Home / Blog / Strategi Pajak Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perkembangan Bisnis

Strategi Pajak Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perkembangan Bisnis

Pajak merupakan komponen penting yang haru dipertimbangkan dalam menjalankan usaha. Besaran pajak, bisa jadi masuk dalam perhitungan komponen harga jual sebuah produk atau jasa sehingga memahami komponen pajak dan aturan yang ada didalamnya merupakan hal penting. Jika tidak, produk Anda bisa jadi tidak kompetitif di pasar atau bahkan malah rugi karena salah perhitungan.

Dengan memahami perhitunagn dan aturan pajak, maka Anda akan bisa membuat strategi pajak yang bisa bermanfaat bagi usaha Anda. Strategi ini tentu saja yang legal, bukan “mengakali” pajak usaha Anda. Ada banyak strategi yang bisa dijalankan, mulai dari sederhana hingga yang butuh kejelian tingkat tinggi. Ujung dari semuanya adalah melakukan penghematan pajak. Berikut ini strategi yang bisa Anda coba:

Strategi Penghematan Pajak (Tax Saving)

Strategi ini dilakukan dengan cara pemilihan pengenaan pajak dengan tarif yang lebih rendah. Ambil contoh saja, Penghasilan Kena Pajak usaha Anda diatas Rp100 juta, maka Anda dapat mengganti tunjangan barang, seperti sembako, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya untuk karyawan Anda menjadi tunjangan dalam bentuk uang. Dengan cara ini pajak Anda bisa di hemat antara 5% -25%.

Strategi Penghindaran Pajak (Tax Avoidance)

Strategi ini dilakukan dengan cara menghindari pengenaan pajak melalui transaksi yang bukan merupakan pajak objek. Cocok bagi usaha yang sedang turun misalnya saja usaha Anda masih rugi maka Anda dapat mengubah tunjangan perusahaan yang sebelumnya berbentuk uang menjadi penyedia natura yang merupakan obyek pajak PPh Pasal 21.

Taat Pajak, Hindari Pelanggaran

Setiap pelanggaran aturan pajak Anda bisa kena sanksi yang meliputi administrasi, denda, bunga, atau kenaikan pajak. Strategi ini biasanya banyak dilakukan untuk kasus mengganti pembayaran pajak dengan pembayaran PPN dengan cara mengembalikan faktur pajak hingga batas waktu yang ditentukan.

Strategi Memanfaatkan Kredit Pajak

Jika bisa diangsur, maka pembayaran apapun akan diangsur, begitulah prinsip pengusaha. Karena bagi pengusaha, cash is the king, arus kas itu penting. Pajak ternyata juga bisa dicicil seperti PPh Pasal 22 atas pembelian barang luar negeri dan pajak luar negeri atas pejalanan dinas pegawai. Memanfaatkan hal ini bisa membantu Anda untuk meringankan pembayaran pajak perusahaan.

Lakukan Skala Prioritas untuk Keseimbangan Pajak

Pajak merupakan komponen biaya rutin yang perlu dibuatkan skala prioritas. Perencanaan pajak yang tepat misalnya saja bisa diambil contoh di mana orang perlu membayar pajak dengan uang tunai, saat melakukan pembayaran atau dengan kata lain mereka juga harus menambahkan uang yang sudah dibayar. Jika ini dijadikan skala prioritas dalam transaksi bisnis Anda maka pendapatan akan meningkatkan posisi pajak tahunan bisnis Anda.

Strategi dalam Bentuk Tabungan Biaya Pensiun

Menyusun rencana pensiun selain baik untuk masa depan karyawan perusahaan Anda ternyata juga menguntungan dari sisi ketentuan penangguhan pajak untuk memaksimalkan simapanan pajak saat ini dan simpanan gaji di masa datang. Karena tabungan pensiun merupakan rencana keuangan jangka panjang dan cukup rumit perhitungannya, maka Anda harus mengkonsolidasikan langsung dengan ahli yang dapat membantu Anda menyeimbangkan keuangan pribadi dan bisnis Anda sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Cara Efektif Meningkatkan Bisnis Kecil Menjadi Skala Besar

Strategi diatas bukan untuk saling membandingkan dan juga bukan untuk diterapkan di semua usaha secara bersamaan. Anda bisa pelajari dan mencoba di bagian yang mana dari usaha Anda, strategi tersebut bisa bisa diterapkan.  Pastikan laporan keuangan Anda juga rapi dan tertib karena tidak ada strategi yang tepat jika tidak didasarkan atas laporan keuangan. Laporan keuangan akurat, penting untuk dijadikan landasan strategi yang akan dijalankan yang sesuai dengan kemampuan bisnis Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.