Home / Blog / Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim Hingga Sukses

Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim Hingga Sukses

Beberapa peluang usaha yang ditemui sering kali menjadi pemicu semangat untuk bisa secepatnya direalisasikan. Membuka dan memulai usaha sendiri adalah solusinya. Membangun usaha sendiri tentu saja adalah mimpi dan cita-cita bagi sebagian orang calon pengusaha. Berikut adalah Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim Hingga Sukses.

Mencoba lebih realistis

Saat ingin membangun bisnis, cobalah untuk berpikir lebih realistis. Anda dapat mempelajari dahulu bisnis yang akan dibangun. Jangan hanya membangun bisnis berdasarkan angan-angan semata saja. Anda harus membuat perencanaan yang matang dan logis sehingga bisnis itu bisa berhasil dan lancar.

Yakinkan Diri Anda

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

Jangan Terlalu Memforsir Kemampuan

Biasanya pada saat awal membangun bisnis, apalagi jika modal yang digunakan relatif kecil, tentunya anda tidak akan merekrut karyawan terlebih dahulu. Sehingga anda tentunya akan mempekerjakan diri sendiri.

Namun meskipun begitu sebaiknya jangan membuat diri sendiri bekerja terlalu keras sehingga melupakan kepentingan lainnya seperti kepentingan pribadi dan kesehatan. Apalagi jika anda sudah memiliki pekerjaan utama, anda harus pintar-pintar membagi waktu sehingga kesehatan tidak akan mengganggu pekerjaan lainnya.

Persiapkan Model Bisnis Yang Akan Dijalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang. Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban.

Cari partner

Karena berbisnis merupakan bidang yang cukup berisiko, sebaiknya akan lebih tepat jika mencari partner untuk berbisnis. Terutama bagi anda yang masih awam dalam bidang bisnis tentunya belum terbiasa dengan risiko-risiko bisnis yang ada. Dengan adanya partner, tentunya jika anda mengalami kendala atau kerugian maka kerugian yang ditanggung tidak terlalu besar.

Mengetahui modal awal bisnis

Sebelum memulai bisnis usaha akan lebih baik jika memperlajari terlebih dahulu harga-harga barang kebutuhan di pasaran mulai dari sewa tempat, gaji karyawan, hingga harga peralatan yang dibutuhkan. Dengan mengetahui dasar biaya ini, anda dapat mengetahui dengan jelas biaya-biaya wajib apa saja yang perlu disiapkan setiap waktunya.

Melayani konsumen dengan baik

Meksipun memiliki produk yang berkualitas namun pelayanan yag diberikan buruk tetap saja anda akan kesusahan dalam mencari konsumen. Untuk itu, usahakan untuk selalu melayani konsumen dengan baik. Bila menggunakan karyawan, latih karyawan anda agar menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Anda juga dapat memberikan potongan harga bagi konsumen yang membeli dalam jumlah banyak atau ketentuan lainnya. Meski pun simple, perlakukan-perlakuan seperti ini dapat membuat konsumen senang bertransaksi di tempat anda. Selain itu, hal ini juga dapat membuat peningkatan jumlah dari konsumen kedepannya.

Belajar dari Ahlinya

Setelah mendapatkan dan menentukan ide usaha, baiknya Anda mulai menyisihkan waktu untuk belajar tentang usaha yang ingin Anda bangun. Ya, Anda harus belajar dari ahlinya. Memulai usaha tentu bukan perkara gampang, apalagi usaha baru. Mimpi dan ide usaha saja tidak cukup hanya sebagai modal untuk membuka usaha sendiri.

Lakukan pendekatan-pendekatan pada seseorang yang berpengalaman dalam bidang usaha yang Anda inginkan. Dalam hal ini, mungkin Anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk bisa mendapatkan ilmu sekaligus beberapa arahan dari mereka. Bahkan saat ini sudah banyak pelatihan-pelatihan yang sengaja diadakan beberapa orang/praktisi untuk memberikan ilmu dan pengalamannya pada orang-orang yang membutuhkannya. Tentu saja itu tidak gratis.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.