Home / Blog / Yakin, Stok Barang Terlaris Anda Cukup?
kehabisan barang terlaris

Yakin, Stok Barang Terlaris Anda Cukup?

Menjalankan bisnis distributor bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan ketelatenan dan kejelian sendiri agar bisnis distributor Anda dapat berkembang. Anda memerlukan strategi-strategi khusus dalam menjalankan bisnis tersebut.

Ditengah perekonomian Indonesia saat ini yang tidak stabil. Menjalankan bisnis distributor merupakan PR terbesar yang harus kita semua kerjakan dengan baik dan benar. Selain kita berperang dengan yang namanya kompetitor Anda juga harus bertempur dengan masalah-masalah intern yang terjadi.

Minggu lalu seorang sahabat yang memiliki bisnis dibidang distributor sebut saja Pak Bee (kalau saya sebutkan nama aslinya, takut ada yang kenal nanti jadi saya yang tidak enak hati dengan beliau hehe).

Beliau bercerita kepada saya jika permasalahan pebisnis distributor tidak hanya berperang harga dengan kompetitor, namun lebih banyak berperang dengan permasalahan intern bisnis itu sendiri.

Beliau mengatakan jika sebenarnya kendala-kendala tersebut adalah kendala klasik yang selalu beliau alami, yakni kehabisan barang terlaris dan juga banyak barang yang ngendon di gudang lebih dari 3 bulan. Kendala inilah yang sedang beliau benahi dan tidak kunjung selesai.

Dan gara-gara kedua hal tersebut cashflow perusahaan Pak Bee menjadi amburadul, beliau mulai kesusahan membayar hutang ke supplier, bahkan sampai operasional pun tersendat karena tidak ada uang tunai.

Apakah Anda mengalami kendala yang sama dengan Pak Bee? Saya yakin jika semua pebisnis distributor pernah merasakan kondisi seperti Pak Bee atau mungkin Anda saat ini sedang diposisi seperti Pak Bee?

Jika Anda dalam posisi seperti Pak Bee maka Anda diwajibkan membaca artikel ini sampai selesai, dan jika Anda tidak pernah mengalami ini. Saya rasa Anda tetap harus membacanya, karena apa? Karena jika suatu saat Anda berada dikondisi yang sama, Anda akan tahu bagaimana cara menanggulanginya.

Oke langsung saja yuk kita bahas mengenai permasalahan klasik yang ada dibisnis distributor , namun jika tidak segera Anda tanggulangi maka akan berakibat fatal pada bisnis Anda.

Kehabisan Barang Stok Terlaris

Jika Anda mengalami hal ini maka pertama kali yang Anda harus lakukan adalah melihat laporan penjualan Anda. Dengan laporan penjualan yang Anda miliki Anda harus tahu betul 20% barang yang menyumbang 80% omset Anda atau yang biasa orang sebut hukum pareto.

Jika Anda sudah tahu 20% barang penyumbang 80% omset maka Anda harus tahu juga berapa jumlah qty yang Anda jual perbulanya 20% barang Anda tersebut. Karena dengan Anda tahu hal tersebut memudahkan Anda dalam menyediakan stock barang terlaris.

contoh laporan grafik fast moving

Stock Macet

Nah, lagi-lagi laporan penjualan disini sangat berguna. Dengan laporan penjualan maka Anda akan tahu barang apa saja yang keluarnya/penjualannya lambat.

Dengan Anda mengetahui hal tersebut tentunya ini akan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan sebaiknya barang ini tidak terlalu banyak di gudang Anda, Lebih bagus lagi jika Anda tahu betul barang tersebut keluarnya berapa hari sekali, beberapa minggu sekali atau bahkan beberapa bulan sekali.

Jika sudah terlanjur Anda memiliki banyak stock barang yang tidak laku. Agar aset/uang Anda tidak mandek disana. Dan agar barang tersebut tidak kadaluarsa atau rusak maka Anda harus cepat-cepat mengeluarkanya dari gudang untuk menghindari kerugian.

Agar Anda terhindar dari ke-2 masalah diatas, maka Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut ;

Melakukan Buffer Stock Barang Terlaris

Menghindari kerugian terlalu jauh, Anda dapat melakukan Buffer stock atau sering kita kenal sebagai menanggulangi perubahan permintaan pelanggan.

Anda harus update dengan laporan penjualan sehingga dari sana Anda bisa tahu harus melakukan buffer stok barang yang mana jangan sampai permintaan tinggi namun barang kosong. Coba Anda bayangkan berapa banyak omset yang hilang jika Anda mengalami kekosongan barang.

Bisa jadi jutaan bahkan ratusan juta bisa hilang gara-gara Anda melupakan stok barang terlaris ini. Sungguh disayangkan sekali bukan?

Membuat Strategi Pemasaran

Lantas bagaimana langkah Anda jika sudah terlanjur salah menyetok barang yang tidak laku?

Anda dapat mulai dari penjualan dengan sistem paket jadi paketkan barang laku Anda dengan barang yang tidak laku.

Strategi yang kedua Anda dapat membuat sistem diskon/potongan atau obral. Mungkin Anda tidak akan mendapatkan profit sedikitpun atau bahkan merugi 10-20% namun itu lebih baik dibandingkan, jika barang Anda tetap berada digudang dan tidak laku sehingga mengalami kerusakan ataupun kadaluarsa yang menyebabkan kerugian 100%. 

Sampai disini bisa Anda sudah pahamkan mengapa jual rugi itu lebih baik dari pada merugi hehehe

Lihat Data Penjualan

Seperti yang saya ungkapkan diatas jika data penjualan adalah peran utama dalam Anda menentukan keputusan. Jadi jangan pernah main-main dengan data penjualan ini. Jika data penjualan Anda sampai salah, Anda akan menanggung resiko yang tidak kecil.

Setelah menggunakan strategi sistem paketan produk untuk meningkatan penjualan. Tugas terpenting Anda adalah melek angka. Melihat semua perubahan skema bisnis Anda dalam bentuk data penjualan, data operasional yang dibentuk dengan angka-angka yang dapat Anda tingkatkan.

Disini Anda dituntut tidak hanya bisa membaca laporan ya hehe, tapi disini Anda harus bisa menganalisa angka-angka yang ada agar Anda dapat tahu bagaimana posisi bisnis Anda, apakah dalam kondisi sehat atau justru sebaliknya.

laporan-penjualalan-bulanan-ba-image

Ketika semua hal diatas Anda lakukan dengan benar saya jamin omset Anda akan naik & cashflow lancar. Dengan begitu Anda tidak akan takut kehabisan barang terlaris yang menjadi sumber cashflow Anda dan mengalami kebuntuan cashflow karena uang Anda terserap barang tidak laku.

Sesungguhnya mudah bukan? teorinya sich mudah hehehe, tapi dilapanganya pasti akan banyak kendala yang Anda hadapi.

Yang terpenting dari semua bahasan diatas adalah Anda harus disiplin dan memiliki komitmen yang besar dalam menjalankan semua SOP atau plan yang sudah Anda buat. Jika Anda tidak memiliki komitmen dan kedisiplinan yang besar maka strategi seampuh apapun akan menjadi percuma. 

Sampai disini apakah Anda sudah jelas?

Saya ingatkan kembali jangan pernah Anda lupakan yang namanya data. Karena dengan data Anda akan mendapati angka-angka yang berhubungan dengan kondisi bisnis Anda. Sekian artikel ini, jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya. Terima Kasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.