Home / Uncategorized

Uncategorized

Dengan 8 Juta Akun Bisnis Terdaftar, Simak Tips Sukses Cara Promosi Di  Instagram Berikut Ini

Instagram terus berubah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling populer dan menarik. Dulunya hanya sebagai media berbagi foto, namun kini bisa buat promosi bisnis, sehingga bagi yang ingin memasarkan produk melalui instagram, mereka harus paham cara promosi di instagram tersebut.

Perlu dicatat bahwa hampir 60% pengguna Instagram jatuh dalam kelompok usia 18-19 tahun. Ini adalah demografi yang sangat berharga untuk bisnis yang mencoba membangun merk berdasar jumlah member yang besar yang juga membuat Instagram sangat kompetitif. Dengan strategi pemasaran terencana dan identitas merek yang kuat, bisnis Anda bisa mendapatkan eksposur yang tepat. Simak cara promosi di instagram berikut ini:

Jadikan Nama Pengguna Anda Sederhana & Mudah Dicari

instagram

Mayoritas pelanggan Anda melakukan pencarian cepat di Instagram Explore. Tugas Anda adalah membuatnya semudah mungkin untuk menemukan Anda. Jangan membuatnya lebih sulit dengan menggunakan nama profil yang berbeda di seluruh jaringan Anda. Jaga agar semua media sosial Anda menangani secara konsisten dan sederhana dengan mengikuti praktik terbaik berikut ini:

  • Sederhana dan mudah dieja
  • Sama di seluruh jejaring sosial
  • Sesuai dengan nilai merek dan perusahaan Anda
  • Tidak ada garis bawah, karakter atau angka khusus

Misalnya, salah satu produk yang sukses di instagram, Revolution Brewery menggunakan pegangan yang sama di seluruh jaringan, cukup diberi judul RevBrewChicago. Nama pengguna yang diperpendek memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi bisnis Anda, dan jika ingin memperkuat jenis usaha yang Anda lakukan bisa dengan menambahkan “Revolution Brewery”  pada contoh ini yang dijadikan sebagai nama profil Instagram, keduanya dapat dengam mudah dicari.

Jadikan Instagram Hashtags untuk memudahkan Sahabat Terbaik Anda mencarinya

Hashtags adalah sumber penemuan yang bagus di Instagram. Baik Anda ingin meningkatkan visibilitas atau menemukan apa yang Anda cari, hashtag untuk Instagram adalah cara terbaik untuk mendapatkannya.

Sebaiknya terus-menerus mencari hashtag terbaru di industri Anda. Hashtag tidak harus benar-benar berkorelasi dengan merek Anda, tetapi harus tetap relevan. Setelah Anda menemukan beberapa kandidat hashtag, gunakan mereka dalam kampanye, untuk menemukan pengikut baru dan dapatkan hasil ekstranya!

Tahukah Anda 7 dari 10 hashtag Instagram bermerek? Itulah mengapa Anda juga harus melihat untuk membuat hashtag bermerek unik Anda sendiri untuk membangun lebih banyak kesadaran di sekitar profil Anda agar bisa follow (mengkuti) Anda. Menggunakan kombinasi hashtags bermerek dan standar adalah cara yang bagus untuk melihat respon pasar. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Facebook

Tunjukkan Pengguna Tempat Anda Berada & Tempat Anda Bisa Dikunjungi

Dengan fitur geotagging di Instagram, cukup mudah untuk membuat Anda terlihat di kota Anda bagi siapapun di seluruh penjuru dunia. Jika bisnis Anda memiliki banyak lokasi, gunakan geotag untuk mempromosikan Instagram Anda di berbagai lokasi. Ini memberi pengguna Instagram kesempatan untuk melihat bermacam-macam foto dan video yang ditandai di lokasi tertentu.

Geotag membuat konten juga mudah disimpan. Ini juga memberi Anda peluang besar untuk melihat konten buatan pengguna yang menampilkan merek atau tempat bisnis Anda. Dari sana, Anda dapat terlibat komunikasi dengan pelanggan yang memberi tag Anda dan berterima kasih kepada mereka karena menggunakan layanan Anda.

Dengan lebih dari 8 juta akun bisnis terdaftar, aplikasi ini telah menjadi platform media sosial yang terbukti ampuh untuk pemasaran dan pembentukan merek. Sekitar 80 juta foto diunggah ke Instagram setiap hari oleh basis pengguna aktifnya yang besar, yang dapat Anda masuki sebagai bisnis dengan memahami cara promosi di instagram yang baik seperti ulasan diatas.

5 Cara Mudah Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Facebook

Untuk memasarkan bisnis Anda dengan sukses di Facebook, Anda perlu memahami peluang unik dan cara promosi di facebook, dan bagaimana peluang unik itu berbeda dari media lain. Anda tidak boleh sama menjalankan iklan di facebook sama dengan iklan radio atau televisi, atau memasarkan produk di majalah atau di situs web lainnya.

Jangan gunakan Facebook untuk membabi buta jualan (hard selling)

Orang-orang menganggap Facebook sebagai ruang sosial yang menyenangkan tempat mereka mengobrol dengan teman, melihat foto dan video, dan bersantai. Anda perlu bergabung dalam percakapan dan menjadi bagian dari komunitas, daripada menjadi pebisnis yang mencoba menjual secara agresif.

Model hard selling seperti menggunakan slogan iklan, memposting berulang kali tentang produk atau layanan tertentu, atau memberikan daftar produk dan harga secara terpisah dari percakapan terkait akan mengakibatkan pengguna lain ‘tidak mengikuti Anda’ (unfollow/unfriend). Mereka bahkan dapat memposting komentar negatif tentang bisnis Anda.

