Home / Blog / Tujuan Melakukan Tutup Buku dalam Akuntansi

Tujuan Melakukan Tutup Buku dalam Akuntansi

Anda akan sering mendengar kata tutup buku dalam dunia bisnis. Bagi sebagian orang yang memiliki basik akuntansi akan terbiasa dengan tutup buku. Namun, bagi Anda yang bukan berlatar belakang akuntansi akan merasa asing dengan kata tersebut.

Pengertian Tutup Buku

Apa sih sebenarnya tutup buku? Tutup buku merupakan aktivitas untuk menutup/cut off pelaporan akhir periode yang dilakukan oleh bagian administrasi atau bagian keungan.

Akhir dari siklus akuntansi atau tutup buku ini biasanya ada dua macam. Tutup buku akhir bulan dan akhir tahun. Pada dasarnya, konsep tutup buku ini ialah pemindahan nilai saldo akhir setiap akun-akun neraca menjadi saldo awal untuk bulan atau tahun selanjutnya.

Selain itu, nilai saldo akhir setiap akun laba-rugi ditutup dan dipindahkan ke akun Laba Tahun Berjalan (Current Year Earnings) setiap bulannya. Laba tahun berjalan akan ditutuo dan dipindahkan ke Laba Ditahan (Retairned Earnings). 

Tujuan Tutup Buku

Mengapa tutup buku perlu dilakukan? Sebagai pengusaha Anda wajib tahu tujuan dari dilakukannya tutup buku. Berikut ini uraian tujuan dilakukannya tutup buku :

1. Pelaporan Keuangan

Hal ini dimaksudkan agar dapat mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan. Tutup buku yang dilakukan secara berkala akan mempermudah apabila sewaktu-waktu pihak ekternal maupun internal perusahaan meminta data keuangan perusahaan, misalnya pemodal, untuk pajak, dan direksi.

2. Mengetahui Laba-rugi

Anda perlu memastikan bahwa perusahaan yang dikelola baik-baik saja. Salah satu cara mengetahui keadaan perusahaan ialah dengan melihat tutup buku. Dalam tutup buku Anda dapat mengetahu status keuangan pada periode tertentu. Apakah dalam periode tersebut perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan.

3. Mengetahui Saldo Akhir

Sebagai pemilik perusahaan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui nilai saldo akhir yang dimiliki perusahaan. Hal ini akan membuat Anda lebih memahami secara detail perkembangan bisnis yang Anda kelola. Selain itu, Anda dapat juga mengetahui apakah target pemasukan atau pendapatan di bulan/tahun tersebut tercapai atau tidak.

Nilai saldo akhir dalam Neraca juga akan membuat berbagai pihak seperti direksi dan pemilik saham mengetahui jumlah keuangan dan kekayaan milik perusahaan.

4. Menganalisis Keuangan Perusahaan

Tutup buku yang dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu misalnya perbulan, pertiga bulan, perenam bulan atau pertahun akan mempermudah berbagai pihak melakukan analisis, khususnya pemilik perusahaan. Anda dapat menganalisis setiap saldo akhir dari tutup buku yang lalu dan tutup buku berikutnya, apakah mengalami penurunan atau kenaikan.

Penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap laporan akhir pada semua periode tutup buku. Menganalisis setiap pelaporan yang dibuat akan membuat Anda mengetahui posisi keuangan perusahaan, maju-mundurnya perusahaan.

Dan Anda dapat segera mengecek kesalahan atau menganalisis mengapa perusahaan Anda mengalami kerugian. Analisis yang mendetail dan komprehensif akan membuat Anda meningkatkan inovasi dan kreasi demi berkembangnya perusahaan dari tahun ke tahun.

5. Membentuk Saldo Awal dan Rapihnya Pembukuan

Tutup buku selain bertujuan untuk mengerahui saldo akhir juga memiliki tujuan untuk membentuk saldo awal. Membentuk saldo awal ini dilakukan di bulan atau tahun yang baru atas suatu akun-akun neraca dari saldo akhir sebelumnya.  

Tutup buku yang dilakukan secara berkala juga dapat membantu merapihkan pembukuan. Sehingga perusahaan akan mendapatkan pembukuan yang terbaru atau terupdate.

Selain tujuan yang sudah dijabarkan di atas, tutup buku juga memiliki tujuan lainnya yaitu sebagai langkah cut-off data keuangan perusahaan (cut-off digunakan pada data keuangan yang dikerjakan software akuntansi) dan membagi deviden dari laba ditahan setelah tutup buku akhir tahun.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar teman Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi.
Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.