Home / Blog / Untung Rugi Software Langganan vs Sekali Bayar

Untung Rugi Software Langganan vs Sekali Bayar

“Kalo disuruh milih, pilih software langganan atau yang sekali beli?”

Banyak sekali yang beredar, mengenai dua kubu software yang dapat membingungkan setiap calon pembeli, pilih yang langganan atau yang sekali beli?

Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa di media sosial banyak mempromosikan sebuah aplikasi yang memiliki segala keuntungan dalam operasional bisnis yang kita jalankan.

Adapun beberapa diantaranya ada yang menawarkan sebuah keuntungan yaitu kemudahan operasional bisnis, kemudahan penggunaan, layanan profesional yang dapat menguntungkan Anda dimasa kini dan di kemudian hari.

Namun balik lagi, setiap software itu memang tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang terkadang tidak semua orang dapat memahaminya. Karena sebenarnya yang mereka tawarkan hanyalah semua kelebihannya saja, namun kekurangannya kita harus cari tahu sendiri.

Dibalik semua itu hanya ada beberapa  software yang sebenarnya punya sebuah keunggulan tersendiri dibandingkan software lainnya yang tersedia. Terkadang memang kita harus benar-benar memilih software mana yang benar-benar cocok dengan kebutuhan bisnis kita.

Alasan mengapa kita butuh Software bisnis

Adapun seperti yang sudah saya jabarkan di atas, ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari sebuah software bisnis yang tersedia. Sebelum itu, yang perlu Anda ketahui adalah mengapa kita butuh sebuah software bisnis?

Saat ini kita sudah berada di era teknologi canggih dimana semua kebutuhan sudah  terjawab oleh sebuah aplikasi/software. Seperti contohnya dalam dunia bisnis, ada beberapa kebutuhan umum yang sudah dijawab oleh aplikasi, diantaranya kebutuhan mencatat transaksi, kebutuhan pengelola keuangan, kebutuhan mengelola stok, dan lain sebagainya.

Namun diantara semua kebutuhan itu, ada yang lebih penting namun tidak diketahui oleh semua pebisnis. Terkadang ada beberapa masalah yang tak pernah terfikirkan bahwa solusi yang bisa menjawab adalah sebuah aplikasi atau software.

Adapun di bawah ini ada beberapa masalah yang sering sekali dialami, namun tidak perna terfikirkan oleh semua orang:

1. Sulit memantau keluar-masuk stock.

Bisa dikatakan, untuk masalah ini akan berakibat fatal apabila tidak dilakukan sebuah menejemen yang baik untuk pengelolaan stok.

Dampak besar apabila tidak bisa memenejemen stock dengan baik dan benar yaitu sebuah kerugian kehilangan asset. Seperti yang kita ketahui bahwa stock adalah sebuah aset perusahaan yang seharusnya dijaga dengan baik dan benar. Biasanya kesalah yang sering terjadi adalah stock yang tidak dicatat keluar masuknya.

Entah itu lupa catat, atau bahkan sudah dicatat namun datanya hilang sehingga manajemennya amburadul. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak bisa memenejemen stock dengan baik dan benar.

Maka dari itu solusinya adalah sebuah aplikasi/software sebagai alat bantu untuk pencatatan stock agar datanya aman. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan mengani sebuah masalah stock salah satunya adalah kelebihan mencatat stock barang secara otomatis. Selain itu juga ada beberapa software yang dapat memberikan informasi histori keluar-masuknya stock

Silahkan baca sampai habis bila Anda ingin tahu sebuah software yang bisa melakukan pencatatan stock secara otomatis.

2. Piutang tidak terkontrol & tidak tertagih.

Sejujurnya ini adalah salah satu musuh utama dari sebuah perusahaan. Banyak juga perusahaan yang menerapkan sistem jual-beli secara kredit. Sadarkah Anda, bila perusahaan Anda menerapkan sistem ini, apakah piutang dapat terkontrol dan tertagih?

Dalam kasus ini, Anda memberikan beberapa stock kepada customer, namun Anda belum menerima pendapatan. Tercatat di sebuah buku besar perusahaan bahwa customer tersebut memiliki piutang yang harus dibayarkan.

