Home / Blog / Top 5 Tips Mengelola Utang Usaha Kecil Anda

Top 5 Tips Mengelola Utang Usaha Kecil Anda

Anda butuh uang untuk mengembangkan bisnis Anda, tapi terlalu banyak hutang dapat membuat perusahaan Anda berisiko. Jika dilakukan secara bijak, utang merupakan daya pengungkit yang menjadi bagian strategi dalam meningkatkan kepemilikan aset.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah periksa terlebih dahulu jenis pinjaman yang Anda miliki. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mengetahui kadar kesehatan keuangan Anda. 

Setelah itu, buat kategori sesuai dengan utang Anda. Yang paling mudah, Anda bisa mengelompokkannya berdasarkan dari segi penggunaan yaitu, utang produktif dan utang konsumtif.

Utang produktif merupakan pinjaman yang digunakan untuk membeli aset produktif yang nilainya akan terus meningkat.

Contoh, kredit rumah, investasi, hingga modal kerja dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan atau Kredit Multiguna sebagai modal awal. Sementara itu, utang konsumtif merujuk pada pembelian aset konsumtif. 

Namun, terkadang tidak semua pinjaman dapat dikelola sesuai dengan harapan sehingga usaha berjalan mundur. Untuk dapat mengelola utang usaha kecil Anda, Berikut akan kami sajikan, Top 5 Tips Mengelola Utang Usaha Kecil Anda.

  • Tinjau Suku Bunga

Apakah bunga atas pinjaman bisnis Anda jauh lebih tinggi daripada tarif saat ini? Apakah Anda memiliki sejarah kredit yang kuat?

Either way, Anda harus mempertimbangkan refinancing untuk mendapatkan pinjaman dengan pembayaran lebih rendah. Sebelum mendekati pemberi pinjaman, pastikan Anda telah meninjau laporan kredit Anda untuk memahami posisi Anda.

  • Berunding Dengan Kreditur

Dalam bisnis kreditur bukan hanya Bank, supplier juga adalah kreditur. Jika Anda memiliki hubungan bisnis jangka panjang dengan pemasok (supplier), atau jika Anda melibatkan pemasok yang sama untuk pesanan massal.

Anda dapat mencoba menegosiasikan diskon. Untuk mendapatkan kesepakatan yang bagus, tekankan riwayat pembayaran Anda yang bagus. Anda mungkin juga bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya untuk mengajukan pesanan lebih besar dengan harga lebih rendah.

Saat perusahaan Anda memiliki hutang, alangkah baiknya jika Anda menjalin kerjasama dengan rekan kerja dan pihak yang meminjamkan dana kepada perusahaan Anda.

Bekerjasama dengan pihak yang meminjamkan akan menimbulkan rasa kepercayaan pada perusahaan Anda dan akan dipermudah ketika mengajukan pinjaman kembali. Sehingga akan membantu Anda dalam mengembangkan dan mencapai tujuan perusahaan Anda.

  • Mengoptimalkan Ruang di Tempat Anda

Berani mengambil pinjaman dari Bank, berarti juga harus berani untuk mengangsur setiap bulan beserta bunganya. Bagaimanapun caranya bayarlah angsuran dengan tertib jika tidak ingin terbebani dengan denda.

Biasakan memiliki dana khusus untuk membayar angsuran yang bisa diambil dari laba usaha. Kalaupun laba yang didapat melebihi target, Anda bisa menyisihkannya untuk angsuran berikutnya sebagai dana cadangan khusus yang akan berguna ketika usaha mengalami defisit.

Apakah Anda memiliki sebagian tempat yang tidak Anda manfaatkan hari ini? Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewakan ruang kepada orang lain untuk mengurangi biaya sewa Anda, dan juga untuk dana cadangan khusus.

  • Mengkonsolidasikan Beberapa Pinjaman

Anda mungkin telah mengambil beberapa pinjaman untuk tujuan yang berbeda sehingga menghasilkan pembayaran bulanan yang lebih tinggi. Solusi sederhana adalah mengkonsolidasikan beberapa pinjaman usaha menjadi satu pembayaran. Ini akan mengurangi biaya bulanan Anda tanpa mempengaruhi nilai kredit Anda.

  • Pertimbangkan Pengurangan Pegawai

Bagi sebuah usaha kecil, memberhentikan karyawan adalah keputusan yang sulit. Ini mempengaruhi produktivitas perusahaan Anda dan menciptakan situasi di tempat kerja yang canggung. Tapi dalam beberapa kasus, ini bisa membantu Anda tetap bertahan. Anggap saja hanya sebagai pilihan terakir.

Sekian tips dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.