Home / Blog / Tips Cepat Membuat Laporan Keuangan agar Mudah dalam Pengambilan Keputusan

Tips Cepat Membuat Laporan Keuangan agar Mudah dalam Pengambilan Keputusan

Laporan keuangan adalah catatan formal atas transaksi keuangan perusahaan. Pendapatan, pengeluaran, laba dan kerugian perusahaan serta nilai aset dan sahamnya dilaporkan dalam laporan keuangan tersebut. Laporan ini terdiri dari beberapa subtopik yang menggambarkan dan mendefinisikan kesehatan keuangan atau kelemahan suatu perusahaan jika hasil laporannya minus.

Agar mudah dalam membuat dan memaparkan sebuah laporan keuangan, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba:

Mulailah mempersiapkan laporan keuangan Anda dengan menyeimbangkan keuangan perusahaan Anda

Salah satu bagian penting dari laporan keuangan adalah neraca yang memberikan gambaran umum tentang apa yang dimiliki perusahaan saat ini (aset), jumlah utang (kewajiban) dan laba yang telah dihasilkan dan akan dibayarkan kepada pemegang saham (ekuitas).

Gunakan template laporan keuangan perusahaan yang telah ada

Hal ini untuk memudahkan laporan tersebut (jika belum punya, bisa mencari di internet). Pada komponen laporan keuangan ini, Anda dapat menempatkan aset di sisi kiri halaman atau di bagian atas halaman. Tunjukkan kewajiban dan kepemilikan pemegang saham di perusahaan di sisi kanan atau bagian bawah halaman.

Buat laporan pendapatan perusahaan

Pernyataan pendapatan komprehensif, juga dikenal sebagai laporan laba dan rugi, menunjukkan berapa banyak uang yang telah diperoleh perusahaan Anda dan jumlah uang yang dikeluarkan selama setahun.

Baris teratas dari pernyataan ini menunjukkan total penjualan atau pendapatan kotor. Kemudian diikuti dengan biaya untuk produk penjualan, biaya operasi (termasuk gaji dan biaya pemasaran), dan penyusutan barang yang digunakan untuk menghasilkan produk seperti alat dan mesin untuk perusahaan manufaktur.

Setelah memasukkan biaya operasi dan pengurangan penjualan, tambahkan pendapatan dari bunga yang diperoleh dari dana. Jika perusahaan Anda membayar bunga pinjaman, kurangi jumlah itu. Selanjutnya, kurangi pajak penghasilan. Jumlah yang tersisa adalah laba atau keuntungan dan kerugian aktual selama periode satu tahun.

Hitung ekuitas pemegang saham atau laba per saham (EPS)

Bagian penting lain dari laporan keuangan Anda adalah pernyataan tentang perubahan ekuitas. Untuk menentukan EPS, bagilah total laba bersih dari laporan laba rugi dengan jumlah saham yang saat ini dimiliki oleh investor.

Tutup dengan laporan arus kas

Akhiri laporan dengan perhitungan jumlah uang tunai yang dimiliki oleh perusahaan. Informasi ini dikenal sebagai laporan arus kas. Buat bagian laporan ini dengan menganalisis angka-angka yang dicatat dalam aset, kewajiban, ekuitas, dan bagian pendapatan dari laporan. Lakukan evaluasi sirkulasi uang tunai di perusahaan Anda termasuk analisis semua kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Bagaimana agar Laporan Keuangan Anda Bermanfaat dan Mudah dipahami?

Laporan keuangan yang baik akan memudahkan untuk pengambilan keputusan bagi manajemen. Oleh karena itu laporan keuangan harus memenuhi  standar berikut ini:

Gunakan sistem yang tepat. Umumnya lebih banyak perusahaan menggunakan sistem akuntansi akrual daripada sistem cash basis. Sistem akrual memudahkan untuk mencocokkan pengeluaran dengan pendapatan.

Tepat waktu. Buat batas waktu misalnya laporan keuangan dalam waktu dua minggu setiap akhir bulan harus sudah tersedia. Dalam banyak kasus, Anda dapat melakukan lebih baik daripada ini dengan bantuan sistem berbasis teknologi.

Pastikan semua informasi tersedia. Ini penting untuk dilakukan. Setiap laporan keuangan harus memiliki lampiran berisi penjelasan tentang angka yang tercatat di laporan tersebut. Cari tahu cara mendapatkan semua item signifikan yang dilaporkan secara tepat waktu setiap tutup bulan. Setiap entri tambahan masuk dalam bulan-bulan berikutnya.

Membuat laporan keuangan yang akurat, lengkap dan tepat waktu dengan beberapa tips diatas sangat berguna untuk pengambilan keputusan manajemen. Hal ini bisa memberikan panduan bagi arah perusahaan agar sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.