Namun entah lupa atau bagaimana, piutang tersebut setiap bulannya makin bertambah jumlahnya dan bahkan tidak terkontrol sehingga perusahaan tidak menerima pendapatan.

Sangat penting bagi perusahaan Anda dalam memenejemen piutang ini agar “modal” perusahaan tidak tertahan hingga berbulan-bulan yang menyebabkan Anda tidak bisa membuka cabang.

Solusi? Sederhananya, Anda hanya perlu membuat sebuah reminder untuk perusahaan dan untuk pihak yang memiliki piutang. Reminder tersebut adalah sebuah peringatan yang ditujukan kepada yang bersangkutan agar piutangnya bisa terbayarkan tepat waktu

Salin itu Anda perlu sebuah laporan piutang yang harus Anda pantau. Untuk itu diperlukan sebuah software sebagai alat bantu agar Anda tidak perlu repot menyusun laporan dan mencatat semua piutang-piutang karena software akan membantu Anda melakukannya dengan cepat dan mudah.

3. Lembur menyusun Laporan Keuangan?

Suatu hal yang sangat disayangkan apabila Anda harus merelakan waktu berharga Anda untuk menyusun sebuah laporan keuangan. Terlihat sepele, namun itu sama saja Anda membuang peluang demi menyusun laporan keuangan.

Mudahnya Anda hanya perlu menyusun laporan keuangan dengan software yang kerjanya lebih cepat dan sangat mudah. Untungnya, dengan menggunakan software, data laporan keuangan Anda terjaga aman. Karena yang paling serem sudah nyusun laporan keuangan sampe malem, malah datanya hilang hmm

4. Terpenjara Bisnis Anda sendiri?

Oke ini sih yang paling ‘greget’. Pernahkan terbayang oleh Anda selaku pemilik bisnis yang merasa waktu Anda banyak tersita oleh bisnis Anda sendiri hingga Anda tidak punya banyak waktu senggang yang seharusnya Anda pergunakan untuk liburan bersama keluarga?

Banyak yang harus Anda lakukan untuk bisnis Anda yang sedang mengalami sedikit masalah, misal masalah stok, keuangan, karyawan. Apalagi kalau Anda punya banyak cabang, tentu perlu menghabiskan banyak waktu untuk wira-wiri dan juga menghabiskan banyak biaya transport.

Solusi yang menjawab semua masalah di atas.

Kalau Anda merasa sedang mengalami masalah di atas, maka sudah bisa dikatakan kalau Anda butuh alat bantu software bisnis.

Perlu saya katakan bahwa solusi sederhana untuk semua masalah di atas adalah alat bantu software. Tentu saja software umumnya dibuat untuk para penggunanya agar lebih mudah mengerjakan suatu kegiatan.

Namun perlu Anda katahui, tidak semua software bisa menjawab semua masalah di atas karena umumnya software dibuat untuk menangani salah satu masalah saja.

Berikut saya jabarkan, mengapa Anda harus memilih software yang tepat.

Pilih Software sekali beli atau yang langganan?

Jika saat ini Anda sedang memilih sebuah software untuk membantu operasional Anda, maka Anda akan dihadapkan dengan pilihan, yaitu yang sekali beli atau langganan?

Kalau diteliti secara mendalam, keduanya tentu saja memiliki sebuah kelebihan dan keuntungan tersendiri, namun itu semua tergantung dari kebutuhan Anda.

Anda harus bisa memilih secara tepat mana yang paling Anda inginkan. Bila Anda menginginkan sebuah investasi untuk jangka panjang, maka Anda bisa memilih yang sekali beli. Karena kalau Anda memilih yang langganan, maka setiap bulan Anda harus mengeluarkan biaya.

Bila dikalkulasi masalah biaya, sebenarnya yang paling menguntungkan adalah yang sekali beli, karena Anda hanya perlu mengeluarkan biaya di awal saja, dan bisa dipakai selama-lamanya.

Jangan mudah terpancing masalah biaya bulanan untuk software karena untuk jangka panjang pemakaian lebih dari 3 tahun itu investasinya jatuh lebih murah yang sekali beli.

