Home / Tips Bisnis

Tips Bisnis

5 Hal Yang Tidak Harus Diposting Oleh Pengusaha di Media Sosial

Media sosial menawarkan peluang besar untuk membangun merek usaha Anda, namun jika salah dalam menggunakannya justru bisa mengacaukan segalanya. Contoh kasus menarik adalah kesalahan penggunaan media sosial American Apparel 2014. Untuk mempromosikan penjualan 4 Juli, perusahaan itu men-tweet apa yang mereka pikir sebagai gambar kembang api. Padahal itu bukan kembang api – itu adalah Space Shuttle Challenger yang meledak di udara pada tahun 1986 (maksud awal biar bombastis, ternyata blunder). Masyarakat tidak senang, dan banyak yang berhenti mengikuti produk mereka secara online.

Meskipun perusahaan dapat pulih dari kesalahan seperti itu, hal itu membuang-buang waktu dan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk menumbuhkan perusahaan. Jadi, sebelum Anda melakukan kesalahan menggunakan media sosial, pelajari lima hal yang tidak boleh dilakukan pengusaha di media sosial berikut ini.

1. Politik dan agama

Saat berbicara politik dan agama sebaiknya tidak Anda lakukan di depan umum. Ingat, pelaku bisnis tidak ada yang lebih suka sikap politik atau agama dicampurkan dalam bisnis. Anda bisa tetap fokus pada masalah langsung mereka. Apa yang diinginkan pelanggan Anda? Apa yang mereka impikan? Apa yang mereka takutkan? Dengan memfokuskan konten media sosial Anda pada pelanggan Anda dan bukan keyakinan Anda sendiri, bisnis Anda akan terus bergerak ke arah yang benar, yaitu menuju lebih banyak keuntungan dan lebih sedikit pertengkaran yang tidak perlu akibat beda pandangan politik dan keyakinan.

2. Posting konten berlebihan

Ketika Anda berhadapan dengan media sosial, Anda harus berfikir lebih dari sekadar bisnis – Anda harus menjadi mitra dalam meningkatkan kehidupan pelanggan Anda. Bicara tentang trendsetter lain di industri Anda, dan sebagainya. Tunjukkan pada orang dan sadari ada orang pintar lain di luar sana selain Anda. Berikan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan Anda, atau hiburan yang seperlunya.

Anda mungkin pernah mendengar gagasan tentang “konten pemasaran.” Selama Anda menjaga postingan tetap lembut dan menyelipkan sedikit iklan di akhir konten yang padat, pengikut Anda tidak akan keberatan dan mereka akan benar-benar lebih mungkin mengonversi menjadi pembeli.

3. Hal negatif tentang klien atau dunia di sekitar Anda

Orang-orang tidak datang ke halaman Anda jika isi isi postingan Anda tentang semua hal buruk yang terjadi di dunia. Mereka mencari sesuatu yang menyegarkan, sesuatu untuk membantu mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Jika Anda mulai berbicara tentang hal-hal buruk, mereka akan mulai melupakan produk dan layanan Anda. Lebih buruk lagi, mereka mengasosiasikan Anda dengan kenegatifan dan menjauhkan Anda dari kontak mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan sudut positif untuk posting Anda, menjauhlah.

Baca Juga: 5 Cara Tersembunyi Untuk Promosi di Google Agar Banyak Pengunjung dan Pembeli

4. Pembaruan berlebihan

Setiap media sosial memiliki toleransi frekuensi atas postingan yang muncul. Di Twitter, Anda dapat melakukan beberapa postingan setiap hari. Opsi lain, seperti Instagram dan Facebook, memiliki pengguna yang mentolerir satu posting umpan sehari.

Tidak peduli seberapa hebat konten Anda, jika Anda menutup feed penggemar Anda, Anda tidak akan melakukannya lama karena mereka akan menjauhkan Anda tanpa berpikir dua kali. Jadi, riset adalah praktik terbaik dalam memposting frekuensi di media sosial. Jika Anda mendapatkan inspirasi dan memiliki banyak hal untuk diposting sekaligus, gunakan itu sebagai kesempatan untuk mengelompokkan konten tersebut untuk dibuat postingan berurutan di hari atau minggu berikutnya.

5. Konten non-sosial

Media sosial dibangun untuk menjadi sarana kontak sosial. Ini bukan tempat untuk siaran pers atau konten yang membosankan, ceramah atau segala jenis percakapan satu arah. Jika seseorang mengikuti Anda di media sosial, mereka tak hanya ingin tahu tentang perusahaan Anda dan membeli layanan atau produk yang Anda tawarkan, tapi juga berinteraksi sosial. Jadi hindari posting konten non sosial secara berlebihan.

Misal saja Anda punya usaha kuliner. Di postingan Anda, idealnya Anda tidak berbicara hamburger dan kentang goreng sepanjang hari. Anda bisa memberikan hal-hal yang berguna dan lucu yang membuat orang terlibat dan berbagi.

6 Langkah Mudah untuk Membuat Media Sosial Menjadi Bagian Kunci Pemasaran Bisnis Anda

Tidak diragukan lagi, di jaman digital saat ini, Anda dapat menemukan informasi dari berbagai media termasuk media sosial di luar sana. Di satu sisi ini menarik, artinya Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk kepentingan bisnis Anda. Simak tips berikut ini tentang beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlepas dari platform apa yang Anda pilih untuk memasarkan bisnis Anda.

1. Isi semua informasi Anda di semua akun media sosial Anda

Orang-orang kaya mencari bisnis di media sosial. Buat nyaman mereka untuk mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan tanpa harus menggali atau mengklik beberapa kali. Info kontak Anda, jam, situs web, semua lokasi Anda, waktu populer untuk dikunjungi dan sebagainya harus terdaftar (Beberapa profil memiliki ruang terbatas, jadi singkatlah). Ini peluang yang menarik.

