Home / Tips Bisnis

Tips Bisnis

3 Metode Pembagian Laba Perusahaan Persekutuan

Perusahaan biasanya membagi laba antara dirinya dan pemegang sahamnya. Laba perusahaan adalah kelebihan pendapatan yang diterima oleh perusahaan atas biaya yang dikeluarkan perusahaan. Total laba perusahaan didistribusikan dalam tiga cara. Satu porsi digunakan untuk membayar pajak laba perusahaan. Yang kedua adalah laba perusahaan yang tidak didistribusikan dan disimpan oleh perusahaan untuk membiayai investasi modal. Dan yang ketiga kemudian dibayarkan sebagai dividen kepada pemegang saham, atau pemilik perusahaan.

Perusahaan memilih untuk membagi keuntungan dalam bentuk dividen karena mendorong pemegang saham untuk terus berinvestasi di perusahaan tersebut. Memahami transaksi yang berkaitan dengan dividen dan laba ditahan membantu Anda mengetahui dampak transaksi pada laporan keuangan perusahaan.

Prinsip Pembagian Laba Perusahaan Persekutuan

Ketika sebuah perusahaan publik menghasilkan laba, ia memutuskan apakah akan membagikan laba kepada pemegang saham dalam bentuk dividen atau tidak. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan menerbitkan dividen tunai, tetapi mereka juga dapat menerbitkan dividen saham. Dividen tunai adalah pembayaran tunai, dan dividen saham mewakili saham tambahan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham mereka. Perusahaan biasanya membayar dividen setiap tiga bulan. Perusahaan tidak diwajibkan membayar dividen kepada pemegang saham, dan mereka terkadang bisa saja menghentikan pembayaran dividen selama periode yang tidak ditentukan.

Maka, salah satu upaya untuk menyelesaikan persoalan pembagian laba tersebut adalah dengan menjabarkan metode pembagian laba persekutuan komanditer dan harus dinyatakan dalam perjanjian kerjasama persekutuan. Secara prinsip aturannya sebagai berikut:

  1. Seluruh peserta (rekan) dalam perusahaan persekutuan memperoleh bagian yang sama jika perjanjian tidak menyebutkan mengenai pembagian laba bersih atau rugi bersih
  2. Seluruh peserta (rekan) dalam perusahaan persekutuan memperoleh bagian berdasarkan kontribusi modal masing-masing yang jumlahnya berbeda-beda.
  3. Seluruh peserta (rekan) dalam perusahaan persekutuan memperoleh bagian berdasarkan kontribusi jasa yang besarnya tidak sama jika jasa yang diberikan salah satu rekan lebih penting dibandingkan jasa rekan lainnya.

3 Metode Pembagian Laba Perusahaan Persekutuan

Atas dasar prinsip pembagian laba perusahaan seperti diulasa diatas, setidaknya ada 3 metode pembagian laba perusaan persekutuan sebagai berikut:

#1. Metode Pembagian Laba Berdasar Jasa Rekan

Konsep dari metode ini adalah memberikan tunjangan gaji kepada para rekan sesuai jasa yang diberikan. Secara hukum bukan merupakan karyawan perusahaan maka diperlakukan sebagai pembagian laba bersih dan dikreditkan ke akun modal saham.

Misalnya saja:

A dan B sepakat bersekutu mendirikan perusahaan dimana dalam perjanjian persekutuan menjanjikan tunjangan gaji bulanan. A akan menerima tunjangan bulanan sebesar Rp 4.000.000 atau Rp 48.000.000 satu tahun, dan B akan menerima Rp 3.000.000 atau Rp 36.000.000 setahun. Perhitungan laba bersih yang tersisa setelah pembagian tunjangan gaji akan dibagi sama rata dan dimasukkan dalam perjanjian.

#2. Metode Pembagian Laba  Berdasar Jasa Rekan dan Investasi

Konsep dari metode ini adalah sebelum pembagian laba bersih perusahaan menyediakan:

  • Tunjangan gaji
  • Bunga atas investasi modal
  • Sisa laba bersih kemudian dibagi sesuai kesepakatan.

Misalnya saja:

A dan B bersekutu mendirikan perusahaan dengan modal A sebesar 500 juta dan B sebesar 300 juta dan membuat perjanjian pembagian laba sebagai berikut:

  • Tunjangan gaji bulanan sebesar Rp 4.000.000 untuk A dan Rp 3.000.000 untuk B
  • Bunga sebesar 10% atas saldo modal masing-masing rekan per periode tertentu.
  • Sisa laba bersih dibagi rata di antara para rekan.

Jika pada periode yang ditentukan laba bersih 150 juta maka A akan mendapatkan saldo kredit atas laba perusahaan sebesar 10%x500 juta ditambah Rp 75 juta, sedangkan B akan memiliki saldo kredit atas laba perusahaan sebesar 10%x300 juta ditambah Rp 75 juta.

#3. Metode Pembagian Laba Berdasarkan Tunjangan diatas Laba Bersih

Konsep dari metode ini adalah jumlah pembagian laba bersih melebihi total jumlah tunjangan gaji dan bunga. Artinya jika jumlah laba bersih kurang dari total tunjangan, sisa saldo menjadi jumlah negatif yang pada akhirnya jumlah tersebut harus dibagi di antara para rekan sebagaimana terjadi rugi bersih. Dalam perjanjian persekutuan, sisa laba bersih atau rugi bersih apapun setelah dikurangkan dari tunjangan-tunjangan dibagi rata antara A dan B pada contoh diatas.

5 Faktor Penting yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Anda

Seringkali, wirausahawan pertama kali terjun ke sebuah bisnis hanya bermodalkan tren usaha yang sedang berkembang di masyarakat dan cenderung ikut-ikutan. Mereka buta seberapa besar potensi market yang ada dan seberapa kuat kekuatan pendukung bisnis dia untuk mencapai market atau bahkan menambah market yang tersedia saat ini. Untuk membantu Anda membaca peta kekuatan bisnis dan potensi market yang ada, berikut ini 5 faktor pendukung sukses bisnis Ada yang perlu dipahami pemilik bisnis baik yang masih baru maupun sudah berjalan setidaknya di 5 tahun pertama:

  1. Ide bisnis yang inovatif

Jika Anda ingin mencoba bertahan, terutama dalam industri yang kompetitif, maka Anda perlu menentukan apa yang membedakan Anda dari opsi bisnis lain yang sudah tersedia sebelumnya. Pemasaran yang cerdas atau teknologi yang menarik saja tidak akan menjamin bahwa target pelanggan Anda akan kagum dengan apa yang Anda tawarkan – Anda harus menawarkan nilai nyata yang berbeda dan / atau pengalaman baru bagi pelanggan baru Anda.

Richard Werbe, pendiri platform konsultan bisnis mikro StudyPool, menjelaskan strateginya untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif, dengan mengatakan bahwa, “Anda harus memperhatikan tren. Kebanyakan orang berpikir mereka harus datang dengan ide yang sepenuhnya orisinal, tetapi Anda dapat mengambil tren populer saat ini dan membangun dari apa yang sudah Anda lihat di sana, untuk kemudian menciptakan layanan atau produk yang lebih baik lagi. “

Pasar akan menentukan apakah bisnis Anda akan berhasil atau tersingkir dan satu cara untuk meraih peluang tersebut adalah dengan memiliki produk atau layanan inovatif yang akan diterima dengan baik. Anda tidak harus sepenuhnya menemukan sesuatu yang baru – Anda cukup hanya membuatnya lebih baik dari produk dan layana yang sudah ada saat ini.