Apalagi kebanyakan software yang langganan itu berbasis online, dan di tempat usaha Anda adalah tempat yang kurang ada akses internet. Jadinya Anda akan kerepotan bila internet sedang tidak stabil.

Masalah lain semisal Anda memilih software langganan, namun Anda lupa bayar bulanannya, maka akan ada kemungkinan data usaha Anda yang sudah Anda kerjakan di suspended. *Sakitnya tuh disini…

9 Alasan Mengapa ANDA Sebaiknya Mulai Menerapkan dan Memilih Software Bisnis yang Tepat & Dapat diandalkan!

  • Meningkatkan omset penjualan. Mengontrol order penjualan, jadwal pengiriman, cetak surat jalan. Informasi harga dan stok dapat tersaji cepat dan akurat. Mencegah back order berkat manajemen order dan stok. Analisa kebutuhan & manajemen buffer stock (min/max).
  • Menekan rasio piutang tak tertagih. Mengontrol penagihan piutang jatuh tempo tepat waktu. Mencetak daftar penagihan per collector area. Kartu piutang per customer, analisa umur piutang.
  • Terintegrasi menu perpajakan. Mencetak faktur pajak standard / sederhana. Laporan PPN masukan / keluaran, laporan PPH.
  • Efisiensi proses Pembelian. Mengontrol proses pembelian mulai dari Permintaan Pembelian, P.O., Penerimaan Barang hingga Invoice Pembelian.
  • Menekan pengeluaran biaya dengan sistem budgeting. Setting anggaran biaya & target income per Departemen & Project. Laporan income, biaya & laba/rugi per Departemen & Project.
  • Menekan Kebocoran Uang dan Stock. Mutasi keluar/masuk uang & barang dapat dilacak dengan detail, cepat & akurat.
  • Bisnis Anda bisa diDelegasikan & Terkontrol tanpa kehadiran Anda. Manajemen hak akses data bisa disesuaikan dengan sistem perusahaan anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa di-audit.
  • Mempercepat Pengambilan Keputusan strategis. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji Cepat & Akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis seperti: Customer, Strategi harga jual, Stok, Kas/Bank, Limit piutang.
  • Konsolidasi antar cabang dengan biaya rendah. Mendukung sistem online antar cabang luar kota/pulau via internet. Semua bisa anda kontrol kapanpun & dimanapun. *membutuhkan koneksi internet dengan ip address static

Supaya Anda tidak salah pilih, kami sarankan Anda menggunakan Beeaccounting.

Bee accounting adalah software bisnis yang terintegrasi dan mudah digunakan, Bahkan untuk Anda yang awam masalah akuntansi sekalipun. Software accounting ini membantu Anda menyelesaikan berbagai problem dibawah ini:

  • Sulit memantau keluar-masuk stock & uang?
  • Piutang tidak terkontrol & tidak tertagih?
  • Lembur menyusun Laporan Keuangan?
  • Kerja lebih 8 jam setiap hari, terpenjara oleh bisnis sendiri?

Anda tidak perlu khawatir masalah investasi untuk software bisnis ini. Karena Anda hanya perlu investasi sekali seumur hidup, dengan berbagai fasilitas yang terjamin dan berguna untuk kelancaran bisnis Anda.

Sangat disarankan Anda mencoba Trial 30 Hari, agar Anda benar-benar merasakan berbagai fitur yang disediakan Beeaccounting.

Wah, saya tertarik!

Senar dengarnya kalau Anda sudah bisa memutuskan mana yang lebih baik demi perkembangan bisnis Anda.

Tentu saja, bila Anda sudah memutuskan untuk memilih jalan terbaik untuk bisnis Anda, maka saya persilahkan Anda untuk segera Take Action!

Hubungi kami melalui Whatsapp, dengan menekan tombol berikut ini:

Kami tunggu di apliasi Whatsapp 🙂

Silahkan share artikel ini bila Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas waktu Anda yang telah berkunjung di website ini…

 

Apa Komentar Anda untuk Artikel ini? Silahkan Berkomentar di bawah.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Segala sesuatu yang kita kerjakan pasti akan ada kebaikan atau manfaat yang berguna untuk motivasi diri kita sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.