Home / Blog / Teknik Memenangkan Persaingan Bisnis Kuliner

Teknik Memenangkan Persaingan Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner dapat bertahan dari persaingan ketat bahkan bertahan dari para pemain besar sekalipun, jika merumuskan rencana pemasaran yang unik. Kita harus tahu ceruk pasarnya, mampu mamilih target pelanggan, dan memahami tingkat pesaing dengan sangat baik. Bisnis kuliner sangat kompetitif karena Anda harus bisa mengarahkan pelanggan untuk makan dan menikmati di tempat Anda lebih dari yang mereka lakukan di tempat lain. Jika Anda tidak dapat menarik perhatian mereka, kemungkinan usaha kuliner Anda akan tutup. Sebagian besar bisnis kuliner tutup karena gagal menarik minat orang untuk mencoba dan menjadi pelanggan tetapnya.

Beberapa survei telah menemukan bahwa tingkat kegagalan dalam industri kuliner sebenarnya sangat tinggi. Menurut survei majalah Restoran Startup, 23% dari restoran gagal pada tahun pertama di Dallas, sebuah kota besar di Amerika Serikat di negara bagian Texas. Tetapi penelitian ini juga menunjukkan bahwa jika bisnis kuliner tersebut bertahan pada tahun pertama, maka hanya 14% dan 7% bisnis kuliner yang tutup pada tahun kedua dan ketiga.

Yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan usaha kuliner secara efektif adalah menghindari kesalahan yang dibuat orang lain. Sebagai contoh, banyak pengusaha gagal membuka bisnis kuliner tanpa riset pasar dan pelanggan yang tepat. Berikut Teknik Penting Untuk Memenangkan Bisnis Kuliner yang Bisa Anda Coba

1. Sewa Koki yang Bagus Dan Ketahui Konsep Usaha Kuliner Anda

Pastikan bahwa Anda menyewa seorang koki yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyiapkan hidangan untuk kepuasan pelanggan, jika bisnis Anda dalam bentuk restoran. Koki seperti bintang. Orang pergi ke restoran tertentu karena memiliki jasa koki yang memiliki reputasi untuk menyiapkan hidangan unik yang nyaman di lidah pelanggan. Lokasi restoran Anda juga penting dalam menentukan keberhasilan bisnis Anda. Kunjungi banyak tempat dan lakukan riset untuk mengetahui lokasi mana yang akan penting untuk usaha kuliner Anda. Pastikan restoran Anda berada di area sibuk yang memiliki tempat parkir.

2. Simpan Dana Yang Memadai Sebagai Cadangan

Kemerosotan tiba-tiba dalam bisnis sering tak tertahankan bagi pemilik bisnis kuliner pemula. Jika tak siap dana cadangan, usaha Anda bisa ikut mati seketika. Sebagian besar pebisnis kuliner mulai menyiapkan dana cadangan di musim off ketika pelanggan sepi. Langkah bijak untuk menghadapi situasi uang ketat seperti ini adalah merencanakan pengeluaran modal Anda selama beberapa bulan ke depan.

Umumnya, pemilik usaha kuliner baru membutuhkan waktu sekitar delapan hingga sembilan bulan sebelum mencapai titik impas. Sisihkan cukup uang sampai periode itu berakhir. Selain itu, Anda perlu uang tambahan dalam 1-3 bulan lagi karena dalam masa krisis mungkin akan menghabiskan semua uang anggaran Anda dengan cepat.

3. Gunakan Media Sosial

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pelanggan potensial Anda ada di situs sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi, buat halaman media sosial yang berguna untuk bisnis Anda.

Kemudian, mulailah memposting konten yang relevan untuk memberikan detail dan perkembangan baru yang relevan dengan bisnis kuliner Anda. Pastikan Anda mengirim tweet secara teratur setiap hari. Tujuan di sini adalah untuk melibatkan orang-orang dengan layanan dan bisnis kuliner Anda.

4. Lakukan Promosi Agresif

Promosi agresif bisnis kuliner baru Anda sangat penting untuk mendapatkan pengakuan produk di antara orang-orang. Mereka akan segera mengetahui tentang restoran baru di wilayah mereka. Tidak butuh dana besar yang terlibat untuk publisitas. Yang perlu Anda lakukan adalah mengadopsi beberapa cara pemasaran yang hemat biaya.

5. Menjangkau Blogger Makanan Lokal dan Influencer

Salah satu strategi pemasaran terbesar saat ini adalah memanfaatkan jaringan bisnis lain. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda dapat memanfaatkan jaringan blogger makanan lokal dan influencer dengan terhubung dengan mereka dan membuat mereka berbagi konten yang terkait dengan usaha kuliner Anda. Anda dapat memberi mereka insentif seperti makanan gratis untuk membuat mereka mempopulerkan produk Anda di antara jaringan mereka.

6. Dapatkan Aplikasi Makanan Terdaftar

Beberapa aplikasi makanan bermunculan selama bertahun-tahun karena banyaknya permintaan dari konsumen seperti Go Food misalnya. Konsumen tidak lagi harus melalui direktori yang membosankan atau menjelajahi web selama beberapa menit untuk menemukan tempat makan yang cocok.

Yang harus mereka lakukan hari ini adalah menginstal aplikasi makanan yang mengarahkan mereka ke restoran terdekat. Manfaatkan gelombang teknologi seluler ini dengan cara bermitra dengan aplikasi makanan untuk memastikan bisnis kuliner Anda terdaftar. Menjadi terdaftar di aplikasi makanan ini memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pelanggan potensial.

Jika dijalankan dengan disiplin, strategi diatas bisa membantu Anda memenangkan persaingan dalam bisnis kuliner Anda nantinya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.