Home / Software Akunting

Software Akunting

software akunting

Strategi Meningkatkan Konversi Penjualan

Konversi penjualan dapat diartikan dengan berapa banyak konsumen yang membeli barang atau jasa kita dari sekian banyak datar calon konsumen yang telah kita miliki. Sebagai contoh, dari 500 daftar calon konsumen yang kita punya, yang membeli produk kita sebanyak 20 orang.  Maka konversi penjualan Kita adalah 20/ 500 x 100 % yaitu 4 %. Jika kita bisa menaikkan konversi penjualan menjadi 40 orang saja, itu berarti tingkat konversi kita akan ikut naik.  Artinya dengan usaha yang sama, tapi bisa menghasilkan hasil lebih besar.

Berikut 7 tips dan cara bagaimana menaikkan rasio penjualan bisnis online Anda:

1. Buatlah Minisite

Jika biasanya Anda sering membuat website dengan begitu banyak halaman beserta link-link di dalamnya, maka sekaranglah saatnya merubah dan membenahi website Anda tersebut. Dalam hal ini adalah menggantinya dengan minisite.

Bila Anda belum tahu apa itu ministe, minisite adalah website yang hanya terdiri dari 1 halaman homepage saja atau kalaupun ada halaman lain itu hanya beberapa saja. Praktisnya adalah website mini (kecil) yang sengaja didesain untuk meningkatkan konversi. Contoh konkritnya bisa Anda lihat di toko obat Foredi.

Dengan menggunakan minisite akan meminimalisir pandangan pengunjung yang biasanya kerap kali perhatiannya teralih pada halaman-halaman maupun link lain sekaligus membuat mereka fokus pada satu tujuan yakni presentasi produk yang Anda pasarkan.

2. Cantumkan Kontak Lengkap

Banyak orang yang menyepelehkan masalah ini khususnya mereka yang berbisnis online secara mandiri (individual). Mereka tidak mau menunjukkan jati diri mereka sebenarnya, bahkan tidak sedikit yang berani menyebutkan nama aslinya.

Bila Anda sering menjumpai website seperti ini, maka waspadalah karena web-web semacam ini rentan dengan yang namanya SCAM (penipuan di internet). Padahal bisnis online sendiri sangat menjunjung erat dengan yang namanya kepercayaan.

Nah untuk itulah, agar calon pembeli semakin mantap dengan produk yang dibelinya, sebaiknya Anda cantumkan data kontak lengkap, lebih-lebih yang bisa mereka hubungi kapan saja. Mulai dari alamat lengkap, nomor telepon rumah ataupun HP, Yahoo Messenger, dan sebagainya.

3. Gunakan Jurus Hypnotic Writing

Yang tak kalah penting dalam website Anda adalah tulisan yang Anda buat. Ya, tulisan yang Anda buat dalam website bisa mempengaruhi dan membuat perubahan hingga 180 derajat terhadap tindakan pengunjung.

Di sinilah dibutuhkan skill internet marketing yang namanya hypnotic writing. Yakni sebuah teknik menulis yang bisa mempengaruhi alam pikiran seseorang. Memang keahlihan seperti ini sebagian orang bilang karena faktor bakat, tapi kalau memang bisa dipelajari, mengapa kita tidak mempelajarinya ? Betulkan ?

Kalaupun Anda tidak mau mempelajarinya entah dengan alasan apapun, Anda bisa gunakan jasa seorang Copywriter yang sekarang banyak bertebaran di internet. Intinya dengan hypnotic writing ini Anda seolah memiliki senjata marketing ampuh bak rudal yang akan meledak kapan saja.

4. Fokus Menjaring ke Traffic

Banyak orang yang terkecoh dengan terpaku membangun website penjualan fokus hanya pada masalah-masalah teknis tapi mereka kurang perhatikan kegiatan-kegiatan utama bisnis online itu sendiri, dalam hal ini adalah traffic (kunjungan).

