Home / Program Akuntansi

Program Akuntansi

program akuntansi

Mengenal Jurnal Sistem Entri Tunggal dan Dasar Pencatatan Akuntansi

Sistem akuntansi entri tunggal mencatat hanya satu sisi dari setiap transaksi. Ini terjadi karena mereka menggunakan satu entri untuk mencatat setiap transaksi. Oleh karena itu sistem entri tunggal tidak menggunakan akun nominal dan nyata. Penekanannya pada kas dan piutang. Sistem akuntansi entri tunggal dapat dideskripsikan sebagai sistem yang digunakan bisnis untuk mendapatkan sesuatu yang mungkin diinginkan perusahaan. Sebelum Anda menggunakannya, ada baiknya mempelajari pro dan kontra berikut ini:

Perusahaan Kecil

Sistem entri tunggal digunakan oleh perusahaan kecil yang baru memulai bisnis. Perusahaan semacam itu tidak memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memasang sistem akuntansi lengkap. Oleh karena itu mereka mulai dengan sistem akuntansi entri tunggal. Namun ketika bisnis mereka tumbuh, sebagian besar perusahaan terpaksa mengadopsi sistem entri ganda. Ini karena sistem entri tunggal sangat tidak efisien dan hanya dapat digunakan oleh pemilik tunggal ketika skala bisnis sangat kecil dan transaksi yang akan dilakukan tidak terlalu rumit.

Catatan Tidak Lengkap

Masalah terbesar dengan sistem pembukuan entri tunggal adalah catatan yang tidak lengkap. Sistem entri tunggal mencatat hanya transaksi yang dilakukan perusahaan dengan pihak luar. Ada banyak transaksi dalam perusahaan yang sangat penting dan memerlukan tempat dalam laporan keuangan. Namun, sistem entri tunggal mengabaikan kebutuhan ini dan memberikan informasi yang tidak lengkap kepada manajemen.

Tidak Ada Rekonsiliasi

Sistem akuntansi entri tunggal tidak memiliki ketentuan untuk rekonsiliasi akun. Ini berarti bahwa sistem tidak memiliki deteksi kesalahan bawaan. Oleh karena itu, jika petugas melakukan tugas membuat entri dalam buku, sistem mungkin rentan terhadap kesalahan administrasi. Ini dapat menyebabkan manajemen memiliki informasi yang tidak mencukupi atau tidak memiliki informasi ketika mereka harus membuat keputusan.

Kemungkinan Penipuan

Sistem akuntansi entri tunggal sangat rentan terhadap penipuan dan penggelapan. Hanya ada satu buku akun daripada sistem akuntansi yang rumit. Karenanya, pemeriksaan internal sedikit. Bahkan nyaris tidak ada. Orang yang membuat akun bisa dengan sendirinya memanipulasi pembukuan dan menyalahgunakan sumber daya perusahaan.

Untuk mengatasi masalah ini, Luca Pacioli dan pedagang Venesia lainnya menciptakan sistem akuntansi entri ganda. Sistem ini terbukti sangat efektif dan bermanfaat dan segera menjadi standar emas bagi industri. 

Baca Juga: Cara Sukses Menjadi Reseller, Simak 7 Tips Berikut Ini !

Dasar Pencatatan Akuntansi : Cash Basis vs. Acruel

Dasar Pencatatan Akuntansi
Gambar 1. Dasar Pencatatan Akuntansi (Sumber: Google.co.id)

Akuntansi Basis Kas (Pencatatan Akuntansi Cash Basis)

Pencatatan akuntansi dengan sistem cash basis menggunakan penerimaan dan pembayaran tunai untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, akuntansi berbasis kas, jika suatu perusahaan melakukan pembayaran gaji pada bulan Januari, 3 bulan kemudian pada bulan April, itu akan dianggap sebagai pengeluaran pada bulan April, karena saat itulah uang tunai dibayarkan. Juga, jika perusahaan yang sama membayar gaji di muka untuk bulan Mei di bulan April, maka itu akan dianggap sebagai pengeluaran untuk bulan April.

Demikian pula, waktu yang dihabiskan perusahaan untuk melakukan penambahan nilai pada produk mereka, muncul dalam pembukuan. Hanya ketika penjualan ditutup dan uang tunai masuk, pendapatan diakui. Basis kas akuntansi menganggap pembayaran di muka sebagai pendapatan karena kas telah diterima.

Ada masalah yang jelas dengan basis kas akuntansi. Mereka adalah sebagai berikut:

Biaya yang Cenderung Berantakan:

Bukan hal yang aneh bagi perusahaan untuk melakukan negosiasi kredit perdagangan untuk diri mereka sendiri. Menurut ketentuan kredit perdagangan, perusahaan menggunakan bahan baku selama periode waktu tertentu dan kemudian melakukan pembayaran sekaligus untuk penggunaan tersebut. Di bawah dasar kas akuntansi, semua biaya muncul pada laporan keuangan sekaligus ketika pembayaran dilakukan. Ini mengacaukan pengeluaran pada laporan keuangan.

Penghasilan cenderung berantakan:

Seperti halnya kita menggunakan kredit dari pemasok kita, perusahaan yang berurusan dengan kita juga cenderung menggunakan kredit kita. Mereka juga melakukan pembayaran kami sekaligus. Karena itu seperti halnya pengeluaran, pendapatan juga cenderung berantakan.

Keuangan Menjadi Tidak Dapat Diprediksi:

Di bawah basis kas akuntansi, tidak akan ada atau sangat sedikit pendapatan dan pengeluaran dalam beberapa bulan dan pendapatan dan pengeluaran yang sangat besar pada beberapa orang lain. Ini akan karena efek kekacauan. Akibatnya, keuangan menjadi tidak dapat diprediksi.

Dasar Akrual Akuntansi

Di sisi lain, basis akrual akuntansi, pendapatan yang diakui saat itu diperoleh dan diakui biaya ketika terjadi:

  • Perusahaan akan mengeluarkan biaya bahan baku secara konsisten karena digunakan dan tidak dalam satu biaya tunggal ketika mereka dibayar.
  • Perusahaan akan mencatat pendapatan ketika semua tanggung jawab yang berkaitan dengan penjualan telah dipenuhi dan perusahaan memiliki hak untuk mengklaim uang dari pelanggan.
  • Uang muka yang diterima akan diperlakukan sebagai kewajiban. Perusahaan harus mengembalikan uang kembali atau memberikan layanan sebagai pengganti yang sama. Kami menggunakan kombinasi uang tunai dan basis akrual. Akun laba rugi dan neraca disusun berdasarkan basis akrual sedangkan laporan arus kas mencatat tentang situasi kas perusahaan.

