Home / Software Laporan Keuangan

Software Laporan Keuangan

software laporan keuangan

Tips Cepat Membuat Laporan Keuangan agar Mudah dalam Pengambilan Keputusan

Laporan keuangan adalah catatan formal atas transaksi keuangan perusahaan. Pendapatan, pengeluaran, laba dan kerugian perusahaan serta nilai aset dan sahamnya dilaporkan dalam laporan keuangan tersebut. Laporan ini terdiri dari beberapa subtopik yang menggambarkan dan mendefinisikan kesehatan keuangan atau kelemahan suatu perusahaan jika hasil laporannya minus.

Agar mudah dalam membuat dan memaparkan sebuah laporan keuangan, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba:

Mulailah mempersiapkan laporan keuangan Anda dengan menyeimbangkan keuangan perusahaan Anda

Salah satu bagian penting dari laporan keuangan adalah neraca yang memberikan gambaran umum tentang apa yang dimiliki perusahaan saat ini (aset), jumlah utang (kewajiban) dan laba yang telah dihasilkan dan akan dibayarkan kepada pemegang saham (ekuitas).

Gunakan template laporan keuangan perusahaan yang telah ada

Hal ini untuk memudahkan laporan tersebut (jika belum punya, bisa mencari di internet). Pada komponen laporan keuangan ini, Anda dapat menempatkan aset di sisi kiri halaman atau di bagian atas halaman. Tunjukkan kewajiban dan kepemilikan pemegang saham di perusahaan di sisi kanan atau bagian bawah halaman.

Buat laporan pendapatan perusahaan

Pernyataan pendapatan komprehensif, juga dikenal sebagai laporan laba dan rugi, menunjukkan berapa banyak uang yang telah diperoleh perusahaan Anda dan jumlah uang yang dikeluarkan selama setahun.

Baris teratas dari pernyataan ini menunjukkan total penjualan atau pendapatan kotor. Kemudian diikuti dengan biaya untuk produk penjualan, biaya operasi (termasuk gaji dan biaya pemasaran), dan penyusutan barang yang digunakan untuk menghasilkan produk seperti alat dan mesin untuk perusahaan manufaktur.

Setelah memasukkan biaya operasi dan pengurangan penjualan, tambahkan pendapatan dari bunga yang diperoleh dari dana. Jika perusahaan Anda membayar bunga pinjaman, kurangi jumlah itu. Selanjutnya, kurangi pajak penghasilan. Jumlah yang tersisa adalah laba atau keuntungan dan kerugian aktual selama periode satu tahun.

Hitung ekuitas pemegang saham atau laba per saham (EPS)

Bagian penting lain dari laporan keuangan Anda adalah pernyataan tentang perubahan ekuitas. Untuk menentukan EPS, bagilah total laba bersih dari laporan laba rugi dengan jumlah saham yang saat ini dimiliki oleh investor.

Tutup dengan laporan arus kas

Akhiri laporan dengan perhitungan jumlah uang tunai yang dimiliki oleh perusahaan. Informasi ini dikenal sebagai laporan arus kas. Buat bagian laporan ini dengan menganalisis angka-angka yang dicatat dalam aset, kewajiban, ekuitas, dan bagian pendapatan dari laporan. Lakukan evaluasi sirkulasi uang tunai di perusahaan Anda termasuk analisis semua kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Bagaimana agar Laporan Keuangan Anda Bermanfaat dan Mudah dipahami?

Laporan keuangan yang baik akan memudahkan untuk pengambilan keputusan bagi manajemen. Oleh karena itu laporan keuangan harus memenuhi  standar berikut ini:

Gunakan sistem yang tepat. Umumnya lebih banyak perusahaan menggunakan sistem akuntansi akrual daripada sistem cash basis. Sistem akrual memudahkan untuk mencocokkan pengeluaran dengan pendapatan.

Tepat waktu. Buat batas waktu misalnya laporan keuangan dalam waktu dua minggu setiap akhir bulan harus sudah tersedia. Dalam banyak kasus, Anda dapat melakukan lebih baik daripada ini dengan bantuan sistem berbasis teknologi.

Pastikan semua informasi tersedia. Ini penting untuk dilakukan. Setiap laporan keuangan harus memiliki lampiran berisi penjelasan tentang angka yang tercatat di laporan tersebut. Cari tahu cara mendapatkan semua item signifikan yang dilaporkan secara tepat waktu setiap tutup bulan. Setiap entri tambahan masuk dalam bulan-bulan berikutnya.