Bagaimanapun juga tanpa trafik, tidak akan pernah ada orang yang melihat website Anda, tidak ada orang yang tahu akan keberadaan toko online beserta pernak pernik yang Anda jual di dalamnya. Untuk itulah sebelum Anda tingkatkan konversi, fokuskan kegiatan bisnis online Anda bagaimana menjaring trafik sebanyak mungkin.

Apabila trafik ini sudah bisa Anda penuhi, selanjutnya akan lebih mudah meningkatkan konversi. Dan saya yakin apabila produk yang Anda jual memang memenuhi kebutuhan pembeli, tidak sulit bagi pembeli untuk merogoh koceknya.

5. Kenali Jenis Pengunjung Anda

Di sinilah masalah yang kerap kali melanda web owner, mereka bisa mendatangkan banyak kunjungan ke webnya tapi miskin penjualan. Hal ini bisa terjadi karenapengunjung memiliki tujuan yang berbeda-beda saat berkunjung ke sebuah website.

Anda bisa mengenali mereka via tools statistik yang banyak tersedia gratis di internet. Misalkan keyword apa saja yang sering digunakan pengunjung saat memasuki website Anda. Anda bisa bermain-main dengan keyword yang tidak hanya mempunyai rasio klik yang tinggi tapi juga bisa menghasilkan penjualan, lalu pilih yang terbaik.

6. Tonjolkan Keunggulan Produk Dibanding Pesaing

Biasanya calon pembeli akan membanding-bandingkan terlebih dahulu produk yang akan dibelinya dengan penjual lain. Nah, di sini Anda bisa menganalisa apa kelebihan produk Anda dibanding pesaing, temukan, terapkan, lalu tonjolkan kelebihan tersebut.

7. Sederhanakan Sistem Administrasi

Banyak calon konsumen yang tidak jadi mau beli dikarenakan sistem administrasi pembayaran yang rumit. Padahal tinggal selangkah lagi akad transaksi menjadi “DEAL”.  Akhirnya karena kesulitan dengan sistem administrasi yang jelimet tersebut mereka tidak jadi beli.

Untuk itulah, aturlah sesedarhana mungkin sistem pembayaran. Jauhi script-script website yang hanya membuat calon konsumen kesulitan melakukan pembayaran. Bila perlu, lakukan tes dengan menempatkan diri Anda sebagai calon pembeli.

Sediakan pula beberapa opsi bank yang akan digunakan transaksi dalam metode pembayarannya. Ini tentu saja akan memudahkan calon pembeli bisa membayar sesuai bank yang dimilikinya tanpa perlu kena fee.

Software Akuntansi Untuk Kontraktor

Kenapa anda harus menggunakan Software Kontraktor BeeAccounting ? Karena :

  1. Menghitung biaya RAB lebih mudah, cepat, efisien, terkontrol dan teliti.
  2. Menghitung biaya rumah atau bangunan yang akan di sub kan ke kontrakor lebih mudah, cepat, efisien, terkontrol dan teliti.
  3. Membuat RAB dengan mudah tanpa perlu repot-repot menulis nama pekerjaan, satuan & harga satuan, cukup sekali input dan semuanya otomatis terisi dan otomatis menghitung
  4. Bisa merubah harga satuan bahan material sesuai dengan keinginan klien dan harga total pekerjaan otomatis mengikuti harga material yang baru
  5. Bisa mengetahui berapa jumlah kebutuhan setiap bahan material yang diperlukan, sehingga bisa membuat rencana belanja pembelian logistik dengan tepat tanpa ada material yang terbuang
  6. Mengontrol jumlah bahan material yang ada sehingga bisa meminimalisasi pembengkakan anggaran

Software Akuntasi RAB Kontraktor – Master

Software Akuntansi RAB Kontraktor – Transaksi

Software Menghitung RAB Kontraktor – Laporan

Kami menyediakan Bee Kontraktor untuk anda yang ingin mencoba dalam trial, silahkan anda unduh dari daftar link berikut :

Klik Di Sini untuk Windows Xp, 7 dan 8

Klik Di Sini untuk Linux

Anda juga bisa unduh Ebook User Manual Bee Kontraktor Klik Di Sini

Download Aplikasi Akuntansi Gratis kualitas premium

Mencari nikmat menghindari sengsara, Cari software akuntansi maunya gratis melulu! Hahaha, gak segitu banget lah bro, tapi memang Itu sifat dasar kita sebagai manusia. Selama masih ada yang gratis dan legal kenapa kita harus mengeluarkan biaya ekstra. Bukankah prinsip dasar supaya bisnis maju adalah minimalkan pengeluaran dan maksimalkan pemasukan alias pendapatan. Read More »

Apakah Bee bisa digunakan untuk usaha Manufaktur/Pabrik (manufacturing) ?