  1. Mencari dan memilih bakat yang tepat

Keberhasilan jangka panjang bisnis Anda mengharuskan Anda mengumpulkan bakat yang tepat untuk membangun bisnis Anda. Tim Anda adalah tulang punggung perusahaan, dan satu orang yang tidak kompak saja bisa jadi “toxic employee” serta dapat sepenuhnya menggagalkan kemajuan bisnis Anda. Apakah Anda sedang membangun tim di satu tempat yang sama atau mencari tenaga kerja jarak jauh (freelance), satu hal yang Anda cari adalah bakat yang tepat dan cocok dengan visi yang sama untuk meningkatkan peluang keberhasilan.

Kip Skibicki, pendiri Top Notch Threads Consultant, memahami pentingnya menyusun tim all-star. “Ketika saya memulai perusahaan saya, saya tidak memiliki banyak koneksi, tetapi saya berkomitmen untuk membangun sebuah tim yang berbagi visi dengan saya, bekreja bersama dengan memiliki pengalaman dan pengetahuan yang diinginkan perusahaan untuk setiap peran yang mereka miliki,” kata Skibicki.

Membangun bisnis membutuhkan banyak pekerjaan selama fase startup dan akan jauh lebih menyenangkan ketika seluruh tim bersedia untuk berusaha keras untuk mencapai tujuan dan mencapai keberhasilan bersama.

  1. Memperluas jaringan Anda

Membangun jaringan pengusaha yang berpikiran sama memiliki beberapa manfaat. Hal ini bisa dijadikan media saling tukar pikiran terutama pada tahap awal bisnis. Ketika jaringan Anda tumbuh, demikian juga sumber daya Anda akan semakin besar.

Anda bisa bergabung dengan beberapa grup profesional bisnis dan terus-menerus berjejaring untuk menambah relasi. Secara bisnis, Anda akan melihat betapa untungnya jaringan bisnis tersebut dan telah mendorong Anda untuk mendapatkan peluang baru kedepannya.

  1. Kerja keras

Jika Anda tidak ingin tangan Anda kotor dan berkeringat, Anda mungkin sama saja dengan tidak memulai bisnis yang sukses. Banyak pengusaha potensial memiliki perasaan keliru tentang bagaimana sebenarnya memiliki bisnis. Bisnis adalah kerja keras, pada posisi apapun dan daam skala bisnis yang bagaimanapun. Tinggal Anda sebagai pebisnis mengelola kerja keras Anda dalam bentuk yang seusai dengan tantangan yang ada.

  1. Penjualan (sales)

Ada satu hal yang bisa Anda jadikan indikator yang cepat untuk membuktikan kelayakan produk atau layanan Anda yaitu penjualan. Penjualan membuktikan Anda memiliki sesuatu produk yang layak, dan juga menyuntikkan pendapatan ke bisnis Anda. Angka penjualan juga memungkinkan Anda untuk tumbuh dan menghindari defisit alias kebangkrutan.

Sebagai seorang wirausahawan, Anda harus terus-menerus menjual visi Anda kepada karyawan, mitra, investor, dan semua pihak bahwa saat ini bisnis Anda prospektif. Ide bagus, tetapi tanpa penjualan yag baik, ide ini kemungkinan besar akan gagal. Mark Cuban, konsultan bisnis terkemuka terus-menerus berbicara tentang bagaimana kesuksesan didasarkan pada penjualan. Pengusaha yang hebat dalam penjualan memberi bisnis mereka keunggulan yang kompetitif.

Dengan memahami 5 aspek penting diatas, Anda akan semakin sukses dalam menjalankan bisnis kedepannya.

Cara Mengelola Piutang agar Lancar tidak Macet Tak Tertagih

Banyak Perusahaan Merugi Akibat Piutang tak Tertagih..

 

Benarkah pernyataan seperti itu? Baiklah mari kita bahas pada artikel ini..

Salah satu pendukung kelancaraan bisnis adalah cashflow yang lancar. Piutang dalam bisnis merupakan hal yang wajar dilakukan untuk menciptakan mitra bisnis. Piutang biasanya timbul dari penjualan kredit barang/jasa yang merupakan hasil usaha dari perusahaan yang bersangkutan.

Akan tetapi, hal tersebut akan memberikan resiko bagi perusahaan seperti akan adanya kemungkinan piutang-piutang yang tidak tertagih atau macet. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami hal ini pada perusahaan yang dipimpin.

Piutang macet merupakan salah satu gejala yang dapat menghambat kelancaran bisnis. Hal tersebut juga dapat menyebabkan cashflow (arus kas) jadi seret.

Ketika cash masuk tidak lancar, sehingga perkembangan bisnis akan terganggu jika cash masuk tidak lancar. Tidak hanya itu, cash masuk tidak lancar juga berpengaruh pada pembelian stok atau persediaan barang lain dan pembayaran biaya operasional Anda yang menjadi tertunda akibat kas yang minus.

Apa Solusinya??

Seperti yang sudah dibahas, begitu pentingnya mengatasi piutang macet supaya arus kas lancar. Kalau tidak segera diatasi, bisa saja perusahaan akan terus menerus merugi dan bisa berujung gulung tikar.

Solusinya yaitu dengan menyusun laporan piutang. Kalau Anda selama ini menyusun laporan piutang secara manual, itu masih bisa. Namun bila Anda melakukan pencatatan piutang di kertas biasa atau buku jurnal, dikhawatirkan buku-buku tersebut bisa hilang karena lupa taruh atau bahkan di makan binatang rayap bila disimpan di tempat sembarangan.

Sangat disarankan Anda menggunakan software yang dapat menampilkan laporan piutang secara tepat dan cepat..

 

1. Terapkan Kebijakan Jatuh Tempo

Jatuh tempo merupakan batas waktu akhir pembayaran yang harus dilakukan oleh pihak terutang. Bila sebelumnya perusahaan menerapkan jatuh tempo 30 hari, untuk menghindari piutang macet maka bisa dikurangi jatuh temponya menjadi 15 hari atau hanya menerima pembelian secara tunai.

2. Sering Lakukan Follow Up.

Cara yang pertama merupaka cara umum yang wajib dilakukan setiap perusahaan. Dengan sering melakukan follow Up terhadap piutang yang belum dibayar oleh pihak yang bersangkutan, maka potensi untuk dibayarnya piutang tersebut lebih besar.

Ada kemungkinan pihak yang memiliki hutang lupa bila mereka masih punya piutang yang harus dibayar. Untuk itu perlu dilakukan follow up sehingga tidak sampai menjadi piutang yang tak tertagih

3. Tagih secara Agresif

Apabila cara yang pertama sudah dilakukan namun belum ada hasil, maka Anda perlu melakukan tindakan yang lebih terhadap pihak yang memiliki hutang untuk menagih piutang yang belum lunas. Anda bisa memberikan surat teguran atau peringatan untuk pihak yang terutang.

Hal ini secara perlahan akan membuat pihak terutang terbiasa melakukan pelunasan secepat mungkin. Jadi masalah piutang yang tak tertagih kemungkinan tidak akan terjadi lagi

4. Kenakan Denda Keterlambatan

Dengan mengenakan biaya denda keterlambatan, tentunya akan membuat pihak terutang berifikir dua kali bila saat telat membayar hutang yang harus dibayar. Karena semakin terlambat dari waktu yang sudah ditentukan, maka semakin banyak pula jumlah hutang yang harus dibayar.

5. Jalur Hukum

Jika yang menjadi masalah piutang macet adalah faktor moral penghutang, maka tidak ada jalan lain kecuali dengan melalui jalur hukum. Tidak harus ke pengadilan, tapi bisa melalui bantuan mediasi dari konsultan hukum. Jangan harap uang Anda kembali dengan cepat, karena proses ini akan memakan waktu panjang.

6. Blacklist Customer yang Menunda Pembayaran

Bila sudah menggunakan tiga cara di atas namun hasilnya nihil, maka Anda bisa melakukan blacklist terhadap customer yang menunda pembayaran. Mungkin terbilang agak kontroversi, tapi hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami piutang macet.