Memiliki tujuan dan strategi yang jelas

Sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan Facebook, dan strategi untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, kedai kopi mungkin memutuskan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh Facebook sebesar 10% dalam 6 bulan ke depan. Strategi mereka bisa meliputi:

  • Membuat posting setiap pagi menampilkan ucapan selamat pagi pada hari istimewa, menggunakan kode kupon dan sebagainya.
  • Memposting foto harian yang menampilkan pelanggan yang menjadi “Raja Kopi”’ pada hari itu
  • Mendorong pengguna untuk memposting foto mereka sendiri sambil menikmati kopi.

Menetapkan tujuan dan strategi akan memberi Anda arahan untuk pemasaran Facebook kedepan dan cara untuk mengukur kesuksesan Anda.

Posting secara teratur

Tidak seperti media tradisional (seperti majalah atau televisi), atau media online lainnya (seperti halaman web), media sosial dibangun dengan kondisi sering terjadi pembaruan.

Penelitian Australia baru-baru ini menunjukkan bahwa pengguna Facebook memeriksa halaman mereka lebih dari 25 kali per minggu, dan mereka perlu melihat bahwa Anda secara teratur memposting materi baru. Beberapa panduan merekomendasikan untuk mem-posting setidaknya satu kali sehari, tetapi prinsip-prinsip intinya adalah memposting ketika Anda memiliki konten yang menarik, dan untuk menilai seberapa sering audiens Anda ingin mendengar dan melihat produk dari Anda.

Baca Juga: Cara Sukses Menjadi Reseller, Simak 7 Tips Berikut Ini !

Dorong komentar dan balas dengan cepat

Dorong pengguna Facebook lainnya untuk menanggapi posting Anda atau untuk memposting komentar mereka sendiri tentang bisnis Anda atau topik yang menarik bagi mereka dan Anda. Ketika mereka memposting, tanggapilah dengan cepat – dalam 24 jam adalah yang terbaik. Gagal menanggapi akan melemahkan kesediaan teman Facebook Anda untuk terlibat komunikasi dengan Anda, dan mereka akan perlahan-lahan menjauh.

Gunakan gambar dan video

Gambar dan video adalah elemen utama dari branding produk di Facebook. Gunakan mereka secara kontinyu untuk menjaga teman-teman Anda terlibat dalam komunikasi dan merasa terhibur, misalnya saja:

  • Pengecer pakaian bisa memposting foto-foto stok baru saat tiba produk dari suplier
  • Seorang arsitek dapat memposting gambar rumah sehari-hari yang sedang direnovasi
  • Seorang pelatih gym private dapat memposting video instruksional tentang bagaimana melakukan latihan tertentu.

Dapatkan interaktif dengan penawaran, kontes, permainan, survei, dll. Orang-orang akan menyukainya ketika Facebook menyenangkan, dan ketika itu memberikan sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan dengan cara lain.

Ingat, penelitian menunjukkan bahwa diskon dan hadiah adalah alasan paling populer bagi pelanggan untuk mengikuti halaman Facebook bisnis. Demikian juga, kontes dan permainan dapat digunakan untuk menghidupkan halaman Anda.

Facebook juga dapat digunakan untuk mendistribusikan survei pelanggan. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda membuat survei singkat, dan berikan tautan survei yang dapat dengan mudah diklik, atau dibagikan dengan teman-teman mereka.

Langkah Mudah Belajar Internet Marketing untuk Pengusaha Melalui Sosial Media

Saat ini, setidaknya ada 2,3 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial, menurut survey dari sebuah lembaga survey internasional, Statista. Pebisnispun akhirnya berbondong-bondong ke saluran media sosial marketing ini karena di situlah tempat pelanggan mereka berada. Bahkan ketika peluncuran produkpun, media sosial menawarkan solusi yang efektif dan murah untuk pemasar yang kreatif.

Bagi yang masih belum maksimal dalam kampanye Social Media Marketing, gunakan ide-ide berikut ini untuk menginspirasi strategi media sosial marketing untuk peluncuran produk Anda:

Luncurkan kampanye promosi yang kreatif

Sebelum meluncurkan produk Anda, Anda perlu membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa target Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui promosi penggoda yang kreatif, dengan informasi sepotong-sepoting (tidak lengkap) yang jutsru efektif membuat publik mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang diincar pemasar yang kreatif.

Tantang penggemar dan tawarkan hadiah

Apakah Anda ingin melibatkan orang jauh sebelum peluncuran produk Anda yang sebenarnya? Menciptakan tantangan menarik dengan janji insentif yang sesuai dapat menjadi strategi media sosial yang efektif untuk mempromosikan peluncuran produk Anda. Ambil, misalnya, bagaimana HBO menantang penggemar “Game of Thrones” untuk hastag #CatchDrogon sebelum premiere Season 5 dari seri ini benar-benar diluncurkan. 

Baca Juga: 6 Ide Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

 

Menawarkan ulasan produk di balik layar

Diverse people showing golden star rating symbol

Seperti halnya media sosial, ulasan produk di balik layar adalah cara yang bagus untuk melibatkan penggemar sebelum peluncuran produk baru. Ketika Anda memposting foto dan video yang menampilkan apa yang terjadi di belakang layar, sama artinya dengan Anda terus-menerus melibatkan audiens dan mempertahankan minat mereka terhadap produk Anda.

Salah satu contoh yang baik adalah bagaimana sutradara Colin Trevorrow terus memperbarui penggemar dengan foto di balik layar untuk “Jurassic World” sebelum dirilis. Dia memposting gambar non baku untuk memberi tahu para penggemar bahwa mereka telah selesai syuting film.

Buat hashtag dan bikin kontes yang menarik

Hashtag mendorong pengguna untuk berbagi konten dan menawarkan daya tarik terkait dengan orang-orang yang berpikiran sama. Salah satu contohnya adalah tagar #WellTravelled yang telah menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Daripada mengiklankan nama merek atau produk yang sebenarnya, Herschel membagikan tema yang terkait dengan merek tersebut.