Q : Apakah Bee bisa digunakan untuk usaha Manufaktur/Pabrik (manufacturing) ?
A : Bisa,Bee Accounting bisa digunakan untuk usaha yang memerlukan pencatatan proses produksi,mulai dari proses order dari customer,job card,kemudian masuk ke proses produksi yang didalamnya juga terdapat berbagai mesin dan proses produksi yang berbeda-beda.

Silahkan ikuti video tutorial berikut untuk mengetahui cara penggunaan Bee Accounting pabrik manufaktur atau jenis usaha yang membutuhkan pencatatan proses produksi.

Video Tips:
cara lihat video youtube agar tajam dan jelas (hi-resolution / highdefinition)
cara download video youtube agar bisa di lihat offline

Install Bee Accounting di Windows 7

Cara untuk instalasi Bee Accounting di Windows 7
Untuk melakukan instalasi di windows 7 terkadang instalasi yang kita lakukan gagal atau tidak bisa terinstall dengan sempurna. Oleh karena itu sebelum melakukan instalasi,ikuti langkah- langkah berikut:

1. Masuk ke Control Panel>> User Accounts>> Pilih Change User Account Control Setting. 

2. Geser tombol pada posisi paling bawah agar setiap kali kita melakukan istalasi selalu dikonfirmasi oleh Windows.

3. Klik OK untuk menyimpan pengaturan. 

4. Untuk langkah instalasi berikutnya,klik kanan pada file installer,kemudian pilih Run As Administrator 

5. Kemudian untuk proses instalasi sama dengan proses instalasi di windows.
Atau lihat Video Tutorialnya disini:

Video Tips:

  • cara lihat video youtube agar tajam dan jelas (hi-resolution / highdefinition)
  • cara download video youtube agar bisa di lihat offline

Cara Setting Nota Grafik Sebagai Nota Default

Cara Setting Nota Grafik Sebagai Nota Default

Apakah anda ingin menjadikan nota grafik sebagai nota utama/default anda? Jika iya, silahkan ikuti tutorial berikut ini untuk mempelajari cara setting nota grafik sebagai nota default di software akuntansi Bee Accounting.

1. Langkah pertama, pastikan software Bee Accounting anda sedang tidak digunakan (dalam kondisi closed). Setelah itu, masuk ke direktori berikut : C:\Program Files\BeeAccounting\2.2 lalu cari file dengan nama bee.properties


Gambar 1. Cari file bee.properties pada direktori berikut

2. Selanjutnya kita buka file bee.properties dengan notepad atau wordpad, lalu tambahkan tag berikut : default.printmode=1 pada file bee.properties itu sendiri, lalu klik Save atau tekan Ctrl+S untuk menyimpan data


Gambar 2. Buka file bee.properties lalu tambahkan tag berikut

3. Sekarang kita coba buka kembali software Bee Accounting, lalu kita coba Save penjualan


Gambar 3. Save penjualan

4. Lalu saat muncul jendela konfirmasi Print Penjualan, pilih Yes


Gambar 4. Jendela konfirmasi print nota

5. Setelah itu, centang nota yang ingin di print, lalu klik tombol Print


Gambar 5. Pilih nota yg ingin di print

6. Berikut hasil print nota grafik yang telah berhasil diprint sebagai nota default

Cara Mengembalikan Uang Lebih Bayar Customer di BeeAccounting

Cara Mengembalikan Uang Lebih Bayar Customer di BeeAccounting

Apakah anda pernah mengalami kasus dimana customer anda melakukan pembayaran lebih dari jumlah yang seharusnya dibayarkan, lalu customer yang bersangkutan tersebut meminta agar uang lebih bayarnya dikembalikan? jika iya, bagaimana cara inputnya di Bee Accounting? Silahkan ikuti tutorial berikut untuk mempelajari cara mengembalikan uang lebih bayar customer di software akuntansi Bee Accounting.