2. Pastikan informasi Anda konsisten di semua platform

Orang kaya tertarik pada detail. Awasi dan pastikan nama bisnis, alamat, nomor telepon, situs web, jam, opsi pembayaran, info parkir, dan sebagainya sama di setiap situs sosial yang Anda ikuti. Jika jam Anda atau informasi lain berbeda dari satu situs media sosial ke situs berikutnya, Anda tidak hanya akan kehilangan kepercayaan, Anda bisa kehilangan pengunjung sama sekali.

Baca Juga: Cara Sukses Menjadi Reseller, Simak 7 Tips Berikut Ini !

3. Optimalkan untuk pencarian dan filter

Untuk setiap profil yang Anda buat (atau daftar di situs ulasan), gunakan kategori yang disediakan. Untuk beberapa situs, Anda dapat menambahkan beberapa kategori dan atribut, seperti opsi pembayaran misalnya. Ini akan membantu Anda memasukkan bisnis Anda ke dalam mesin pencari dan filter.

4. Investasikan foto, konten, dan video yang berkualitas

Jika Anda rela membayar untuk membuat foto yang menarik dan tersusun dengan baik, maka perhatikan juga video Anda. Saya sering terkejut ketika pelaku bisnis memposting sesuatu yang berkualitas tinggi dengan latar belakang bermutu rendah atau yang tidak konsisten dengan pesan atau mereknya. Baru-baru ini, saya melihat seorang humas kelas atas, dengan harga tinggi memposting video langsung dari sebuah acara yang ia pekerjakan untuk dipromosikan. Tidak hanya kualitas videonya yang buruk, tapi sepertinya tidak ada seorang pun di sana. Lakukan posting konten yang baik, berkualitas, dan konsisten dengan pesan Anda dan tentu saja terkait dengan apa yang ingin dilihat audiens Anda.

5. Jaga etika dan kepribadian bisnis Anda

Ada beberapa hal yang membuat konsumen kaya menyebalkan di media sosial, tidak memiliki kepribadian adalah salah satunya. Hal lain yang perlu Anda hindari adalah memposting terlalu banyak promosi, menggunakan slang atau jargon dan berusaha menjadi lucu ketika Anda tidak bisa melucu.

6. Membalas komentar dan pesan yang ada

Ini harus jelas; dan ternyata hal yang mengejutkan adalah, adanya beberapa pebisnis yang tidak menjawab pesan orang di jejaring sosial. Anda memiliki kesempatan untuk memulai atau membangun hubungan dengan orang-orang. Jangan hanya klik tombol “suka” tapi balaslah komentarnya. Periksa pesan Anda dan jawablah. Perhatikan siapa yang membagikan pos Anda. Jika mereka membaginya, berikan apresiasi pada postingan di halaman mereka. Kecuali jika Anda mendapatkan ratusan komentar, hal seperti ini yang harus dikelola. Sebagian dari waktu Anda yang dialokasikan untuk media sosial harus meliputi percakapan dengan orang-orang. Sadarilah orang kaya yang tidak ingin diabaikan. Jika Anda tidak membalas pesan orang, Anda tidak hanya kehilangan kesempatan untuk membangun hubungan, Anda berisiko kehilangan mereka sama sekali.

5 Cara Tersembunyi Untuk Promosi di Google Agar Banyak Pengunjung dan Pembeli

Promosi di google bisa jadi solusi bisnis masa kini yang banyak mengandalkan interaksi online. Google sebagai search engine (mesin pencari) terbesar di dunia yang sejauh ini cukup akrab dengan pebisnis, baik melalui cara promosi berbayar maupun yang gratis. Bagi yang masih pemula, mencari yang gratis di google bisa jadi sarana belajar. Tapi jangan salah, walaupun gratis tetap saja efektif jika paham cara promosi di google dengan tepat.

Salah satu metode prmosi di google yang gratis adalah dengan memanfaatkan teknik SEO. Tak ada salahnya Anda belajar dari SEO berpengalaman berikut ini:

1. Posting Artikel yang mendalam di website Anda

Menurut MozCast Feature Graph, 6% hasil pencarian Google mengandung artikel yang mendalam. Meskipun ini tidak tampak seperti angka yang besar, artikel yang memenuhi syarat dapat melihat peningkatan lalu lintas yang signifikan. Hasilnya tentu saja produk yang Anda posting di web makin dikenal calon pembeli.

Dengan menambahkan beberapa skrip ke HTML Anda, konten berkualitas tinggi Anda dapat memenuhi syarat untuk muncul di halaman atas mesin pencari.

2. Meningkatkan kepuasan pengguna

Bisakah Anda meningkatkan peringkat Google Anda dengan meningkatkan pengalaman tamu Anda saat pertama kali berkunjung ke situs Anda? Dalam banyak hal, jawabannya adalah “ya,” dan pengalaman beberapa SEO mengisyaratkan bahwa efeknya mungkin lebih besar dari yang kita sadari.

Kita tahu bahwa algoritma Panda Google menghukum situs-situs “berkualitas rendah”. SEO berpengalaman juga tahu bahwa Google mungkin mengukur kepuasan saat pengguna mengklik hasil pencarian.

“… Google dapat melihat seberapa puas pengguna. … Tanda terbaik dari kebahagiaan mereka adalah” klik panjang “- ini terjadi ketika seseorang pergi ke hasil pencarian, idealnya yang teratas, dan tidak kembali lagi.” -Stephen Levy dari bukunya yang luar biasa yang berjudul “In the Plex”

Kondisi seperti ini disebut pogosticking, atau return-to-SERP, dan jika Anda dapat menguranginya dengan menjaga pengunjung yang puas di situs Anda (atau setidaknya tidak kembali ke Google untuk mencari jawabannya di tempat lain) banyak SEO percaya Google akan membalas Anda dengan posisi lebih tinggi dalam hasil pencarian. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Facebook

3. Isi konten website Anda dengan banyak cuplikan data terstruktur

Google terus-menerus memperluas jenis cuplikan konten yang kaya akan tampilan dalam hasil penelusuran, termasuk acara, lagu, video yang dikenal sebagai data terstruktur. Dua jenis optimasi favorit SEO untuk meningkatkan klik adalah video dan tulisan original.

