Home / Blog / Tips Mendongkrak Omzet Usaha Franchise di Indonesia Dengan Digital Marketing
Tips Mendongkrak Omzet Usaha Franchise di Indonesia Dengan Digital Marketing

Tips Mendongkrak Omzet Usaha Franchise di Indonesia Dengan Digital Marketing

Usaha franchise dalam satu dekade terakhir ini juga harus berubah agar bisa survive menghadapi perkembangan jaman. Salah satunya dalam hal pemasaran digital. Digital marketing dalam era teknologi digital masa kini bisa dilakukan dengan berbagai cara baik online maupun offline. Untuk kasus usaha franchise kali ini lebih banyak ditekankan pada sisi digital marketing online.

Mengapa usaha franchise harus memanfaatkan digital marketing? Bisnis waralaba erat kaitannya dengan jaringan pemasaran. Jaringan akan semakin kuat jika didukung dengan teknologi digital didalamnya. Bentuknya seperti apa? Beberapa metode berikut ini bisa dicoba:

SEO

Pemilik usaha franchise harus peduli dan berusaha untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk mencantumkannya di peringkat teratas hasil pencarian. Konsultan SEO memiliki berbagai metode untuk meningkatkan evaluasi mesin pencari di situs web Anda agar usaha franchise Anda mudah dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia.

Iklan Facebook

Iklan Facebook

Sebagai media sosial terbesar didunia, facebook kini begitu dominan dalam pemasaran digital. Iklan Facebook berfungsi untuk mentargetkan pengguna dengan data akurat dan tepat dengan menggunakan informasi media sosial. Salah satu media “terpanas” dalam tren terbaru ini bisa dijadikan andalan untuk media promosi digital beberapa tahun ke depan.

Promosi melalui Aplikasi Bisnis

Dahulu kala website merupakan media utama untuk mengenalkan produk dan profil usaha kita. Kini, website bukan lagi media utama, masiah kalah praktis dengan aplikasi bisnis. Konsultasikan strategi iklan Anda untuk memaksimalkan pemasangan aplikasi Anda. Aplikasi bisnis yang dimasukkan ke dalam play store akan memudahkan setiap pelanggan bisnis Anda untuk menggunakannya.

Baca Juga: Laporan Keuangan: 3 Komponen Utama Laporan Arus Kas

Menggunakan Sistem Afiliasi

Bisnis bisa semakin cepat berkembang jika menggunakan sistem afiliasi. Cara kerja afiliasi adalah membantu pemilik bisnis memasarkan produk mereka melalui jaringan pemasaran yang mereka miliki, biasanya dalam bentuk digital apakah itu website, blog, media sosial atau yang lainnya. Orang yang tergabung dalam bisnis afiliasi mendapatkan komisi berdasarkan referensi sampai terjadinya penjualan (closing deal).

Selain digital marketing online dalam usaha memperkenalkan franchise anda, masih ada juga beberapa metodi digital marketing offline yang bisa dijalankan. Berikut ini beberapa diantaranya:

Iklan offline

Anda mungkin menganggap iklan hanya sebagai media cetak. Yang benar adalah, iklan mencakup media apa pun yang memungkinkan Anda untuk membeli ruang untuk mempromosikan pesan pemasaran Anda. Ini termasuk iklan cetak seperti majalah, surat kabar, dan format cetak lainnya, iklan TV, iklan radio, papan iklan, dan sekarang, dengan permulaan teknologi, iklan internet, situs web, dan banyak lagi.

Meskipun iklan waralaba telah ada selama beberapa dekade, iklan hari ini cenderung memiliki panggilan aksi (action to call) yang jauh lebih berbeda dari yang lalu. Jika dulunya standar “Panggilan Sekarang”, cukup populer, maka saat ini iklan mengarahkan pemirsa ke situs web pemilik waralaba di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut dan terlibat melalui email dengan departemen pengembangan bisnis pemilik waralaba. Hasilnya, anda akan semakin dalam terlibat dalam keterikatan emosi dengan bisnis waralaba tersebut.

Franchisor yang membuat kampanye iklan inovatif di semua platform sejauh ini mampu mewujudkan pengembalian investasi terbaik (ROI).

Aktif ikut komunitas atau pameran bisnis

Pameran bisnis adalah cara lain untuk bertemu calon pewaralaba. Acara ini akan memberikan wawasan bagi calon pemilik waralaba, sekaligus mempromosikan kesadaran merek dan visibilitas produk. Pameran bisnis waralaba juga memberikan peluang untuk mempromosikan produk baru dan bisa mendorong penjualan.

Agar bisnis waralaba sukses, penting untuk terus bekerja mencari petunjuk baru dan meningkatkan penjualan waralaba. Pemasaran bisnis untuk usaha franchise adalah cara yang terbukti ampuh untuk menghasilkan prospek baru dan memperluas bisnis Anda dengan cepat didukung oleh digital marketing.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.