Namun cara di atas belum dapat dilakukan bila Anda belum memiliki catatan piutang dan laporannya. Akan lebih mudah bila Anda memiliki beberapa laporan piutang seperti laporan kartu piutang, atau laporan piutang jatuh tempo.

Semua yang Anda butuhkan ada di Beeaccounting

Jika Anda membutuhkan sistem otomatis yang bisa menyusun laporan kartu piutang, laporan piutang jatuh tempo dengan sangat cepat dan akurat, maka sistem Beeaccounting jawabannya..

9 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Beeaccounting..

  1. Meningkatkan omset penjualan
    Mengontrol order penjualan, jadwal pengiriman, cetak surat jalan. Informasi harga dan stok dapat tersaji cepat dan akurat. Mencegah back order berkat manajemen order dan stok. Analisa kebutuhan & manajemen buffer stock (min/max).
  2. Menekan rasio piutang tak tertagih
    Mengontrol penagihan piutang jatuh tempo tepat waktu. Mencetak daftar penagihan per collector area. Kartu piutang per customer, analisa umur piutang.
  3. Terintegrasi menu perpajakan
    Mencetak faktur pajak standard / sederhana. Laporan PPN masukan / keluaran, laporan PPH.
  4. Efisiensi proses Pembelian
    Mengontrol proses pembelian mulai dari Permintaan Pembelian, P.O., Penerimaan Barang hingga Invoice Pembelian.
  5. Menekan pengeluaran biaya dengan sistem budgeting
    Setting anggaran biaya & target income per Departemen & Project. Laporan income, biaya & laba/rugi per Departemen & Project.
  6. Menekan Kebocoran Uang dan Stock
    Mutasi keluar/masuk uang & barang dapat dilacak dengan detail, cepat & akurat.
  7. Bisnis Anda bisa diDelegasikan & Terkontrol tanpa kehadiran Anda.
    Manajemen hak akses data bisa disesuaikan dengan sistem perusahaan anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa di-audit.
  8. Mempercepat Pengambilan Keputusan strategis
    Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji Cepat & Akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis seperti: Customer, Strategi harga jual, Stok, Kas/Bank, Limit piutang.
  9. Konsolidasi antar cabang dengan biaya rendah
    Mendukung sistem online antar cabang luar kota/pulau via internet. Semua bisa anda kontrol kapanpun & dimanapun. *membutuhkan koneksi internet dengan ip address static

Anda bisa mendownload Beeaccounting melalui link berikut ini : Download Sekarang!

Untuk menghubungi kami, silahkan klik tombol Whatsapp di bawah ini..

Silahkan share dan berkomentar yaa..

Salam Let’s #beefree

Perbandingan Software Online vs Offline

“Mana yang terbaik, Software Offline atau Online?”

Seringkali muncul dibenak para calon pembeli software bisnis karena dirasa operasional mereka sudah waktunya membutuhkan sebuah software, tapi mending software offline atau online sih?

Sebelum membahas mengenai software offline atau online, ada baiknya untuk mengetahui problem apa saja yang Anda alami dalam perusahaan sehingga memaksa Anda untuk menggunakan sebuah software.

bisnis pusing - Perbandingan Software Online vs Offline

Dasarnya ketika orang sudah mulai mencari sebuah software bisnis, maka dikala itu terdapat sebuah kendala pada perusahaannya. Entah itu kendala operasional, atau kendala lainnya.

Kalau membahas masalah keuntungan, jelas sekali banyak banget manfaat yang akan diperoleh ketika sudah mulai menggunakan sebuah software bisnis. Tentu saja pada sebuah perusahaan sudah pasti ada sebuah masalah, entah itu masalah keuangan, masalah manajemen dan lainnya.

Software bisnis membantu Anda menangani semua masalah yang Anda alami saat ini. Karena umumnya software bisnis dibuat dengan tujuan untuk membantu pengusaha dalam mengelola perusahaan yang mereka bangun.

Kenapa Anda harus menggunakan software bisnis?

Padahal dengan excel saja sudah cukup! Yess benar saja hanya dengan excel sudah bisa membuat laporan yang dibutuhkan usaha Anda. Namun pertanyaannya, apakah sudah cukup efisien membuat laporan dengan excel?

Seperti yang Anda tahu, membuat laporan yang meliputi banyak hal seperti laporan neraca, laporan persediaan dan lainnya. Tentunya ini akan memakan waktu yang lama jika dikerjakan secara manual ataupun dengan excel.

Perlu Anda ketahui, bahwa dengan menggunakan software kinerja Anda akan jauh lebih cepat karena semua akan terselesaikan secara otomatis bila penggunaannya sesuai dengan sistemnya.

…Adapun beberapa manfaat bila Anda menggunakan software:

  • Sangat memudahkan pengerjaan laporan keuangan dalam waktu yang cepat. Dengan itu Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga mapun orang tersayang.
  • Jika terjadi kesalahan input data Anda hanya perlu memperbaikinya tanpa harus memulai dari awal. Bayangkan saja jika Anda belum menggunakan software apa yang akan terjadi pada saat Anda harus mengulangi pekerjaan tentunya akan sangat menjengkelkan dan membuang-buang waktu.
  • Meningkatkan efisiensi pekerjaan karena seluruh proses akan berjalan secara otomatis, Anda hanya perlu menginput data atau transaksi.
  • Mudal untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis setip saat secara realtime. Dengan begitu akan membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat karena data yang disajikan cepat dan akurat pastinya.

Mana yang Efektif, Offline atau Online?

online vs offline gambar

Meski diantara keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi untuk pemilihan software harus benar-benar dipilih secara matang. Tidak boleh sembarangan karena ini menyangkut keuangan usaha Anda. Apabila Anda salah pilih maka siap-siap rugi…

Oke mari kita cari tahu, mana sih yang lebih efektif? Saya akan coba jabarkan keduanya..

Software Bisnis Offline..

Software bisnis offline adalah software yang terpasang secara permanen di komputer. Kelebihan software ini yaitu memiliki performa yang baik karena berjalan pada spesifikasi hardware dari komputer yang dipasang. Selain itu software ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga dapat dibuka diluar jaringan yang ada.

Untuk kelemahannya, software ini tidak dapat diakses dari jarak jauh bila ada keperluan seperti pengawasan atau pengambilan database laporan keuangan dari program. Software ini juga tidak dapat disebarkan karena memiliki nomor seri yang berbeda satu sama lain untuk komputer yang berbeda.

Yang menguntungkan adalah, software ini sangat efektif untuk para pebisnis atau akuntan yang jarang melakukan perjalanan. Dengan spesifikasi komputer yang sesuai, software ini akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Software Bisnis Online..

 

Software bisnis online ini adalah sebuah software jenis baru yang beredar di umum. Kelebihan software ini adalah dapat dengan mudah diakses dimana saja sesukanya dengan menggunakan browser tanpa harus instalasi software di gadget yang digunakan.

Kemudian, software ini ringan dan tidak memerlukan spesifikasi gadget yang tinggi. Namun sayangnya, software ini sangat memerlukan koneksi internet dengan kecepatan yang mumpuni. Jika tidak, software ini tidak dapat diakses. Software akuntansi online sangat cocok digunakan oleh pebisnis dan akuntan yang dinamis dan selalu berpergian.

Kesimpulan…….

software bisnis online atau offlineDari pernyataan di atas, Anda harusnya sudah paham akan kebutuhan Anda dalam bisnis Anda. Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa Anda jangan salah pilih karena ini adalah sebuah investasi awal dimana Anda harus mengeluarkan sejumlah rupiah untuk membelinya.

Software offline maupun online, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perlu saya jelaskan ulang, jika Anda membutuhkan software yang aman, maksudnya setiap detail laporan keuangan dalam database Anda ingin aman, maka saya merekomendasikan Anda pilih yang offline.