Selain itu kontes juga bisa jadi cara yang efektif dalam sosial media marketing. Ketika orang diberi kesempatan untuk memenangkan sesuatu, mereka cenderung lebih bersemangat untuk mencari tahu produk yang sudah Anda targetkan. Intinya, Anda harus kreatif dan up to date.

 

Menciptakan Photo Produk yang Mampu Meningkatkan Penjualan

Dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan online, “sebuah gambar bernilai seribu kata”. Pada pertengahan 90-an, banyak orang pesimis saat Amazon mengeluarkan program reseller dengan alasan bahwa orang-orang tidak akan membeli tanpa menyentuh barang dagangan terlebih dahulu.

Kini jaman telah berubah. Hampir 20 tahun berlalu, dengan penjualan e-commerce B2C global 5,7% dari tahun ke tahun, yang diperkirakan terus akan meningkat bahkan mencapai $ 885,70 miliar pada tahun 2015, saat ini kita sadar bahwa konsumen dapat membeli produk tanpa perlu memeriksa barang dagangan secara langsung! Salah satu faktor utama yang membantu pembeli potensial untuk yakin membeli produk adalah citra produk dalam sebuah foto yang menarik.

Berikut ini beberapa kiat penting untuk memastikan gambar produk Anda bisa mengonversi tingkat kunjungan agar lebih baik dan menghasilkan penjualan.

Kualitas Gambar

Foto/gambar utama Anda harus sangat tajam. Situs sekelas Amazon, misalnya, sangat ketat dalam pedoman gambar mereka. Misalnya saja latar belakang putih murni dan produk yang mengisi 85% + bingkai. Tidak ada keuntungan yang lebih besar bagi pembeli yang tertarik pada produk Anda selain dari gambar produk yang kasar. Amazon menyarankan agar gambar Anda berukuran 500 × 500 piksel. Pastikan Anda mematuhi panduan foto yang dibuat oleh marketplace tempat Anda menjual produk.

Ukuran Foto Besar tapi Jangan Over

Jangan terhanyut dengan mengunggah gambar besar. Sebuah studi terkenal oleh Amazon menemukan bahwa setiap penundaan 100ms waktu buka halaman menyebabkan hilangnya 1% dalam penjualan. Foto ukuran terlalu besar membuat waktu loading jadi lama. Intuit juga menemukan bahwa setiap peningkatan 1 detik pada waktu pemuatan halaman menghasilkan peningkatan konversi sebesar 3%.

Pembeli online kurang sabar jadi jangan membuat mereka menunggu terlalu lama! Jika gambar Anda terlalu besar, harus di edit agar hasilnya optimal.

Video sebagai alternatif gambar bergerak

Di antara gambar/foto yang ada, Anda bisa membuat “tampilan lain”, pertimbangkan untuk memperkenalkan produk dalam bentuk video. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menampilkan produk daripada menampilkannya dari semua sudut dan dalam penggunaan yang sebenarnya. Video bisa mewakili strategi meningkatkan penjualan ini.

Selain metode diatas, Anda juga bisa menampilkan foto dengan dilengkapi grafik yang informatif.Gambar, teks dan grafik demonstratif bisa jadi kombinasi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan secara efektif.

Tips Memenangkan Persaingan Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis, penting bagi Anda untuk mempertahankan posisi Anda di pasar tetap berada di atas para pesaing Anda. Persaingan ada di setiap pasar, apalagi pada bisnis online. Jadi, bagaimana mereka melakukannya? Berikut adalah strategi sederhana namun ampuh untuk mengalahkan pesaing bisnis online Anda.

Jangan Lupakan Tentang Media Sosial

Saat ini, sangat jarang sebuah perusahaan TIDAK menggunakan media sosial untuk tujuan pemasaran. Entah itu Facebook, LinkedIn, Google+, Twitter, atau platform sosial lainnya yang semakin populer, pesaing Andapun juga demikian. Cari tahu platform sosial mana yang mereka gunakan dan kemudian secara konsisten memantau aktivitas mereka.

Baca ulasan mereka, kalau perlu pertimbangkan untuk bergabung dengan daftar email mereka agar bisa menganalisa kompetitor Anda tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan perkembangan apa pun yang berdampak pada bisnis Anda.

Manfaatkan Teknologi

Google Trends merupakan salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk melihat topik, penelusuran, dan video apa yang sedang tren saat ini secara online. Situs ini berfungsi dengan baik untuk mengidentifikasi pesaing Anda dan juga Anda dapat menggunakannya untuk melihat apakah pelanggan menelusuri bisnis Anda atau orang lain.

Anda juga dapat mencari produk dan melihat apa yang sedang dibicarakan pengguna. Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk mempelajari lebih lanjut tentang volume pencarian kata kunci untuk analisa persaingan produk.

Bangun ceruk Anda sendiri untuk memiliki lebih banyak peluang untuk bisnis Anda

Pasar yang sudah penuh sesak dengan produk sejenis memiliki sedikit ruang untuk ekspansi. Sangat penting untuk menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan Anda untuk membangun ceruk Anda sendiri dan meminimalkan persaingan yang ada. Bagaimana caranya? Mendengar ulasan, review atas sebuah produk dalam berbagai forum bisa jadi masukan yang baik untuk menentukan ceruk bisnis yang tepat.

Buat konten Anda mudah untuk dibagikan

Banyak orang suka berbagi kabar baik dan ide-ide hebat, jika Anda adalah pemilik ide tersebut Anda harus membuatnya mudah bagi mereka untuk membagikannya. Anda atau roduk Anda akan makin mudah dikenal dengan sistem berbagi seperti ini. Saat ini Anda hanya perlu menambahkan tombol berbagi sosial ke situs Anda. Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lainnya menawarkan opsi berbagi ini. Tambahkan mereka ke situs Anda dan biarkan lalu lintas pengunjung bisnis Anda tumbuh dengan pesat. 

Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis

 

Luncurkan kampanye promosi yang kreatif

Sebelum meluncurkan produk Anda, Anda perlu membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa target Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui promosi penggoda yang kreatif, dengan informasi sepotong-sepoting (tidak lengkap) yang jutsru efektif membuat publik mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang diincar pemasar yang kreatif.

Video sebagai alternatif gambar bergerak

Di antara gambar/foto yang ada, Anda bisa membuat “tampilan lain”, pertimbangkan untuk memperkenalkan produk dalam bentuk video. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menampilkan produk daripada menampilkannya dari semua sudut dan dalam penggunaan yang sebenarnya. Video bisa mewakili strategi meningkatkan penjualan ini.

Selain metode diatas, Anda juga bisa menampilkan foto dengan dilengkapi grafik yang informatif.Gambar, teks dan grafik demonstratif bisa jadi kombinasi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan secara efektif. Di dalam bisnis online jauh lebih mudah bisnis tumbuh pesat namun relatif mudah juga untuk jatuh. Keterbukaan informasi dan perubahan yang cepat inilah yang perlu dipahami pemilik bisnis.

6 Ide Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

Apakah Anda ingin menjadi bos bagi diri Anda sendiri? Apakah Anda siap bekerja dari rumah? Apakah Anda ingin lebih banyak waktu bersama keluarga Anda? Apakah Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang? Jika iya, maka kini saatnya Anda mencari peluang usaha rumahan. Tak perlu butuh modal banyak karena saat ini ada banyak Peluang usaha rumahan modal dibawah 2 juta

Jika rutin mencari info di internet, Anda akan mendapatkan semua yang Anda perlukan untuk mulai menghasilkan uang dari rumah. Dan yang paling penting – saat Anda bekerja untuk diri sendiri, Anda tidak sendirian, karena di era teknologi saat ini pelatihan dan dukungan dapat dengan mudah anda dapatkan melalui internet.

Buka usaha Konter Pulsa

Peluang usaha rumahan dengan membuka konter pulsa merupakan jenis usaha paling mudah untuk dilakukan dan saat ini banyak dibutuhkan. Membuka konter juga tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup dikerjakan di rumah, paling hanya butuh petak ruang kecil 3×4 sudah bisa buat buka usaha. Kalau digeluti dengan baik, usaha ini dapat mendatangkan untung yang banyak. 

Baca Juga: Macam-Macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Pilih

 

Toko Kelontong untuk kebutuhan harian

Jika diamati indomaret dan alfa mart biasanya selalu ramai, walaupun berdekatan. Kenapa anda tidak mencoba usaha rumahan sejenis dengan membuka model toko kelontong tersebut? Anda bisa mencoba memulai dengan barang sehari-hari yang kecil-kecil dulu. Nanti jika sudah lebih laris, kamu bisa melebarkan tokomu. Kuncinya rajin agar produk dan layanannya kompetitif.

Menjadi dropshipper atau reseller

Dropshipper termasuk jenis usaha rumahan paling mudah dijalankan dan nyaris tanpa resiko. Tugas dropshiper hanya memasarkan produk orang lain tanpa perlu stock barang. Proses kirim barang juga bisa menggunakan nama dropshipper sehingga peluang usaha rumahan ini bisa dijadikan untuk branding dikemudian hari buka usaha sendiri. Tak butuh modal untuk usaha ini, hanya butuh tekun dan jaringan internet saja.

Membuka kedai makan atau warung kopi

Kedai warung nasi kecil-kecilan atau warung kopi sejak lama jadi ciri khas dalam sebuah komunitas. Bisa dijadikan tempat nonglrong atau sekedar mengisi perut, warung kopi atau kedai bisa anda buka pada pagi hari saja, atau malam saja. Misalnya pada jam sarapan. Biasanya ada banyak ibu yang membeli nasi untuk sarapan anak-anaknya. Jika dibuka pada area yang banyak mahasiswanya malah akan lebih menguntungkan lagi.

Usaha token pulsa dan pembayaran BPJS

Sistem pasca bayar listrik dengan menggunakan token telah membuka peluang usaha baru. Selain pulsa listrik, BPJS yang siafatnya wajib juga memberi ceruk bisnis baru untuk membuka usaha top up BPJS. Pasti cukup laris, apalagi jika Anda membuka di daerah yang jauh dari kantor BPJS pusat kota. Yang penting Anda memiliki niatan yang kuat dan tekun.

Buka Toko Sayuran

Selain warung kelontong, toko sayuran juga menarik untuk dijadikan usaha rumahan. Hanya butuh mesin pendingin, agar sayuran selalu awet dan fresh dan Anda sudah bisa membuka toko sayuran di rumah. Sekarang ini masih jarang ada toko sayuran yang menyediakan sayuran fresh dan awet dalam bentuk toko kecil. Jadi peluangnya masih besar untuk memanfaatkan peluang ini, apalagi jika dibuka di daerah yang jauh dari minimarket dan mall besar.

Membuka usaha rumahan intinya adalah yekun dan mau bekerja keras. Tidak butuh modal besar untuk menjalankan usaha rumahan seperti ini.

Berikut Peluang Bisnis Online 2019 dengan Modal Kecil

Peluang usaha sampingan sebenarnya ada dimana-mana. Jika mau yang minim modal bisa mencoba bisnis online. Bagi pebisnis pemula, Anda mungkin terbatas pada anggaran yang ketat ketika Anda ingin memulai bisnis, tetapi sebenarnya hal itu tidak berarti Anda tidak memiliki opsi bisnis yang cocok. Sangat dimungkinkan untuk memulai sebuah bisnis dengan sedikit uang, atau bahkan tanpa modal jika Anda memiliki kombinasi keterampilan, etos kerja, dan pengetahuan mencari ceruk bisnis dan pemasaran yang tepat.

