pasar baru bisa menjadi cara yang efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda. Proses disiplin akan membantu Anda menilai secara akurat potensi setiap peluang bagi pertumbuhan bisnis Anda, karena persiapan yang buruk justru dapat meruntuhkan bisnis Anda.

Persiapan dari sumber daya yang tepat dalam melakukan analisis pasar, seleksi produk dan ceruk pasar yang diincar, dan metode masuk yang tepat dapat menciptakan landasan untuk sukses di pasar yang dipilih. Kami menyarankan lima langkah berikut untuk menilai dengan tepat peluang dan risiko pasar baru yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memperluas pasar.

1. Tentukan Pasar

Mendefinisikan pasar Anda dengan jelas mungkin tampak seperti langkah sederhana, tetapi sebelum Anda mengidentifikasi dengan jelas kepada siapa Anda ingin menjual produk Anda, sulit untuk memahami kebutuhan mereka. Anda perlu mempertimbangkan demografi, lokasi, dan minat atau kebutuhan pelanggan target Anda.

2. Lakukan Analisis Pasar

Memperluas ke pasar baru melibatkan banyak riset pasar di samping target pelanggan. Anda perlu mengembangkan pemahaman mendalam tentang tingkat pertumbuhan pasar, perkiraan permintaan, pesaing, dan potensi hambatan untuk masuk. Ini sangat penting jika Anda ingin memasuki pasar (memperluas pasar) yang relatif tidak terdefinisi.

3. Menilai Kemampuan Internal

Sebagian besar keputusan Anda tentang cara memasuki pasar baru (membangun, membeli, atau bermitra) didorong oleh penilaian kemampuan internal. Selama tahap ini, Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti: Berapa banyak kompetensi inti kita yang dapat kita manfaatkan? Apakah kita memiliki jaringan penjualan / infrastruktur di pasar yang baru?.

Sangatlah penting untuk memahami pasar baru apa pun yang akan Anda masuki, sehingga Anda bisa menyiapkan langkah yang berikut ini:

  • Analisis segmentasi pasar (akankah produk Anda laku di pasar baru ini?)
  • Analisis kesenjangan produk (apakah sudah ada produk serupa yang laris manis di pasar baru ini?)
  • Analisis SWOT (jika produk Anda dihargai lebih tinggi dari barang dagangan lokal, apakah masih bisa bertahan sendiri?)
  • Peluang / ukuran pasar (seberapa besar pasar baru dan berapa lama untuk mencapai penjualan yang ditargetkan?)

Secara umum hal ini masuk dalam kategori analisa SWOT (analisa kekuatan dan kelamahan) yang perlu Anda persiapkan dengan matang.

4. Prioritaskan dan Pilih Pasar yang Paling Memungkinkan untuk Masuk

Setelah Anda menyelesaikan analisis pasar dan penilaian keterampilan internal, sekarang saatnya memprioritaskan pasar potensial untuk ekspansi. Pasar harus diprioritaskan berdasarkan kecocokan strategis dan kemampuan Anda untuk melayani kebutuhan mereka. Jawab pertanyaan seperti: Apakah ada celah di pasar ini yang dapat kita isi (dan melakukannya dengan lebih baik daripada pesaing kita)? Nilai apa yang kami berikan ke pasar ini dan berapa banyak yang mau mereka bayar (daya beli) untuk itu?

5. Kembangkan Opsi Masuk Pasar

Setelah memilih pasar yang menarik, Anda bisa menentukan pendekatan organik yang tepat atau pilihan lain ekspansi melalui serangkaian akuisisi (atau kombinasi keduanya). Jika Anda memiliki infrastruktur pelengkap atau jaringan penjualan di tempat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pendekatan organik untuk pertumbuhan bisnis Anda. Langkah-langkah utama di sini adalah untuk mengembangkan rencana bisnis, besarnya investasi, dan rencana kerja implementasi, termasuk SDM yang akan dimasukkan, jadwal buka pasar baru, pembagian tugas, dan tonggak penting lainnya untuk masuk.

Jika Anda memasuki pasar yang sama sekali baru, dengan aset inti terbatas untuk dimanfaatkan, Anda harus mempertimbangkan usaha patungan / kemitraan atau akuisisi. Opsi-opsi ini memerlukan identifikasi target, penentuan prioritas, uji tuntas, negosiasi kesepakatan, dan kesimpulan akhir untuk eksekusi. Temuan sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi campuran yang tepat dari opsi masuk pasar langsung atau melalui kemitraan yang terkait dengan kompetensi inti bisnis, aset, dan strategi keseluruhan.

Jika dilakukan dengan disiplin, tahapan langkah diatas lebih memudahkan Anda untuk sukses di pasar yang baru Anda masuki. Selamat Mencoba !