Software Bisnis Offline memungkinkan Anda untuk melakukan instalasi di perangkat komputer Anda, dan yang perlu Anda ketahui bahwa penginstallan database juga akan disimpan di komputer Anda.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa banyak para pengguna internet yang tidak bertanggung jawab melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan beberapa pihak. Kalau Anda tidak menginginkan database Anda di ketahui orang, maka tidak disarankan Anda memilih software online

Database yang aman, adalah database yang disimpan dalam komputer Anda. Sebab orang tidak akan bisa mengakses database Anda apabila database tersimpan dalam kompter Anda secara offline.

Nah kalau ngomongin internet, apabila lokasi usaha Anda berada di sebuah pulau yang koneksi internetnya tak stabil, maka Anda akan mendapatkan suatu nilai untung karena database Anda benar benar aman.

Lagipula apabila Anda benar-benar berada di pulau yang koneksi internetnya kurang stabil, apakah Anda tetap memilih yang Online? Tentu saja tidak kan.. Karena software bisnis online mengharuskan Anda memiliki koneksi internet sehingga apabila tidak ada koneksi internet maka Anda tidak bisa menggunakannya.

Supaya Anda tidak salah pilih, kami sarankan Anda menggunakan Beeaccounting.

Bee accounting adalah software bisnis yang terintegrasi dan mudah digunakan, Bahkan untuk Anda yang awam masalah akuntansi sekalipun. Software accounting ini membantu Anda menyelesaikan berbagai problem dibawah ini:

  • Sulit memantau keluar-masuk stock & uang?
  • Piutang tidak terkontrol & tidak tertagih?
  • Lembur menyusun Laporan Keuangan?
  • Kerja lebih 8 jam setiap hari, terpenjara oleh bisnis sendiri?

Anda tidak perlu khawatir tentang database Anda, karena database Anda benar-benar aman terinstall dan tersimpan di harddisk komputer Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir masalah koneksi internet, karena software ini benar-benar offline tanpa internet

Sangat disarankan Anda mencoba Trial 30 Hari, agar Anda benar-benar merasakan berbagai fitur yang disediakan Beeaccounting.

Wah, saya tertarik!

Senar dengarnya kalau Anda sudah bisa memutuskan mana yang lebih baik demi perkembangan bisnis Anda.

Tentu saja, bila Anda sudah memutuskan untuk memilih jalan terbaik untuk bisnis Anda, maka saya persilahkan Anda untuk segera Take Action!

Hubungi kami melalui Whatsapp, dengan menekan tombol berikut ini:

Kami tunggu di apliasi Whatsapp 🙂

Silahkan share artikel ini bila Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas waktu Anda yang telah berkunjung di website ini…

 

Apa Komentar Anda untuk Artikel ini? Silahkan Berkomentar di bawah.

Untung Rugi Software Langganan vs Sekali Bayar

“Kalo disuruh milih, pilih software langganan atau yang sekali beli?”

Banyak sekali yang beredar, mengenai dua kubu software yang dapat membingungkan setiap calon pembeli, pilih yang langganan atau yang sekali beli?

Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa di media sosial banyak mempromosikan sebuah aplikasi yang memiliki segala keuntungan dalam operasional bisnis yang kita jalankan.

Adapun beberapa diantaranya ada yang menawarkan sebuah keuntungan yaitu kemudahan operasional bisnis, kemudahan penggunaan, layanan profesional yang dapat menguntungkan Anda dimasa kini dan di kemudian hari.

Namun balik lagi, setiap software itu memang tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang terkadang tidak semua orang dapat memahaminya. Karena sebenarnya yang mereka tawarkan hanyalah semua kelebihannya saja, namun kekurangannya kita harus cari tahu sendiri.

Dibalik semua itu hanya ada beberapa  software yang sebenarnya punya sebuah keunggulan tersendiri dibandingkan software lainnya yang tersedia. Terkadang memang kita harus benar-benar memilih software mana yang benar-benar cocok dengan kebutuhan bisnis kita.

Alasan mengapa kita butuh Software bisnis

Adapun seperti yang sudah saya jabarkan di atas, ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari sebuah software bisnis yang tersedia. Sebelum itu, yang perlu Anda ketahui adalah mengapa kita butuh sebuah software bisnis?

Saat ini kita sudah berada di era teknologi canggih dimana semua kebutuhan sudah  terjawab oleh sebuah aplikasi/software. Seperti contohnya dalam dunia bisnis, ada beberapa kebutuhan umum yang sudah dijawab oleh aplikasi, diantaranya kebutuhan mencatat transaksi, kebutuhan pengelola keuangan, kebutuhan mengelola stok, dan lain sebagainya.

Namun diantara semua kebutuhan itu, ada yang lebih penting namun tidak diketahui oleh semua pebisnis. Terkadang ada beberapa masalah yang tak pernah terfikirkan bahwa solusi yang bisa menjawab adalah sebuah aplikasi atau software.

Adapun di bawah ini ada beberapa masalah yang sering sekali dialami, namun tidak perna terfikirkan oleh semua orang:

1. Sulit memantau keluar-masuk stock.

Bisa dikatakan, untuk masalah ini akan berakibat fatal apabila tidak dilakukan sebuah menejemen yang baik untuk pengelolaan stok.

Dampak besar apabila tidak bisa memenejemen stock dengan baik dan benar yaitu sebuah kerugian kehilangan asset. Seperti yang kita ketahui bahwa stock adalah sebuah aset perusahaan yang seharusnya dijaga dengan baik dan benar. Biasanya kesalah yang sering terjadi adalah stock yang tidak dicatat keluar masuknya.

Entah itu lupa catat, atau bahkan sudah dicatat namun datanya hilang sehingga manajemennya amburadul. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak bisa memenejemen stock dengan baik dan benar.

Maka dari itu solusinya adalah sebuah aplikasi/software sebagai alat bantu untuk pencatatan stock agar datanya aman. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan mengani sebuah masalah stock salah satunya adalah kelebihan mencatat stock barang secara otomatis. Selain itu juga ada beberapa software yang dapat memberikan informasi histori keluar-masuknya stock

Silahkan baca sampai habis bila Anda ingin tahu sebuah software yang bisa melakukan pencatatan stock secara otomatis.

2. Piutang tidak terkontrol & tidak tertagih.

Sejujurnya ini adalah salah satu musuh utama dari sebuah perusahaan. Banyak juga perusahaan yang menerapkan sistem jual-beli secara kredit. Sadarkah Anda, bila perusahaan Anda menerapkan sistem ini, apakah piutang dapat terkontrol dan tertagih?

Dalam kasus ini, Anda memberikan beberapa stock kepada customer, namun Anda belum menerima pendapatan. Tercatat di sebuah buku besar perusahaan bahwa customer tersebut memiliki piutang yang harus dibayarkan.

Namun entah lupa atau bagaimana, piutang tersebut setiap bulannya makin bertambah jumlahnya dan bahkan tidak terkontrol sehingga perusahaan tidak menerima pendapatan.

Sangat penting bagi perusahaan Anda dalam memenejemen piutang ini agar “modal” perusahaan tidak tertahan hingga berbulan-bulan yang menyebabkan Anda tidak bisa membuka cabang.

Solusi? Sederhananya, Anda hanya perlu membuat sebuah reminder untuk perusahaan dan untuk pihak yang memiliki piutang. Reminder tersebut adalah sebuah peringatan yang ditujukan kepada yang bersangkutan agar piutangnya bisa terbayarkan tepat waktu

Salin itu Anda perlu sebuah laporan piutang yang harus Anda pantau. Untuk itu diperlukan sebuah software sebagai alat bantu agar Anda tidak perlu repot menyusun laporan dan mencatat semua piutang-piutang karena software akan membantu Anda melakukannya dengan cepat dan mudah.