4. Pengoptimalan video

Pixel untuk cuplikan video menangkap lebih banyak pencarian di google daripada jenis postingan yang lain karena menurut sebuah studi telah menunjukkan bahwa mata kita langsung tertuju kepada mereka.

Tidak seperti foto penulis, cuplikan video sering kali lebih mudah untuk ditampilkan dan tidak perlu menghubungkannya dengan akun Google+. Cuplikan video umumnya mengharuskan pembuatan peta situs XML video dan menambahkan optimasi video schema.org.

Untuk menyederhanakan berbagai hal, banyak layanan pihak ketiga akan mengurus detail teknis untuk Anda terkait posting video ini seperti Moz.com yang membuat sitemap dan menambahkan optimasi video dengan schema.org secara otomatis. Baik schema.org dan peta situs XML memungkinkan Anda menentukan thumbnail video yang muncul dalam hasil pencarian. Karena thumbnail sangat memengaruhi klik, pilihlah dengan bijak untuk optimasi.

5. Isi web Anda dengan postingan foto yang marketable dan ukuran file yang tepat

Foto/gambar yang marketable banyak diincar dalam hasil pencarian Google walaupun tidak menjamin lebih banyak klik, tetapi mendapatkan foto yang tepat dapat membantu tingkat klik-tayang Anda untuk mendapatkan banyak hasil. Beberapa faktor berikut ini bisa banyak membantu:

  • Gunakan wajah asli, bukan logo perusahaan, kartun, atau ikon
  • Warna kontras tinggi. Karena foto itu kecil, Anda ingin foto itu menonjol dengan pemisahan yang baik antara latar belakang dan latar depan.
  • Audiens ditargetkan. Misalnya, penggemar muda film anak-anak kemungkinan kecil tidak akan mengklik seorang pria tua dengan jas yang terlihat seperti penasihat keuangan.

Google baru-baru ini menjadi lebih selektif tentang foto-foto postingan website dan jeli memilih untuk ditampilkan.

Cara Sukses Menjadi Reseller, Simak 7 Tips Berikut Ini !

Salah satu bisnis termurah yang bisa dimulai dari rumah Anda sendiri adalah bisnis penjualan kembali. Untuk sukses di bisnis ini, Anda harus paham bagaimana cara menjadi reseller yang baik. Kebanyakan orang memulai dengan menjual barang-barang mereka yang tidak lagi mereka inginkan. Setelah Anda menjual semuanya di rumah Anda, baru Anda coba menjualkan barang orang lain dengan sistem reseller.

Apa daya tarik menjadi reseller? Yang pasti Anda tak perlu modal, tak butuh tempat/gudang stock dan tak ada resiko barang gak laku. Asyik, bukan? Nah, berikut adalah beberapa tips cara menjadi reseller untuk membantu Anda dalam misi Anda untuk menjadi reseller berkelas:

1. Pilih produk yang tepat

Mencari tahu apa yang ingin Anda jual kembali itu penting. Anda tidak PERLU membatasi diri hanya pada satu jenis item saja. Tetapi semakin Anda tahu tentang merek, barang, atau perusahaan yang barangnya anda bantu jual kembali, maka itu, keputusan yang lebih baik bagi Anda. Awasi baik-baik nama merek, penjual populer, dan hal-hal yang mudah dikirimkan agar proses transaksi lancar, barang juga laris di pasaran.

2. Lakukan survey/penelitian

Salah satu bagian besar dari menjadi reseller/pengecer yang sukses adalah mencari tahu apa yang harus dijual kembali dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Luangkan waktu untuk meneliti barang apa yang paling laku, cari tahu barang apa yang ‘panas’ untuk musim belanja saat ini. Pelajari juga cara mengidentifikasi item yang benar dari yang palsu.

3. Mengetahui Tempat Berbelanja/Suplier yang baik

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan barang yang layak untuk dijual kembali di mana saja? Cermati supllier Anda. Beberapa toko memiliki ketentuan atas produk yang berbeda. Reseller sukses skala global bisa menjual barang kembali di situs top dunia Ebay.

4. Cermat cek kondisi barang

Ini bisa jadi rumit! Di sinilah penelitian yang Anda lakukan tadi dapat berguna. Apalagi jika anda bermain di barang murah. Karena, barang-barang yang dalam kondisi terbaik biasanya akan dijual dengan harga terbaik. Jika suatu barang rusak, pastikan untuk mempertimbangkannya agar bisa ditukar.

5. Ketahui Potensi Pasar

Mengetahui pasar Anda adalah tentang bagaimana anda mengetahui di mana membeli produk dan bagaimana menjual barang yang Anda miliki. Misalnya, untuk skala global Amazon adalah tempat yang jauh lebih baik untuk menjual buku daripada eBay. Item yang besar atau sulit untuk dikirim melalui surat mungkin perlu dijual melalui Facebook atau Craigslist. Sebagian besar barang lainnya mungkin laku di Facebook, dan tdak cocok untuk platform lainnya. Lakukan penggalian dan cari tahu tempat terbaik untuk menjual barang-barang Anda.

6. Perhatikan kemasan produk dan proses pengiriman

Jika Anda melakukan banyak pembelian dan penjualan online, pastikan untuk cek kondisi kemasan produk tetap baik karena itu merupakan “customer service” kita di mata pelanggan.

7. Belajar Strategi Penjualan yang Sukses

Kunci sukses menjadi reseller adalah menjual kembali barang yang tepat pada waktu yang tepat. Manfaatkan musim penjualan puncak (misalnya sebulan menjelang libur lebaran) dan manfaatkan musim puncak sekolah membuat anda lebih mudah memainkan harga dan mengontrol margin keuntungan. Lihatlah daftar reseller yang sukses dan tiru apa yang dilakukan mereka. Ingatlah bahwa gambar yang bagus, jelas, dan deskripsi ringkas, praktis dan jelas adalah jalan menuju penjualan yang sukses.

Ikuti kiat-kiat agar anda sukses menjadi reseller diatas. Jangan putus asa dan terus sukses dalam mencoba hal hal baru setiap harinya.

