Home / Blog / Ternyata Begini Manfaat Membaca Laporan Keuangan
ternyata-begini-manfaat-membaca-laporan-keuangan-image

Ternyata Begini Manfaat Membaca Laporan Keuangan

Seseorang membuka usaha biasanya didasari oleh kemampuannya dalam memproduksi barang atau jasa namun belum tentu memahami cara menganalisis laporan keuangan. Perusahaan didirikan untuk menghasilkan keuntungan dari hasil pengelolaan modal yang sudah ditanamkan.

Oleh karena itu, pengusaha harus mampu membaca laporan keuangan yang disusun oleh stafnya agar tidak terjadi kerugian akibat keteledoran pemimpin dalam menganalisis laporan keuangan.

Tujuan Membuat Laporan

Laporan keuangan disusun dengan tujuan memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, dan arus kas perusahaan. Laporan keuangan tersebut bermanfaat bagi pemimpin perusahaan untuk mengambil keputusan dan merupakan bentuk pertanggungjawaban manajemen dalam penggunaan sumberdaya yang  dipercayakan pada pihak manajemen.

Manfaat Laporan Keuangan

neraca-laba-rugi-arus-kas-photo

Neraca dan laporan laba rugi merupakan dua instrumen laporan keuangan yang membahas masalah akuntansi. Keduanya mampu memberikan gambaran kondisi keuangan perusahaan. Melalui neraca, dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan dengan mengamati saldo, pos penerimaan pembayaran,  laba perusahaan, dan penggunaan modal awal.

Gambaran tentang aset atau aktiva perusahaan dan kewajiban perusahaan dalam mengelola aset tercermin pada neraca. Aset tersebut ada yang dapat dicairkan dalam bentuk uang kas dan ada yang tidak mudah dicairkan menjadi uang (misalnya pabrik dan mesin).

Kaitan antara aset dengan kewajiban perusahaan adalah kewajiban perusahaan dalam mempertahankan aset melalui pinjaman uang atau berhutang. Kewajiban perusahaan adalah melunasi hutang tersebut baik dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang. Selisih antara aset dan kewajiban perusahan untuk melunasi hutangnya merupakan ekuitas pemegang saham.

Pemeriksaan terhadap saldo dilakukan dengan melihat apakah terdapat saldo negatif pada aset perusahaan. Saldo negatif dapat terjadi antara lain karena adanya  penjualan aset tetapi tidak dimasukkan dalam pembukuan.

Selain memeriksa saldo, pemimpin perusahaan juga harus memeriksa pos penerimaan pembayaran. Kesalahan dalam pencatatan penerimaan pembayaran juga berakibat terjadinya saldo negatif.

Keuangan perusahaan akan bermasalah apabila ada pelanggan yang melakukan pembayaran tetapi pegawai perusahaan memasukkan nilai pembayaran tersebut pada akun yang salah. Dalam hal ini, pihak pelanggan juga mengalami kerugian karena pembayarannya tidak tercatat pada sistem akuntansi yang seharusnya.

Kesalahan pegawai perusahaan dalam memasukkan uang pembayaran pelanggan juga berakibat meningkatnya pengeluaran perusahaan. Peningkatan pengeluaran tersebut berdampak pada penurunan keuntungan secara bertahap dalam waktu yang panjang.

Hal tersebut berakibat pada peningkatan rasio hutang terhadap pendapatan karena pemasukan uang tidak dialokasikan pada tempatnya. Berkaitan dengan penurunan keuntungan perusahaan tersebut, penyebabnya bukan hanya karena kesalahan pegawai dalam memasukkan pembayaran uang pelanggan tetapi ada penyebab lain yang perlu dikaji oleh pemimpin perusahaan.

Pemimpin perusahaan juga harus mengontrol pegawai yang bertugas menagih hutang pelanggan. Penagihan yang tidak dilakukan secara disiplin menyebabkan banyaknya pelanggan yang berhutang pada perusahaan. Hal tersebut berdampak buruk pada keuangan perusahaan.

Perusahaan harus mengeluarkan modal untuk membiayai produksi yang seharusnya dapat dibiayai dari pembayaran utang pelanggan. Beban keuangan perusahaan semakin berat apabila modal tersebut diperoleh dari pinjaman lembaga keuangan yang menerapkan bunga.

Laporan tentang laba atau keuntungan perusahaan menggambarkan performa perusahaan dalam meraih keuntungan. Laporan tersebut dibuat secara periodik, paling tidak setiap satu tahun.

Besarnya pendapatan perusahaan, beban perusahaan, dan laba bersih perusahaan selama periode tertentu merupakan substansi yang terdapat pada laporan laba rugi yang merupakan salah satu unsur laporan keuangan.

Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa pemimpin perusahaan tidak bisa  hanya mampu memproduksi barang atau jasa. Pemimpin juga harus mampu menganalisis laporan keuangan yang disusun pegawainya.

Semoga artikel ini bermafaat untuk Anda. Jangan lupa share ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatknya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.