Home / Blog / Tips Memilih Investor yang Tepat untuk Usaha Anda

Tips Memilih Investor yang Tepat untuk Usaha Anda

Dalam sebuah survei Donna Harris, pendiri 1776, sebuah perusahaan bantuan startup baru-baru ini terhadap pemilik usaha kecil, dengan masing-masing 11 hingga 50 karyawan, mencatat bahwa “arus kas” sebagai perhatian utama mereka. Dua puluh satu persen melaporkan masalah “meningkatkan modal / pendanaan,” sebagai perhatian utama mereka. Salah satu sumber modal yang menarik adalah investor.

Ketika Anda bertemu dengan investor, biasanya insting pertama yang mucnul cukup sederhana: startup Anda membutuhkan uang dan investor memilikinya, jadi tak ada yang lebih penting untuk dilakukan selain meyakinkan mereka bahwa bisnis Anda memiliki banyak potensi tetapi membutuhkan banyak dana.

Saat ini mencari modal lebih mudah diakses daripada di masa lalu, tetapi yang lebih penting adalah bahwa pemilik memilih sumber pendanaan yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Maka dari itu inilah beberapa tips untuk menemukan investor yang tepat bagi usaha Anda.

  1. Memahami berbagai opsi investasi yang Anda miliki

Ada banyak opsi untuk mendapatkan investor. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Ekuitas pribadi (PE). PE mencakup sejumlah jenis investasi yang biasanya dibuat oleh perorangan atau lembaga swasta untuk membeli perusahaan, mendanai proyek, atau melakukan investasi swasta.
  • Modal ventura (VC). Investasi VC dikelola secara berbeda dan biasanya dirancang untuk mendanai perusahaan pemula dengan potensi pertumbuhan tinggi. VC juga menyediakan keahlian dan bantuan perencanaan bisnis pemula.
  • Angle investor (Investasi malaikat). Angel investor adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi yang mencari pengembalian tinggi melalui investasi swasta di perusahaan pemula. Mereka menyediakan pembiayaan awal yang serupa dengan pemodal ventura dalam jumlah yang lebih kecil.

Pengusaha yang mencari pendanaan juga harus mempertimbangkan program modal ventura pemerintah yang tersedia melalui program Small Business Investment Company ata uyang sejenisnya dan biasanya dalam bentuk program pemerintah melalui BUMN.

  1. Ketahui apa yang ingin disediakan investor untuk Anda

Seberapa terlibat yang Anda inginkan dari investor Anda? Bo Yaghmaie, seorang mitra di firma hukum Cooley LLP, mengulas bahwa ketika bertemu dengan mitra keuangan potensial, Anda mestinya akan mendapat penjelasan tentang skema investasi mereka, apa yang biasanya mereka berikan kepada perusahaan, harapan mereka terhadap CEO dan bagaimana mereka ingin terlibat. Faktor-faktor lain yang harus Anda ketahui ketika datang ke calon investor termasuk diantaranya adalah area fokus dan pengalaman mereka, rencana pengembangan dari investasi tersebut dan reputasi mereka.

Memahami tips memilih investor diatas bisa membantu membesarkan usaha Anda dengan dukungan modal yang tepat.

  1. Tahu ke mana harus mencari investor

Menemukan jenis investor terbaik untuk perusahaan Anda adalah langkah penting dalam mewujudkan visi keseluruhannya, tetapi Anda juga perlu tahu cara terhubung dengan investor tersebut. Di perusahaan besar, biasanya sudah terbentuk semacam Angel Capital Association di seluruh AS, bersama dengan basis data yang luas untuk dibaca oleh para pengusaha. Mereka menyediakan platform lain yang memungkinkan CEO perusahaan baru menemukan dan berkomunikasi dengan calon investor. Untuk tanah air, Anda bisa bergabung dengan berbagai kelompok wirausaha di media sosial maupun asosiasi pengusaha yang biasanya banyak menggelar agenda acara untuk menambah jaringan Anda untuk mencari investor yang tepat.

  1. Sampaikan kerjasama yang jelas dan rinci sejak awal

Pahami bahwa investor lebih dari sekadar buku cek berjalan – mereka adalah layaknya seorang veteran industri. Kerjasama yang tepat dapat membantu Anda mengelola modal, infrastruktur, dan lainnya. Banyak investor yang justru memiliki kursi di dalam manajemen perusahaan Anda. Anda tentu menginginkan mitra yang memberikan panduan tanpa menantang setiap keputusan yang Anda buat.

Bahkan banyak juga investor yang layaknya sebuah perusahaan mandiri misalnya saja banyak perusahaan VC besar memiliki departemen pemasaran yang ditujukan untuk menangani pesan dan portofolio dari pihak eksternal. Strategi ini dapat memposisikan startup Anda di depan calon investor dan membantu mempromosikan usaha Anda yang mungkin tidak memiliki jangkauan luas sebelumnya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.