Tips Mendongkrak Omzet Usaha Franchise di Indonesia Dengan Digital Marketing

Usaha franchise dalam satu dekade terakhir ini juga harus berubah agar bisa survive menghadapi perkembangan jaman. Salah satunya dalam hal pemasaran digital. Digital marketing dalam era teknologi digital masa kini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik online maupun offline. Untuk kasus usaha franchise kali ini lebih banyak ditekankan pada sisi digital marketing online.

Mengapa usaha franchise harus memanfaatkan digital marketing? Bisnis waralaba erat kaitannya dengan jaringan pemasaran. Jaringan akan semakin kuat jika didukung dengan teknologi digital didalamnya. Bentuknya seperti apa? Beberapa metode berikut ini bisa dicoba:

SEO

Pemilik usaha franchise harus peduli dan berusaha untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk mencantumkannya di peringkat teratas hasil pencarian. Konsultan SEO memiliki berbagai metode untuk meningkatkan evaluasi mesin pencari di situs web Anda agar usaha franchise Anda mudah dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia.

Iklan Facebook

Iklan Facebook

Sebagai media sosial terbesar didunia, facebook kini begitu dominan dalam pemasaran digital. Iklan Facebook berfungsi untuk mentargetkan pengguna dengan data akurat dan tepat dengan menggunakan informasi media sosial. Salah satu media “terpanas” dalam tren terbaru ini bisa dijadikan andalan untuk media promosi digital beberapa tahun ke depan.

Promosi melalui Aplikasi Bisnis

Dahulu kala website merupakan media utama untuk mengenalkan produk dan profil usaha kita. Kini, website bukan lagi media utama, masiah kalah praktis dengan aplikasi bisnis. Konsultasikan strategi iklan Anda untuk memaksimalkan pemasangan aplikasi Anda. Aplikasi bisnis yang dimasukkan ke dalam play store akan memudahkan setiap pelanggan bisnis Anda untuk menggunakannya.

Baca Juga: Laporan Keuangan: 3 Komponen Utama Laporan Arus Kas

Menggunakan Sistem Afiliasi

Bisnis bisa semakin cepat berkembang jika menggunakan sistem afiliasi. Cara kerja afiliasi adalah membantu pemilik bisnis memasarkan produk mereka melalui jaringan pemasaran yang mereka miliki, biasanya dalam bentuk digital apakah itu website, blog, media sosial atau yang lainnya. Orang yang tergabung dalam bisnis afiliasi mendapatkan komisi berdasarkan referensi sampai terjadinya penjualan (closing deal).

Selain digital marketing online dalam usaha memperkenalkan franchise anda, masih ada juga beberapa metodi digital marketing offline yang bisa dijalankan. Berikut ini beberapa diantaranya:

Iklan offline

Anda mungkin menganggap iklan hanya sebagai media cetak. Yang benar adalah, iklan mencakup media apa pun yang memungkinkan Anda untuk membeli ruang untuk mempromosikan pesan pemasaran Anda. Ini termasuk iklan cetak seperti majalah, surat kabar, dan format cetak lainnya, iklan TV, iklan radio, papan iklan, dan sekarang, dengan permulaan teknologi, iklan internet, situs web, dan banyak lagi.

Meskipun iklan waralaba telah ada selama beberapa dekade, iklan hari ini cenderung memiliki panggilan aksi (action to call) yang jauh lebih berbeda dari yang lalu. Jika dulunya standar “Panggilan Sekarang”, cukup populer, maka saat ini iklan mengarahkan pemirsa ke situs web pemilik waralaba di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut dan terlibat melalui email dengan departemen pengembangan bisnis pemilik waralaba. Hasilnya, anda akan semakin dalam terlibat dalam keterikatan emosi dengan bisnis waralaba tersebut.

Franchisor yang membuat kampanye iklan inovatif di semua platform sejauh ini mampu mewujudkan pengembalian investasi terbaik (ROI).

Aktif ikut komunitas atau pameran bisnis

Pameran bisnis adalah cara lain untuk bertemu calon pewaralaba. Acara ini akan memberikan wawasan bagi calon pemilik waralaba, sekaligus mempromosikan kesadaran merek dan visibilitas produk. Pameran bisnis waralaba juga memberikan peluang untuk mempromosikan produk baru dan bisa mendorong penjualan.

Agar bisnis waralaba sukses, penting untuk terus bekerja mencari petunjuk baru dan meningkatkan penjualan waralaba. Pemasaran bisnis untuk usaha franchise adalah cara yang terbukti ampuh untuk menghasilkan prospek baru dan memperluas bisnis Anda dengan cepat didukung oleh digital marketing.

Darimana Bisnis Besar itu Dimulai?

Banyak pengusaha bermimpi memulai hal “besar”, seperti yang dilakukan Jim Shennan dengan Starbucks atau Mark Zuckerberg dengan Facebook. Tetapi memulai bisnis besar membutuhkan lebih dari sekadar memiliki ide besar. Meluncurkan bisnis yang benar-benar besar membutuhkan konsep bersama yang tepat, orang yang tepat, dan sumber daya yang tepat, yang memungkinkan bisnis untuk tumbuh dari kecil menjadi besar.

Identifikasi konsep bisnis Anda mulai dari usaha untuk memecahkan masalah nyata atau kebutuhan untuk sejumlah besar orang di mana Anda dapat unggul dengan cara yang unik terhadap pesaing Anda. Bisnis ini bisa dalam bentuk penambahan unit (seperti waralaba) atau pasar tambahan (seperti penjualan produk untuk konsumsi dalam negeri atau luar negeri). Hanya bisnis yang berhasil “meningkatkan” nilai tambah saja yang berpotensi menjadi perusahaan besar yang sukses.

Tahapan usaha kecil menuju bisnis yang besar

Secara formal Anda bisa mendaftarkan usaha Anda dalam bentuk Perusahaan Perseroan Terbatas, yang masing-masing memberikan struktur hukum yang akan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan sejumlah besar modal/dana dalam bentuk investasi saham atau pinjaman bisnis lainnya.