Langkah-langkah Menyusun Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan adalah dokumen informasi yang berisi tentang kesehatan keuangan perusahaan atau organisasi, yang meliputi neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan keuangan sering ditinjau dan dianalisis oleh manajer bisnis, dewan direksi, investor, analis keuangan, dan lembaga pemerintah. Laporan harus disiapkan dan disebarluaskan tepat waktu, dan harus akurat dan jelas. Meskipun membuat laporan keuangan mungkin tampak menakutkan, akuntansi yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi jika dalam bentuk sederhana seperti ulasna berikut ini.

Bagian 1

Tahap Persiapan

1. Tentukan kerangka waktu

Sebelum Anda mulai, Anda perlu menentukan periode waktu yang akan dicakup oleh laporan keuangan Anda. Sebagian besar laporan keuangan disusun triwulanan dan tahunan, meskipun beberapa perusahaan juga menyiapkannya setiap bulan. Untuk menentukan periode waktu yang harus dicakup oleh laporan keuangan Anda, tinjau dokumen yang mengatur organisasi Anda, seperti anggaran rumah tangga, piagam perusahaan, atau akta pendirian perusahaan. Dokumen-dokumen ini dapat menggambarkan seberapa sering laporan keuangan harus disiapkan

2. Tinjau buku besar (general ledger) Anda

Selanjutnya, Anda harus memastikan semua yang ada di buku besar Anda sudah terbaru dan dicatat dengan benar. Laporan keuangan Anda tidak akan berguna bagi pembaca kecuali jika data akuntansi yang mendasarinya benar. Misalnya, pastikan semua hutang dan piutang telah diproses, verifikasi bahwa rekonsiliasi bank telah selesai, dan pastikan apakah semua pembelian inventaris dan penjualan produk telah dicatat. 

Baca Juga: Strategi Pajak Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perkembangan Bisnis

3. Kumpulkan informasi yang hilang

Jika ulasan Anda tentang buku besar mengungkapkan informasi yang hilang, lacak semua dokumen terkait yang Anda perlukan untuk memastikan bahwa laporan keuangan Anda lengkap dan benar.

Bagian 2

Mempersiapkan Neraca

1. Siapkan halaman neraca

Neraca menunjukkan aset perusahaan (apa yang dimilikinya), kewajiban (apa yang berutang) dan akun ekuitas, seperti saham biasa dan tambahan modal disetor untuk tanggal tertentu. Pos-pos neraca dilaporkan pada hari tertentu dalam setahun. Misalnya, saldo dapat disiapkan pada tanggal 31 Desember.

2. Buat format neraca Anda dengan tepat

Sebagian besar fitur neraca aset di sebelah kiri dan kewajiban / ekuitas di sebelah kanan. Atau, beberapa mungkin menunjukkan aset di atas dan kewajiban / ekuitas di bawah.

3. Daftarkan aset Anda

Tambahkan judul “Aset” ke bagian pertama dari neraca, lalu daftarkan aset yang berbeda yang dimiliki oleh perusahaan. Mulailah dengan aset lancar, seperti uang tunai dan barang apa pun yang akan dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun sejak tanggal neraca. Di akhir bagian ini, sertakan subtotal dari aset lancar.

4. Daftarkan kewajiban Anda

Bagian selanjutnya dari neraca menunjukkan akun kewajiban dan ekuitas. Bagian neraca ini harus diberi judul “Liabilities and Equity.” Mulailah dengan membuat daftar kewajiban saat ini. Ini adalah kewajiban yang jatuh tempo dalam satu tahun, dan biasanya termasuk hutang usaha, kewajiban yang masih harus dibayar dan bagian jangka pendek dari pembayaran pinjaman lainnya. Masukkan subtotal dari liabilitas lancar.

5. Daftar semua sumber ekuitas

Bagian ekuitas dari neraca muncul setelah bagian kewajiban dan menunjukkan jumlah uang yang akan dibayarkan perusahaan jika semua asetnya dijual dan kewajiban dilunasi. Di sini, buat daftar semua akun ekuitas, seperti saham biasa, saham treasuri, dan laba ditahan. Setelah semua akun ekuitas terdaftar, jumlahkan dan tambahkan keterangan “Total Ekuitas.”

6. Jumlahkan kewajiban dan ekuitas

Gabungkan total dari bagian “Total Liabilities” dan “Total Equity” bersama-sama. Judul ini “Total Kewajiban dan Ekuitas.”

7. Periksa saldo

Angka-angka yang Anda hitung untuk “Total Aset” dan “Total Liabilitas dan Ekuitas” harus sama di neraca. Jika ini masalahnya, maka neraca Anda sekarang telah lengkap dan Anda dapat mulai menyiapkan laporan laba rugi.

Bagian 3

Mempersiapkan Laporan Laba Rugi

1. Siapkan halaman laporan laba rugi

Laporan laba rugi menunjukkan berapa banyak uang yang perusahaan dapatkan dan habiskan selama periode waktu tersebut. Beri judul halaman ini pada laporan Anda “Laporan Laba Rugi” dan cantumkan nama organisasi dan periode waktu yang akan dicakup oleh laporan laba rugi. Misalnya, laporan laba rugi sering disusun untuk periode dari 1 Januari hingga 31 Desember di tahun tertentu.

2. Daftar sumber pendapatan

Buat daftar berbagai sumber pendapatan dan jumlah yang diperoleh. Pastikan untuk melaporkan setiap jenis pendapatan secara terpisah, disesuaikan seperlunya untuk setiap diskon penjualan atau tunjangan pengembalian.

3. Laporkan biaya barang yang dijual

Ini adalah total biaya pengembangan atau pembuatan produk Anda atau menyediakan layanan Anda pada periode pelaporan.

4. Catat biaya operasi

Biaya operasional mencakup semua biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda. Ini termasuk biaya umum dan administrasi, seperti gaji, sewa, utilitas, dan depresiasi properti. Ini juga termasuk biaya iklan dan penelitian dan pengembangan.