3. Lembur menyusun Laporan Keuangan?

Suatu hal yang sangat disayangkan apabila Anda harus merelakan waktu berharga Anda untuk menyusun sebuah laporan keuangan. Terlihat sepele, namun itu sama saja Anda membuang peluang demi menyusun laporan keuangan.

Mudahnya Anda hanya perlu menyusun laporan keuangan dengan software yang kerjanya lebih cepat dan sangat mudah. Untungnya, dengan menggunakan software, data laporan keuangan Anda terjaga aman. Karena yang paling serem sudah nyusun laporan keuangan sampe malem, malah datanya hilang hmm

4. Terpenjara Bisnis Anda sendiri?

Oke ini sih yang paling ‘greget’. Pernahkan terbayang oleh Anda selaku pemilik bisnis yang merasa waktu Anda banyak tersita oleh bisnis Anda sendiri hingga Anda tidak punya banyak waktu senggang yang seharusnya Anda pergunakan untuk liburan bersama keluarga?

Banyak yang harus Anda lakukan untuk bisnis Anda yang sedang mengalami sedikit masalah, misal masalah stok, keuangan, karyawan. Apalagi kalau Anda punya banyak cabang, tentu perlu menghabiskan banyak waktu untuk wira-wiri dan juga menghabiskan banyak biaya transport.

Solusi yang menjawab semua masalah di atas.

Kalau Anda merasa sedang mengalami masalah di atas, maka sudah bisa dikatakan kalau Anda butuh alat bantu software bisnis.

Perlu saya katakan bahwa solusi sederhana untuk semua masalah di atas adalah alat bantu software. Tentu saja software umumnya dibuat untuk para penggunanya agar lebih mudah mengerjakan suatu kegiatan.

Namun perlu Anda katahui, tidak semua software bisa menjawab semua masalah di atas karena umumnya software dibuat untuk menangani salah satu masalah saja.

Berikut saya jabarkan, mengapa Anda harus memilih software yang tepat.

Pilih Software sekali beli atau yang langganan?

Jika saat ini Anda sedang memilih sebuah software untuk membantu operasional Anda, maka Anda akan dihadapkan dengan pilihan, yaitu yang sekali beli atau langganan?

Kalau diteliti secara mendalam, keduanya tentu saja memiliki sebuah kelebihan dan keuntungan tersendiri, namun itu semua tergantung dari kebutuhan Anda.

Anda harus bisa memilih secara tepat mana yang paling Anda inginkan. Bila Anda menginginkan sebuah investasi untuk jangka panjang, maka Anda bisa memilih yang sekali beli. Karena kalau Anda memilih yang langganan, maka setiap bulan Anda harus mengeluarkan biaya.

Bila dikalkulasi masalah biaya, sebenarnya yang paling menguntungkan adalah yang sekali beli, karena Anda hanya perlu mengeluarkan biaya di awal saja, dan bisa dipakai selama-lamanya.

Jangan mudah terpancing masalah biaya bulanan untuk software karena untuk jangka panjang pemakaian lebih dari 3 tahun itu investasinya jatuh lebih murah yang sekali beli.

Apalagi kebanyakan software yang langganan itu berbasis online, dan di tempat usaha Anda adalah tempat yang kurang ada akses internet. Jadinya Anda akan kerepotan bila internet sedang tidak stabil.

Masalah lain semisal Anda memilih software langganan, namun Anda lupa bayar bulanannya, maka akan ada kemungkinan data usaha Anda yang sudah Anda kerjakan di suspended. *Sakitnya tuh disini…

9 Alasan Mengapa ANDA Sebaiknya Mulai Menerapkan dan Memilih Software Bisnis yang Tepat & Dapat diandalkan!

  • Meningkatkan omset penjualan. Mengontrol order penjualan, jadwal pengiriman, cetak surat jalan. Informasi harga dan stok dapat tersaji cepat dan akurat. Mencegah back order berkat manajemen order dan stok. Analisa kebutuhan & manajemen buffer stock (min/max).
  • Menekan rasio piutang tak tertagih. Mengontrol penagihan piutang jatuh tempo tepat waktu. Mencetak daftar penagihan per collector area. Kartu piutang per customer, analisa umur piutang.
  • Terintegrasi menu perpajakan. Mencetak faktur pajak standard / sederhana. Laporan PPN masukan / keluaran, laporan PPH.
  • Efisiensi proses Pembelian. Mengontrol proses pembelian mulai dari Permintaan Pembelian, P.O., Penerimaan Barang hingga Invoice Pembelian.
  • Menekan pengeluaran biaya dengan sistem budgeting. Setting anggaran biaya & target income per Departemen & Project. Laporan income, biaya & laba/rugi per Departemen & Project.
  • Menekan Kebocoran Uang dan Stock. Mutasi keluar/masuk uang & barang dapat dilacak dengan detail, cepat & akurat.
  • Bisnis Anda bisa diDelegasikan & Terkontrol tanpa kehadiran Anda. Manajemen hak akses data bisa disesuaikan dengan sistem perusahaan anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa di-audit.
  • Mempercepat Pengambilan Keputusan strategis. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji Cepat & Akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis seperti: Customer, Strategi harga jual, Stok, Kas/Bank, Limit piutang.
  • Konsolidasi antar cabang dengan biaya rendah. Mendukung sistem online antar cabang luar kota/pulau via internet. Semua bisa anda kontrol kapanpun & dimanapun. *membutuhkan koneksi internet dengan ip address static

Supaya Anda tidak salah pilih, kami sarankan Anda menggunakan Beeaccounting.

Bee accounting adalah software bisnis yang terintegrasi dan mudah digunakan, Bahkan untuk Anda yang awam masalah akuntansi sekalipun. Software accounting ini membantu Anda menyelesaikan berbagai problem dibawah ini:

  • Sulit memantau keluar-masuk stock & uang?
  • Piutang tidak terkontrol & tidak tertagih?
  • Lembur menyusun Laporan Keuangan?
  • Kerja lebih 8 jam setiap hari, terpenjara oleh bisnis sendiri?

Anda tidak perlu khawatir masalah investasi untuk software bisnis ini. Karena Anda hanya perlu investasi sekali seumur hidup, dengan berbagai fasilitas yang terjamin dan berguna untuk kelancaran bisnis Anda.

Sangat disarankan Anda mencoba Trial 30 Hari, agar Anda benar-benar merasakan berbagai fitur yang disediakan Beeaccounting.

Wah, saya tertarik!

Senar dengarnya kalau Anda sudah bisa memutuskan mana yang lebih baik demi perkembangan bisnis Anda.

Tentu saja, bila Anda sudah memutuskan untuk memilih jalan terbaik untuk bisnis Anda, maka saya persilahkan Anda untuk segera Take Action!

Hubungi kami melalui Whatsapp, dengan menekan tombol berikut ini:

Kami tunggu di apliasi Whatsapp 🙂

Silahkan share artikel ini bila Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas waktu Anda yang telah berkunjung di website ini…

 

Apa Komentar Anda untuk Artikel ini? Silahkan Berkomentar di bawah.

Cara Sederhana Menghitung Keuntungan Bisnis

Ketika Anda memulai untuk menjalankan sebuah bisnis, laba adalah hal paling utama yang dikejar “profit is the king”. Laba/profit didefinisikan sebagai total pendapatan dikurangi total pengeluaran, dimana laba merupakan sejumlah nominal uang yang diraih dalam suatu periode akuntansi tertentu. Umumnya, semakin banyak keuntungan yang Anda hasilkan, semakin baik, karena laba dapat diinvestasikan kembali ke dalam bisnis atau dipertahankan/disimpan oleh pemilik bisnis.

