Home / Blog / Strategi Menentukan/Menetapkan Harga Jual Produk Jasa yang Pas

Strategi Menentukan/Menetapkan Harga Jual Produk Jasa yang Pas

Ribet mikirin harga jual?

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam dunia perdagangan ada yang namanya harga jual. Harga jual disini memiliki peran penting bagi sebuah dagangan.

Harga jual adalah besarnya harga yang akan dibebankan kepada konsumen yang diperoleh atau dihitung dari biaya produski ditambah biaya nonproduksi dan laba yang diharapkan.

Dalam penentuan harga jual, harus dilakukan kebijakan dengan baik agar tidak salah perhitungan. Perlu beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan agar bisa menemukan suatu harga jual yang pas bagi perusahaan.

Kenapa menghitung Harga Jual itu Penting?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa harga jual merupakan besarnya harga yang dibebankan kepada konsumen atau yang biasa disebut dengan customer. Supaya customer bisa menerima harga jual yang kita tentukan, maka dari itu penting sekali menghitung harga jual yang tepat bagi perusahaan.

Harga kemahalan customer sedikit yang mau beli, harga kemurahan profit mepet bikin sakit hati..

Menentukan harga jual yang tepat akan turut mempengaruhi roda keseimbangan usaha Anda. Bisa saja Anda akan terlibat suatu kesalahan bila sembarangan menentukan harga jual, salah satunya:

  • Produk tidak laku, kalah sama kompetitor
  • Perusahaan merugi, karena harga terlalu murah hingga tidak bisa menutup biaya-biaya yang dibutuhkan perusahaan.

“Rahasianya, Bagaimana Menentukan Harga Jual yang Optimum untuk Memaksimalkan Profit. Sweet Spotnya adalah Harga dimana Customer masih Mau bayar tanpa mencederai Volume, sehingga Bisnis kita mendapatkan Profit yang Maximal”

Komponen Penentu Harga Jual

Sebelum menentukan harga jual yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dalam membentuk harga jual, tentu saja ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Adapun beberapa komponen penentu dari harga jual adalah sebagai berikut:

  • Material/bahan
    Meliputi beberapa biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan material dan juga bahan untuk membuat suatu produk yang akan dijual ke konsumen.
  • Biaya langsung: BTKL, Ongkir
    Biaya langsung ini adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa untuk memperoleh bahan-bahan yang akan dijadikan produk yang dijual ke konsumen. Biasanya biaya ini meliputi BTKL (Biaya tenaga kerja langsung), ongkir dan lain-lain.
  • Overhead mesin
    Adalah biaya yang dikeluarkan untuk membayar mesin yang digunakan untuk memperoleh produk yang dijual.
  • Biaya Marketing
  • Profit Retail
  • Retur Allowance

Bagaimana cara menentukan harga jual yang tepat?

Dalam menentukan harga jual yang tepat, terdapat beberapa faktor dan pertimbangan yang tepat. Berikut beberapa pertimbangan dalam menentukan Harga Jual:

1. Komponen HPP.
merupakan biaya langsung yang terkait dalam rangka bisnis kita menghasilkan produk atau jasa yang dijual kepada customer.

Komponen untuk Menghitung Hpp:

  • Persediaan Awal Barang dagang
  • Persediaan Akhir Barang Dagangan
  • Pembelian bersih

2. Kompetitor.
Ada baiknya bagi sebuah perusahaan untuk melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk yang ditetapkan oleh kompetitor yang ada di pasaran.

Setelah mengetahui harga jual para pesaing tersebut, kita bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para kompetitor atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit namun perlu mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik.

Namun bisa juga memilih harga jual produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang rendah dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing lain hingga menarik perhatian konsumen.

3. Sensitivitas.
Perlu juga sebagai pemilik produk kita harus memikirkan sensitivitas dari produk yang akan dijual. Maksudnya adalah menganalisa atau mengukur kelayakan produk yang akan dijual.

4. Kapasitas Konsumen.
Perusahaan juga harus mengetahui tipe konsumen yang nantinya akan menjadi pelanggan perusahaan itu sendiri. Yang paling penting adalah pembagian konsumen dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen yang sesuai dengan kelas mereka masing masing

5. USP (Unique Selling Proposition).
USP adalah hal yang membedakan produk Anda dari para pesaing lainnya, apa saja hal yang menjadikan produk Anda spesial. Anda harus bisa menemukan keunikan dan kelebihan dari produk yang Anda jual. Jadinya, Anda akan semakin mudah menentukan harga jual.

Cara Cepat & Mudah Menemukan Harga Jual yang Tepat Menggunakan Beeaccounting..

Setelah membaca beberapa paragraf diatas dan sudah memperhatikan beberapa faktor dan pertimbangan sebelum menentukan harga jual, tentu sudah saatnya Anda sekarang mulai menentukan harga jual untuk produk Anda.

Disini kami akan bisikin cara cepat dan mudah menemukan harga jual yang tepat menggunakan software Beeaccounting.

Beeaccounting merupakan software yang terintegrasi dan mudah digunakan bagi Anda yang awam masalah akuntansi, masalah bisnis, keuangan, dan lainnya.

Dengan sooftware ini Anda dengan sangat mudah menemukan harga pokok penjualan dan juga harga jual yang tepat dan menguntungkan.

Dengan fitur Bulk Harga Jual, secara otomatis harga jual seluruh produk Anda akan tersetting bertambah margin yang Anda tentukan sendiri dari Hpp produk Anda.

Jadi semisal salah satu produk Anda memiliki Hpp 10rb, dan Anda menginginkan margin 10% dari hpp, maka fitur ini akan otomatis mensetting harga jual produk Anda menjadi 11rb..

Menarik Bukan??

Apalagi yang bisa dilakukan Beeaccounting?? BANYAK..!!

Anda bisa juga setting harga jual dengan level harga. Jadi bila bisnis Anda memiliki level harga lebih dari satu, maka Anda tidak lagi ribet menghitung satu per satu harga produk Anda apalagi dengan level harga.

Tinggal tentukan margin yang Anda inginkan, dengan 1x klik maka akan otomatis tersetting semua harga jual yang sesuai dengan keinginan Anda.

Yuk dicoba softwarenya 🙂

DOWNLOAD DISINI SOFTWARENYA..

Atau Anda ingin di demokan Tim kami? silahkan klik disini…

Sekian Artikel dari saya, semoga bermanfaat 🙂

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.