Home / Blog / Tips Mempertahankan Bisnis Anda Ditengah Perekonomian Kurang Stabil

Tips Mempertahankan Bisnis Anda Ditengah Perekonomian Kurang Stabil

Dalam bisnis urusan internal yang berkaitan dengan sumber daya manusia maupun cash flow sebuah perusahaan bisa saja tiba-tiba mengalami guncangan. Penyebabnya bisa jadi karena masalah internal perusahaan atau bisa juga dari luar perusahaan itu sendiri.

Contoh paling umum bisa disaksikan ketika Indonesia memasuki krisis ekonomi medio 97 lalu. Banyak perusahaan gulung tikar, beberapa bahkan mengalami kebangkrutan dan tak bisa lagi memasuki pasaran. Bagi yang kreatif, sisanya bisa berevolusi dan masih eksis hingga hari ini.

Dari beberapa kilasan fakta diatas bisa diketahui kalau, ada bisnis yang bahkan dalam kondisi perekonomian makro yang kurang stabil masih mampu bertahan. Tentunya ada kiat-kiat tersendiri yang secara umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan semacam itu. Berikut ini, adalah intisarinya.

  1. Tak Pernah Bermain-Main Dengan Kualitas

Kualitas dalam keadaan apapun bukanlah mainan. Perusahaan yang langgeng di segala jaman punya cara tersendiri untuk bisa menjalankan roda ekonominya. Berfokus pada kualitas pula, produk masih diterima pasar, bahkan dalam sebuah situasi ekonomi makro yang carut marut. Terlebih bila produk tersebut memang bagian dari kebutuhan primer atau sekunder sekalipun.

  1. Evolusi dan Inovasi

Tak boleh cepat berpuas diri apalagi merasa nyaman adalah cara terbaik dan merupakan intuisi para pebisnis besar. Mereka berpikir secara futuristik bahkan hingga melampau jamannya. Inovasi dijawab dengan realitas, sementara, terkadang harus juga mengorbankan sudut pandang tertentu yang tak lain adalah sisi idealis. Hinga bisnis tetap eksis meski hanya berubah bentuknya saja.

  1. Membaca Trend, Melihat Kelanggengan

Disaat trend naik, pengusaha yang survive biasanya akan mengikuti dengan cara dan kiat tersendiri. Sementara bila trend turun mereka sudah siap, ada sisi langgeng yang sudah dipegang dan menjadi core of business. Cara ini menjadi perpaduan agar jangan sampai bisnis mengalami kematian.

  1. Menguatkan sisi networking

Jaringan adalah segala-galanya. Ketika sebuah pasar jemu atau negara mengalami goncangan perekonomia. Sudah seyogianya pengusaha untuk mencoba mencari ceruk baru. Ceruk pasar baru inilah yang nantinya akan menyangga kehidupan perusahaan secara keseluruhan. Dan ini tentu saja tak akan bisa dicapai dengan tanpa networking yang kuat dan solid.

  1. Harga Bersaing

Keberanian sebuah perusahaan untuk tetap mempertahankan konsumen ketimbang membentuk keuntungan lebih sering menyelematkan kehidupan perusahaan itu sendiri ketimbang mematikannya. Pengusaha yang lebih memilih menaikkan harga akibat tekanan ekonomi kadang kehilangan pasar. Karena itu, ada beberapa perusahaan yang sudah tahu untuk membentuk second opinion sebelum market memang berubah mengalami kelesuaan. Tujuannya agar roda produksi tetap berjalan meski tak harus menaikkan harga secara signifikan.

  1. Mempertahankan USP (Unique Selling Product)

Untuk urusan pemasaran USP atau Unique Selling Product adalah segala-galanya. Karena sisi keunikan inilah yang menjadikan konsumen memutuskan mengapa memilih membeli produk tersebut. Bukan rahasia kalau perusahaan-perusahaan yang bertahan ditenggah badai ekonomi makro sering tetap berusaha mempertahankan sisi keunikan produknya. Dengan cara ini pula mereka mempertahankan ceruk pasar yang jadi sumber cash flow untuk terus menghidupi perusahaan.

  1. Fokus, dan SDM yang Loyal

Perusahaan yang kerap berganti strategi manajemen kadang tak bisa langgeng di tahun-tahun awal berdiri. Apalagi ketika badai ekonomi makro terjadi. Karenanya, sangat penting untuk perusahaan dalam memilih SDM (Sumber Daya Manusia) yang loyal pada kemajuan usaha sekaligus tetap berfokus pada ancangan manajerial yang sudah dibuat.

Banyak hal yang menyebabkan perekonomian kurang stabil. Masing-masing perusahaan tentu punya kiat tersendiri dan super unik. Beberapa bertahan dengan 7 konsep umum diatas, sementara sisanya punya cara tersendiri yang khas.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.