Home / Program Pembukuan

Program Pembukuan

program pembukuan

Cara Sederhana Melakukan Pembukuan Toko Kecil, Setidaknya Meliputi 5 Pembukuan Ini

Pembukuan toko adalah proses pencatatan transaksi keuangan harian toko kedalam sistem akuntansi. Pembukuan toko ini memungkinkan pemilik bisnis untuk secara tepat melacak pendapatan dan pengeluaran mereka, yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan menganalisis arus kas, agar tidak terjadi defisit dana atau pemborosan dalam stok barang. Melakukan pembukuan Anda sendiri untuk sebuah toko dapat menghemat uang dibandingkan dengan membuat kontrak kerjasama dengan seorang spesialis akuntansi, tetapi hal seperti ini akan membutuhkan investasi waktu ekstra.

Pembukuan untuk toko ritel melibatkan pelacakan penjualan, pengeluaran, hutang, piutang dan persediaan. Walaupun toko Anda ukuran kecil, jika produk ritel yang dijual maka butuh pencatatan dan pembukuan toko yang cermat. Bagaiamana caranya? Tahapan berikut ini bisa dicoba:

Catatan Akuntansi Persediaan

sistem akuntansi

Anda bisa membuat sistem di tempat untuk melacak arus inventaris produk masuk dan keluar dari toko Anda setiap hari. Lacak kuantitas dan biaya semua pengiriman yang masuk, serta jumlah dan harga jual setiap barang yang dijual. Buat penyesuaian rutin untuk barang-barang yang rusak, atau hilang agar catatan Anda sesuai dengan inventaris Anda yang sebenarnya. Inventaris adalah aset paling penting dari sebuah toko ritel, dan itu seringkali melibatkan investasi terbesar yang dilakukan pemilik toko, jadi penting untuk mengetahui dengan tepat posisi inventaris Anda setiap saat.

Laporan Pendapatan

Lacak semua penghasilan Anda saat masuk, dan bandingkan catatan Anda dengan laporan rekening bank secara teratur untuk melihat adanya perbedaan atau tidak. Pendapatan penjualan adalah pendorong pendapatan terbesar untuk sebuah toko, tetapi Anda mungkin memiliki sumber pendapatan lain, seperti biaya layanan purna jual, penjualan garansi yang diperpanjang atau bahkan komisi pengiriman. Jika Anda memiliki sistem point-of-sale elektronik, atau POS, yang terkait dengan sistem akuntansi Anda, lakukan audit rutin untuk memastikan akurasi catatan dan pembukuan toko Anda, dan pastikan untuk menambahkan secara manual semua pemasukan yang tidak tercatat melalui POS. Jika tidak, simpan kwitansi terperinci dari semua pendapatan dan transfer total ke sistem akuntansi Anda sesering mungkin.

Laporan Biaya dan Pengeluaran

Lacak pengeluaran Anda sama tertibnya dengan pemasukan Anda, dan bandingkan catatan Anda dengan laporan rekening bank secara teratur. Otomatiskan sebanyak mungkin pengeluaran berulang, termasuk pembayaran sewa, dan atur sistem akuntansi Anda untuk secara otomatis mencatat pengeluaran ini setiap periode. Catat semua biaya variabel dalam akun pembukuan entri ganda yang sesuai, termasuk harga pokok penjualan, biaya tenaga kerja, biaya pajak, dan pembelian untuk memudahkan menghitung laba operasi toko Anda.

Hutang dan Piutang

Simpan catatan terperinci tentang uang yang terhutang kepada Anda, serta utang apa pun yang Anda miliki. Gunakan sistem akuntansi Anda untuk mengingatkan Anda untuk membayar pinjaman, tagihan, dan utang kredit tepat waktu, serta untuk memandu aktivitas koleksi Anda dengan pelanggan kredit. Kedua hal ini sangat penting untuk sebuah toko kecil; mengelola hutang dapat meningkatkan atau mempertahankan peringkat kredit Anda di mata bank maupun pemasok, dan mengelola piutang dengan tepat juga dapat mempertahankan arus kas positif toko Anda.

