Home / Blog / Tips dan Cara Melakukan Stock Opname yang Baik dan Benar

Tips dan Cara Melakukan Stock Opname yang Baik dan Benar

Tujuan dari stock opname adalah untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan, yang mana termasuk salah satu fungsi untuk sistem pengendalian intern (SPI). Melalui kegiatan ini maka akan diketahui keadaan yang terjadi antara catatan pembukuan dan persediaan fisik yang ada. Singkatnya, stock opname merupakan aktivitas menghitung kembali jumlah persediaan barang, kemudian jumlah tersebut dicocokkan dengan catatan pembukuan.

Stock opname dibutuhkan untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stock fisik yang disimpan perusahaan. Tak hanya untuk stock gudang namun juga untuk stock toko maupun barang yang disimpan perusahaan tersebut. Pengelolaan stock opname sangat diperlukan agar biaya operasional yang timbul tidak terlalu overload dan anda bisa menentukan pembelian stok dengan tepat dikemudian hari. Tips dan Cara Melakukan Stock Opname yang Baik dan Benar.

Pemetaan Produk

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam tahap awal stock opname ialah pemetaan produk. Intruksikan bagian gudang untuk memberikan tag atau sticker pada setiap stock barang yang dimiliki. Hal ini selain mempermudah dalam menemukan barang yang hendak dihitung juga merapikan persediaan gudang yang dimiliki. Tatalah setiap barang sesuai tag atau sticker berdasarkan kode dan jenis barangnya. Lengkapi pula produk yang anda simpan dengan barcode untuk mempermudah perhitungan secara komputerisasi.

Lakukan pengelompokkan persediaan di gudang berdasarkan kategori dari produk itu sendiri. Salah satu strateginya, Anda dapat mengatur barang yang pertama masuk diletakkan pada posisi yang lebih mudah diambil. Pengelompokkan persediaan barang dengan prinsip ini sering dikenal dengan sebutan First In First Out atau FIFO, atau bisa juga pengelompokkan produk diletakkan berdasarkan yang paling laris. Keuntungan dari pengelompokkan ini adalah untuk menghindari terjadinya kerusakan persediaan, sekaligus mempermudah proses stock opname.

Lakukan Perhitungan Dengan Tim Yang Dibutuhkan

Untuk menjalankan stock opname, Anda membutuhkan sebuah tim yaitu tim penghitung dan tim input. Informasikan sebelumnya untuk menghentikan mutasi barang hingga proses stock opname selesai dilakukan. Hal ini juga memberikan kesempatan untuk bagian gudang menginput transaksi terkait mutasi barang sebelum dilakukan stock opname keesokan harinya.

Lakukan pembagian tugas stock opname kepada karyawan dalam beberapa kelompok untuk melakukan penghitungan persediaan. Misalnya, bagi kedalam beberapa kelompok karyawan, lalu lakukan perhitungan ke beberapa lokasi yang berbeda. Untuk menghindari penulisan nama yang keliru, berilah daftar nama inventaris kepada karyawan yang bertugas melakukan pencatatan. Anda dapat meminta karyawan untuk bertanya terlebih dahulu jika ada barang yang tidak mereka kenali, agar tidak salah dalam melakukan pencatatan.

Anda juga dapat memberikan form pengisian stock opname kepada karyawan yang bertugas untuk mencatat, agar tidak tidak keliru dan lebih rapi dalam melakukan pencatatan. Penggunaan daftar nama persediaan juga dapat menghindari potensi kesalahan input data persediaan double.

Lakukan Stock Opname secara Teliti

Saat dilakukan stock opname jangan lupa untuk melakukan perhitungan dua kali agar hasil yang didapat benar serta mengecek kekeliruan. Ada baiknya stok yang sudah anda hitung diberi tanda seperti pemakaian label agar tidak terhitung dua kali. Hasil laporan stock opname salinlah ke excel untuk menyesuaikan dengan catatan pembukuan. Bagian akuntansi akan melakukan adjustment stock pada program akuntansi yang mereka miliki.

Jangan hanya mengestimasi, pastikan Anda telah melakukan perhitungan fisik terhadap seluruh persediaan gudang yang ada. Jika barang-barang tersebut berada didalam kardus, cek satu per satu kardus tersebut, baik dari merk, kualitas, maupun kuantitasnya. Pastikan agar seluruh persediaan sesuai dengan kondisi dan kuantitas yang seharusnya.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.