Home / Blog / Tips Menghindari Kecuraangan Karyawan di Restoran
tips-menghindari-kecurangan-karyawan-di-restoran-image

Tips Menghindari Kecuraangan Karyawan di Restoran

Pengertian Karyawan

Karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan, karena tanpa karyawan perusahaan tidak akan dapat berjalan. Menurut KBBI karyawan merupakan orang yang bekerja di lembaga tertentu (kantor, perusahaan, dan sebagainya) dan mendapat imbalan berupa upah (gaji). Definisi tersebut juga berlaku untuk karyawan yang bekerja di restoran.

Tujuan Restoran

Sedangkan restoran merupakan suatu tempat atau bangunan yang dikelola secara komersial untuk melayani pengunjung agar dapat menikmati makanan dan minuman. Restoran ada yang berlokasi di dalam hotel, kantor atau pabrik, dan ada pula yang berdiri sendiri di sebuah bangunan.

Tujuan utama restoran tidak hanya mencari uang, tetapi juga memberikan kepuasan kepada pengunjung agar mau datang kembali serta mau merekomendasikannya kepada orang lain. Untuk itu, dibutuhkan pelayanan sebaik-baiknya (service excellence) dari pelaya dan manajemen restoran.

Sayangnya, tidak semua restoran memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaannya. Jika dirating satu sampai lima, ada restoran yang pantas mendapat rating lima, namun ada juga yang pantasnya diberi rating satu. Penilaian tersebut bisa dilihat dari banyaknya pengunjung setiap hari atau setiap weekend yang rela ngantri berjam-jam demi untuk menikmati hidangan. Inilah yang dikatakan bahwa kualitas berbanding lurus dengan kuantitas.

Selanjutnya, untuk tetap mempertahankan kualitas yang sudah bagus maka owner atau HRD harus jeli terhadap kecurangan–kecurangan yang dilakukan karyawan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan dan tips untuk mengatasinya.

3 Tips Mengatasi Kecurangan Karyawan 

1. Mencuri Uang dan Stok Bahan Baku

Urusan uang sebagian besar berhubungan dengan kasir atau pihak yang menerima pembayaran seperti sales atau marketing. Sedangkan urusan stok berhubungan dengan stokist atau kepala gudang. Namun tidak selalu pencuri uang adalah kasir dan pencuri bahan baku adalah stokist. Bisa jadi karyawan lain yang dengan sengaja membongkar brankas atau masuk ke gudang secara diam-diam.

Tips untuk menghindari hal tersebut :

  • Kasir harus mencatat setiap transaksi di sebuah nota/kwitasni secara berurutan.
  • Memasang barcode di mesin kasir.
  • Untuk stokist, pencatatan stok bahan baku harus dibuat serapi mungkin dan selalu cek stok riil.
  • Memasang Closed Circuit Television (CCTV)

2. Mark Up Harga Jual Makanan dan Harga Beli Bahan Baku

Mark up harga jual makanan tidak hanya dilakukan oleh pelayan namun bisa dilakukan oleh siapapun yang menjual langsung kepada konsumen. Hal itu bisa dilakukan manakala tidak tertera harga pada makanan atau minuman. Dampaknya, pembeli akan dirugikan dan tidak akan membeli  di restoran Anda lagi.

Sedangkan untuk mark up harga beli bahan baku, karyawan yang dipercaya untuk melakukan pembelian biasanya meminta nota kosong kepada penjual. Selanjutnya, dia akan menuliskan harga yang diinginkannya atau meminta supplier untuk menuliskannya.

Tips untuk menghindari hal tersebut :

  • Melabeli setiap produk makanan dan minuman yang dijual.
  • Menggunakan nota bernomor urut.
  • Menggunakan mesin barcode.
  • Untuk mencegah kecurangan pembelian bahan baku, maka perlu membuat standar supplier dan penyedia yang sudah langganan. Ingat, Anda juga harus tahu harga bahan baku tersebut.

3. Menyalahgunakan Aset atau Fasilitas Kantor

Contoh aset atau fasilitas kantor yang sering disalahgunakan untuk kepentingan pribadi yaitu telepon, wifi, dan mobil. Jika masih dalam batas kewajaran tidak jadi masalah. Namun jika sudah kelewat batas, misal menggunakan wifi untuk streaming yang menyebabkan terganggunya kegiatan operasional, maka perlu segera ditindak lanjuti.

Tips untuk menghindari hal tersebut :

  • Buat standar operationa procedure pemakaian fasilitas kantor
  • Tindak tegas karyawan yang melanggar

Dan yang paling utama dari semua tips tersebut yaitu penyeleksian karyawan. Karena itu, human resource development (HRD) harus jeli dalam merekrut karyawan yang akan dipekerjakan, pilihlah karyawan yang benar – benar jujur dan smart.

Itulah kecurangan yang umum terjadi di restoran dan tips untuk menghindarinya.

Jika artikel ini Anda rasa bermanfaat, maka jangan lupa membaginya kepada pembaca yang lain. Salam Let’s #beefree

 

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.