Ingat, petuah bijak Chris Guillebeau, penulis The $ 100 Startup, “Untuk sukses dalam sebuah bisnis, yang utama adalah apa yang membuat Anda bersemangat, karena akan sangat membantu untuk berpikir dengan hati-hati tentang semua keterampilan yang Anda miliki yang dapat membantu orang lain dan itu bisa menjadikannya uang.”

Masih penasaran dengan Peluang usaha sampingan dan bisnis online yang dimaksudkan? Berikut ini ulasannya:

Menjual kembali sesuatu punya orang lain (reseller)

Jika Anda tidak ingin memiliki apa pun untuk dijual, setidaknya Anda harus punya kreativitas untuk menjual produk orang lain. Jelas hal ini tak butuh modal. Berbagai model bisnis menjual produk orang lain tersebut bisa dilihat dalam skema berikut ini:

  • Menjadi Dropshipper: Anda tak perlu membeli barang atau stock. Produk orang lain bisa anda pasarkan dan jika ada yang berminat tinggal kontak pemilik barang untuk kirim barang atas nama Anda. Simpel bukan? Hasilnya lumayan lho…Bagi yang mau berkelas internasional, coba baca buku yang terkenal, The Four Hour Work Week.
  • Menjadi reseller: Konsepnya sama dengan dropshiper, hanya saja bedanya kalau resller Anda butuh stock dulu. Kelebihannya, margin keuntungan lebih besar dan transaksi lebih praktis karena Anda pegang stock barang. Soal modal, sesuaikan saja dengan kemampuan. Pengin tahu kisah suksesnya? Baca kisah Sophia Amoruso, pendiri Nasty Gal. Amoruso mulai membeli dan menjual kembali potongan-potongan fashion vintage dan unik di eBay, dan perusahaannya telah berkembang menjadi pendapatan bersih sebesar $ 24 juta pada tahun 2011 dengan lebih dari 200 karyawan. Bukunya, #GIRLBOSS, sangat menginspirasi bagaimana dia memulai bisnis tersebut.

Menjual service/layanan/ketrampilan Anda

Salah satu cara untuk memulai bisnis dengan sedikit atau tidak ada modal awal adalah menjual service/layanan/ketrampilan Anda, bukan produk fisik. Ada berbagai macam layanan yang dapat Anda tawarkan, tergantung pada latar belakang dan minat Anda. Platform marketpalce produk jasa seperti sribulancer.projects.co.id, freelancer.co.id cocok bagi pemilik ketrampilan apapun bidangany yang ingin menjual ke pihak lain. Hasilnya lumayan, sesuai dengan skill yang Anda miliki. 

Baca Juga: Strategi Pajak Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perkembangan Bisnis

 

Menjual Kreatifitas Pribadi

Kreativitas seprti seni lukis, foto, artikel bisa juga dijual. Dan ini jelas nyaris tanpa modal, hanya saja Anda memang butuh skill dan pengetahuan cara menjualnya. Platform seperti Etsy, eBay, dan Amazon diperuntukkan bagi para pekerja kreatif untuk mendapatkan keuntungan dari skill yang mereka miliki.

Karena Anda menjual layanan Anda, Anda perlu rencana branding/pencitraan untuk memastikan nama dan perusahaan Anda ada di halaman utama orang-orang yang mungkin membutuhkan layanan tersebut. Beberapa tempat yang gratis untuk mempromosikan layanan Anda termasuk Fiverr, Craigslist, Elance, Taskrabbit, dan Skillshare.

Penting juga untuk memiliki situs web untuk menunjukkan contoh pekerjaan Anda, daftar pengalaman Anda (portofolio), dan blog tentang bisnis Anda untuk menarik pengunjung. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang branding dan pemasaran online, lihat blog sosial-media Buffer, blog Hubspot, Lembaga Pemasaran Konten, dan CopyPress.

Peluang usaha sampingan diatas semuanya berbasis internet dan terkait erat dengan aktivitas bisnis online. Tidak butuh modal banyak, hanya saja butuh skill dan waktu untuk menekuni bidang tersebut.

Tips Gampang Menjalankan Bisnis Kuliner Supaya Laris

Bisnis kuliner bisa cepat booming namun bisa juga sesaat kemudian langsung turun drastis. Hal ini bisa jadi karena bisnis kuliner terkait dengan selera dan juga persepsi orang terhadap resto Anda. Dalam memilih konsep restoran Anda juga harus berhati-hati juga. Apakah Anda ingin menargetkan hanya beberapa pembeli dari kelas menengah atau kelas pinggiran. Kenali konsumen target Anda untuk memutuskan sebelum meluncurkan proyek restoran Anda. Beberapa konsep yang dapat Anda pilih adalah:

  • restoran cepat saji
  • santapan santai cepat saji seperti kafe dan pub dan santapan gaya keluarga
  • Hidangan mewah
  • Rombong makanan (kaki lima)
  • Angkringan

Mayoritas pemilik bisnis kuliner percaya bahwa jika sebuah restoran menyajikan makanan berkualitas baik, maka itu cukup untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan. Kualitas produk atau layanan yang baik adalah sesuatu yang mendasar. Namun ingat, selain rasa menu yang berkualitas, cara mempromosikan bisnis kuliner juga penting, mengingat rasa makan di lidah juga bisa dipengaruhi oleh persepsi.

Tips Gampang Menjalankan Bisnis Kuliner Supaya Laris

1. Gunakan Media Sosial

Woman using a smartphone social media conecpt

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pelanggan potensial Anda ada di situs sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi, buat halaman media sosial yang berguna untuk bisnis Anda.