Bagian 4

Mempersiapkan Laporan Arus Kas

1. Siapkan halaman laporan arus kas Anda

Laporan ini melacak sumber dan penggunaan uang tunai oleh perusahaan. Beri judul halaman ini “Laporan Arus Kas” dan daftarkan nama organisasi serta periode waktu pernyataan tersebut akan dicakup. Mirip dengan laporan laba rugi, laporan arus kas mencakup periode waktu, seperti 1 Januari hingga 31 Desember.

2. Buat bagian kegiatan operasi

Laporan arus kas dimulai dengan bagian yang harus Anda beri judul “Arus Kas dari Kegiatan Operasi.” Bagian ini sesuai dengan laporan laba rugi yang sudah Anda siapkan. Buat daftar kegiatan operasi organisasi. Ini mungkin termasuk barang-barang seperti penerimaan kas dari penjualan dan pembayaran tunai untuk persediaan. Subtotal barang-barang ini dan beri label total “Kas Bersih yang Diperoleh dari Aktivitas Operasi.”

3. Buat bagian kegiatan investasi

Tambahkan bagian berjudul “Arus Kas dari Aktivitas Investasi.” Bagian ini sesuai dengan neraca yang sudah disiapkan. Bagian ini berkaitan dengan uang tunai yang dibayarkan atau diterima dari investasi dalam properti dan peralatan, atau investasi dalam sekuritas, seperti saham dan obligasi. Tambahkan subtotal yang disebut “Kas Bersih yang Diperoleh dari Aktivitas Investasi.”

4. Tambahkan catatan atau narasi penting

Laporan keuangan sering menyertakan bagian yang disebut “Catatan atas Laporan Keuangan,” yang berisi informasi penting tentang perusahaan. Pertimbangkan informasi tambahan apa tentang keuangan organisasi yang paling berguna untuk dimasukkan dalam “Catatan” dan kemudian tambahkan informasi ini ke laporan Anda.

Dengan mengikuti tahapan diatas, Anda sudah bisa membuat laporan keuangan secara sederhana namun fungsional untuk usaha Anda.

Berbagai Istilah Dalam Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Laporan laba rugi datang dengan berbagai istilah. Yang paling umum digunakan adalah “laporan laba rugi,”  “laporan operasi” dan “laporan hasil operasi.” Banyak profesional masih menggunakan istilah P&L (profit an dlost/laporan laba rugi), yang merupakan pernyataan untung dan rugi, tetapi istilah ini jarang ditemukan di media cetak saat ini. Selain itu, istilah “laba”, “pendapatan”, dan “penghasilan” semuanya memiliki arti yang mirip dan digunakan secara bergantian.

Dengan akuntansi akrual perusahaan dagang, aliran transaksi akuntansi melalui laporan laba rugi tidak harus bersamaan dengan penerimaan aktual dan pengeluaran uang tunai. Laporan laba rugi mengukur profitabilitas, bukan arus kas. Untuk mempelajari hal ini lebih lanjut, berbagai istilah dalam laporan laba-rugi perusahaan dagang berikut ini bisa dijadikan pembelajaran lebih lanjut:

  1. Penjualan Bersih (net sales alias penjualan atau pendapatan): Istilah-istilah ini merujuk pada nilai penjualan barang dan jasa perusahaan kepada pelanggannya. Meskipun pendapatan bersih mendapat sebagian besar perhatian dari investor, penjualan sebagai tempat proses pemasukan atau pendapatan dimulai juga penting.
  2. Biaya Penjualan (a.k.a. biaya barang / produk yang dijual dan biaya layanan): Untuk produsen, biaya penjualan adalah biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja, bahan baku, dan overhead produksi yang digunakan dalam produksi barang. Meskipun dapat dinyatakan secara terpisah, biaya penyusutan termasuk dalam biaya penjualan. Untuk grosir dan pengecer, biaya penjualan pada dasarnya adalah biaya pembelian barang dagangan yang digunakan untuk dijual kembali. Untuk bisnis yang terkait dengan layanan, biaya penjualan mewakili biaya layanan yang diberikan atau biaya pendapatan.
  3. Laba Kotor (pendapatan kotor atau margin kotor): Laba kotor perusahaan lebih dari sekadar mewakili perbedaan antara penjualan bersih dan biaya penjualan. Laba kotor menyediakan sumber daya untuk menutupi semua pengeluaran perusahaan yang lain. Jelas, semakin besar dan stabil marjin kotor perusahaan, semakin besar pula potensi hasil positif (laba bersih).
  4. Biaya Penjualan, Umum dan Administrasi: Sering disebut sebagai SG&A, akun ini terdiri dari biaya operasional perusahaan. Analis keuangan umumnya mengasumsikan bahwa manajemen menjalankan banyak kontrol atas kategori pengeluaran ini. Tren pengeluaran SG&A sebagai persentase penjualan, diawasi dengan ketat untuk mendeteksi tanda-tanda, baik positif maupun negatif, dari efisiensi manajerial.
  5. Pendapatan Operasional: Pengurangan SG&A dari laba kotor perusahaan menghasilkan pendapatan operasional. Angka ini merepresentasikan pendapatan perusahaan dari operasi normal sebelum apa yang disebut sebagai pendapatan dan / atau biaya non-operasional seperti beban bunga, pajak, dan barang-barang khusus. Pendapatan pada tingkat operasi, yang dipandang lebih dapat diandalkan, sering digunakan oleh analis keuangan daripada laba bersih sebagai ukuran profitabilitas.
  6. Biaya Bunga: Item ini mencerminkan biaya pinjaman perusahaan. Kadang-kadang perusahaan mencatat angka bersih di sini untuk beban bunga dan pendapatan bunga dari dana yang diinvestasikan.
  7. Penghasilan Pre tax (sebelum pajak): pendapatan yang dikumpulkan sebelum beban pajak penghasilan merupakan poin penting dalam laporan laba rugi. Banyak dan beragam teknik tersedia bagi perusahaan untuk menghindari dan / atau meminimalkan pajak yang mempengaruhi pendapatan yang dilaporkan. Karena tindakan ini bukan bagian dari operasi bisnis perusahaan, analis dapat memilih untuk menggunakan penghasilan sebelum pajak sebagai ukuran yang lebih akurat dari profitabilitas perusahaan.
  8. Pajak Penghasilan: Sebagaimana disebutkan, jumlah pajak penghasilan belum benar-benar dibayarkan – ini merupakan perkiraan atau akun yang dibuat untuk menutupi apa yang diharapkan perusahaan untuk dibayar.
  9. Biaya Barang-Barang Khusus: Berbagai acara dapat menimbulkan biaya terhadap pendapatan. Mereka umumnya diidentifikasi sebagai biaya restrukturisasi, pada item yang tidak biasa atau tidak berulang. Investor perlu mempertimbangkan hal-hal khusus ini ketika membuat perbandingan laba antar-tahunan karena mereka dapat mendistorsi dan melakukan evaluasi.
  10. Penghasilan Bersih (a.k.a. laba bersih): Ini merupakan indikator yang paling umum digunakan dari profitabilitas perusahaan. Tentu saja, jika pengeluaran melebihi pendapatan, keterangan akun ini akan dianggap sebagai rugi bersih. Untuk perusahaan yang sudah go publik (terbuka), setelah pembayaran dividen pilihan, jika ada, laba bersih menjadi bagian dari posisi ekuitas perusahaan sebagai laba ditahan. Data tambahan juga disajikan untuk laba bersih atas dasar saham beredar (dasar) dan potensi konversi opsi saham, waran dll. (Terdilusi).