Membuat laporan keuangan yang akurat, lengkap dan tepat waktu dengan beberapa tips diatas sangat berguna untuk pengambilan keputusan manajemen. Hal ini bisa memberikan panduan bagi arah perusahaan agar sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Error Displaying Report

Jika anda mengalami error saat penampilan laporan Laba/Rugi, Neraca, Penjualan, Pembelian dll. Dan notifikasi yang muncul adalah “Error Displaying File Report” maka silahkan mengikuti langkah berikut untuk mengatasinya.

  • Langkah 1: Unduh file berikut Bytea_output.bep . Simpan pada sembarang folder.
  • Langkah 2: Backup dahulu beeaccounting anda dan tutup aplikasi setelah selesai backup.
  • Langkah 3: Setelah itu buka aplikasi Beeupdater, caranya klik kanan pada icon beeaccounting anda dan pilih Open File Location
screenshot_8
.                   Gambar 1 Open file location
  • Langkah 4: Pada Folder yang tampil, Double click pada file BeeUpdater-2.7.jar
screenshot_2
.                                                                Gambar 2 Folder Beeaccounting
  • Langkah 5: Akan muncul Aplikasi updater Beeaccounting. Silahkan klik browse dan arahkan ke file bytea_output.bep yang sudah di unduh sebelumnya.
screenshot_3
.                                                         Gambar 3 Letak file Bytea_output.bep
  • Langkah 6: Jangan lupa mencentang persetujuan yang ada
screenshot_4
.                                                                       Gambar 4 Beeupdater 2.7
  • Langkah 7: Centang profil yang bermasalah.
screenshot_5
.                                                                        Gambar 5 Daftar Profil
  • Langkahr 8: Tunggu proses hingga selesai. Lalu Klik finish.
screenshot_6
.                                                                          Gambar 6 Proses Patching
  • langkah 9: Ganti logo perusahaan, caranya Akses menu Sistem>Perusahaan>Pindah tab Logo>Ganti Logo.
screenshot_7
.                                                                             Gambar 7 Logo Perusahaan
  • Selesai, Laporan sudah bisa dibuka.

Software Akuntansi Untuk Kontraktor

Kenapa anda harus menggunakan Software Kontraktor BeeAccounting ? Karena :

  1. Menghitung biaya RAB lebih mudah, cepat, efisien, terkontrol dan teliti.
  2. Menghitung biaya rumah atau bangunan yang akan di sub kan ke kontrakor lebih mudah, cepat, efisien, terkontrol dan teliti.
  3. Membuat RAB dengan mudah tanpa perlu repot-repot menulis nama pekerjaan, satuan & harga satuan, cukup sekali input dan semuanya otomatis terisi dan otomatis menghitung
  4. Bisa merubah harga satuan bahan material sesuai dengan keinginan klien dan harga total pekerjaan otomatis mengikuti harga material yang baru
  5. Bisa mengetahui berapa jumlah kebutuhan setiap bahan material yang diperlukan, sehingga bisa membuat rencana belanja pembelian logistik dengan tepat tanpa ada material yang terbuang
  6. Mengontrol jumlah bahan material yang ada sehingga bisa meminimalisasi pembengkakan anggaran

Software Akuntasi RAB Kontraktor – Master

Software Akuntansi RAB Kontraktor – Transaksi

Software Menghitung RAB Kontraktor – Laporan

Kami menyediakan Bee Kontraktor untuk anda yang ingin mencoba dalam trial, silahkan anda unduh dari daftar link berikut :

Klik Di Sini untuk Windows Xp, 7 dan 8

Klik Di Sini untuk Linux

Anda juga bisa unduh Ebook User Manual Bee Kontraktor Klik Di Sini

Software Akuntansi Untuk Perusahaan Advertising

Apabila anda adalah perusahaan advertising yang ingin mengimplementasikan software akuntansi Bee accounting Berbagai sample proses bisnis mulai pembelian, produksi hingga penjualan jasa bisa di handle :

  • Pembelian
  • Stock bahan
  • Produksi barang promosi/merchandise, spanduk, poster, dll
  • Stock barang merchandise
  • Pencatatan Pendapatan Jasa
  • dll

1. Setting data Master, set saldo awal

2. Input Transaksi dan Laporan

Video Tips:

  • cara lihat video youtube agar tajam dan jelas (hi-resolution / highdefinition)
  • cara download video youtube agar bisa di lihat offline

Beli Accounting Software Indonesia, Beli Indonesia!