Pada saat kita melakukan penerimaan pembayaran dari customer yang menyebabkan adanya lebih bayar, berikut penjurnalan yang terjadi:


Gambar 1. Penjurnalan Transaksi dengan Lebih Bayar

Seperti yang kita lihat, nominal uang lebih bayar masuk ke akun Deposit Customer, dimana akun ini tidak bisa dipilih untuk transaksi penerimaan pembayaran dan/atau pembayaran dikarenakan akun ini masuk ke klasifikasi Hutang Lancar. Lalu bagaimana solusinya? kita buatkan akun temporary yang berfungsi untuk menampung sementara nominal uang lebih bayar tersebut agar bisa dipilih pada saat transaksi penerimaan pembayaran dan pembayaran.

1. Pertama, masuk ke menu [Akuntansi] – Daftar Akun


Gambar 2. Masuk ke Menu Daftar Akun

2. Filter daftar akun dengan cara pilih klasifikasi akun Hutang Lainnya, lalu klik Refresh


Gambar 3. Filter Daftar Akun dengan Klasifikasi Akun Hutang Lainnya

3. Klik New, lalu isikan data akun baru sebagai berikut :
– No. Akun              : Nomor urut akun terakhir dari daftar akun dengan klasifikasi Hutang Lainnya atau apabila masih kosong isikan 250001
– Nama                   : Temporary Deposit Customer
– Klasifikasi Akun    : Hutang Lainnya

Klik Save untuk menyimpan data


Gambar 4. Buat Akun Baru dengan Nama Temporary Deposit Customer

Selanjutnya, kita pindahkan nominal uang lebih bayar dari akun Deposit Customer ke akun Temporary Deposit Customer yang barusan kita buat sebelumnya.

1. Masuk ke menu [Kas/Bank] – Penerimaan Pembayaran – Penerimaan Pembayaran


Gambar 5. Masuk ke Menu Penerimaan Pembayaran

2. Klik New, pilih mitra bisnis yang bersangkutan lalu klik tombol Pilih Akun


Gambar 6. Klik New, Pilih Mitra Bisnis lalu Klik Pilih Akun

3. Pilih klasifikasi akun Hutang Lainnya, klik Refresh, pilih akun Temporary Deposit Customer lalu klik OK


Gambar 7. Pilih Akun Temporary Deposit Customer

4. Isikan nominal Jumlah Bayar sesuai dengan nominal uang lebih bayar customer, lalu masuk ke tab Cara Pembayaran


Gambar 8. Isikan Nominal Jumlah Bayar lalu Masuk ke Tab Cara Pembayaran

5. Pada tab Cara Pembayaran, klik Cara Bayar, lalu isikan detail pembayaran sebagai berikut :
– Cara Bayar          : Potong Lebih Bayar
– Ref. No                : Pilih nomor referensi dari daftar penerimaan pembayaran yang mengakibatkan lebih bayar
– Jumlah                 : Nominal uang lebih bayar customer
– Keterangan         : Isikan keterangan bila perlu

Klik OK, lalu klik Save untuk menyimpan data


Gambar 9. Isikan Detail Pembayaran, Pastikan Anda Memilih Cara Bayar Potong Lebih Bayar

6. Berikut penjurnalan yang terjadi :


Gambar 10. Penjurnalan yang Terjadi Atas Transaksi Pindah Buku

Pada penjurnalan diatas, bisa kita lihat bahwa nominal uang lebih bayar customer yang sebelumnya masuk ke akun Deposit Customer telah berpindah ke akun Temporary Deposit Customer. Langkah terakhir, kita tinggal inputkan transaksi pengembalian uang lebih bayar ke customer yang bersangkutan.