Kemudian, mulailah memposting konten yang relevan untuk memberikan detail dan perkembangan baru yang relevan dengan bisnis kuliner Anda. Pastikan Anda mengirim tweet secara teratur setiap hari. Tujuan di sini adalah untuk melibatkan orang-orang dengan layanan dan bisnis kuliner Anda. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru

 

2. Lakukan Promosi Agresif

Promosi agresif bisnis kuliner baru Anda sangat penting untuk mendapatkan pengakuan produk di antara orang-orang. Mereka akan segera mengetahui tentang restoran baru di wilayah mereka. Tidak butuh dana besar yang terlibat untuk publisitas. Yang perlu Anda lakukan adalah mengadopsi beberapa cara pemasaran yang hemat biaya.

3. Menjangkau Blogger Makanan Lokal dan Influencer untuk Testimoni Menu

Salah satu strategi pemasaran terbesar saat ini adalah memanfaatkan jaringan bisnis lain. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda dapat memanfaatkan jaringan blogger makanan lokal dan influencer dengan terhubung dengan mereka dan membuat mereka berbagi konten yang terkait dengan usaha kuliner Anda. Anda dapat memberi mereka insentif seperti makanan gratis untuk membuat mereka mempopulerkan produk Anda di antara jaringan mereka.

4. Ikut program Dapatkan Aplikasi Makanan GoFood atau Grab Food

Beberapa aplikasi makanan bermunculan selama bertahun-tahun karena banyaknya permintaan dari konsumen seperti Go Food misalnya. Konsumen tidak lagi harus melalui direktori yang membosankan atau menjelajahi web selama beberapa menit untuk menemukan tempat makan yang cocok. Yang harus mereka lakukan hari ini adalah menginstal aplikasi makanan yang mengarahkan mereka ke restoran terdekat. Manfaatkan gelombang teknologi seluler ini dengan cara bermitra dengan aplikasi makanan untuk memastikan bisnis kuliner Anda terdaftar. Menjadi terdaftar di aplikasi makanan ini memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pelanggan potensial.

Jika dijalankan dengan disiplin, strategi diatas bisa membantu Anda memenangkan persaingan dalam bisnis kuliner Anda nantinya.

5. Strategi Pemasaran Dari Mulut ke Mulut

Menurut Seth Godin, “Gagasan yang menyebar akan menjadi pemenang”. Banyak orang yang datang ke restoran atau tempat kuliner lainnya, melakukannya karena seorang teman atau seseorang lainnya merekomendasikan restoran itu. Anda dapat memanfaatkan kekuatan dari mulut ke mulut dengan menggunakan media sosial atau aplikasi chatting seperti WA dan telegram.

Setelah itu lakukan sistem “pembayaran sosial”. Pembayaran sosial adalah memberi pelanggan kesempatan membayar makanan dengan harga diskon dengan cara membagikan makanan lezat Anda di halaman media sosial mereka. Bayangkan sepuluh pelanggan yang masing-masing memiliki seratus pengikut, berbagi salah satu makanan lezat yang lezat dengan jaringan mereka! Saya menjamin bahwa Anda akan mendapatkan beberapa pelanggan yang ingin mencoba hidangan lezat itu. Selamat Mencoba !

Cara Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil

Musim puasa menjelang lebaran seperti saat ini adalah momen yang tepat untuk memulai bisnis modal kecil khususnya bisnis rumahan kuliner. Namun jika Anda akan beralih kuadran dari menjadi karyawan menjadi wirausaha, ada dua masalah utama untuk memulai sebuah bisnis kecil yaitu: membuka bisnis kecil Anda yang sekaligus atau secepatnya menghasilkan uang dan juga Anda tetap harus membayar tagihan dan biaya hidup Anda sementara yang dulunya Anda biayai dari gaji sebagai karyawan.

Berikut ini solusi dua masalah utama ini untuk memulai bisnis kecil dan bagaimana Anda bisa mengatasinya.

Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Segera Menghasilkan Uang

Terlalu banyak orang yang membuang waktu dan uang mereka dalam sebuah bisnis kecil yang merugi. Mengapa mereka melakukannya? Karena mereka ingin melakukan hal tertentu dan melupakan hukum dasar bisnis (bisnis itu menguntungkan) yaitu harus ada permintaan pasar. Misalnya saja Anda adalah tukang daging yang sangat berbakat namun jika Anda mendirikan toko daging di kota yang sepenuhnya vegetarian, tidak akan ada gunanya!

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda mempertimbangkan untuk membeli bisnis yang sudah ada atau memulai bisnis kecil dari awal? Lantas, “Bagaimana bisnis ini menghasilkan uang?” Pertanyaan kedua adalah, “Berapa banyak uang yang akan dihasilkan?” Anda perlu mengetahui jawaban ini jika ini adalah cara yang Anda harapkan untuk mencari nafkah.

Tahapan Memulai Bisnis Kecil Anda agar Bisa Segera Menghasilkan Uang

  • Lakukan Riset Pasar Anda dimana kebutuhan pasar didahulukan; ide dan / atau keinginan Anda harus menempati urutan kedua (atau bahkan ketiga). Misalnya saja Anda tidak dapat memulai bisnis yang sukses jika tidak ada cukup banyak orang yang mau dan mampu membeli produk atau layanan Anda di area layanan Anda.
  • Mulai Temukan dan Jual ke Pasar Target Anda dan kemudian mulailah usaha di bidang tersebut.
  • Lakukan Rencana Bisnis dan mulailah dengan Riset pasar. Tujuan utama dari rencana bisnis adalah perlindungan terbaik Anda terhadap kegagalan bisnis.

Dari sekian banyak alasan untuk memulai rencana bisnis, yang utama adalah ini: setelah selesai suatu pekerjaan, maka Anda akan tahu apakah ide bisnis yang Anda usulkan dapat diubah menjadi bisnis kecil yang menguntungkan.

