Home / Blog / Tips Gampang Menjalankan Bisnis Kuliner Supaya Laris

Tips Gampang Menjalankan Bisnis Kuliner Supaya Laris

Bisnis kuliner bisa cepat booming namun bisa juga sesaat kemudian langsung turun drastis. Hal ini bisa jadi karena bisnis kuliner terkait dengan selera dan juga persepsi orang terhadap resto Anda. Dalam memilih konsep restoran Anda juga harus berhati-hati juga. Apakah Anda ingin menargetkan hanya beberapa pembeli dari kelas menengah atau kelas pinggiran. Kenali konsumen target Anda untuk memutuskan sebelum meluncurkan proyek restoran Anda. Beberapa konsep yang dapat Anda pilih adalah:

  • restoran cepat saji
  • santapan santai cepat saji seperti kafe dan pub dan santapan gaya keluarga
  • Hidangan mewah
  • Rombong makanan (kaki lima)
  • Angkringan

Mayoritas pemilik bisnis kuliner percaya bahwa jika sebuah restoran menyajikan makanan berkualitas baik, maka itu cukup untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan. Kualitas produk atau layanan yang baik adalah sesuatu yang mendasar. Namun ingat, selain rasa menu yang berkualitas, cara mempromosikan bisnis kuliner juga penting, mengingat rasa makan di lidah juga bisa dipengaruhi oleh persepsi.

Tips Gampang Menjalankan Bisnis Kuliner Supaya Laris

1. Gunakan Media Sosial

Woman using a smartphone social media conecpt

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pelanggan potensial Anda ada di situs sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi, buat halaman media sosial yang berguna untuk bisnis Anda.

Kemudian, mulailah memposting konten yang relevan untuk memberikan detail dan perkembangan baru yang relevan dengan bisnis kuliner Anda. Pastikan Anda mengirim tweet secara teratur setiap hari. Tujuan di sini adalah untuk melibatkan orang-orang dengan layanan dan bisnis kuliner Anda. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru

 

2. Lakukan Promosi Agresif

Promosi agresif bisnis kuliner baru Anda sangat penting untuk mendapatkan pengakuan produk di antara orang-orang. Mereka akan segera mengetahui tentang restoran baru di wilayah mereka. Tidak butuh dana besar yang terlibat untuk publisitas. Yang perlu Anda lakukan adalah mengadopsi beberapa cara pemasaran yang hemat biaya.

3. Menjangkau Blogger Makanan Lokal dan Influencer untuk Testimoni Menu

Salah satu strategi pemasaran terbesar saat ini adalah memanfaatkan jaringan bisnis lain. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda dapat memanfaatkan jaringan blogger makanan lokal dan influencer dengan terhubung dengan mereka dan membuat mereka berbagi konten yang terkait dengan usaha kuliner Anda. Anda dapat memberi mereka insentif seperti makanan gratis untuk membuat mereka mempopulerkan produk Anda di antara jaringan mereka.

4. Ikut program Dapatkan Aplikasi Makanan GoFood atau Grab Food

Beberapa aplikasi makanan bermunculan selama bertahun-tahun karena banyaknya permintaan dari konsumen seperti Go Food misalnya. Konsumen tidak lagi harus melalui direktori yang membosankan atau menjelajahi web selama beberapa menit untuk menemukan tempat makan yang cocok. Yang harus mereka lakukan hari ini adalah menginstal aplikasi makanan yang mengarahkan mereka ke restoran terdekat. Manfaatkan gelombang teknologi seluler ini dengan cara bermitra dengan aplikasi makanan untuk memastikan bisnis kuliner Anda terdaftar. Menjadi terdaftar di aplikasi makanan ini memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pelanggan potensial.

Jika dijalankan dengan disiplin, strategi diatas bisa membantu Anda memenangkan persaingan dalam bisnis kuliner Anda nantinya.

5. Strategi Pemasaran Dari Mulut ke Mulut

Menurut Seth Godin, “Gagasan yang menyebar akan menjadi pemenang”. Banyak orang yang datang ke restoran atau tempat kuliner lainnya, melakukannya karena seorang teman atau seseorang lainnya merekomendasikan restoran itu. Anda dapat memanfaatkan kekuatan dari mulut ke mulut dengan menggunakan media sosial atau aplikasi chatting seperti WA dan telegram.

Setelah itu lakukan sistem “pembayaran sosial”. Pembayaran sosial adalah memberi pelanggan kesempatan membayar makanan dengan harga diskon dengan cara membagikan makanan lezat Anda di halaman media sosial mereka. Bayangkan sepuluh pelanggan yang masing-masing memiliki seratus pengikut, berbagi salah satu makanan lezat yang lezat dengan jaringan mereka! Saya menjamin bahwa Anda akan mendapatkan beberapa pelanggan yang ingin mencoba hidangan lezat itu. Selamat Mencoba !

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.