“Beli accounting software Indonesia, berarti Beli Indonesia!” sebuah pikiran sederhana yang melintas setelah mengikuti seminar How to Be Debt Free yang diadakan Bapak Heppy Trenggono, seorang pengusaha yang pernah mempunyai hutang 60 miliar, pernah bangkrut sebangkrut-bangkrutnya dan kemudian bangkit lagi dengan bisnis kelapa sawitnya dan assetnya saat ini sebesar 60ribu hektar kebun kelapa sawit. Perjalanan hidup yang sangat luar biasa dalam dan mengikuti seminarnya detik demi detik seakan ikut tegang mengikuti perjalanan bisnisnya, jatuh bangunnya dan ilmu yang dibagikan sungguh bermanfaat. Read More »

Contoh fitur Software Akuntansi untuk Bisnis Ritel

Contoh Fitur Software Akuntansi Untuk Bisnis Ritel – seperti kata Brad Sugar pendiri Action Coach International memonitor perusahaan itu seperti mengendarai mobil yang dibutuhkan selain melihat kaca depan, samping dan belakang juga perlu untuk melihat spion, indikator bensin, temperature mesin, putaran rpm mesin dan posisi roda gigi, itupun adalah perlengkapan standar dari sebuah kendaraan roda empat yang dipakai di jalan raya. Beda lagi kalau kendaraan yang dipakai adalah untuk medan off-road, fitur keamanan seperti roll bar, safety belt delapan titik dan indikator tambahan berupa suhu oli mesin pun turut menjadi indikator utama. Read More »

Mau Download Software Penjualan Bajakan? Ngapain, Yang Orisinil Ada Kok!

Software penjualan adalah salah satu bagian dari software akuntansi, apalagi saat ini dimana informasi adalah segalanya dan pemenang adalah yang menguasai informasi. tentu sebagai pengusaha pastilah kita membutuhkan program aplikasi penjualan. Terkadang kita berfikir, kenapa kita harus pakai software yang orisinal, sedangkan yang bajakan pun tersedia, gratis lagi. Yah.. begitulah manusia zaman sekarang, sukanya yang pada gratisan hehehe….. 😀

Memang sih, tidak ada yang menyalahkan atau menyangkal kalau sesuatu yang di dapat gratisan itu tidak enak, apapun yang didapat gratisan pastilah menguntungkan, misalnya, baju, sepatu dan terutama makanan, maaf kawan nyambungnya jadi kemakanan soalnya yang nulis juga lagi laper hehehheee… 🙂 ok lah.. kembali ke TKP. Tapi kawan sebenarnya gratisan dan bajakan itu beda loh! Read More »

Software Accounting Terbaik, Milik Anak Bangsa

Software accounting memang banyak beredar di pasaran, apalagi kalau di-browsing via google. Tapi, kebanyakan program tersebut bukan produk lokal. Pernakah anda berpikir, adakah program accounting yang diproduksi oleh anak bangsa, dari berbagai program akuntansi bermerk luar negri? Yupz… tentu saja ada *jawabmurid-muridserentak. Read More »

Software Bisnis Gratis Paling Favorit Untuk UKM

Software bisnis gratis terfavorit untuk UKM, sebagai Pebisnis saya berupaya semaksimal mungkin mencari formulasi, kemudahan, efektivitas dan efisiensi agar dapat membantu kelancaran bisnis, sampai akhirnya saya menemukan formula baru untuk mengurus keuangan saya tersebut. Sebentar…. sebelum anda tahu bagaimana saya mendapatkan sortware tersebut, saya mau curhat sedikit *dilempar sandal sepatu* sabar-sabar ibu bapak sekalian. Oke deh.. untuk mempersingkat waktu, saya akan cerita. Let’s goooo…..  🙂

Beginilah cerita saya, bisnis UKM memiliki ciri proses bisnis yang unik, dimana frekuensi transaksi terjadi secara harian dengan kapasitas yang banyak (kebanyakan transaksi bernilai kecil namun frekuensi yang padat) mau tidak mau, setiap harinya saya harus menyusun transaksi-transaksi tersebut kedalam laporan keuangan. Kan capek banget tuh tiap hari menyusun laporan keuangan. Dengan melepas lelah sebentar, saya memutuskan untuk mencari software akuntansi untuk UKM dan tentunya gratisan 🙂 Read More »

Software Laporan Keuangan: Bisnis si Aman Makin Handal!

Software laporan keuangan apa yang pernah anda gunakan? Aman (baca: bukan nama sebenarnya) pernah menggunakan beberapa software keuangan untuk menangani perusahaannya yang sedang berkembang cukup massif dalam beberapa tahun terakhir, namun ternyata tidak semuanya berakhir dengan cerita bahagia, sampai akhirnya dia menemukan software akuntansi produk local yang dirasa cocok untuk mendukung gerak usahanya melaju kencang mendahului kompetitornya. Read More »