Tuliskan rencana bisnis yang menggambarkan konsep inti bisnis Anda, keunggulannya dibandingkan pesaing saat ini di bidangnya, model distribusinya, tujuan jangka panjangnya dalam frame (bingkai) waktu yang terukur, termasuk di dalamnya anggaran, dan pendapatan yang diproyeksikan melalui tahapan mulai dari tiga hingga lima tahun pertamanya. Juga diperlukan tentang strategi pemasaran perusahaan, strategi pengembangan perusahaan jangka panjang dan opsi menarik minat dana pengembangan usaha dari investor. Konsultasikan dengan bankir Anda, akuntan atau profesional bisnis lainnya untuk mendapatkan saran yang tepat tentang membuat rencana bisnis Anda.

Sampaikan rencana bisnis Anda kepada keluarga, teman, kenalan, dan angel investor untuk meningkatkan modal awal yang dibutuhkan sesuai rencana bisnis Anda. Tujuan Anda harus setidaknya 100 persen pendanaan dari anggaran rencana Anda. Idealnya, menaikkan dua kali lipat dari jumlah itu akan mencegah biaya tak terduga atau komplikasi masalah bisnis yang bisa menggagalkan rencana Anda. Anda mungkin harus dapat menunjukkan bukti konsep bisnis Anda dengan sampel produk Anda, lebih bagus lagi jika dalam bentuk demonstrasi perangkat lunak.

Bagaimana membangun tim yang solid untuk membesarkan usaha?

Bangun tim dalam perusahaan yang sejalan dengan visi bisnis Anda. Pekerjakan staf profesional terbaik yang mampu Anda miliki yang keahliannya ada pada bidang-bidang penting yang kurang Anda miliki. Karena tim ini akan menjadi orang penting yang menjadi sandaran seluruh kesuksesan atau kegagalan bisnis tersebut, oleh karena itu Anda harus pastikan untuk bisa menarik karyawan terbaik. Banyak perusahaan pemula menawarkan saham karyawan atau partisipasi ekuitas lainnya untuk menjamin kesetiaan dan kinerja mereka pada perusahaan.

Bangun bisnis baru Anda dan mulai desain konsep untuk skala yang lebih besar. Selama periode ini, Anda harus mengamankan basis pelanggan yang sudah ada saat ini. Presentasikan model bisnis Anda dan revisi rencana bisnis kepada pemodal dan alternative calon investor yang lainnya. Untuk tahapan lebih serius, biasanya Anda harus menyerahkan 20 hingga 40 persen dari ekuitas perusahaan Anda kepada investor jika mereka bergabung sebagai pemodal. Pada umumnya invsestor tertarik pada potensi pertumbuhan perusahaan dengan “time horizon” selama tiga hingga lima tahun, titik di mana investasi mereka bisa mulai memberikan imbal balik dengan banyak keuntungan.

Menyewa tim manajemen eksekutif yang berpengalaman, termasuk Chief Executive Officer (CEO) untuk mengambil alih operasi bisnis sehari-hari merupakan langkah lanjutan yang tepat. Sebagian besar perusahaan yang akan berkembang memerlukan ini, namun satu atau lebih kursi di dewan direksi Anda adalah porsi untuk investor, sebagai syarat untuk investasi mereka. Bersiaplah untuk tetap terlibat kompak dalam bisnis, tetapi pahamilah bahwa peran Anda sebagai pendiri akan berkurang ketika kontrol operasional bisnis bergerak menuju tim profesional yang fokus pada pertumbuhan eksponensial.

Tips Sederhana Membuat 5 Jenis Laporan Keuangan Usaha Kecil

Ketika menyangkut masalah pencatatan/akuntansi sebuah bisnis kecil, kebanyakan orang tahu bahwa itu penting, namun tak jarang banyak juga yang tidak disiplin dalam menjalankannya. Ada banyak manfaat lain dari akuntansi bisnis kecil yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan memperluas bisnis Anda. Berikut adalah beberapa laporan akuntansi paling penting untuk bisnis kecil Anda yang harus Anda ketahui, walaupun usaha Anda masih dalam kategori usaha kecil.

Laporan laba rugi

Laporan paling penting untuk bisnis apa pun adalah laporan laba rugi, juga disebut P&L atau laporan profit and lost. Laporan ini memberi tahu Anda berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis, dan lebih banyak lagi. Operasi pembukuan yang dikelola dengan baik mencakup perincian dari mana Anda menghabiskan dan dari mana uang Anda berasal. Setiap bisnis akan memiliki akun yang berbeda untuk kategori pendapatan dan pengeluarannya sendiri. 

Baca Juga: Teknik Memenangkan Persaingan Bisnis Kuliner

 

Pemilik usaha kecil harus melihat laporan ini setidaknya setiap bulan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melihat tren, membandingkan hasil saat ini dengan periode yang sama di tahun sebelumnya dan membandingkan bulan terbaru dengan beberapa bulan terakhir. Laporan ini akan memberi tahu Anda apa unit usaha apa saja yang bekerja dengan baik, apa yang tidak, dan membantu Anda fokus pada bagian bisnis yang paling menguntungkan.

Neraca keuangan

Neraca memberi Anda gambaran tentang apa yang dimiliki oleh bisnis Anda pada waktu tertentu. Untuk usaha kecil, aset biasanya mencakup hal-hal seperti rekening bank, piutang, dan mungkin rekening investasi. Neraca juga dapat mencakup aset seperti properti, komputer, peralatan, dan properti fisik dan tidak berwujud lainnya yang dapat dijual. Kewajiban umumnya mencakup hal-hal seperti kartu kredit, pinjaman bisnis, dan hal lain yang menjadi kewajiban bisnis Anda.

Persamaan akuntansi didasarkan pada neraca. Ini memberitahu kita bahwa Aset + Kewajiban = Ekuitas. Laporan ini idealnya menjadi angka yang tumbuh seiring waktu.