Beli Waralaba yang Menguntungkan Daripada Memulai Bisnis Kecil Dari Awal

Waralaba yang menguntungkan bisa jadi cocok bagi pemula karena orang lain telah bekerja memulai usaha tersebut, dan terbukti sukses menghasilkan sesuatu bisnis yang menghasilkan uang. Jika Anda memiliki uang untuk membeli waralaba yang menguntungkan dan merupakan tipe orang yang tidak mau repot trial and error maka membeli waralaba yang menguntungkan bisa menjadi solusi ideal untuk Anda.

Membuka Bisnis Baru Jangan Berorientasi Langsung untuk Menghasilkan Uang

Jika bukan berasal dari sistem waralaba yang menguntungkan, bisnis baru biasanya butuh waktu antara enam bulan hingga beberapa tahun untuk menjadi bisnis yang menguntungkan. Jadi salah satu masalah utama bagi orang yang memulai bisnis kecil adalah membiayai hidup mereka sampai bisnis baru mereka mulai menghasilkan uang. Apa yang bisa Anda lakukan? Itulah yang harus Anda persiapkan sebelum memulainya.

Solusi untuk Bisnis Baru Agar Bisa Bertahan Hidup dan Menghasilkan Uang

  • Punya Pasangan Pendukung: Bagi banyak orang memulai bisnis kecil, bisa jadi adalah solusi terbaik. Pasangan yang bekerja dapat menanggung biaya hidup dan berkontribusi pada biaya untuk memulai bisnis baru.
  • Gunakan Tabungan Anda: Banyak orang menggunakan sebagian dari tabungan mereka untuk menjaga diri dan keluarga mereka agar tetap bisa bertahan ketika mereka memulai bisnis kecil. Uang pribadi adalah sumber paling umum dari modal awal bisnis, baik dari tabungan, menggadaikan kembali rumah (KPR), atau menjual properti.
  • Pinjam Bank: Jangan anggap pinjaman bank sebagai sumber dana. Kebijakan bank sangatlah ketat, bank telah mengatakan berulang kali bahwa mereka memberikan pinjaman kepada usaha kecil dengan rencana bisnis yang kuat atau yang sudah berjalan setidaknya 3 tahun.

Memahami cara memulai sebuah usaha baru sama pentingnya dengan keberanian untuk memulai usaha itu sendiri. Diluar itu, banyak berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman adalah cara terbaik memulai usaha baru.

3 Strategi Marketing untuk Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri seharusnya bisa dijadikan momen untuk meraih keuntungan maksimal bagi pebisnis. Ada banyak bisnis yang cocok untuk lebaran, yang paling dominan adalah bisnis kuliner dan pakaian. Keuntungan adalah aspek paling penting dari bisnis apa pun, karena tidak ada gunanya menjalankan bisnis yang tidak menghasilkan laba. Agar bisa maksimal harus didukung dengan strategi promosi yang tepat, salah satunya promosi online yang sedang booming saat ini.

Agar berhasil dan bisnis Anda menjadi besar di pasar, Anda harus berpikir out-of-the-box di momen lebaran kali ini. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah berorientasi pada profit, dan mengembangkan strategi dengan biaya minimal. Berikut ini caranya:

Gunakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Keuntungan Anda

Meskipun mall dan pusat perbelanjaan teta ramai di Hari Raya Idul Fitri, namun sejatinya transaksi online di luar mall jauh lebih besar. Saat ini, perilaku belanja konsumen telah berubah secara drastis. Semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler dan media sosial untuk berinteraksi termasuk dalam mebeli produk sesuai dengan merek yang mereka kenal. Hal ini telah membuka jalan bagi bisnis untuk menggunakan peluang ini demi keuntungan mereka. Dengan platform media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Instagram dll, Anda juga dapat mengubah strategi promosi Anda dan meningkatkan pendapatan dengan memanfaatkan media sosial ini. Menurut penelitian emarketer, 50% pemilik bisnis kecil di Amerika Serikat menggunakan media sosial sebagai taktik pemasaran digital utama mereka karena membantu mereka terhubung dengan pelanggan baru. Di Indonesia, cepat atau lambat akan mengarah kesitu juga.

Selain Facebook, saluran media sosial lainnya juga bisa digunakan. Pinterest, misalnya, telah memperkenalkan pin buyable; Twitter memiliki tombol “Beli Sekarang”; Instagram memiliki platform yang mudah dijual melalui iklan. Disis lain saat memposting video yang menarik,YouTube dapat memberi Anda dimbal balik yang besar. Media sosial juga membantu Anda berinteraksi dengan banyak orang yang tentu saja bisa menciptakan peluang bisnis baru. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Laporan Keuangan Lengkap

Gunakan Referensi Dan Program Afiliasi

Referensi semakin menjadi komponen penting dari strategi penjualan yang sukses. Jika dahulu  rujukan datang dari mulut ke mulut adalah cara mudah, di era mas kini viral begitu efektif untuk meningkatkan keuntungan Anda. Jika pelanggan secara aktif berbicara tentang produk atau layanan Anda dan membawa prospek ke proses “closing deal” tentu ini yang diharapkan pemilik produk. Referensi tidak otomatis. Beberapa terjadi begitu saja tetapi sebagian besar terjadi karena Anda melakukan sesuatu untuk memicu mereka. Anda harus belajar untuk bertanya kepada pelanggan Anda, meskipun dengan mengutarakannya dalam bentuk semacam bantuan. Kenapa begitu? Karena orang suka membantu orang lain, terutama ketika mereka sudah mengenal mereka. Program inilah yang dinamakan afiliasi.

Anda dapat melakukannya dengan menargetkan pelanggan Anda yang paling berpengaruh. Tidak hanya afiliasi memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif, mereka juga melindungi Anda dari para pesaing. Jika Anda memiliki cukup afiliasi di ceruk bisnis Anda, hal itu akan membuat lebih sulit bagi pesaing untuk mengambil pangsa pasar Anda.

