Home / KB / Tutorial Installasi Software Akuntansi Bee Accounting di Windows

Tutorial Installasi Software Akuntansi Bee Accounting di Windows

Tutorial Installasi Software Akuntansi Bee Accounting di Windows

Berikut akan kami jelaskan step-by-step proses installasi software akuntansi Bee Accounting.

1. Langkah pertama, download software Bee Accounting di http://www.beeaccounting.com/z/download dan simpan dalam komputer anda (Lihat gambar 1).

Install Bee Accounting step 1
Gambar 1. File Bee Accounting

2. Klik dua kali file Bee Accounting yang telah didownload, kemudian tentukan folder tujuan dimana software Bee Accounting akan di extract. Lanjutkan dengan klik Install. Maka Proses extract file akan berjalan (Lihat gambar 2).

Gambar 2.1. Pilih folder dimana Bee Accounting akan di Extract


Gambar 2.2. Proses Extract File

3. Setelah proses extract selesai, maka langkah selanjutnya adalah memilih bahasa yang akan digunakan, misalkan bahasa Indonesia seperti gambar di bawah ini, kemudian klik OK (Lihat gambar 3).


Gambar 3. Pilih Bahasa

4. Setelah memilih bahasa, kemudian kita masuk ke halaman Selamat Datang. Silahkan tekan tombol Berikut untuk melanjutkan proses installasi (Lihat Gambar 4).


Gambar 4. Halaman Selamat Datang

5. Setelah itu masuk ke Halaman Informasi tentang software Bee Accounting. Silahkan tekan tombol Berikut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya (Lihat Gambar 5).


Gambar 5. Halaman Informasi

6. Lalu kita masuk ke Halaman Lisensi dimana akan dijelaskan syarat dan ketentuan penggunaan dan distribusi. Untuk melanjutkan proses instalasi silahkan pilih radio button saya menerima syarat-syarat dan kondisi -kondisi penjanjian lisensi ini dan klik Berikut (Lihat Gambar 6).


Gambar 6. Halaman Lisensi

7. Pilihlah Tipe Installasi di Halaman Data Pengguna. Pilih BeeAccounting Server jika anda baru pertama kali menginstall Software Bee Accounting, pilih BeeAccounting Client untuk install sebagai klien di komputer tambahan dan pilih Database untuk menginstall database saja dengan syarat harus install BeeAccounting Server, kalau tidak, maka akan terjadi error. Kemudian klik tombol Berikut untuk melanjutkan installasi (Lihat Gambar 7).


Gambar 7. Halaman Data Pengguna – Pilih Tipe Installasi

8. Masih di Halaman Data Pengguna, step ini untuk set direktori dan port atas PostgreSQL yang sudah terinstall sebelumnya. Lanjutkan dengan klik tombol Berikut (Lihat Gambar 8).


Gambar 8. Halaman Data Pengguna – Pilih Lokasi Installasi PostgreSQL

9. Di step ini akan ditampilkan pilihan versi BeeAccounting. Kita diharuskan untuk memilih versi Bee Accounting yang ingin kita install. Setelah memilih versi Bee Accounting anda dengan benar, klik Berikut untuk melanjutkan ke proses selanjutnya (Lihat Gambar 9).


Gambar 9. Halaman Data Pengguna – Pilih Versi Bee Accounting

10. Pada step ini akan ditampilkan direktori default installasi Bee Accounting. Untuk trik pemisahan per versi, ubah default direktori installasi pada folder baru sesuai yang diinginkan namun lebih baik direktori yang barumemiliki nama/inisial yang sama dengan versi yang akan diinstall. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan (Lihat Gambar 10).


Gambar 10.1. Halaman Alamat Tujuan Installasi

Jika terdapat warning seperti gambar di bawah ini, tekan tombol Ya untuk melanjutkan proses installasi (Lihat gambar 10.2.).