Saat memeriksa neraca, lihat juga aset jangka pendek versus liabilitas jangka pendek. Jika Anda memiliki pembayaran yang terhutang segera, pastikan Anda tidak kehabisan uang tunai tanpa memperhatikan bahwa aset Anda tidak likuid.

Piutang usaha

Anda tidak bekerja secara gratis, dan bisnis Anda bukan amal atau tujuan social bukan? Melakukan pekerjaan dan mengirimkan faktur hanyalah bagian dari usaha mendapatkan penghasilan. Anda juga harus memastikan pembayaran itu dibayar dan dikumpulkan. Laporan penuaan piutang Anda (A / R-accout receivables) memberi tahu Anda tentang sebaik apa kinerja Anda di sisi penagihan. Perbaiki system penagihan Anda sehingga arus kas Anda terjaga dengan baik.

Laporan arus kas

Sama seperti Anda harus melihat siapa yang berutang kepada Anda, Anda juga harus melihat siapa yang memberi Anda sebagian besar uang itu. Pendapatan Anda menurut laporan arus kas memberi tahu Anda berapa banyak yang Anda hasilkan dari setiap pelanggan selama periode waktu tertentu. Freelancer dan bisnis layanan profesional sangat bergantung pada bisnis berulang di banyak industri. Membangun hubungan yang baik dengan klien yang berkualitas dapat berubah menjadi aliran pendapatan yang menguntungkan, dapat diandalkan, dan sehat.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu percaya pada satu sumber pendapatan. Jika terlalu banyak pendapatan berasal dari satu sumber, itu disebut “risiko konsentrasi pendapatan.” Jika satu klien pergi akan merusak seluruh bisnis Anda, Anda perlu lebih beragam dalam melayani bisnis Anda. Menempatkan terlalu banyak telur dalam satu keranjang bisa membuat perusahaan Anda bangkrut.

Laporan hutang

Anda mungkin tidak akan suka jika perusahaan membutuhkan waktu terlalu lama untuk membayar Anda, begitupun vendor atau mitra usaha Anda. Jika Anda punya hutang atau tagihan, bantulah vendor Anda dan membayar mereka tepat waktu juga. Laporan hutang Anda memberi tahu berapa Anda berutang dan berapa banyak. Selama laporan keuangan Anda rutin diperbarui, Anda dapat dengan mudah mencari dan menemukan siapa yang perlu Anda bayar sehingga Anda tidak ketinggalan tanggal jatuh tempo.

Membayar terlambat dapat merusak hubungan dan dapat menyebabkan keterlambatan biaya lainnya. Bayar tepat waktu. Anda bahkan mungkin mendapatkan diskon pembayaran awal dari beberapa vendor.

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Muda Inspiratif!

Saat ini, hampir setiap orang memiliki impian untuk memulai perusahaan mereka sendiri. Lagi pula, apa yang bisa lebih baik daripada menjadi bos untuk Anda sendiri dan membawa banyak berkah untuk orang lain?

Tentu saja, terjun ke dunia wirausaha butuh keberanian, terutama jika Anda terpaku pada mitos bahwa 90 persen startup (usaha baru) gagal. Berita baiknya adalah tingkat kegagalan startup hampir tidak setinggi itu – terutama jika Anda menggunakan taktik yang tepat untuk memulai dengan tekat yang kuat. Jadi, apa yang dapat dilakukan pengusaha muda untuk meningkatkan kemungkinan mereka untuk sukses? Berikut adalah beberapa metode yang terbukti bisa membantu Anda memulai usaha di jalan yang benar.

1. Temukan Gairah Anda

Usaha baru (startup) yang paling sukses selalu didirikan oleh orang-orang yang bersemangat dengan apa yang mereka lakukan. Jadi, apa gairah hidup Anda? Temukan dulu hal itu. Cari hal-hal yang paling menarik bagi Anda yang dapat menjadi sumber inspirasi yang bagus untuk ide-ide wirausaha. Ketika Anda mendasarkan ide-ide Anda dari sesuatu yang benar-benar Anda sukai, Anda akan lebih fokus dan termotivasi.

Lebih baik lagi, Anda akan membawa pengetahuan dan pengalaman pribadi Anda sendiri. Hal ini dapat membantu Anda menemukan sudut unik ceruk bisnis yang bisa membantu Anda sukses.

2. Ketahui pasar Anda

Kegagalan untuk memahami pasar Anda adalah salah satu alasan utama mengapa bisnis baru gagal. Jika Anda ingin peluang sukses, Anda perlu meneliti pasar target Anda secara menyeluruh sebelum meluncurkan bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi potensi penting seperti kebutuhan pasar, titik harga jual yang sesuai dan strategi pemasaran yang akan menarik bagi audiens target Anda.

Semakin baik Anda memahami target pasar Anda, semakin mudah untuk menghindari salah strategi yang mahal konsekuensinya. 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil

 

3. Bersiaplah untuk berkorban

Tidak ada yang namanya sukses dalam semalam. Bahkan startup seperti facebook dan google yang bernilai jutaan dolar juga tidak muncul begitu saja tetapi merupakan hasil dari kerja keras yang tak terhitung jumlahnya sebelum mereka mulai menjadi berita utama alias booming.

Menjadi wirausahawan yang sukses membutuhkan tingkat pengabdian yang kuat pada impian Anda – dan ini berarti mengorbankan waktu dan uang untuk mewujudkannya. Mungkin tidak menyenangkan mempertaruhkan masa muda Anda untuk bisnis yang baru dibuka, tapi itulah konsekuensinya. Jika berhasil, Anda akan dikenang sebagai wirausahawan muda yang inspiratif.

4. Temukan seorang mentor yang tepat

Menjalankan bisnis membutuhkan beragam keterampilan dan keahlian yang mungkin belum Anda kuasai. Anda tidak harus mencoba membuat keputusan bisnis yang menantang dengan sendirian. Karena itu, menemukan seorang mentor adalah salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan pengusaha muda.

Mentor yang Anda jadikan pilihan harus membawa pengetahuan dan pengalaman untuk membantu Anda bergerak maju dan membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas. Gunakan jaringan alumni, konferensi, dan sumber daya lainnya untuk membentuk koneksi yang berharga ini.

