Home / Blog / Teknik Tepat Menekan Biaya Operasional Perusahaan

Teknik Tepat Menekan Biaya Operasional Perusahaan

Berbagai cara akan dilakukan oleh perusahaan agar dapat menekan sekecil mungkin biaya operasionalnya. Semakin besar sebuah perusahaan, maka akan semakin besar pula beban biaya operasional yang harus dikeluarkan agar perusahaan mampu tetap bertahan dan berjalan. Namun sayangnya, biaya operasional seperti ini terkadang sama sekali tidak sebanding dengan pemasukan yang didapatkan.

Banyak faktor yang membuat pengeluaran perusahaan membengkak, seperti biaya produksi, operasional, distribusi atau biaya pemasaran. Biaya operasional yang tinggi tapi tidak diimbangi dengan pemasukan yang besar misalnya, akan berdampak pada kerugian. Perlu sebuah kebijakan yang masuk akal untuk menekan pengeluaran perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan memotong gaji karyawan karena alasan merugi. Berikut adalah Cara Cerdas Menekan Biaya Operasional.

Memangkas sekecil mungkin anggaran-anggaran untuk rapat

Biasanya, untuk membahas tentang berbagai permasalahan perusahaan atau untuk mengatur rencana perusahaan untuk ke depannya, Anda harus mengagendakan meeting dengan masing-masing kepala divisi di hotel berbintang. Tujuannya adalah agar para peserta rapat dapat lebih fokus dan menjadi kreatif dalam mencari jalan keluar terbaik dari permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Suasana di hotel berbintang memang sudah sangat mendukung untuk meeting, namun Anda juga harus memperhatikan dana operasionalnya. Harga sewa ruangan di hotel berbintang tentu saja tidak murah sehingga apabila memang tidak benar-benar mendesak, sebaiknya lakukan saja meeting di tempat lain dengan budged yang lebih murah namun tidak kalah kondusifnya dengan suasana rapat di hotel berbintang.

Mengurangi Frekuensi Pelatihan Bagi Karyawan

Memang benar, untuk dapat meningkatkan skill dan kualitas karyawan, biasanya perusahaan akan mengadakan pelatihan khusus dengan cara mendatangkan mentor-mentor professional dari luar lingkungan perusahaan. Hal itu juga bisa saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi ditambah dengan hasil yang belum tentu memuaskan apabila seluruh karyawan tidak mengikutinya dengan bersungguh-sungguh. Daripada hanya membuang-buang uang untuk hal-hal yang belum tentu berkualitas, alangkah lebih baiknya jika mengadakan pelatihan dengan meminta karyawan Anda yang lebih kompeten atau dari jajaran direksi untuk mengisi pelatihan karyawan tersebut secara internal.

Mengurangi jumlah konsultan atau kontraktor

Jika Anda memiliki beberapa konsultan atau kontraktor yang merupakan outsource, Anda perlu mengkaji ulang peran mereka untuk kemajuan perusahaan Anda. Seberapa pentingkah peran mereka dan seberapa besar dampak yang diakibatkan apabila jumlah mereka dikurangi atau bahkan ditiadakan?

Diskusikan dengan karyawan yang kompeten. Ingat, setiap keputusan pasti memberi Anda resiko, sekarang tergatung bagaimana Anda mengolah resiko tersebut agar tidak menimbulkan dampak negatif yang besar. Lantas siapa yang dapat menggantikan pekerjaan karyawan outsource tersebut? Karyawan Anda.

Atur beban kerja karyawan Anda dan berikan tanggung jawab kepada karyawan yang berkompeten tetapi beban kerjanya masih kurang. Jika Anda mampu melakukan pendekatan yang sesuai, karyawan Anda akan merasa bangga karena dipercaya mengemban tanggung jawab yang lebih.

Mengevaluasi penggunaan fasilitas kendaraan perusahaan.

Semakin sering kendaraan perusahaan digunakan untuk keluar, maka biaya yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar juga akan menjadi semakin besar, bukan? Tanyakan kepada supir yang mengantarkan karyawan dinas keluar dengan mobil perusahaan, ke mana dan kapan mereka harus pergi. Pastikan juga bahwa karyawan pergi ke tempat yang memang ditunjuk oleh perusahaan, tidak sampai mampir ke sana kemari di luar jam kerja. Selain akan sangat memboroskan jam kerja, bahan bakar yang digunakanpun juga tentu saja akan semakin banyak. Hal ini sangat berpotensi untuk menyebabkan biaya operasional perusahaan akan smakin membengkak, oleh karena itu awasi dengan seksama penggunaan kendaraan perusahaan.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.