Gambar 10.2. Peringatan Lokasi Installasi

11. Kemudian kita masuk ke Halaman Pilih Paket-Paket Pemasangan, dimana akan diinformasikan paket-paket yang akan dipasang / diinstall. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan installasi (Lihat gambar 11).


Gambar 11. Halaman Pilih Paket-Paket Pemasangan

12. Konfirmasi paket-paket yang akan dipasang di Halaman Ringkasan Data Konfigurasi. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan installasi (Lihat Gambar 12).


Gambar 12. Halaman Ringkasan Data Konfigurasi

13. Setelah itu kita masuk ke proses Pemasangan Paket. Apabila pemasangan telah selesai klik tombol Berikut untuk melanjutkan proses (Lihat gambar 13).


Gambar 13. Halaman Pemasangan Paket

14. Proses Installasi Database, tunggu sampai proses selesai lalu klik Berikut (Lihat Gambar 14).


Gambar 14.1. Proses Installasi PostgreSQL


Gambar 14.2. Proses Konfigurasi PostgreSQL


Gambar 14.3. Proses Installasi PostgreSQL Selesai

15. Sekarang kita memasuki Halaman Pemasangan Jalan Pintas / Shortcut Software Bee Accounting. Klik tombol Berikut untuk melanjutkan (Lihat Gambar 15).


Gambar 15. Halaman Pemasangan Jalan Pintas

16. Selamat ! Proses installasi Bee Accounting telah selesai dengan sukses ! Klik tombol Selesai untuk mengakhiri proses installasi (Lihat Gambar 16).


Gambar 16. Proses Installasi Selesai

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About hafiz

suka logika akuntansi & update mengenai teknologi terkini :D

13 comments

  1. Pak sudah saya coba install yg versi platinum tapi kok ga jalan ya? saya memakai windows 8 64 bit

  2. Kira2, kalau buat materi kuliah bisa ga ya?
    yang POS nya?

  3. terimakasih beeaccounting.com sudah di bantu support sangat cepat lewat remote support dalam hitungan menit sudah terinstal di komputer kami dan sudah berjalan denagn baik recomended buat usaha anda karena produk yg bagus dan pelayanan nya cepat sukses selalu buat beeaccounting.com

  4. Saya sudah mendownload versi gratis ukm lite, sudah berhasil terinstall. Tapi saat saya mencoba mau input data base kok lama menunggunya. Hampir 1 jam masih belum berhasil. Padahal proses instalasi disebutkan selesai dalam waktu 5-10 menit saja. Tolong dibantu.

  5. Halo pak, saya sudah install versi gratis BEKM POS, kendala saya bagaimana untuk melihat laporan keuangannya yah pak? apakah memang untuk versi tersebut hanya bisa untuk pos penjualan, pembelian tanpa bs melihat laporan keuangan ? Mohon dapat di tanggapi. Terimakasih.

    • Halo Ertina,
      Untuk Bee versi POS & Lite memang tidak ada laporannya. Versi tersebut hanya di peruntukan untuk jual dan beli saja.
      Untuk versi POS dan Lite hanya bisa menampilkan laba kotor (harga jual – hpp).
      Bisa dilihat di salah satu “Laporan Penjualan” (misal : Laporan Detail Penjualan) klik Advance (bagian bawah) > cek list “Tampilkan Laba/Rugi” lalu Preview.

      Untuk versi yang terdapat laporan (laba rugi / laba bersih) hanya pada versi Bee Silver/Gold/Platinum termasuk UKM Platinum.
      Untuk info lebih lanjut bisa langsung di sampaikan di halaman berikut : beeaccounting.com/z/ticket

  6. sdh install ke mac saya. tapi ga mau running

    muncul tulisan

    Checking whether the current user is root…
    Error: You should be logged on as root!

    donggle sdh saya pasang

  7. ketika langkah ke sebelas kok tidak jalan tertulis unable to write inside TEMP environtment variable path

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.