Home / Blog / Tips Memelihara Aset Perusahaan Sesuai dengan Visi Bisnis yang Dijalankan

Tips Memelihara Aset Perusahaan Sesuai dengan Visi Bisnis yang Dijalankan

Aset perusahaan adalah hal yang penting dan perlu untuk dipelihara. Pasalnya, aset berarti berjalannya sebuah perusahaan dengan baik. Ini berhubungan secara langsung dengan hal-hal yang terkait dengan operasional sehari-hari sebuah perusahaan, mulai dari belanja perusahaan, mekanisme gaji karyawan, sampai berhubungan dengan kegiatan utama perusahaan seperti misalnya penjualan untuk tipe perusahaan dagang, layanan untuk tipe perusahaan jasa, maupun produksi bagi tipe perusahaan industri.

Tak pelak, memelihara aset perusahaan agar tetap dalam performa optimal serta dapat beroperasi secara efektif mutlak adanya. Dalam artikel kali ini, akan diurakan bagaimana cara-cara tepat untuk memelihara aset perusahaan. Tips yang dirangkum bersifat umum dan dapat diterapkan untuk jenis usaha apa saja.

  • Siapkan legalitas dan bentuk usaha yang tepat sesuai dengan visi bisnis Anda

 Diawal memulai usaha, sangatlah wajar bilamana kepemilikan bersifat tunggal. Akan tetapi bila usaha sudah mulai membesar dan memasuki ranah yang lebih complicated ada baiknya untuk memikirkan sebuah entitas yang tepat. Bisa jadi melangkah ke arah perseroan terbatas bisa dilakukan, hal semacam ini akan menjaga berbagai aset yang dimiliki sehingga tidak bercampur mana yang milik perusahaan dan pribadi.

Sisi lain dari segi pengembangan bisnis menjadi sebuah entitas adalah langkah-langkah untuk menegakkan legitimasi bisnis. Legalitas yang ada, juga urusan perpajakan yang efektif akan membawa kemajuan dari sisi manajerial.

  • Berpikirlah Untuk Mengasuransikan Bisnis agar terhindar dari resiko fatal

Dalam bisnis dikenal rumus mutlak yaitu hukum untung rugi. Kerugian adalah hal yang jelas dihindari apapun alasannya. Tetapi, terkadang kondisi juga mengarah pada hal-hal dimana kecenderungan kerugian bisa saja muncul.

Bila sudah dirasa begini, ada baiknya untuk mulai berpikir tentang asuransi. Ini karena dengan memilih mitra perusahaan asuransi yang tepat maka tanggungan kerugian menjadi beban perusahaan asuransi dan bukan sepenuhnya bergantung dari kantong perusahaan. Oleh karena itu, asuransi bisnis adalah langkah tepat untuk menjaga dan melindungi aset secara finansial. Hal serupa juga berlaku untuk element lain termasuk para karyawan, sangat tepat kalau juga terlindungi asuransi.

  • Kenali Apa itu Arus Kas, Pisahkan Rekening Pribadi dengan Perusahaan

Bisnis dilandasi perhitungan yang matang. Pebisnis yang terlalu berani mengambil keputusan akan berada dalam skala resiko tinggi untuk jangka waktu tertentu. Sementara bila tidak berani keluar dari zona nyaman, maka kemungkinan pengembangan usaha juga akan semakin kecil sebab kompetitor akan terus muncul.

Oleh karenanya memahami arus kas, besaran pendapatan dan pengeluaran, simpanan serta hal lain adalah hal mutlak untuk proyeksi pengembangan bisnis. Senada dengan itu, pemisahan rekening antara milik pribadi dengan perusahaan juga harus dijalani. Agar lalu lintas pendapatan dan pengeluaran terpantau secara faktual. Memantau lalu lintas keuangan dalam bisnis berarti sama saja mengamankan aset yang sudah dimiliki perusahaan.

  • Cermat atas setiap bentuk kerjasama/kontrak yang dilakukan

Sudah banyak pebisnis yang jatuh dan harus kehilangan banyak aset perusahaan bahkan pailit karena kesalahan sistem kontrak. Di dalam bisnis kepercayaan memang adalah hal yang utama. Tetapi berpijak pada kepercayaan atau kontrak lisan saja, terlalu besar pertaruhannya.

Ketika bisnis mulai bergerak dan aset sudah meningkat. Ada baiknya untuk menggunakan sistem kontrak tertulis. Ini juga dimaksudkan untuk menghindari kreditur nakal yang pada saat tertentu bisa saja menjatuhkan bisnis yang sudah susah payah dibangun dari nol. Hadirkan saksi notaris atau penasihat hukum dalam setiap perjanjian kontrak bisnis. Maksudnya agar bargaining power perusahaan di mata kreditur terjaga dan aset tetap aman.

Itulah tadi cara-cara terbaik yang bisa menjadi langkah dalam mengamankan aset bisnis yang sudah dimiliki. Mencoba salah satu atau setiap tips bisa jadi jalan terbaik agar aset tetap aman dan pengembangan bisnis semakin cemerlang dari hari ke hari.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.