5. Tambah terus pengetahuan bisnis Anda

Anda mungkin bersemangat tentang ide besar Anda, tetapi energi kreatif saja tidak cukup. Bisnis yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar produk inovatif; mereka juga memerlukan tim yang kompeten untuk mengelola keuangan, operasi, manufaktur, pemasaran, dan semua hal lain yang masuk ke dalam produksi dan penjualan suatu produk.

Luangkan waktu untuk meningkatkan IQ bisnis Anda dan cari orang-orang yang berpikiran sama yang dapat bergabung dengan tim Anda dan bisa menutup kekurangan Anda. Dengan memberi perhatian yang sama pada sisi bisnis dari sisi kreatif, Anda akan meletakkan dasar bagi startup tersebut agar bisa bertahan lama.

Selamat mencoba, dan semoga sukses !

5 Cara Mudah Menghemat Biaya Perusahaan

Pertengahan tahun seperti saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi bisnis Anda. Di pos mana saja Anda bisa menghemat uang? Berikut daftar beberapa pos biaya yang bisa Anda lakukan penghematan. Apalagi dalam kondisi ekonomi yang tidak pasti dimana setiap rupiah senantiasa dihitung, maka peningkatan terkecil dalam pendapatan atau pengurangan biaya dapat berdampak pada profitabilitas perusahaan. Berita baiknya adalah perombakan besar-besaran perusahaan tidak perlu dilakukan. Beberapa hal berikut ini sering kali langkah sederhana, namun cukup efektif menghemat biaya dan menambah profit usaha Anda.

1. Mengurangi biaya pasokan

Hemat uang untuk keperluan kantor dengan menghubungi vendor untuk memberi tahu mereka bahwa Anda ingin belanja dengan harga murah. Coba lihatlah ke luar dan bandingkan dengan kumpulan vendor tradisional Anda. Pemasok diskon besar seperti dalam skala global kita ambil contoh saja BJ, Amazon atau Wal-Mart sering kali dapat mengalahkan harga vendor pemasok kantor tradisional.

2. Memotong biaya produksi.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus selalu mencari cara untuk memotong biaya material, dan mengoptimalkan sumber daya Anda. Berikut ini beberapa saran: Coba jual sisa kardus, kertas, dan logam material tak terpakai untuk dimanfaatkan kembali daripada mengirimnya ke pusat daur ulang. Juga, pertimbangkan cara untuk menggunakan limbah Anda untuk membuat produk lain. Baca

Pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari hasil produksi Anda. Pusatkan atau konsolidasi ruang yang diperlukan untuk produksi. Lacak dan ukur efisiensi operasional bisnis Anda, untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia. Tetapkan parameter kinerja yang mencerminkan sasaran efisiensi Anda dan tawarkan insentif ketika sasaran tersebut dipenuhi.

3. Turunkan pengeluaran keuangan

Lihatlah kembali beberapa pos pengeluaran seperti premi asuransi, cek juga beberapa pos dan akun keuangan Anda untuk mencari pos apa yang bisa digunakan untuk menghemat uang. Menghemat uang pada asuransi dengan membandingkan paket asuransi untuk tingkat yang paling kompetitif; kemudian mintalah pemberi pinjaman atau penyedia asuransi Anda untuk memberikan penawaran terendah. Mengevaluasi polis asuransi juga bisa untuk memastikan Anda tidak memiliki asuransi yang berlebihan atau duplikasi pertanggungan.

Jangan mengambil hutang yang tidak perlu. Lakukan analisis biaya-manfaat secara menyeluruh dan perkiraan masa depan saat mempertimbangkan ekspansi bisnis. Pertimbangkan biaya peluang dan pengaruh pembayaran utang terhadap arus kas. Kelebihan hutang mempengaruhi peringkat perusahaan, suku bunga dan kemampuan untuk meminjam di masa depan.

4. Modernkan upaya pemasaran Anda.

Tentu saja, Anda tidak ingin menghilangkan iklan berbayar yang berfungsi baik untuk bisnis Anda; namun, Anda bisa mencari beberapa alternatif yang lebih murah. Bangun daftar email pelanggan Anda dan terapkan program rujukan. Rekomendasi dari pelanggan saat ini jauh lebih mungkin menghasilkan penjualan daripada pemasaran tradisional.

Anda bisa juga membuat jaringan lebih banyak, kurang beriklan. Klien lebih cenderung untuk menyewa bisnis dengan wajah yang mereka kenal. Anda bisa memotong biaya pemasaran dengan melakukan lebih banyak pemasaran dari rumah ke rumah. Anda bisa meningkatkan penggunaan media sosial dan mengurangi pemasaran tradisional.

5. Gunakan strategi waktu yang efisien.

Mengoptimalkan produktivitas secara efektif bisa menurunkan biaya Anda dalam melakukan bisnis. Ingat, waktu terbuang sama dengan uang terbuang. Minimalkan gangguan dan batasi akses ke pemboros waktu. Gunakan aplikasi canggih yang sudah banyak digunakan seperti Focus Booster atau Rescue Time untuk membantu karyawan fokus dan berkonsentrasi untuk tetap mengerjakan tugas.

Tetapkan target untuk jumlah waktu yang wajar untuk menyelesaikan jenis kegiatan atau tugas tertentu. Tawarkan insentif untuk memenuhi atau melampaui target/harapan itu. Jadwalkan kegiatan bisnis dan dorong karyawan untuk mematuhi jadwal harian atau mingguan.

Jadwalkan juga alokasi blok waktu yang telah ditentukan untuk rapat. Jelaskan bahwa Anda mengharapkan peserta datang tepat waktu, tetap berpegang pada agenda yang ada dan bisa selesai pada waktu yang ditentukan.

Dengan menjalankan beberapa tips diatas, maka diharapkan Anda bisa membuat bisnis Anda lebih efisien dan produktif.