1. Masuk ke menu [Kas/Bank] – Pembayaran – Pembayaran


Gambar 11. Masuk ke Menu Pembayaran

2. Pilih mitra bisnis yang bersangkutan, lalu klik Pilih Akun


Gambar 12. Pilih Mitra Bisnis, lalu Klik Pilih Akun

3. Pilih akun Temporary Deposit Customer seperti sebelumnya, lalu isikan nominal Jumlah Bayar sesuai dengan nominal uang lebih bayar customer yang akan dikembalikan


Gambar 13. Pilih Akun Temporary Deposit Customer Seperti Sebelumnya, lalu Isikan Nominal Jumlah Bayar

4. Setelah itu masuk ke tab Cara Pembayaran, klik Cara Bayar, lalu isikan detail pembayaran sebagai berikut :
– Cara Bayar          : Cara pembayaran yang dilakukan
– Kas/Bank             : Kas/Bank yang digunakan untuk melakukan pembayaran
– Jumlah                 : Nominal uang lebih bayar yang dibayarkan
– Keterangan         : Isikan keterangan bila perlu

Klik OK, lalu klik Save untuk menyimpan data


Gambar 14. Isikan Detail Pembayaran

5. Berikut penjurnalan yang terjadi :


Gambar 15. Penjurnalan yang Terjadi Atas Pengembalian Uang Lebih Bayar Customer

 

Software Akuntansi Untuk Perusahaan Advertising

Apabila anda adalah perusahaan advertising yang ingin mengimplementasikan software akuntansi Bee accounting Berbagai sample proses bisnis mulai pembelian, produksi hingga penjualan jasa bisa di handle :

  • Pembelian
  • Stock bahan
  • Produksi barang promosi/merchandise, spanduk, poster, dll
  • Stock barang merchandise
  • Pencatatan Pendapatan Jasa
  • dll

1. Setting data Master, set saldo awal

2. Input Transaksi dan Laporan

Video Tips:

  • cara lihat video youtube agar tajam dan jelas (hi-resolution / highdefinition)
  • cara download video youtube agar bisa di lihat offline

Cara Input Modal dari Hutang di BeeAccounting

Cara Input Modal dari Hutang di BeeAccounting

Dalam penjurnalan akuntansi, sebenarnya tidak ada yang namanya “modal dari hutang” atau “hutang untuk modal”. Hal ini dikarenakan, hutang adalah kewajiban sedangkan modal adalah ekuitas. Lalu bagaimana cara input “modal dari hutang” di Bee Accounting?
Berikut akan dijelaskan step-by-step cara input modal dari hutang di software akuntansi Bee Accounting.

Secara akuntansi manual, jurnal pencatatan modal dari pinjaman/hutang yang harus terjadi adalah sebagai berikut :

_________________________________________________________________________________

Nama Akun                                                     Debet                  Kredit
_________________________________________________________________________________
Kas                                                                    xxxxxxxxx
Hutang                                                                                    xxxxxxxxx

Sedangkan jurnal yang terjadi apabila modal berasal dari pemilik usaha (bukan hutang) adalah sebagai berikut :

_________________________________________________________________________________

Nama Akun                                                     Debet                  Kredit
_________________________________________________________________________________
Kas                                                                    xxxxxxxxx
Modal                                                                                     xxxxxxxxx

Misalkan, anda ingin membuka suatu usaha yang membutuhkan modal sebesar Rp 500 Juta. Untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut, anda menggunakan harta anda sebesar Rp 300 Juta sedangkan kekurangan uang Rp 200 Juta ditutup dengan pinjaman/hutang dari bank.
Langkah-langkah yang harus dilakukan di Bee Accounting untuk melakukan penjurnalan seperti diatas, adalah sebagai berikut:

1. Pencatatan modal dari harta pribadi :
Masuk ke menu [Master] – Set Saldo Awal – Saldo Kas.


Gambar 1. Masuk ke menu [Master] – Set Saldo Awal – Saldo Kas

Klik New, lalu pilih Kas/Bank tempat penampungan uang modal, isikan jumlah modal dan beri keterangan bila perlu, setelah itu klik OK.


