Home / Blog / Tips Sederhana Membuat 5 Jenis Laporan Keuangan Usaha Kecil

Tips Sederhana Membuat 5 Jenis Laporan Keuangan Usaha Kecil

Ketika menyangkut masalah pencatatan/akuntansi sebuah bisnis kecil, kebanyakan orang tahu bahwa itu penting, namun tak jarang banyak juga yang tidak disiplin dalam menjalankannya. Ada banyak manfaat lain dari akuntansi bisnis kecil yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan memperluas bisnis Anda. Berikut adalah beberapa laporan akuntansi paling penting untuk bisnis kecil Anda yang harus Anda ketahui, walaupun usaha Anda masih dalam kategori usaha kecil.

Laporan laba rugi

Laporan paling penting untuk bisnis apa pun adalah laporan laba rugi, juga disebut P&L atau laporan profit and lost. Laporan ini memberi tahu Anda berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis, dan lebih banyak lagi. Operasi pembukuan yang dikelola dengan baik mencakup perincian dari mana Anda menghabiskan dan dari mana uang Anda berasal. Setiap bisnis akan memiliki akun yang berbeda untuk kategori pendapatan dan pengeluarannya sendiri. 

Baca Juga: Teknik Memenangkan Persaingan Bisnis Kuliner

 

Pemilik usaha kecil harus melihat laporan ini setidaknya setiap bulan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melihat tren, membandingkan hasil saat ini dengan periode yang sama di tahun sebelumnya dan membandingkan bulan terbaru dengan beberapa bulan terakhir. Laporan ini akan memberi tahu Anda apa unit usaha apa saja yang bekerja dengan baik, apa yang tidak, dan membantu Anda fokus pada bagian bisnis yang paling menguntungkan.

Neraca keuangan

Neraca memberi Anda gambaran tentang apa yang dimiliki oleh bisnis Anda pada waktu tertentu. Untuk usaha kecil, aset biasanya mencakup hal-hal seperti rekening bank, piutang, dan mungkin rekening investasi. Neraca juga dapat mencakup aset seperti properti, komputer, peralatan, dan properti fisik dan tidak berwujud lainnya yang dapat dijual. Kewajiban umumnya mencakup hal-hal seperti kartu kredit, pinjaman bisnis, dan hal lain yang menjadi kewajiban bisnis Anda.

Persamaan akuntansi didasarkan pada neraca. Ini memberitahu kita bahwa Aset + Kewajiban = Ekuitas. Laporan ini idealnya menjadi angka yang tumbuh seiring waktu.

Saat memeriksa neraca, lihat juga aset jangka pendek versus liabilitas jangka pendek. Jika Anda memiliki pembayaran yang terhutang segera, pastikan Anda tidak kehabisan uang tunai tanpa memperhatikan bahwa aset Anda tidak likuid.

Piutang usaha

Anda tidak bekerja secara gratis, dan bisnis Anda bukan amal atau tujuan social bukan? Melakukan pekerjaan dan mengirimkan faktur hanyalah bagian dari usaha mendapatkan penghasilan. Anda juga harus memastikan pembayaran itu dibayar dan dikumpulkan. Laporan penuaan piutang Anda (A / R-accout receivables) memberi tahu Anda tentang sebaik apa kinerja Anda di sisi penagihan. Perbaiki system penagihan Anda sehingga arus kas Anda terjaga dengan baik.

Laporan arus kas

Sama seperti Anda harus melihat siapa yang berutang kepada Anda, Anda juga harus melihat siapa yang memberi Anda sebagian besar uang itu. Pendapatan Anda menurut laporan arus kas memberi tahu Anda berapa banyak yang Anda hasilkan dari setiap pelanggan selama periode waktu tertentu. Freelancer dan bisnis layanan profesional sangat bergantung pada bisnis berulang di banyak industri. Membangun hubungan yang baik dengan klien yang berkualitas dapat berubah menjadi aliran pendapatan yang menguntungkan, dapat diandalkan, dan sehat.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu percaya pada satu sumber pendapatan. Jika terlalu banyak pendapatan berasal dari satu sumber, itu disebut “risiko konsentrasi pendapatan.” Jika satu klien pergi akan merusak seluruh bisnis Anda, Anda perlu lebih beragam dalam melayani bisnis Anda. Menempatkan terlalu banyak telur dalam satu keranjang bisa membuat perusahaan Anda bangkrut.

Laporan hutang

Anda mungkin tidak akan suka jika perusahaan membutuhkan waktu terlalu lama untuk membayar Anda, begitupun vendor atau mitra usaha Anda. Jika Anda punya hutang atau tagihan, bantulah vendor Anda dan membayar mereka tepat waktu juga. Laporan hutang Anda memberi tahu berapa Anda berutang dan berapa banyak. Selama laporan keuangan Anda rutin diperbarui, Anda dapat dengan mudah mencari dan menemukan siapa yang perlu Anda bayar sehingga Anda tidak ketinggalan tanggal jatuh tempo.

Membayar terlambat dapat merusak hubungan dan dapat menyebabkan keterlambatan biaya lainnya. Bayar tepat waktu. Anda bahkan mungkin mendapatkan diskon pembayaran awal dari beberapa vendor.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.