Home / Blog / Tata Cara Melakukan Proses Audit yang Wajib Anda Lakukan

Tata Cara Melakukan Proses Audit yang Wajib Anda Lakukan

Laporan keuangan membutuhkan audit untuk mengetahui kondisi perusahaannya. Laporan keuangan yang diaudit akan memberikan informasi apakah laporan keuangan wajar dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.  Audit merupakan bentuk akuntabilitas perusahaan kepada para pihak-pihak yang berkepentingan.

Audit sendiri adalah suatu proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti tentang informasi yang dapat diukur mengenai suatu entitas ekonomi dan dilakukan seorang yang kompeten dan independen agar dapat menentukan dan juga melaporkan kesesuaian informasi tesebut dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Sederhananya audit merupakan perbandingan antara kondisi yang terjadi dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Berikut adalah Tata Cara Melakukan Proses Audit yang Wajib Anda Lakukan.

Perencanaan

Rencanakan proses audit di perusahaan Anda dengan mempertimbangkan resiko bawaan.kan resiko bawaan. Pada tahap perencanaan audit di perusahaan Anda, auditor yang di tugaskan harus mempetimbangkan risiko bawaan (inherent risk) suatu risiko salah saji yang melekat dalam saldo akun atau asersi tentang saldo akun.

Selain itu Anda juga harus mengembangkan strategi audit awal terhadap asersi signifikan. Untuk mengurangi risiko audit ke tingkat yang rendah sehingga dalam semua hal yang material, laporan keuangan disajikan secara wajar. Untuk itu diperlukan pengumpulan dan evaluasi bukti tentang asersi yang terkandung dalam laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen.

Anda juga harus mempertimbangkan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap saldo awal, jika perikatan merupakan audit tahun pertama. Saldo awal mencerminkan penerapan kebijakan akuntansi yang semestinya dan bahwa kebijakan tersebut diterapkan secara konsisten dalam laporan keuangan tahun berjalan di perusahaan Anda. Apabila terjadi perubahan kebijakan akuntansi dan atau penerapannya, maka auditor harus memperoleh kepastian bahwa perubahan tersebut memang semestinya dilakukan dan dapat dipertanggung jawabkan. Jangan lupa mengkaji informasi yang berhubungan dengan kewajiban – kewajiban legal di perusahaan Anda.

Pengujian Informasi

Lakukan pengujian semua informasi dan data yang diperoleh di lapangan, lalu dianalisa. Dengan begitu kecurangan-kecurangan dapat dihindari dan hasil pengujian data dan informasi bersifat objektif dan tepat sasaran. Lakukan pula pemetaan yang mungkin muncul dari proses tersebut.

Mendapatkan Hasil

Periksa resiko material dari perusahaan Anda. Agar Anda dapat melihat jika ada kesalahan dari laporan keuangan dan mungkin kerugian di perusahaan Anda. Lakukan klarifikasi ulang. Sesuaikan tim audit dengan besarnya perusahaan Anda. Semakin besar perusahaan semakin membutuhkan tim yang besar pula agar proses Audit effisien.

Menyusun Hasil Evaluasi

Susun hasil evaluasi berupa laporan. Proses Audit memang sedikit rumit seperti menyewa auditor atau membentuk tim khusus auditor, namun Anda dapat menghindari oknum-oknum yang nakal dan jahil yang mencoba mengganggu keuangan perusahaan Anda.

Tujuan audit laporan keuangan adalah agar Anda dapat menilai kewajaran atau kelayakan penyajian laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan Anda. Kelayakan dan kewajaran mengacu pada prinsip akuntansi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion) apabila laporan keuangan perusahaan Anda disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion) apabila laporan keuangan perusahaan Anda dapat diandalkan tetapi masih ada beberapa masalah atau pos yang dikecualikan agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Tidak Wajar (Adversed) apabila laporan keuangan perusahaan Anda tidak disajikan sesuai dengan standar akuntansi atau ada kesalahan material dalam laporan keuangan tersebut. Tidak Memberikan Pendapatan (Disclaimer) apabila laporan keuangan perusahaan Anda memiliki kesalahan yang material dan manajemen membatasi lingkup pemeriksaan sehingga auditor tidak menemukan bukti yang cukup.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.