Menentukan keuntungan bisnis Anda adalah bagian penting untuk dapat menilai kesehatan keuangan usaha Anda. Bagaimanakah caranya? Ulasan berikut Ini bisa membantu Anda:

  1. Mulai hitung total pendapatan bisnis Anda

Untuk menemukan keuntungan bisnis Anda, Anda bisa memulai dengan menambahkan semua uang yang dihasilkan oleh bisnis Anda dalam jangka waktu tertentu (misalnya, kuartal, tahun, bulan, dll.). Hal ini dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk produk yang dijual, layanan yang diberikan dan sebagainya.

Lebih mudah untuk memahami proses menghitung laba bisnis dengan mengikuti contoh. Katakanlah kita memiliki bisnis penerbitan kecil. Pada bulan lalu, Anda menjual buku senilai Rp. 2.000.000 ke pengecer di daerah tersebut. Anda juga menjual hak properti intelektual dengan harga Rp. 700.000 dan menerima Rp.300.000 dari pengecer buku untuk materi promosi resmi. Jika ini mewakili semua sumber pendapatan Anda, maka dapat dikatakan bahwa penghasilan total Anda adalah Rp. 2 juta + Rp. 700 ribu + Rp. 300 ribu = Rp. 3 juta.

2. Hitung total pengeluaran bisnis Anda untuk satu periode akuntansi

Pengeluaran suatu bisnis dapat sangat beragam tergantung pada jenis operasi yang dilakukan oleh bisnis Anda. Secara umum, total pengeluaran bisnis mewakili semua uang yang dikeluarkan oleh bisnis dalam periode akuntansi yang telah dianalisis. Pahami rincian jenis pengeluaran yang dapat dikenakan oleh bisnis saat beroperasi dengan baik.

Untuk contoh perusahaan percetakan diatas, katakanlah bahwa Anda membayar gaji karyawan (tenaga penjualan, manajer, dll.) Rp.1.200.000 secara kolektif. Anda juga membayar biaya operasional bulanan sebesar Rp. 500.000 dan menghabiskan biaya Rp. 500.000 untuk menjalankan iklan pemasaran. Jika ini semua masuk dalam kategori pengeluaran, maka total biaya tersebut adalah: Rp. 1,2 juta+ Rp.500 ribu+Rp.500 ribu = Rp. 2,2 juta.

3. Kurangkan total biaya dari total pendapatan

Ketika Anda telah menemukan nilai akurat untuk total pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda, menghitung laba usaha Anda tidaklah sulit. Cukup kurangi pengeluaran Anda dari penghasilan Anda untuk menemukan keuntungan Anda. Nilai yang Anda peroleh untuk keuntungan bisnis Anda mewakili jumlah uang yang diperolehnya dalam jangka waktu yang Anda fokuskan. Uang ini adalah uangnya pemilik bisnis. Mereka mungkin ingin menginvestasikan kembali uang tersebut kedalam bisnis, menggunakannya untuk melunasi pinjaman, membayar dividen kepada investor, atau hanya menyimpannya saja.

Dengan melihat contoh diatas, maka Anda bisa menghitung laba perusahaan dengan cara mengurangi total biaya dari total pendapatan yaitu: Rp. 3 juta- Rp.2,2 juta = Rp. 800 ribu.

4. Jika muncul nilai negatif untuk perhitungan laba disebut “kerugian bersih”

Daripada mengatakan bahwa bisnis Anda mengalami “laba negatif”, kita biasanya mengatakan bahwa bisnis telah “berjalan pada kerugian bersih” atau telah mengalami “kerugian operasional bersih (NOL)”. Jika bisnis Anda menghasilkan laba negatif, ini berarti bahwa, untuk jangka waktu yang Anda fokuskan, bisnis Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada pendapatan yang dihasilkan. Kondisi seperti ini adalah sesuatu yang harus dihindari, meskipun, pada awal kehidupan bisnis, ini kadang-kadang tidak dapat dihindari.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Keuntungan Bisnis

Pada bagian berikutnya, kita akan membahas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam perhitungan bisnis.

a. Mempertimbangkan nilai penjualan bersih bisnis Anda

Mulailah dengan menghitung nilai penjualan bersih bisnis Anda. Laba perusahaan biasanya didefinisikan sebagai pendapatan dikurangi pengeluarannya, dua kuantitas ini biasanya dihitung dari berbagai sumber pendapatan dan pengeluaran itu sendiri.

b. Kurangi biaya pokok penjualan (HPP) untuk mendapatkan pendapatan kotor

Bisnis harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Produk perlu dirakit dari bahan mentah, dan karena baik bahan mentah maupun tenaga kerja yang dibutuhkan untuk merakitnya, ini berarti butuh biaya bisnis uang untuk membuat produk yang mereka jual. Biaya ini disebut harga pokok penjualan, atau HPP. Mengurangi HPP dari penjualan bersih memberikan nilai yang disebut pendapatan kotor.

c. Kurangkan semua biaya operasi

Perusahaan tidak hanya harus mengeluarkan uang untuk menjual produk dan / atau layanan mereka kepada konsumen. Mereka juga harus membayar karyawan mereka, mendanai upaya pemasaran, dan sebagainya. Pengeluaran ini secara kolektif disebut biaya operasi dan didefinisikan sebagai biaya yang diperlukan untuk menjaga bisnis bisa berjalan dengan baik.

Selamat menghitung kembali analisa keuntungan perusahaan Anda dan semoga bisa bertumbuh dengan baik.

Cara Sederhana Mewujudkan Impian Anda melalui Perencanaan Keuangan

Dorsainvil, seorang ahli financial planning terkemuka dari United States menawarkan lima kiat pengelolaan uang khususnya di era milenium seperti saat ini untuk membantu mereka menyelaraskan karir mereka dengan tujuan hidup mereka dari sisi perencanaan keuangan.

Rumus pertama dari perencanaan keuangan adalah belanjakan lebih sedikit atau kurang dari yang Anda hasilkan. Kedengarannya sangat sederhana, tetapi banyak orang tidak melakukan ini. Jika Anda menemukan diri Anda memperoleh utang dari kartu kredit, itu berarti Anda hidup di luar kemampuan Anda, dan Anda perlu mengurangi pengeluaran Anda.

Lebih lanjut, buat anggaran sendiri. Memahami dan mengetahui ke mana perginya uang Anda sangatlah penting. Disiplin dalam arus kas merupakan kunci penting yang harus dipegang. Setiap rupiah yang keluar harus sesuai peruntukannya, dan dilacak ke mana dia dibelanjakan. Setelah Anda rutin bisa melacak uang Anda selama tiga bulan saja, Anda akan kaget dan bisa menganalisa apakah penggunaan uang Anda efisien atau tidak.

Pelajari tentang bunga berbunga dalam sistem kredit, terutama bunga kartu kredit yang bisa menguras penghasilan Anda. Namun dalam konteks investasi, jika Anda lakukan, bunga berbunga adalah sahabat terbaik Anda yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. Mulailah berinvestasi sekarang juga. Dengan begitu, Anda akan punya cadangan dana saat ingin melakukan perencanaan keuangan selanjutnya.

Selalu berinvestasi dalam jangka panjang lebih memudahkan Anda untuk membuat rencana pensiun. Anda mungkin memiliki tujuan yang penting saat ini, seperti melunasi utang, menabung untuk pembelian rumah, atau menikah. Tetapi investasi tetap harus menjadi prioritas. Kita harus jeli dengan berbagai metode investasi dengan dana yang kita miliki agar bisa meraih tujuan rencana keuangan jangka panjang kita.

Langkah Sederhana Mewujudkan Impian Anda melalui Perencanaan Keuangan

Terlepas dari tujuan keuangan spesifik Anda, berikut adalah lima langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda mewujudkan impian melalui perencanaan keuangan.