Berikut Kebiasaan Pengusaha Dalam Mengelola Keuangan dan Memanfaatkan Waktu Luang

Bagi pengusaha sukses, cash flow sangat vital, oleh karena itu mereka punya kebiasaan mengelola keuangan yang berbeda dengan kebanyakan orang. Termasuk didalamnya bagaiamana memanfaatkan waktu luang, seperti pepatah time is money. Selama beberapa dekade, psikolog telah mempelajari apa yang dilakukan pengusaha sukses di waktu luang mereka untuk melihat apakah ada kesamaan dengan umumnya orang lain atau berbeda. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa pengusaha sukses total fokus dengan pekerjaan mereka, tidak pernah mencurahkan cukup waktu untuk kehidupan pribadi atau minat mereka. Ini tidaklah benar.

Kesuksesan pengusaha tidak hanya tentang apa yang Anda lakukan saat Anda bekerja, tapi juga tentang apa yang Anda lakukan saat waktu luang. Jika Anda ingin sukses, tempat terbaik untuk memulai adalah mempelajari apa yang dilakukan orang sukses. Berikut ini kebiasaan mereka di waktu luang:

Mereka rajin membaca

Orang yang paling sukses haus akan pengetahuan. Mereka ingin tahu secara alami. Itu sebabnya mereka suka membaca. Topiknya tidak terlalu relevan. Mereka akan membaca tentang topik apa pun yang menarik minat mereka. Semakin banyak pengetahuan yang mereka peroleh, semakin baik bagi mereka. Salah satu tema membaca yang paling banyak diminati adalah topic tentang cara mengelola keuangan.

Membaca menumbuhkan kreativitas, yang pada gilirannya dapat menerjemahkan ke ide-ide baru dan inovatif yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan Anda, termasuk bisnis Anda. Mengejar pengetahuan adalah bagian dari apa yang membuat pengusaha sukses terus tergerak untuk mencarinya. Di dunia digital saat ini, menjadi lebih mudah dari sebelumnya untuk mendapatkan informasi dari internet.

Mereka memiliki waktu banyak untuk berolahraga

Anda akan berasumsi bahwa orang yang sangat sukses tidak punya waktu untuk berolahraga, bukan? Bahkan, sebagian besar dari kita tampaknya tidak punya waktu. Padahal orang-orang sukses adalah bahwa mereka MEMBUAT waktu. Mereka memahami bahwa olahraga bukan hanya menjaga kesehatan tubuh mereka, tetapi juga ada manfaat psikologis. Latihan melepaskan endorfin yang menyenangkan yang memberi Anda energi abadi dan menumbuhkan pemikiran positif. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga merangsang kreativitas dan membantu Anda fokus. 

Baca Juga: Pengertian, Tujuan Jurnal Umum Dalam Sebuah Bisnis

 

Mereka menghabiskan waktu luang untuk berefleksi

Merefleksikan keputusan bisnis, operasi sehari-hari, dan keseimbangan kehidupan kerja secara keseluruhan adalah aspek kunci dalam menemukan kesuksesan dalam berwirausaha. Memulai bisnis adalah salah satu pengalaman paling menantang yang dapat dilalui oleh individu, dan selama tahun-tahun awal, pekerjaannya dapat terlihat selalu konstan dan membosankan. Meski begitu, orang-orang ini memahami betapa pentingnya mengambil waktu sejenak untuk berhenti dan merenung akan langkah yang telah dan akan mereka lakukan.

Menggunakan pola pikir tabungan

Menyimpan uang sangat penting untuk gaya hidup finansial yang sehat. Sebagai pengusaha yang bercita-cita tinggi, memiliki cadangan keuangan yang setara dengan enam bulan penghasilan biasanya direkomendasikan. Tetapi Anda bisa mengambilnya sedikit lebih jauh dari itu.

Tabungan Anda harus dapat membantu Anda mengurus kebutuhan Anda ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Langkah pertama untuk membuat kebiasaan menabung adalah dengan selalu menyisihkan apa pun yang ingin Anda simpan terlebih dahulu sebelum mengurangi pengeluaran lain dari penghasilan Anda.

Hemat

Menjadi wirausahawan berarti Anda harus hemat dengan uang Anda. Hemat tidak berarti pelit. Anda tidak lagi dapat berbelanja secara tidak perlu seperti yang Anda lakukan saat Anda bekerja untuk orang lain. Ini bukan karena Anda tidak mampu membayar pengeluaran, melainkan untuk membantu Anda menanamkan budaya disiplin.

Menjadi hemat bukan berarti Anda tidak mencintai diri sendiri, dan juga tidak berarti Anda pelit. Mark Pearson, dari Mydeals.com (sebuah blog hemat uang), berpikir bahwa berhemat telah membantu banyak pengusaha dan pemilik bisnis yang sukses. “Berhemat bisa menjadi sangat penting ketika Anda berkomitmen untuk menabung dan tidak mendapatkan penghasilan tambahan,” katanya. Membentuk kebiasaan hemat juga akan berdampak positif pada bisnis dan kehidupan Anda secara keseluruhan.

Mampu Membuat Prioritas Pengeluaran

Untuk meluruskan pengelolaan keuangan Anda, Anda harus mulai mengembangkan kebiasaan memprioritaskan pengeluaran Anda. Membentuk kebiasaan ini akan membantu Anda menentukan apa yang paling menuntut perhatian finansial Anda dan memahami mengapa hal itu terjadi.

Memberikan lebih banyak perhatian pada kebutuhan Anda yang paling mendesak dan kurang memperhatikan keinginan yang lebih sembrono dapat membantu Anda menjadi manajer keuangan yang lebih baik. Menjadi manajer keuangan yang baik sangat penting bagi setiap pengusaha. Cara terbaik untuk menjadi wirausahawan yang sangat sukses adalah mulai membentuk kebiasaan baik yang akan memfasilitasi pertumbuhan bisnis Anda. Mengatur keuangan Anda adalah langkah pertama yang baik, dan sangat penting, untuk dilakukan.

Sebagai seorang pengusaha yang bercita-cita tinggi, kebiasaan mengelola uang yang seperti apa yang Anda rencanakan untuk bisa dikembangkan?