Strategi Periklanan Online yang Tepat

Jika 2 strategi diatas belum juga masuk target, jangan berkecil hati, karena ada pilihan lain yang dapat Anda ubah, bahwa itu jauh lebih sederhana, murah, dan terbaik dari semuanya, efektif .

Iklan online telah menjadi salah satu pilihan favorit untuk bisnis yang ingin menarik prospek karena memungkinkan mereka meningkatkan visibilitas mereka di platform utama Internet secara instan. Contoh dari platform ini termasuk Google, Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Pengguna yang mengklik iklan untuk produk atau layanan tertentu jauh lebih tersegmentasi, karena mereka sudah dalam tahap keputusan dan oleh karena itu lebih prospektif  untuk berubah menjadi pelanggan bisnis Anda.

Salah satu keuntungan dari strategi ini adalah Anda hanya membayar untuk iklan yang diklik saja. Sederhananya, Anda memutuskan apakah Anda membayar untuk tayangan, klik, prospek atau konversi. Misalnya, jika sasaran utama Anda adalah meningkatkan penjualan, kampanye yang berfokus pada konversi adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Selain strategi diatas, jangan lupa untuk ikut berbagai macam bazar yang biasanya banyak digelar dalam menyambut hari raya lebaran. Bahkan banyak juga yang gratis biayanya sehingga bisa mendukung strategi marketing usaha Anda.

Berbagai Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Coba

Ibu rumah tangga sejauh ini punya waktu luang di sela kesibukan mengurus rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk menjalani usaha rumahan. Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sebenarnya banyak, tinggal menyesuaikan dengan minat dan kondisi di rumah. Prinsipnya cuma satu, usaha rumahan tersebut harus fleksibel dari sisi waktu dan tidak perlu meninggalkan rumah. Peluang usaha rumahan apa sajakah yang cocok utnuk ibu rumah tangga tersebut? Deretan daftar usaha rumahan berikut ini bisa dicoba:

Membuka jasa penitipan dan perawatan Anak

Peluang usaha rumahan ini cocok dengan naluri ibu rumah tangga dan aktivitas harian yang dijalani. Bisa saja awalnya ditawarkan untuk membantu menjaga anak sambil menjaga anak sendiri. Setelah berkembang bisa ke arah profesional. Anda juga dapat menghasilkan uang dengan menawarkan layanan Anda sebagai pengasuh anak, atau pengasuh lansia. Kumpulkan beberapa rujukan positif dari teman dan anggota keluarga, lalu sebarkan info bahwa Anda membuka bisnis tersebut. Tempat-tempat komunitas seperti Facebook, projects.co.id, dsb adalah tempat bagus untuk mempromosikan bisnis Anda (dan semuanya itu gratis lho)!

Jika usaha rumahan nantinya semakin besar, tak ada salahnya belajar dari bisnis skala global dengan membaca Buku FabJob tentang bagaimana cara Menjadi Pemilik Tempat Penitipan Anak yang profesional.

Mejadi Penulis Freelance

Anda tidak perlu seorang lulusan jurusan bahasa Indonesia atau Inggris untuk menjadi penulis lepas. Pada kenyataannya, peluang usaha rumahan ini adalah cara yang menyenangkan untuk mencari tambahan uang jika Anda suka menulis dan semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda mendapatkan rating pelanggan dan penghasilan.

Ada banyak situs untuk freelancer di bisnis ini. Mereka bisa menjadikan situs tersebut sebagai tempat untuk terhubung, sambil berbagai proyek serta untuk mendapatkan pengalaman dan membangun portofolio Anda. Projects.co.id, frelancer.co.id, sribuancer.co.id, Upwork, Problogger, People Per Hour, Fiverr, Profinder by LinkedIn, Workhoppers, Toptal, Guru.com, Craigslist adalah platform marketplace yang dimaksudkan.

Menghasilkan Uang dari aktivitas Blogging

Bagi yang hobi menulis, memulai membuat blog merupakan langkah yang tepat. Setelah blog Anda mulai ramai dikunjungi pembaca maka blog Anda tersebut bisa dimonetisasi sendiri untuk menghasilkan uang. Tidak rumit untuk memulainya. Anda dapat menggunakan opsi WordPress gratis atau Blogger yang merupakan platform gratis komersial untuk memulai usaha rumahan ini. Keduanya memiliki fitur serupa terkait fungsi dan desain, dan keduanya dapat dimonetisasi, melalui jaringan iklan masing-masing. Jika sudah mulai canggih bisa beralih ke hosting dan domain berbayar.

Ujung-ujungnya, Anda dapat memonetisasi blog Anda, dengan menggunakan WordAds atau iklan AdSense Blogger.

Jual Barang secara Online

Sambil melakukan aktivitas harian di rumah, Anda bisa mulai berjualan online mulai dari pakaian anak-anak hingga buku-buku bekas, CD, DVD, permainan anak, busana dewasa dan masih banyak lagi yang semuanya dapat dijual secara virtual dengan harga pantas secara online. Beberpa platform marketplace seperti tokopedia dan bukalapak bisa jadi solusi usaha sampingan rumahan tersebut. Anda gak punya produk? Gampang saja, Anda bisa jalankan skema dropship atau reseller. Untuk skala global,  Amazon bisa jadi incaran usaha rumahan Anda selanjutnya

Kesimpulan dari usaha rumahan diatas adalah banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalani ibu rumah tangga dari rumah.  Ingat, bisnis apa pun yang Anda putuskan untuk memulainya, Anda harus memiliki semangat untuk melakukan apapun yang ingin Anda lakukan. Tanpa antusiasme dan kegembiraan melakukannya, Anda akan menjadi bosan dan tidak termotivasi, dan pada akhirnya itu akan gagal. Jangan hanya mengikuti uang, ingatlah, Anda harus mengikuti kata hati Anda dan setelah itu uang yang akan mengikuti Anda.