Gambar 2. Isikan Kas/Bank, Jumlah Modal dan Keterangan untuk Saldo Awal Kas/Modal

Masuk ke menu [Kas/Bank] – Lihat Kas untuk melihat kas yang sudah bertambah dari uang modal.


Gambar 3. Kas Bertambah Menjadi Rp 300 Jt Hasil dari Set Saldo Awal Kas/Modal dari Harta Pribadi

Lalu jurnal yang terjadi dari pencatatan modal dari harta pribadi adalah sebagai berikut :


Gambar 4. Penjurnalan Modal dari Harta Pribadi

2. Pencatatan modal dari pinjaman/hutang bank :
Buat Mitra Bisnis baru dengan cara masuk ke menu [Master] – Mitra Bisnis – Mitra Bisnis.


Gambar 5. Masuk ke Menu [Master] – Mitra Bisnis – Mitra Bisnis

Klik New – As Supplier, lalu isikan kolom Nama dengan nama perusahaan anda, setelah itu tambahkan juga tipe mitra bisnis Customer sehingga mitra bisnis ini mempunyai 2 tipe mitra bisnis, yaitu sebagai Supplier & Customer. Setelah itu klik Save untuk menyimpan data.


Gambar 6. Buat Mitra Bisnis Baru Atas Nama Perusahaan Anda Sendiri dengan 2 Tipe Mitra Bisnis, Yaitu Customer & Supplier

Masuk ke menu [Kas/Bank] – Penerimaan Pembayaran – Penerimaan Pembayaran.


Gambar 7. Masuk menu [Kas/Bank] – Penerimaan Pembayaran – Penerimaan Pembayaran

Klik New, pilih Supplier atas nama perusahaan anda sendiri, lalu klik Pilih Akun.


Gambar 8. Klik New, Pilih Supplier Atas Nama Perusahaan Anda lalu Klik Pilih Akun

Pilih klasifikasi akun Hutang Jangka Panjang – Klik Refresh – Lalu pilih akun Hutang Bank – Klik OK.


Gambar 9. Pilih Akun Hutang Bank

Isikan Jumlah Bayar sesuai dengan jumlah modal dari pinjaman/hutang bank, lalu klik tab Cara Pembayaran.


Gambar 10. Isikan Jumlah Bayar Sesuai Jumlah Pinjaman/Hutang Bank untuk Modal, Lalu Klik Cara Pembayaran

Klik Cara Bayar, pilih Cara Bayar, pilih Kas/Bank tempat penampungan uang pinjaman/hutang, lalu klik OK.


Gambar 11. Pilih Cara Pembayaran

Berikan juga keterangan apabila diperlukan, lalu klik Save.


Gambar 12. Isikan Keterangan lalu Klik Save

Masuk ke menu [Kas/Bank] – Lihat Kas untuk melihat kas yang sudah bertambah menjadi Rp 500 Jt.


Gambar 13. Kas Bertambah Menjadi Rp 500 Jt Hasil Set Saldo Awal Kas/Modal dari Harta Pribadi Ditambah Pinjaman/Hutang dari Bank

Lalu jurnal yang terjadi dari pencatatan modal dari pinjaman/hutang bank adalah sebagai berikut :


Gambar 14. Penjurnalan Modal dari Pinjaman/Hutang Bank

Setelah itu tentunya apabila kita melakukan pinjaman ke Bank ada bunga yang harus kita tanggung juga. Untuk step by step penginputan pembayaran hutang bank beserta bunganya di BeeAccounting, anda bisa ikuti dengan cara klik link di bawah ini :

Cara Input Pembayaran Hutang Bank Beserta Bunga

Software Accounting Terbaik, Milik Anak Bangsa

Software accounting memang banyak beredar di pasaran, apalagi kalau di-browsing via google. Tapi, kebanyakan program tersebut bukan produk lokal. Pernakah anda berpikir, adakah program accounting yang diproduksi oleh anak bangsa, dari berbagai program akuntansi bermerk luar negri? Yupz… tentu saja ada *jawabmurid-muridserentak. Read More »