Sekarang setelah kita memahami struktur laporan laba rugi, kita dapat mempelajari sebuah perusahaan dagang apakah cukup efektif dijalankan atau tidak dengan cara membaca laporan keuangannya.

Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

Manajemen aset adalah proses pengembangan, pengoperasian, pemeliharaan, dan penjualan aset dengan biaya yang efektif. Istilah ini paling umum digunakan dalam pencatatan keuangan untuk merujuk pada individu atau perusahaan yang mengelola aset atas nama entitas lain.

Manajemen aset

Setiap perusahaan perlu melacak asetnya. Dengan begitu, para pemangku kepentingan yang relevan akan tahu aset apa yang tersedia dan aset apa saja yang dapat digunakan untuk memberikan pengembalian yang optimal. Aset yang dimiliki oleh bisnis apa pun terbagi dalam dua kategori utama: aset tetap dan aset lancar. Aset tetap atau tidak lancar mengacu pada aset yang diperoleh untuk penggunaan jangka panjang sedangkan aset lancar adalah aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu singkat.

Ketika membahas tentang manajemen aset, ada dua hal utama yang perlu diketahui. Satu, peran apa yang dimainkan dalam proses manajemen aset? Yang kedua, bagaimana perusahaan mengembangkan rencana manajemen aset yang baik?

Pentingnya Manajemen Aset

Ada beberapa alasan mengapa pebisnis dan juga perusahaan harus memiliki manajemen aset yang baik, dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Memungkinkan perusahaan untuk mengawasi semua asetnya

Manajemen aset memudahkan organisasi untuk melacak aset mereka, apakah likuid atau tidak. Pemilik perusahaan akan tahu di mana aset itu berada, bagaimana aset itu digunakan, dan apakah ada perubahan yang dilakukan padanya. Akibatnya, pemulihan aset dapat dilakukan dengan lebih efisien, karenanya, menghasilkan pengembalian (imbal balik/RO, Return on Equity) yang lebih tinggi.

  1. Membantu menjamin keakuratan tingkat amortisasi

Karena aset diperiksa secara berkala, proses manajemen aset memastikan bahwa laporan keuangan yang terkait dengannya terus diperbarui. Hal ini membuat proses amortisasi berjalan dengan akurat.

  1. Membantu mengidentifikasi dan mengelola risiko

Manajemen aset mencakup identifikasi dan pengelolaan risiko yang timbul dari pemanfaatan dan kepemilikan aset tertentu. Ini berarti bahwa suatu perusahaan akan selalu siap untuk menghadapi segala risiko yang menghadangnya.

  1. Menghapus aset hilang dalam inventaris perusahaan

Ada contoh di mana aset yang hilang, rusak, atau dicuri masih tercatat di pembukuan. Dengan rencana manajemen aset strategis, pemilik perusahaan akan mengetahui aset yang telah hilang dan, dengan demikian, tidak terus mencatatnya dalam pembukuan.

Bagaimana Cara Mengembangkan Rencana Manajemen Aset yang Strategis?

Kepemilikan aset adalah bagian paling penting dari perusahaan. Untuk mengelola aset secara efektif, pemilik perusahaan perlu mengembangkan rencana strategis. Slaah satunya dengan metode seperti berikut ini:

  1. Selesaikan Inventarisasi Aset

Sebelum hal lain dilakukan, pemilik perlu memperhitungkan semua aset yang ia miliki. Jika dia tidak mengetahui jumlah pasti aset dalam inventarisnya, maka dia tidak akan mampu mengelolanya secara efektif. Saat menyiapkan inventaris aset perusahaan, hal-hal berikut harus disertakan:

  • Jumlah total aset
  • Di mana aset berada
  • Nilai masing-masing aset
  • Kapan waktu ketika aset diperoleh
  • Perkiraan masa pakai aset
  1. Hitung Biaya Masa Pakai Aset

Jika pemilik bisnis ingin rencana manajemen asetnya lebih tepat, maka ia harus menghitung seluruh biaya masa pakai dari setiap aset. Banyak pemilik perusahaan melakukan kesalahan dengan hanya menghitung biaya pembelian awal. Selama siklus masa pakai aset, biaya tambahan kemungkinan akan muncul seperti biaya perawatan, pemodelan kondisi dan kinerja, serta biaya pembuangan.

  1. Melaksanakan Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Idealnya, proses manajemen aset yang dilakukani oleh pemilik perusahaan harus dengan mudah diterjemahkan ke dalam rencana keuangan jangka panjang. Dengan rencana keuangan yang baik, pemilik kemudian dapat menilai tujuan mana yang perlu diprioritaskan.

Manfaat Manajemen Aset

Ada banyak manfaat mengadopsi strategi manajemen aset yang baik, yaitu:

  1. Meningkatkan Akuisisi dan Penggunaan

Dengan mengawasi aset perusahaan sepanjang masa pakai/siklus hidupnya, pemilik perusahaan dapat meningkatkan teknik memperoleh dan menggunakan aset tersebut. Contoh kasus yang bagus adalah Cisco Systems, yang mampu mengurangi biaya dengan menjalankan manajemen aset PC. Ketika menerapkan strategi seperti itu, perusahaan menemukan praktik pembelian yang sia-sia, yang diselesaikan dengan mengembangkan strategi yang lebih baik untuk membeli peralatan yang dibutuhkan oleh pekerja.

