Home / Blog / Tingkatkan Penjualan Anda dengan Sistem Konsinyasi
tingkatkan-penjualan-anda-dengan-sistem-konsinyasi-photo

Tingkatkan Penjualan Anda dengan Sistem Konsinyasi

Dalam dunia bisnis ada banyak sekali macam-macam sistem kerjasama. Namun yang digemari pebisnis di Indonesia saat ini adalah sistem konsinyasi. Apapun barang dan bisnis Anda konsinyasi menjadi salah satu alternatif yang cukup menarik dalam mendongkrak penjualan Anda.

Disisi lain bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnisnya namun tidak memiliki cukup banyak modal untuk sewa tempat, bayar pegawai dll. Sistem konsinyasi ini menjadi pilihan terbaik. Anda hanya perlu mencari partner yang  memiliki tempat/toko untuk Anda menaruh barang disana.

Nah tapi disini Anda harus menerapkan sistem pembagian hasil yang menarik untuk rekan kerja Anda. Jika Anda tidak memberikan pembagian hasil yang menarik tentu saja tidak akan ada yang mau dititipin barang Anda. Lantas sistem pembagian hasil seperti apa yang menarik?

konsinyasi-photo

Cara pembagian Hasil Sistem Konsinyasi;

1.Penyalur (pemilik toko ) akan menjual dengan nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang ia dapat dari si pemilik barang/produk dan selisihnya menjadi laba si penyalur.

2.Atau yang ke dua pemilik barang sudah menentukan harga jualnya dan si penyalur (pemilik toko) mendapatkan presentase dari barang yang terjual, misal 10% sampai 20%.

Nah setelah sistem konsinyasi sudah jelas. Yang paling penting kemudian pencatatannya dalam kosninyasi tersebut. Karena jika tidak didukung oleh pencatatan yang baik maka takutnya nanti akan banyak barang yang hilang maupun rusak. Dan Anda juga bingung barang A ini dititipkan ke partner yang mana.

Bisa berabe bukan?

laporan-konsinyasi-photo

Yang tujuan awalnya ingin meningkatkan penjualan justru membuat Anda merugi. Hanya karena sistem pencatatan yang tidak jelas. Untuk itu Anda perlu didukung sistem pencatatan yang mudah dan akurat. Anda bisa menggunakan pencatatan sederhana yaitu excel.

Namun kendalanya tentu Anda harus input manual satu-satu kalau admin Anda tidak terlalu sibuk ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika admin Anda sibuk akhirnya jadi overload dan bisa-bisa ada beberapa yang terlewatkan tidak tercatat.

Alangkah baiknya jika Anda serahkan saja pencatatan ini kepada ahlinya yaitu software. Nah salah satu software kasir sekaligus software akuntansi yang sudah dilengkapi dengan sistem konsinyasi adalah beeaccounting.

Informasi saja bagi Anda yang belum tahu beeaccounting. Jadi beeaccounting itu adalah software akuntansi no 2 di Indonesia yang memiliki produk untuk berbagai jenis usaha mulai dari retail, bengkel, persewaan,resto, kontraktor dan masih banyak lainya.

Dengan Plug In Konsinyasi keluar ini Anda bisa ;

  • mengetahui dan mencatat barang apa saja yang sudah Anda titipkan ke customer
  • Mengetahui laporan barang apa saja yang terjual
  • Pencatatan pengembalian barang jika ada yang tidak laku

Agar Anda lebih jelas bagaimana sistem kerjanya sistem konsinyasi di beeaccounting ini. Berikut video demonya ;

1. Video Demo Input Transaksi

2. Video Demo Bentuk Laporannya Konsinyasi

Sayangnya Konsinyasi Keluar ini tidak bisa di Trial / Percobaan.

Jika Anda ingin mencobanya (Trial), lebih lanjut silahkan hubungi tim sales/marketing kami dengan cara klik disini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa berbagi ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.