Ekuitas (Modal) Pemilik dan Laba Ditahan

Lacak semua sumber daya yang dimasukkan ke dalam bisnis oleh pemilik di sebuah akun ekuitas terpisah, bahkan jika Anda menjalankan toko Anda sebagai pemilik tunggal sekalipun. Informasi ini mungkin tidak berguna dalam jangka pendek seperti item pembukuan lainnya, dan Anda juga membutuhkan ketekunan yang berkelanjutan dalam jangka panjang untuk menjaga catatan yang akurat, yang bisa berguna jika mitra Anda (misalnya jika punya mitra) meninggalkan bisnis atau toko beralih kepemilikan. Pikirkan laba ditahan sebagai rekening tabungan toko Anda. Menyimpan catatan terperinci tentang apa yang masuk ke tabungan, apa yang keluar dan bunga yang diperoleh dalam akun laba ditahan juga penting untuk dilakukan.

Hasil akhir dari pembukuan toko ini adalah membuat laporan keuangan toko yang mudah dipahami, demi mengontrol arus kas dan laba toko dalam sebuah perencanaan bisnis Anda kedepannya.

Belajar Mengenai Faktur Pajak & Berbagai Jenisnya

Di Indonesia, faktur komersial harus disertai dengan faktur pajak. Faktur pajak adalah dokumen hukum yang berfungsi sebagai bukti bahwa penjual mengajukan pajak penjualan (pajak pertambahan nilai) dan, jika berlaku, pajak penjualan barang mewah) ke kantor pajak, dan kemudian menjadi dasar untuk pelaporan PPN. Tujuan utamanya adalah untuk menampilkan informasi pajak, sedangkan faktur komersial berisi informasi yang lebih rinci tentang, misalnya, jumlah barang yang dijual.

Perusahaan mengeluarkan dan menerima faktur pajak standar yang harus menyertai faktur komersial jika Anda menjual barang dan jasa ke badan pajak terdaftar. Tata letak dan penomoran faktur pajak standar ditentukan oleh kantor pajak, dan harus berisi informasi berikut:

  • Nama, alamat, dan nomor pajak dari penjual
  • Nama, alamat, dan nomor ID pajak pembeli
  • Jenis barang atau layanan, jumlah, harga jual atau kompensasi, dan diskon apa pun
  • PPN yang jatuh tempo
  • Pajak penjualan untuk barang-barang mewah yang jatuh tempo (jika ada)
  • Nomor faktur pajak dan tanggal penerbitan faktur pajak
  • Nama, posisi, dan tanda tangan orang yang berwenang untuk menandatangani faktur

Jika Anda menjual barang dan jasa ke konsumen akhir atau entitas tanpa nomor registrasi pajak, maka Anda mengeluarkan faktur pajak sederhana. Dalam kebanyakan kasus, cukup mengeluarkan faktur komersial. Tata letaknya tidak ditentukan oleh kantor pajak, dan tidak harus dinomori seperti faktur pajak standar. Perhatikan bahwa dalam kasus faktur pajak sederhana, pembeli tidak dapat menggunakan faktur pajak sederhana untuk mengurangi kewajiban pajaknya, tetapi penjual harus memasukkannya dalam pelaporan PPN.

Jenis – jenis Faktur Pajak

Di Indonesia, ada 7 jenis faktur pajak, yang perlu diketahui sebagai berikut:

  1. Faktur pajak keluaran yaitu faktur pajak yang dibuat oleh pengusaha kena pajak (PKP) pada saat melakukan penjualan barang atau jasa kena pajak yang tergolong dalam barang mewah.
  2. Faktur pajak masukan yang didapatkan oleh PKP ketika dia melakukan pembelian barang kena pajak atau jasa kena pajak dari PKP lain.
  3. Faktur pajak pengganti sebagai pengganti  dari faktur pajak yang telah terbit sebelumnya karena terdapat kesalahan pengisian, kecuali pengisian NPWP. Faktur pajak pengganti ini ditujukan untuk pembetulan agar sesuai  dengan keadaan yang sebenarnya.
  4. Faktur pajak gabungan yang dibuat oleh PKP meliputi seluruh penyerahan yang dilakukan kepada pembeli barang kena pajak atau jasa kena pajak yang sama selama satu bulan kalender.
  5. Faktur pajak digunggung yaitu faktur pajak yang tidak diisi dengan identitas pembeli, nama dan tanda tangan penjual. Faktur ini khusus dibuat oleh PKP pedagang eceran.
  6. Faktur pajak cacat akibat tidak diisi  secara benar, lengkap, jelas dan atau tidak diberikan tanda tangan. Bisa juga masuk kategori faktur pajak cacat jika terjadi kesalahan pengisian kode dan nomor seri maka faktur dianggap cacat. Faktur pajak cacat ini dapat dibetulkan dengan membuat faktur pajak pengganti.
  7. Faktur pajak batal terjadi karena adanya pembatalan transaksi. Pembatalan faktur pajak juga harus dilakukan ketika ada kesalahan pengisian NPWP dalam faktur pajak.