  1. Meningkatkan Kepatuhan

Instansi pemerintah, organisasi nirlaba, dan perusahaan diharuskan untuk memberikan laporan komprehensif tentang cara mereka memperoleh, memanfaatkan, dan membuang aset. Untuk memudahkan proses pelaporan, sebagian besar dari mereka mencatat informasi aset mereka dalam database terpusat. Sehingga ketika mereka perlu menyusun laporan pada akhir tahun keuangan mereka, mereka dapat dengan mudah mengakses semua informasi yang mereka butuhkan.

Ringkasan

Manajemen aset hanyalah sebuah sistem yang membantu perusahaan melacak semua aset mereka, seperti kendaraan, peralatan, dan investasi. Mengawasi aset membantu merampingkan operasi, terutama dalam kaitannya dengan penjualan atau pelepasan mereka. Proses ini juga meminimalkan kemungkinan pencatatan aset hantu karena semua aset yang tersedia dicatat dengan baik.

5 Kelebihan Beeaccounting yang Wajib Anda Ketahui

Software akuntansi merupakan sistem yang akan membantu Anda menjalankan operasional perusahaan dengan sangat mudah dan sangat aman. Terlebih lagi, software yang digunakan sudah terbukti ampuh kualitasnya. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda akan sangat mudah mengetahui jumlah laba, jumlah aset, laporan keuangan dan lain sebagainya.

Bila membahas mengenai software akuntansi terbaik, sangat beragam jenis software akuntansi yang tersedia. Banyak perbedaan yang dimiliki setiap software akuntansi sehingga biasanya calon pengguna akan bingung mau pilih yang mana. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kami punya rekomendasi software akuntansi terbaik no. 2 yaitu Beeaccounting.

Mungkin Anda tertarik membaca:

Software Akuntansi Beeaccounting merupakan software yang sudah terintegrasi dan mudah digunakan bahkan untuk Anda yang awam masalah akuntansi. Dibekali menu lengkap yang dapat membantu berbagai kebutuhan Anda. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan dari Beeaccounting yang akan membawakan banyak manfaat untuk Anda.

Maka dari itu, pada artikel kali ini Saya akan menjelaskan 5 Kelebihan Beeaccounting yang Wajib Anda Ketahui. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memilih software akuntansi mana yang layak untuk Anda gunakan.

1. Mampu Kontrol Piutang Macet.
Punya masalah soal piutang? Bila Anda termasuk pengusaha yang pernah mengalami masalah piutang yang macet tak tertagih sehingga pendapatan Anda terhambat, maka Anda tidak perlu khawatir soal masalah tersebut.

Dilengkapi menu Limit Piutang sehingga pengguna dapat mengatur berapa jumlah piutang maksimum sehingga customer tidak bisa hutang ke kita karena telah mencapai batas maksimum. Selain itu Beeaccounting menyediakan menu laporan piutang yang bertujuan supaya Anda bisa mengetahui jumlah piutang, mana piutang yang sudah lewat jatuh tempo, history piutang dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh Customer A memiliki piutang sebesar 37 juta, lalu Anda mengatur customer tersebut batas maksimum piutang yang dapat digunakan sebesar 40 juta. Namun ketika customer A membeli barang ke kita dengan jumlahnya sebesar 3 juta, maka sistem akan menolak pembelian customer tersebut.

batas-piutang
Gambar 1. Tampilan Menu Limit Piutang

2. Mengelola Keluar Masuk Stok.
Masalah yang sering dialami oleh seorang pengusaha sehingga mengalami penurunan dan bahkan gulung tikar, adalah masalah stok. Banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mengelola stok mereka. Hal yang sering terjadi yaitu produk tidak laku menumpuk, stok sering hilang, dan stok yang dikelola tidak jelas keluar masuknya darimana.

Dengan dibantu Beeaccounting, Anda dapat mengelola stok dengan sangat mudah. Anda akan disediakan laporan-laporan stok dari Beeaccounting yaitu laporan analisa stok, laporan kartu stok, laporan mutasi stok, dan masih banyak lagi.

laporan-stock
Gambar 2. Contoh Laporan Stok

3. Kontrol Perpajakan.
Mungkin Anda pernah mendapat ‘Surat Cinta’ dari perpajakan yang membuat Anda tidak bisa tidur karena terbayang-bayang oleh surat tersebut. Hal yang wajar dialami semua orang ketika medapat surat cinta dari doi yang akhirnya jadi deg-deg’an.

Surat Cinta yang dimaksud disini adalah surat peringatan dari perpajakan sebagai pemberitahuan bahwa perusahaan yang menerima sedang melakukan pelanggaran. Bila Anda tidak mau hal ini terjadi, Anda akan dibantu Beeaccounting.

Dengan Beeaccounting, Anda akan dibantu menghitung jumlah pajak secara cepat dan tepat, selain itu juga terdapat laporan yang terbuat secara otomatis. Sehingga Anda akan sangat mudah untuk mengeloa pajak.

4. Laporan Keuangan Lengkap.
Hal yang menjadi sangat penting untuk menjalankan usaha adalah Laporan Keuangan. Sebab laporan keuangan merupakan pondasi untuk berdirinya sebuah bisnis.

Mungkin Anda pernah mengalami masalah terkait laporan keuangan yaitu penghitungan yang tidak valid, masih manual membuat laporan keuangan, atau tidak mengerti laporan keuangan apa saja yang perlu dibuat.

Beeaccounting sudah menyediakan berbagai laporan keuangan yang Anda butuhkan seperti laporan arus kas, laporan kartu kas, laporan neraca, laporan laba rugi dan masih banyak lagi. Dan yang lebih menguntungkan semua laporan sudah terbuat secara otomatis seiring berjalannya operasional Anda.

5. Bonus: Dapat Meningkatkan Revenue.
Yang kelima ini merupakan kelebihan bonus yang akan saya bahas. Sebenarnya ada banyak sekali kelebihan yang ada pada Beeaccounting, namun disini saya sudah mengambil bagian yang paling dibutuhkan oleh banyak pengusaha.