Buat rencana terperinci

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan dasar tertentu seperti apa tujuan finansial spesifik Anda, berapa jangka waktunya, apa sasaran bulanan atau tahunan, dll. Pada saat yang sama, rencana tersebut harus memiliki fleksibilitas tertentu karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan Anda. Dalam perencanaan keuangan berbasis tujuan, seseorang harus secara berkala meninjau rencana tersebut.

Bersikap realistis sambil menyusun rencana

Saat membuat rencana jangan terlalu ambisius. Jadilah realistis, terutama pada bagian fleksibilitas. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memastikan rencana Anda didasarkan pada kenyataan. Seringkali, orang menetapkan tujuan tabungan terlalu mudah atau terlalu susah untuk dicapai. Jika tujuan Anda tidak realistis dalam jangka pendek, itu tidak akan realistis juga dalam jangka panjang.

Sisihkan dana secara otomatis

Setelah Anda memiliki tujuan keuangan yang dirinci dalam bagian yang kecil, otomatisasikan seluruh rencana. Misalnya, berikan instruksi kepada para bankir Anda untuk mentransfer secara otomatis jumlah yang tetap ke rekening terpisah baik secara mingguan atau bulanan (auto debet). Ini akan membantu Anda dalam dua cara. Pertama, langkah ini bisa mengunci Anda untuk berhemat. Kedua, menempatkan Anda pada posisi di mana Anda berfokus pada bagaimana cara menjalani hidup setelah memprioritaskan tujuan keuangan Anda.

Anggaplah diri Anda sebagai CEO dalam kehidupan Anda, dan rumah tangga Anda sebagai sebuah bisnis. Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk mengetahui di mana Anda berada, termasuk investasi dan kewajiban apa yang Anda miliki saar itu. Apa yang ingin Anda lihat kedepan (setidaknya dalam satu tahun) adalah kekayaan bersih Anda meningkat seiring berjalannya waktu. Jika Anda menerima kenaikan gaji atau bonus, jangan ubah gaya hidup Anda saat ini, tetapi simpan sebagian besar dari itu. Uang itu dapat digunakan untuk tujuan jangka panjang seperti membeli mobil atau menyiapkan biaya pendidikan anak.

Akhirnya, Dorsainvil menyarankan, “Bersikap baik kepada diri sendiri dan bersabarlah ketika menyangkut keuangan pribadi. Seiring waktu, penghematan akan terjadi jika Anda memikirkannya mulai dari sekarang. ”

5 Hal Penting yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Anda

Bisnis adalah sebuah aktifitas yang dinamis. Didalamnya terdapat variabel-variabel yang menentukan apakah seorang pelaku bisnis akan survive, sekedar trending, atau mampu berkembang hingga tumbuh meraksasa.

Variabel-variabel ini berupa hal-hal yang harus dicermati, dianalisa, serta dipraktikan selama proses. Terkadang, meski kecil atau sangat minimal faktor atau hal tersebut bisa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis.

Para bisnis motivator dan  pelatih bisnis sebenarnya telah banyak membukukan tips serta pengetahuan dan bisa diakses oleh siapa saja. Tentu diantara tips tersebut secara aplikatif perlu diuji dalam bentuk learning by doing (pembelajaran berbasis proses) oleh pelaku bisnisnya sendiri. Dan dari sekian banyak hal penting yang bisa berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis 5 diantaranya terangkum sebagai berikut;

  1. Knowledge (Pengetahuan)

Pengetahuan bisa bermakna sebagai serangkaian hal yang dimiliki oleh seorang pelaku bisnis tersebut menyangkut usaha yang dijalankan. Setiap model bisnis yang dijalankan memerlukan serangkaian ilmu yang bisa mempermudah seseorang dalam menjalankannya sekaligus meraih keuntungan.

  1. Capital (Permodalan)

Permodalan adalah hal yang harus ada dalam sebuah bisnis. Tipe permodalan dibagi menjadi dua yaitu modal bergerak (activa) dan modal diam (pasiva). Masing-masing tipe modal harus dimanfaatkan sesuai fungsi dengan sefektif dan seefisien mungkin. Pemanfatan modal yang benar akan membawa dampak scaling up (peningkatan skala) yang semakin membesar. Sementara itu dilain pihak, meski modal melimpah tetapi bila tidak dimanfaatkan secara fungsional kerugian bisa saja terjadi dan berpengaruh pada keberhasilan bisnis.

  1. Mentallity (Sikap Mental)

Setiap manusia dilahirkan secara unik. Beberapa orang lahir dengan daya hidup tinggi dan mampu fight sehingga sukses sebagai entrepreneur. Tetapi hal yang demikian bukan selalu bisa diberlakukan sama. Sebagai seorang pebisnis, belajar bersikap terhadap segala bentuk fenomena usaha yang terjadi dapat menjadi gerbang awal menuju sukses.

  1. Resources (Sumber Daya)

Sumber daya atau resources adalah salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis. Sebagai contoh, meski pemasaran tinggi tetapi sumber daya sebagai faktor produksi terbatas maka permintaan tidak akan bisa terpenuhi dengan baik. Sama halnya, sumber daya manusia juga termasuk sebagai faktor penentu bahkan kunci bagi sebuah keberhasilan bisnis.

Sumber Daya Manusia/SDM (Human Resources) bukan hanya faktor penentu melainkan juga faktor utama. Rendahnya kualitas sumber daya manusia didalam sebuah bisnis sama saja dengan menganulir ketiga poin diatas. Karena itu, sangat penting bagi seorang pelaku bisnis ketika sudah waktunya employment sebagai akibat dari semakin tingginya kebutuhan pengembangan bisnis harus memilih pegawai (SDM) yang mumpuni disegala aspek.

  1. Selling Skill (Skill Penjualan)

Sudah menjadi sesuatu yang klise bahwa penjualan disebut juga sebagai ujung tombak perusahaan. Sebuah perusahaan yang sukses, sebagai salah satu perwujudan bisnis yang sudah berkembang punya ujung tombak perusahan yaitu sederet nama yang punya kemampuan penjualan baik.

Dengan kenyataan ini pula. Bahkan bila bisnis masih berskala perorangan, kemampuan dari owner dalam bentuk selling skill juga akan diuji dalam proses. Owner yang baik juga sekaligus seorang pengusaha dengan skill dibidang penjualan yang mumpuni. Terlebih bila bentuk bisnis yang dibangun adalah usaha dagang, atau usaha distributor.

5 hal diatas saling terkait satu sama lain sehingga membentuk satu kesatuan yang tertarget dan terukur dan akan mengarah pada keberhasilan bisnis. Setiap poin adalah satu element kunci, yang artinya, harus diperhatikan dengan seksama dan terus dikembangkan dalam proses.

Cara Mudah Mendapatkan Sumber Modal untuk Bisnis UKM

Permodalan adalah salah satu elemen fungsional dalam berbisnis. Bukan hanya sesuatu hal yang diperlukan tetapi sangat fundamental. Setiap model bisnis memerlukan modal untuk memulai pergerkan roda usahanya. Modal terbagi menjadi 2 macam yaitu modal bergerak atau aktiva dan modal diam atau pasiva.

Termasuk bisnis skala mikro dan menengah yang biasa dikenal dengan nama UKM. Perlu juga permodalan sebagai prasyarat pergerakan roda usaha. Sebuah bisnis berskala UKM bisa mendapatkan modalnya dari berbagai macam sumber. Tentu tidak setiap sumber layak untuk menjadi nasabah permodalan. Salah memilih permodalan malah bisa membuat bisnis gulung tikar, alih-alih meningkatkan skala usaha (scaling up).

Berikut ini adalah rangkuman tips untuk meraih sumber permodalan bagi UKM yang bukan hanya cepat dan mudah tetapi sekaligus aman.

