Home / Blog / Strategi Sederhana Pemasaran Bisnis Salon dan Barbershop

Strategi Sederhana Pemasaran Bisnis Salon dan Barbershop

Saat ini salon kecantikan berkembang pesat, begitu juga dengan barbershop atau tukang potong rambut, laris manis bak kacang goreng. Perhatikan saat akhir pekan, antrian pengguna jasa salon kecantikan dan barbershop mengular. ndustri bisnis seperti perawatan dan kecantikan tubuh di Indonesia merupakan salah satu usaha yang cukup memiliki prospek yang cukup bagus.

Barbershop atau salon merupakan contoh dari bisnis yang meramaikan industri ini. Meski terlihat sederhana, ternyata bisnis ini pun cukup mendatangkan keuntungan yang lumayan. Ini karena, banyak orang baik pria walaupun wanita sadar akan penampilan diri dan ingin terlihat bergaya. Berikut adalah Strategi Sederhana Pemasaran Bisnis Salon dan Barbershop.

Pikirkan Apa yang Pelanggan Inginkan dan Butuhkan

Kita tahu bahwa pelanggan yang datang ke barbershop atau salon adalah orang yang ingin mendapatkan pelayanan nomor satu dan hasil yang memuaskan. Tetapi, Anda juga harus bisa mengetahui hal lainnya yang pelanggan inginkan dan butuhkan hingga hal-hal terkecil.

Misalnya saja dengan menyajikan hiburan kecil seperti majalah ataupun TV di ruang tunggu sehingga mereka tidak akan bosan. Tanyakan kepada mereka majalah atau stasiun TV apa yang mereka ingin lihat.

Pelayanan yang ramah adalah kunci sukses dalam berbisnis, misalnya saja dengan mengajak pelanggan berbicara. Meski begitu, tidak semua pelanggan sama. Beberapa mungkin datang dengan harapan untuk melepas penat dari aktivitas sehingga hal terakhir yang mereka butuhkan adalah ketenangan. Oleh karena itu, ada baiknya jika karyawan Anda bertanya terlebih dahulu kepada pelanggan.

Memanfaatkan Media Sosial 

Potensi ini sudah dimanfaatkan oleh banyak salon kecantikan. Terbukti dengan banyaknya salon kecantikan yang menggunakan Google Ads untuk mengiklankan usahanya. Website mereka juga dikelola dengan profesional. Hal ini wajar, sebab pengguna dan calon pelanggan mereka adalah para generasi milenial yang tidak lepas dari gadget dan internet.

Mereka berduit dan memperhatikan penampilan, so mau tidak mau salon kecantikan pun harus menyesuaikan dengan target pasarnya, bila tidak mau ditinggalkan. Jadi jelaslah bahwa dengan beberapa faktor tersebut di atas sangat membantu pengembangan usaha salon kecantikan dan barbershop. Dengan mengoptimalkan konsep marketing mix yang tepat, bukan suatu kemustahilan bila usaha salon kecantikan dan barbershop bisa berkembang pesat.

Kenali dan Jalin Hubungan dengan Komunitas yang Ada

Dalam berbisnis, peran komunitas cukup berpengaruh terhadap jalannya usaha. Oleh karena itu, kenali komunitas-komunitas lokal yang ada dan coba jalin hubungan dengan mereka untuk kerja sama yang menguntungkan. Misalnya saja, dengan menghadirkan kelas khusus/workshop di dalam komunitas tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan komunitas untuk mengiklankan bisnis dengan meninggalkan kartu nama atau brosur.

Gunakan Perangkat Modern

Cara-cara tradisional biasanya dianggap lebih baik. Meski begitu, menghadirkan sesuatu yang modern juga tidak merugikan bisnis ini. Mengadopsi teknologi modern di barbeshop atau salon dapat memberikan kesan kepada pelanggan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan mengikuti perkembangan zaman dan tidak kalah dengan kompetitor di luar.

Perangkat modern tidak hanya berupa alat-alat yang digunakan untuk melayani pelanggan saja, aplikasi Akuntansi Beeaccounting sebagai contohnya. Aplikasi kasir ini tidak hanya membantu Anda memaksimalkan aktivitas transaksi atau operasional bisnis tetapi juga administratif seperti mencatat laporan penjualan hingga mengatur inventaris. Tidak hanya itu, analisa bisnis yang dihadirkan padaBeeaccounting dapat membantu Anda dalam menentukan strategi dan keputusan bisnis selanjutnya.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.