Selain kelebihan di atas, Beeaccounting juga dapat meningkatkan revenue Anda. Mengapa demikian? Jika kita ambil kesimpulan dari nomor 1, keuntungan yang didapat yaitu piutang menjadi lancar sehingga pendapatan akan stabil. Lalu kesimpulan yang nomor 2, stok menjadi terkontrol keluar masuknya sehingga tidak ada lagi kerugian terhadap stok yang hilan atau sebagainya.

Dari sini kita akan paham berkat piutang yang lancar dan stok yang terkontrol, maka pendapatan akan lebih besar daripada pengeluaran. Bukankah seperti itu? Selain itu terdapat fitur lain Beeaccounting yang bisa meningkatkan revenue, yaitu promosi dan bonus. Dengan strategi ini Anda akan bisa meningkatkan revenue Anda dengan sangat pesat.

Itulah kelebihan Beeaccounting yang bisa saya bocorkan untuk Anda. Berikan pendapat Anda mengenai software Akuntansi Beeaccounting melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih atas waktu Anda telah membaca artikel ini 🙂

7 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Software Akuntansi Beeaccounting

Di era yang sekarang ini kebutuhan informasi yang cepat, tepat dan otomatis pasti sudah sangat dibutuhkan oleh para pengusaha yang menginginkan usahanya berkembang dengan cepat. Banyak hal yang harus dipikirkan dan dilakukan untuk menjalankan usahanya.

Perlu diketahui bahwa salah satu alasan kegagalan dalam menjalankan suatu usaha adalah tidak adanya sistem pembukuan yang baik dalam perusahaan yang dapat memberikan informasi keuangan bahwa bisnis yang sedang dijalankan apakah dalam kondisi keuangan yang baik atau tidak.

Hal yang paling penting dalam menjalankan suatu bisnis adalah membangun sistem pembukuan yang baik dan benar. Mungkin beberapa dari Anda seorang pengusaha yang pernah mengalami masalah keuangan yang tidak lancar atau operasional yang tidak berjalan dengan baik karena tidak adanya sistem pembukuan.

Bila Anda saat ini sedang mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini wajar dialami oleh siapapun. Adapun solusi dari masalah ini, saya punya rekomendasi software pembukuan/akuntansi yang tepat untuk Anda.

Software disini bertujuan untuk membantu operasional Anda dalam menjalankan bisnis yang Anda kelola. Karena untuk saat ini sudah tidak sedikit lagi pengusaha yang menggunakan software sebagai alat bantu bisnis mereka. Dan software yang tepat untuk Anda adalah Beeaccounting.

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Software Akuntansi Beeaccounting.

Berikut ini kami akan jelaskan 7 Alasan mengapa Anda harus memilih Beeaccounting sebagai pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi yang tepat.

1. Terintegrasi dan Mudah Digunakan.
mudah-digunakanAlasan pertama yang bisa menjadi faktor terkuat adalah Beeaccounting sudah terintegrasi dan mudah digunakan. Banyak yang mengeluh karena tingkat kemudahaan dalam menjalankan software lain itu bisa dikatakan sulit.

User Interface yang diberikan Beeaccounting akan mengubah pengalaman Anda dalam menjalankan software akuntansi. Dengan menyusun beberapa menu dan fitur akan terlihat lebih rapi, akan memudahkan Anda untuk menggunakannya.

2. Sistem Pembukuan yang Otomatis.
Selain mudah digunakan, Beeaccounting juga dibekali sistem pembukan yang otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk menghabiskan waktu menyusun pembukuan yang benar.

Anda hanya perlu menggunakan Beeaccounting sebagai kegiatan operasional Anda sehari-hari lalu Beeaccounting akan membuatkan pembukuannya secara cepat dan otomatis.

3. Harga Terjangkau.
Salah satu faktor suatu produk dapat terjual laku dalam waktu yang cepat adalah harga yang murah. Namun harga yang murah jika tidak disertai kualitas yang bagus maka sama saja percuma. Untungnya, Beeaccounting memiliki harga yang sangat terjangkau dan juga memiliki kualitas yang sangat baik.

Baca juga : Daftar Produk & Harga Terjangkau Beeaccounting

4. Selalu Terupdate.
Alasan di atas sudah saya bahas mengenai harga murah dan juga kualitas yang sangat baik. Kualitas yang dimaksud disini adalah daya tahan software. Seberapa kuat suatu software dapat menyelesaikan berbagai kebutuhan yang dihendaki seorang pengusaha.

Di Beeaccounting, daya tahan dapat digunakan seumur hidup. Selain itu tim Beeaccounting selalu melakukan maintenance terkait kendala yang dialami penggunanya. Sehingga Beeaccounting dapat membantu menyelesaikan kebutuhan yang dibutuhkan.

5. Customer Service Professional.
customer-serviceHal yang bisa menjadi nilai tambah suatu brand adalah adanya customer service. Siapa yang tidak senang bila ada kendala yang dialami mengenai penggunaan suatu aplikasi, bisa mengajukan pertanyaan kepada customer service.

Beeaccounting memiliki tim customer service yang sudah berpengalaman dan dilatih agar bisa memberikan pengalaman terbaik dengan pelayanan yang sempurna dan memuaskan kepada customer ataupun calon customer. Sehingga bila Anda sedang mengalami kendala saat penggunaan Beeaccounting, tim customer service dengan sangat siap membantu Anda.

6. Berbagai Fitur Lengkap untuk Memenuhi segala Kebutuhan.
Alasan ini mungkin akan menjadi elemen yang akan memperkuat pertimbangan Anda dalam memilih berbagai software akuntansi. Beeaccounting memiliki fitur lengkap yang bisa Anda gunakan untuk segala kebutuhan Anda.

Contoh fitur keren Beeaccounting adalah kontrol limit piutang, yakni Anda bisa menerapkan limit piutang kepada customer Anda dengan tujuan agar piutang Anda tidak macet. Menariknya juga Beeaccounting mendukung fitur import dari program lama, yang bisa Anda gunakan untuk memindah data dari program lama ke program baru Beeaccounting.

cara-kontrol-piutang

7. Bisa Customize.
Salah satu fitur yang paling di cari, mereka kebanyakan suka terhadap software yang bisa di custom sehinggi bisa memenuhi kebutuhan mereka. Beeaccounting selalu menerima permintaan custom fitur agar mereka bisa menikmati keunggulan Beeaccounting.

