Home / Blog / Tips Memenangkan Persaingan Bisnis Online

Tips Memenangkan Persaingan Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis, penting bagi Anda untuk mempertahankan posisi Anda di pasar tetap berada di atas para pesaing Anda. Persaingan ada di setiap pasar, apalagi pada bisnis online. Jadi, bagaimana mereka melakukannya? Berikut adalah strategi sederhana namun ampuh untuk mengalahkan pesaing bisnis online Anda.

Jangan Lupakan Tentang Media Sosial

Saat ini, sangat jarang sebuah perusahaan TIDAK menggunakan media sosial untuk tujuan pemasaran. Entah itu Facebook, LinkedIn, Google+, Twitter, atau platform sosial lainnya yang semakin populer, pesaing Andapun juga demikian. Cari tahu platform sosial mana yang mereka gunakan dan kemudian secara konsisten memantau aktivitas mereka.

Baca ulasan mereka, kalau perlu pertimbangkan untuk bergabung dengan daftar email mereka agar bisa menganalisa kompetitor Anda tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan perkembangan apa pun yang berdampak pada bisnis Anda.

Manfaatkan Teknologi

Google Trends merupakan salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk melihat topik, penelusuran, dan video apa yang sedang tren saat ini secara online. Situs ini berfungsi dengan baik untuk mengidentifikasi pesaing Anda dan juga Anda dapat menggunakannya untuk melihat apakah pelanggan menelusuri bisnis Anda atau orang lain.

Anda juga dapat mencari produk dan melihat apa yang sedang dibicarakan pengguna. Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk mempelajari lebih lanjut tentang volume pencarian kata kunci untuk analisa persaingan produk.

Bangun ceruk Anda sendiri untuk memiliki lebih banyak peluang untuk bisnis Anda

Pasar yang sudah penuh sesak dengan produk sejenis memiliki sedikit ruang untuk ekspansi. Sangat penting untuk menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan Anda untuk membangun ceruk Anda sendiri dan meminimalkan persaingan yang ada. Bagaimana caranya? Mendengar ulasan, review atas sebuah produk dalam berbagai forum bisa jadi masukan yang baik untuk menentukan ceruk bisnis yang tepat.

Buat konten Anda mudah untuk dibagikan

Banyak orang suka berbagi kabar baik dan ide-ide hebat, jika Anda adalah pemilik ide tersebut Anda harus membuatnya mudah bagi mereka untuk membagikannya. Anda atau roduk Anda akan makin mudah dikenal dengan sistem berbagi seperti ini. Saat ini Anda hanya perlu menambahkan tombol berbagi sosial ke situs Anda. Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lainnya menawarkan opsi berbagi ini. Tambahkan mereka ke situs Anda dan biarkan lalu lintas pengunjung bisnis Anda tumbuh dengan pesat. 

Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis

 

Luncurkan kampanye promosi yang kreatif

Sebelum meluncurkan produk Anda, Anda perlu membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa target Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui promosi penggoda yang kreatif, dengan informasi sepotong-sepoting (tidak lengkap) yang jutsru efektif membuat publik mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang diincar pemasar yang kreatif.

Video sebagai alternatif gambar bergerak

Di antara gambar/foto yang ada, Anda bisa membuat “tampilan lain”, pertimbangkan untuk memperkenalkan produk dalam bentuk video. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menampilkan produk daripada menampilkannya dari semua sudut dan dalam penggunaan yang sebenarnya. Video bisa mewakili strategi meningkatkan penjualan ini.

Selain metode diatas, Anda juga bisa menampilkan foto dengan dilengkapi grafik yang informatif.Gambar, teks dan grafik demonstratif bisa jadi kombinasi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan secara efektif. Di dalam bisnis online jauh lebih mudah bisnis tumbuh pesat namun relatif mudah juga untuk jatuh. Keterbukaan informasi dan perubahan yang cepat inilah yang perlu dipahami pemilik bisnis.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.