Dokumen lain yang dikeluarkan oleh badan pemerintah dengan status yang sama dengan faktur pajak standar

Selain faktur pajak diatas, ada dokumen tertentu yang dikeluarkan oleh badan pemerintah dan memiliki status yang sama dengan faktur pajak standar, oleh karena itu faktur pajak terpisah tidak perlu dikeluarkan. Jenis dokumen ini termasuk dalam kategori faktur pajak khusus. Ada dua kategori yaitu:

  • Deklarasi impor disertai dengan slip pembayaran pajak atau slip penagihan pajak yang dikeluarkan oleh bea cukai, dan deklarasi ekspor (PIB)
  • Faktur komersial yang dikeluarkan oleh perusahaan telepon atau perusahaan listrik (faktur pajak khusus)

Memahami faktur pajak diatas akan membuat pengusaha makin lancar dalam melakukan kewajibannya terkait administrasi perpajakan di kantor pajak setempat.

Error Displaying Report

Jika anda mengalami error saat penampilan laporan Laba/Rugi, Neraca, Penjualan, Pembelian dll. Dan notifikasi yang muncul adalah “Error Displaying File Report” maka silahkan mengikuti langkah berikut untuk mengatasinya.

  • Langkah 1: Unduh file berikut Bytea_output.bep . Simpan pada sembarang folder.
  • Langkah 2: Backup dahulu beeaccounting anda dan tutup aplikasi setelah selesai backup.
  • Langkah 3: Setelah itu buka aplikasi Beeupdater, caranya klik kanan pada icon beeaccounting anda dan pilih Open File Location
screenshot_8
.                   Gambar 1 Open file location
  • Langkah 4: Pada Folder yang tampil, Double click pada file BeeUpdater-2.7.jar
screenshot_2
.                                                                Gambar 2 Folder Beeaccounting
  • Langkah 5: Akan muncul Aplikasi updater Beeaccounting. Silahkan klik browse dan arahkan ke file bytea_output.bep yang sudah di unduh sebelumnya.
screenshot_3
.                                                         Gambar 3 Letak file Bytea_output.bep
  • Langkah 6: Jangan lupa mencentang persetujuan yang ada
screenshot_4
.                                                                       Gambar 4 Beeupdater 2.7
  • Langkah 7: Centang profil yang bermasalah.
screenshot_5
.                                                                        Gambar 5 Daftar Profil
  • Langkahr 8: Tunggu proses hingga selesai. Lalu Klik finish.
screenshot_6
.                                                                          Gambar 6 Proses Patching
  • langkah 9: Ganti logo perusahaan, caranya Akses menu Sistem>Perusahaan>Pindah tab Logo>Ganti Logo.
screenshot_7
.                                                                             Gambar 7 Logo Perusahaan
  • Selesai, Laporan sudah bisa dibuka.

Download Aplikasi Akuntansi Gratis kualitas premium

Mencari nikmat menghindari sengsara, Cari software akuntansi maunya gratis melulu! Hahaha, gak segitu banget lah bro, tapi memang Itu sifat dasar kita sebagai manusia. Selama masih ada yang gratis dan legal kenapa kita harus mengeluarkan biaya ekstra. Bukankah prinsip dasar supaya bisnis maju adalah minimalkan pengeluaran dan maksimalkan pemasukan alias pendapatan. Read More »

Install Bee Accounting di Windows 7

Cara untuk instalasi Bee Accounting di Windows 7
Untuk melakukan instalasi di windows 7 terkadang instalasi yang kita lakukan gagal atau tidak bisa terinstall dengan sempurna. Oleh karena itu sebelum melakukan instalasi,ikuti langkah- langkah berikut:

1. Masuk ke Control Panel>> User Accounts>> Pilih Change User Account Control Setting. 

2. Geser tombol pada posisi paling bawah agar setiap kali kita melakukan istalasi selalu dikonfirmasi oleh Windows.

3. Klik OK untuk menyimpan pengaturan. 

4. Untuk langkah instalasi berikutnya,klik kanan pada file installer,kemudian pilih Run As Administrator 

5. Kemudian untuk proses instalasi sama dengan proses instalasi di windows.
Atau lihat Video Tutorialnya disini:

Video Tips:

  • cara lihat video youtube agar tajam dan jelas (hi-resolution / highdefinition)
  • cara download video youtube agar bisa di lihat offline

Software Akuntansi Untuk Perusahaan Advertising

Apabila anda adalah perusahaan advertising yang ingin mengimplementasikan software akuntansi Bee accounting Berbagai sample proses bisnis mulai pembelian, produksi hingga penjualan jasa bisa di handle :

  • Pembelian
  • Stock bahan
  • Produksi barang promosi/merchandise, spanduk, poster, dll
  • Stock barang merchandise
  • Pencatatan Pendapatan Jasa
  • dll

1. Setting data Master, set saldo awal

2. Input Transaksi dan Laporan

Video Tips:

  • cara lihat video youtube agar tajam dan jelas (hi-resolution / highdefinition)
  • cara download video youtube agar bisa di lihat offline

Program Akuntansi Mudah,Hemat Dengan Fitur Ajiib

Program akuntansi sudah banyak kita jumpai di pasaran apalagi di dunia maya yaitu internet. Tapi, kebanyakan program tersebut adalah program besutan luar negeri dengan kisaranharga relatif mahal, hal ini adalah fakta dilapangan.Tapi anda jangan risau, karena banyak produk lokal juga menyediakan accounting software yang mudah dan hemat untuk segmen pebisnis pemula.

Read More »

Software Laporan Keuangan Murah Berkualitas

Software laporan keuangan adalah hal yang paling penting dalam mengelola sebuah perusahaan. Kenapa tidak ? perusahaan dikatakan maju atau mundur dapat diketahui melalui laporan keuangannya. Jika mengalami laba, maka perusahaan itu dikatakan maju dan sebaliknya jika posisi keuangan minus maka bisa disimpulkan mengalami rugi, maka perusahaan itu dikatakan mundur atau bisa mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, para pengusaha diharapkan berhati-hati dan teliti dalam membaca laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan atau staff keuangan anda. Read More »

Download Software Akuntansi Gratis disini

download software akuntansi gratis

Program akuntansi gratis memang semakin di minati oleh pengguna komputer diseluruh indonesia, terutama dari kalangan bisnis dan UKM. Bagi pengusaha kecil, apalagi yang baru merintis biasanya jumlah tenaga kerja yang dimiliki sangat terbatas, termasuk untuk urusan administrasi bisnis atau pembukuan dan akuntansi. Menambah jumlah karyawan yang banyak bukanlah opsi yang bijak di awal usaha dimana cashflow masih belum bagus. Untuk itu diperlukan bantuan suatu alat berupa software accounting yang bisa membantu si pengusaha untuk melakukan pencatatan berbagai transaksi keuangan dalam bisnisnya. Read More »

Perbandingan Software Akuntansi Myob dengan Bee accounting

Salah satu software akuntansi yang ada di dunia adalah software akuntansi myob yang berasal dari australia. myob accounting termasuk program akuntansi yang sudah berumur dan beredar cukup lama, perkiraan saya sudah sejak sekitar tahun 1990-an. Software ini menggunakan bahasa inggris sebagai antar mukanya, tentunya karena pembuatnya juga bukan orang indonesia dan majority digunakan di negara asalnya yaitu aussie. Bagi pengguna accounting software di era 90-an mungkin sudah lebih dulu familier dengan software ini. Sebenarnya software ini cukup lengkap, tersedia berbagai modul : purchasing, inventory, payables, receivables, cash, bank, sales, hingga general ledgers. Bahkan menurut saya software akuntansi myob ini turut menginspirasi lahirnya software akuntansi accurate dan software akuntansi zahir termasuk juga software akuntansi Bee accounting.

Apa perbedaan antara software akuntansi myob dengan Bee ? Read More »