Itulah dia 7 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Software Akuntansi Beeaccounting yang bisa saya bagikan. Bila ada pertanyaan seputar produk Beeaccounting, silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah yaa.

 

Update atau Patch pada Beeupdater gagal

Untuk anda yang mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Beeupdater (bee updater), laman ini akan membantu anda untuk mengatasinya. Jika pernah mengalami error atau gagal patching seperti dibawah ini:

screenshot_1
.                                                                                       Gambar 1 Gagal Patch

error diatas terjadi saat memilih file patch dengan ekstensi .jar yang berguna untuk update aplikasi. Cara mengatasi gagal patch seperti diatas silahkan klik Link berikut: http://www.beeaccounting.com/kb/update-patch-jar-gagal/ .

atau pernah error seperti ini juga?

screenshot_1
.                                                                                           Gambar 2 Gagal Patch

Error diatas terjadi saat update file patch dengan ekstensi .sql yang mana berfungsi untuk update Database.

Untuk mengatasi hal diatas, silahkan klik link berikut: http://www.beeaccounting.com/kb/error-pada-bee-updater/

Jika kendala anda beda dari error / gagal diatas, silahkan email ke kami support@beeaccounting.com disertai rincian kendala yang anda alami. Semoga hari anda menyenangkan 😉

Update patch JAR pada Aplikasi Beeaccounting gagal

Untuk mengatasi masalah update seperti berikut:

screenshot_1
                                                                              Gambar 1 Error Patching Jar

Untuk error / gagal seperti diatas, berikut cara mengatasinya:

  • Beri HAK AKSES user atas folder Beeaccounting. Caranya buka explorer, akses folder berikut: c:\program files…\beeaccounting\ lalu klik kanan pada folder 2.7 yang tampil (atau disesuaikan dengan lokasi instalasi beeaccounting) dan pilih properties dan pindah Tab security.
screenshot_2
.                               Gambar 2 Security Properties
  • Pada tampilan security properties, pilih user dan klik edit:
screenshot_3
.        Gambar 3 Edit hak akses
  • Lalu centang pada kolom Allow untuk memberi akses penuh terhadap folder beeaccounting.
screenshot_4
.                              Gambar 4 Edit Hak Akses
  • Selesai, beeupdater pun sudah bisa digunakan kembali untuk patching JAR.
screenshot_5
.                                                                                                Gambar 5 Patching JAR

Penerapan Deposit pada Beeaccounting

Untuk sistem deposit pada usaha seperti Tiket, Pulsa dll. Tekniknya cukup mudah, apabila sistemnya adalah anda mendapatkan deposit dari mitra, lalu menjualnya seharga deposit+profit anda. Maka buat 2 Item yang sama, namun bedakan Jenis Type barangnya. Misalkan dalam kasus berikut: PT. Tiket adalah mitra kerja dari PT. Garuda Indonesia. Setiap bulannya PT.Tiket mendapat Deposit sebesar 100jt dari PT. Garuda Indonesia. PT.Tiket menjual harga tiket dengan profit sebesar 5% dari Harga beli deposit. Maka cara inputnya adalah:

screenshot_1
.                                                                      Gambar 1 Item Deposit
  • Buat 2 Item baru, masing-masing beri nama Deposit Garuda Indonesia dengan type barang jadi dan Tiket garuda indonesia dengan type jasa.
screenshot_2
.                                                             Gambar 2 Item Tiket
  • Saat pembelian Deposit, Gunakan Item Deposit Garuda Indonesia sebagai transaksi, gunanya untuk menyimpan stok deposit tersebut. Penting! Input nominal deposit pada quantity sesuai dengan deposit yang dibeli, dan jangan lupa untuk input harga deposit menjadi 1. Fungsinya agar 1 Deposit bernilai 1 rupiah.
screenshot_3
                                                            Gambar 3 Pembelian Deposit
  • Saat penjualan, ada 2 tahap yang harus dilakukan. Pertama yaitu jual barang menggunakan Item Tiket Garuda Indonesia, dan Kedua keluarkan deposit melalui stock keluar. Saya mulai dari yang pertama
  • Penjualan menggunakan Item Tiket Garuda, fungsinya adalah untuk nota invoice penjualan saja. Agar pembeli tiket mengetahui berapa Harga tiket yang dibelinya. Dan agar penjualannya tidak langsung menggunakan Item Deposit, karena jika menggunakan item deposit maka menyulitkan anda dalam memanage Deposit terhadap Harga Jual.
screenshot_4
                                                                   Gambar 4 Penjualan Tiket
  • Pengurangan Deposit, Caranya buka menu stock>stock keluar, lalu diisi dengan nominal deposit yang dikurangi tanpa profit (sesuai dengan harga beli ke pihak maskapai). Jangan lupa mengganti akun P/L ke akun HPP yang digunakan, dalam hal ini saya menggunakan akun default bee,yaitu Harga Pokok Penjualan.
screenshot_5
.                                                                            Gambar 5 Pengurangan Deposit
  • Selesai, sekarang cek laporan Laba/Rugi untuk penjualan item tersebut.
screenshot_6
.                                                                                  Gambar 6 Laporan Cost and Profit

8 Hal Penting Mengembangkan Bisnis Rental

Bisnis rental mobil salah satu solusi wirausaha untuk anda. Permintaan yang tinggi dari pasar menjadi latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati. Apalagi kini kondisi kendaraan umum yang masih jauh dari kata layak. Dari sini maka peluang bisnis rental mobil ini akan semakin cerah dan nyata. Namun untuk menjadikan bisnis ini sukses maka Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi jitu untuk memulai bisnis ini. Lalu apa saja strategi untuk membuat usaha rental mobil ini menjadi sukses?

1. Tetapkan Sistem Bisnis

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk melihat kendaraan anda, pelanggan, pasar, tarif, teknologi, belajar dari orang yang berpengalaman, dan pikirkan semua kemungkinan yang dapat terjadi.

Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan: Seperti apa model bisnis anda? Apakah itu menjadi sudah sesuai dengan targer market anda? Apakah ada pesaing bisnis dilokasi anda? Apakah anda hanya ingin membangun nilai aset saja?