  • Memanfaatkan Bantuan Usaha Pemerintah

Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun program pro-UKM. Bentuk-bentuk programnya salah satunya adalah penyedian modal kerja bagi Usaha Kecil dan Menengah yang bisa diakses baik melalui Bank perwakilan ataupun dinas dan departement terkait yang menangani hal ini. Salah satu bentuk permodalan yang dapat diakses dengan mudah oleh pelaku UKM adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Syarat pinjaman yang mudah, serta minimmnya bunga bisa menjadi alasan utama untuk para pelaku UKM mengakses modal.

  • Membangun Gabungan Kelompok UKM

Komunitas sebenarnya adalah salah satu akses gampang untuk membangun permodalan UKM. Sebagai contoh banyaknya Gapoktan atau Gabungan Kelompot Tani, Gabungan Pengusaha Mina dan Nelayan di sektor perikanan menjadi satu cara untuk sebuah kelompok UKM saling mengakses permodalan sekaligus wadah peningkatan skill, kompetensi maupun pemaran produk bagi para pelakunya. Dengan berkomunitas, UKM akan lebih kuat secara de yure maupun de facto sehingga keunggulan sebuah produk yang menjadi hasilnya otomatis bisa ditingkatkan, selain faktor permodalan tentunya.

  • Menemukan Angel Investor

Sangat jarang terjadi, tapi dalam beberapa kasus permodalan UKM pernah muncul. Angel Investor adalah sebutan untuk seseorang atau individu yang kaya raya sekaligus punya rasa kepedulian sosial yang tinggi. Individu atau orang semacam ini akan dengan mudah memberikan pinjaman lunak pada sebuah bisnis skala UKM untuk menjalankan roda bisnisnya. Seringkali, kasus permodalan Angel Investor ditemukan benar-benar terjadi pada bisnis UKM berskala lokal dengan range produk yang dibutuhkan pasaran lokal.

  • Mengajukan Bantuan Ke Kementrian UKM

Pada poin pertama sudah dijelaskan bahwa memanfaatkan bantuan usaha pemerintah adalah salah satu cara bagi UKM untuk bisa mengakses permodalan. Bedanya, untuk poin ini, UKM yang bersangkutan memang murni mengajukan proposal kepada Kementrian terkait yaitu Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Perlu beberapa langkah tentu yang harus ditempuh. Langkah ini berkaitan dengan proses administrasi dimana tahapan-tahapannya harus diketahui. Salah satu cara untuk tahu tahapan pengajuan permodalan kepada Kementerian Koperasi dan UKM adalah mengakses via situsnya.

  • Mengakses Program Kemitraan dan CSR

Beberapa perusahaan berskala raksasa sebenarnya punya skema bantuan permodalan untuk UKM. Salah satunya melalu akses program kemitraan. Dengan model kemitraan biasanya akan muncul usaha-usaha yang bersifat binaan dengan branding perusahaan tersebut. Disisi lain juga terdapat program CSR atau Corporate Social Responsibility, ini adalah bentuk bantuan sebagai pertanggungjawaban sebuah perusahaan besar untuk membangun masyarakat.

Itulah tadi rangkuman daftar cara untuk mendapatkan permodalan UKM secara sederhana. Ada beberapa cara lain juga yang mungkin ditempuh, tentunya ini tergantung dari kreatifitas pelaku bisnis masing-masing.

Apa saja Kesalahan yang Menyebabkan Usaha Distributor Anda Bangkrut?

Usaha sebagai distributor aneka produk jadi tak dipungkiri semakin berkembang dewasa ini. Pasalnya selain keuntungan mengiurkan yang bisa didapatkan dengan menjalankan tipe bisnis ini, usaha ini punya tingkat kerumitan yang lebih sederhana sebab sebagai distributor atau agen, tinggal menjembatani saja antara produsen dengan konsumen.

Ada macam ragamnya untuk tipe usaha ini, mulai dari menjadi agen kebutuhan bahan bakar gas, baik skala rumahan maupun industri. Menjadi distributor makanan atau produk minuman industri, produk sembako atau produk jadi lainnya.

Namun meski demikian masih ada kemungkinan usaha distributor ini mengalami kegagalan bahkan kebangkrutan. Artikel kali ini mencoba merangkum beberapa kesalah yang menyebabkan seorang pelaku bisnis distributor mengalami kebangkrutan.

  • Gagal Menganalisa Kebutuhan Pasar

Pelaku bisnis apa saja wajib mampu menganalisa kebutuhan pasar. Tujuannya tentu saja untuk bisa mempermudah roda bisnis. Termasuk juga pelaku bisnis distributor.

Kegagalan dalam membaca kebutuhan pasar bisa menyebabkan perusahaan mengalami kerugian akibat overstock. Sebab diketahui bersama ketersediaan stok yang stabil menjadi salah satu poin penentu kesuksesan tipe usaha ini.

  • Kalah Dalam Persaingan Harga

Harga menjadi poin kunci lain dalam sebuah bisnis atau perusahaan dagang. Usaha distributor termasuk dalam tipe bisnis ini. Keberanian pelaku bisnis dalam mengambil resiko untung kecil namun mampu likuid dalam putaran yang tinggi menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Beberapa distributor yang tidak mampu menahan laju kenaikan harga punya potensi untuk gagal dalam persaingan bisnis. Sebab, salah satu fakta utama dalam usaha distributor adalah tingginya persaingan dengan dengan perusahaan yang juga menjadi distributor produk serupa. Kalau harga lebih tinggi tentu konsumen akan lari kepihak lain yang mampu menawarkan keunggulan harga bersaing.

  • Bermain-Main dengan Kepercayaan Pelanggan

Bisnis yang baik dan berpotensi besar dimulai dari membangun kepercayaan antara pelaku usaha dengan klien maupun pelanggannya. Hal semacam ini juga menjadi salah satu etika kerja dalam dunia bisnis Distributor.

Kepercayaan pelanggan jadi faktor penentu kesuksesan perusahaan distributor. Kualitas harus tetap sama antara kondisi sebuah produk saat keluar dari pabrik hingga sampai ke tangan konsumen. Berikut juga dengan prospektus atau pencitraan produk, mesti selaras antara apa yang disampaikan dengan kenyataanya. Pelanggan punya potensi lebih tinggi untuk meninggalkan distributor atau agen yang gagal menjaga citra semacam ini.

  • Menerapkan Pemikiran Sambilan

Nama lain dari Distributor disebut juga sebagai Vendor, Agen atau istilah sejenis. Dari bentuk istilahnya, ini merujuk pada pemikiran bahwa distributor juga berarti pintu gerbang atau jembatan antara produsen kepada konsumen.

Tidak seperti produsen yang mesti menerapkan seluk beluk produksi secara disiplin sejak sebuah bahan berbentuk barang mentah hingga menjadi bahan jadi. Distributor lebih mempunyai peran sebagai pintu gerbang sebuah produk untuk sampai ke tangan konsumen.

Sebagain distributor, terutama untuk jenis kebutuhan pokok atau sehari-hari, ditengarai menjadikan pekerjaan ini sebagai second job. Karena bukan bersifat main job terkadang ada nuansa kurang fokus. Hal ini bisa menjadi sebab dari tidak langgengnya satu nama distributor atau agen untuk produk tertentu.

  • Tidak Disiplin Pada Pembukuan

Pembukuan yang rapi dan terstruktur menjadi kunci bagi suksesnya sebuah perusahaan. Termasuk juga usaha distributor. Arus barang masuk dan keluar mesti dicatat dengan seksama sehingga akan terprediksi titik dimana akan muncul kerugian usaha.

Hal diatas adalah rangkuman yang mungkin bisa menjadi sebab gagalnya sebuah usaha distributor. Untuk itu setiap pelaku usaha ini perlu cermat dalam memperhatikan beberapa catatan sebagaimana tercantum dalam poin-poin diatas.