Maksudnya di sini adalah Anda harus menentukan alur bisnis anda. Jika anda hanya ingin mengembangkan nilai investasi tanpa harus memilikirkan sistem operasional. Anda dapat bergabung dengan pebisnis rental sukses dan menitipkan kendaraan anda. Atau anda ingin membangun sendiri usaha anda dengan mengetahui prospek usaha rental mobil di lokasi Anda. Apakah orang-orang di sana memang akan sangat membutuhkan mobil atau malah tidak. Jika memang Anda yakini bahwa akan banyak orang yang membutuhkan mobil itu berarti usaha Anda di lokasi tersebut terbilang berprospek bagus. Namun bila Anda tidak mendapati bahwa akan banyak orang di lingkungan yang membutuhkan mobil, maka hal ini tentunya sebuah prospek buruk yang harusnya Anda tinggalkan. Untuk mengetahui prospek ini sendiri Anda mau tak mau harus melakukan survei dan pengamatan.

Jika memang diketahui bahwa prospek di lokasi Anda besar, maka tetapkan target pasar dari usaha Anda. Tetapkan apakah orang kantor, orang umum, atau para pendatang yang akan dijadikan target pasar Anda. Mengapa harus menetapkan target pasar? Sebab ini akan mengacu pada penetapan starategi pemasaran yang akan dijalankan. Tapi bila Anda ingin menetapkan target pasar pada semua pihak tentu saja boleh-boleh saja asal tingkat persaingan di lokasi tersebut belum terlalu ketat.

2. Terobesi angka

“Perusahaan-perusahaan yang terobsesi dengan angka memiliki kesempatan terbaik pada keberhasilan,” kata Neil Abrams, CEO dari Abrams Consulting Group Inc. di Newyork, N.Y., sewaktu beliau mengisi seminar Car Rental Show 2002.
Anda perlu meluangkan waktu untuk melihat setiap angka yang menjadi patokan bisnis anda, Menganalisi pendapatan per customer, pemanfaatan, dan rata-rata panjang sewa. Alakah lebih mudah bila anda memiliki software khusus untuk mengelola bisnis rental anda. Anda akan lebih mudah mengamati angka yang anda miliki.

3. Kenali Pelanggan

Anda jangan terfokus pada penawaran produk bisnis anda mliki. Sebalikanya, biarkan pelanggan anda yang mendikte anda atau pengemudi anda. Apakah pelanggan Anda senang dengan mobil bekas yang dalam kondisi yang baik dan memiliki kilometer 30.000 sampai 40.000 mil? atau yang lain…
Anda dapat membangun citra produk anda dari sini. Perlu anda amati, seperti apa pelanggan anda membayar anda? disini anda dapat menguji target market anda. Menjaga Persepsi pelanggan bahwa Rental anda memiliki mobil nyaman, mahal dan menyenangkan. Sesuaikan biaya operasional anda dengan citra bisnis anda. Ini kesempatan terbesar Anda untuk membuat uang dan risiko terbesar Anda.

4. Manage Resiko

Menjalankan bisnis rental mobil ini Anda perlu ekstra waspada. Pada kenyataannya di lapangan memang sudah banyak terjadi kasus pelarian mobil rental yang disewa oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Tindakan kriminal ini dilakukan dengan banyak siasat, seperti salah satunya dengan menyerahkan dokumen palsu kepada pemilik rental. Tentu saja dengan dokumen palsu mereka para oknum ini akan leluasa untuk melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut.

Dari sinilah, maka kewaspadaan yang tinggi memang harus selalu Anda terapkan terutama saat proses penyewaan berlangsung. Perhatikan dengan seksama dokumen yang ia berikan kepada Anda. Dalam hal ini Anda memang diharuskan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk bisa membedakan dokumen-dokumen asli dan palsu sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Bila Anda mampu mengantisipasi tindak kejahatan atau kriminalitas penipuan ini maka kerugian yang besar pun bisa Anda minimalisir.

5. Promosi dan pemasaran

Anda harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil ini bukanlah Anda seorang. Namun ada beberapa orang yang juga menjalankan usaha ini. Dari sini maka tentunya tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan ini maka memang dibutuhkan sebuah strategi marketing yang efektif. Lalu bagaimana cara menjalankan stategi pemasaran dan promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa Anda tempuh yaitu:Melalui

  • Strategi Marketing Offline
    Teknik pemasaran konvensional yang mengharuskan Anda bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan calon konsumen. Beberapa strategi marketing offline yang bisa Anda jalankan untuk bisnis rental mobil antara lain dengan word of mouth atau pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, penempelan banner atau spanduk, kartu nama, stiker, brosur, iklan koran, iklan majalah dan lainnya.
  • Melalui strategi marketing online
    Dunia online yang semakin berkembang pesat adalah indikator yang memang seharusnya membuat orang tanggap untuk memanfaatkan hal ini. beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan yaitu promosi di media sosial (Facebook, Twitter, Path dan Instagram), promosi melalui iklan online seperti Google ads, Facebook ads, Twitter ads, atau dengan memaksimalkan website lewat optimasi SEO (Search Engine Optimization).

6. Melakukan pemasaran dengan membangun relasi

Bergabung dengan beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang Ada di wilayah Anda. Ikut dan berperan aktiflah di sana. Beberapa kegiatan dan agenda yang seringkali diadakan oleh komunitas dan asosiasi ini adalah workshop, diskusi dan juga penyampaian materi di media sosial. Dengan hal ini tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info-info penting yang akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis rental mobil Anda.

7. Mengatur pendapatan dan menyesuiakan harga kebutuhan saat ini

Perusahaan yang melakukan hal ini dengan semangat bisa menambahkan keuntungan hingga tambahan 15% ke atas garis patokan keuntungan. Lihatlah ketersediaan dan ketersediaan pesaing Anda. “Saya punya satu klien dan menemukan mereka keluar dengan mobil untuk akhir pekan. lalu saya dapat melakukan promo atau menaikan harga sewa bila itu memungkinkan”kata Abrams

8. Memberi Pengertian Karyawan

Mengajak karyawan untuk membangun usaha bersama. Beri pengertian kepada mereka bahwa penghasilan mereka berasal dari  akan membayar diri mereka sendiri. Pilih karyawan yang sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan dibutuhkan dalam bisnis ini. Karena Nilai seorang karyawan begitu penting untuk membuat uang dalam bisnis ini dan bisnis-bisnis yang lain.

Selamat mencoba tips ini, salam Let’s #beefree