Home / Blog / Stock Opname Tanpa Lembur
STOCK OPNAME TANPA HARUS LEMBUR
STOCK OPNAME TANPA HARUS LEMBUR

Stock Opname Tanpa Lembur

Stock opname adalah proses mendata fisik barang dengan cara mencocokan dengan stock pada system. Proses stock opname ini melibatkan lokasi, rak, lot, gudang , serta barang dan jumlahnya. Data yang diperoleh dari stock opname dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada barang yang hilang, rusak, dan tidak tercatat pada system selama proses transaksi pada periode tersebut.

Seberapa penting stock opname bagi bisnis Anda?

Jawabannya Sangat Penting. Stock opname yang dilakukan secara periodik dan teratur. Membuat Anda menjadi mengetahui arus keluarnya barang. Dan Anda dapat mengetahui apakah ada barang yang hilang atau tidak tercatat selama proses transaksi, sehingga bisa diambil tindakan terkait dengan temuan yang ada.

Manfaat lain dari stock opname adalah dapat mengetahui kondisi persediaan barang Anda secara riil. Kondisi persediaan barang yang ada itu baik atau rusak.

Selain itu semua, dengan melakukan stock opname Anda bisa mengetahui nilai nominal atau nilai rupiah dari persediaan barang yang ada. Informasi nilai rupiah ini dibutuhkan untuk menghitung berapa Harga Pokok Penjualan (HPP) selama periode tersebut.

Masalah klasik yang sering ditemui dalam melakukan stock opname adalah banyaknya item barang yang harus didata dan dihitung. Oleh karena Itu Anda perlu mengatur periode stock opname, mau harian, mingguan atau bulanan. Agar dalam melaksanakan stock opname tidak mengganggu kegiatan operasional.

Untuk medapatkan hasil yang maksimal pada saat melakukan stock opname Anda harus melakukan hal-hal seperti berikut;

1. Pada saat proses stock opname tidak boleh ada barang yang keluar atau masuk karena ini akan sangat menghambat proses stock opname.

2. Perhitungan dilakukan oleh pihak independen (pihak yang tidak ada kaitanya dengan barang yang akan dihitung) agar tidak ada kecurangan.

3. Untuk mendapatkan penghitungan akurasi yang tinggi, sebaiknya satu jenis barang yang dihitung oleh dua orang / kelompok dalan waktu yang tidak bersamaan.

4. Menggunakan aplikasi atau hardware yang dapat membantu stock opname. Seperti scanner stock opname atau yang lebih dikenal PDT (Portable Data Terminal ) dan PDA, Agar stock opname bisa dilakukan oleh satu orang. Lebih efisien dalam waktu dan SDA.

Selain itu menggunakan bantuan PDT/ PDA  perlu mencatat di kertas lalu diinputkan ke system. Namun Anda hanya perlu singkronisasi data pada saat stock opname sudah selesai dilakukan.

Jika Anda mengalami kendala pada saat stock opname silahkan coment. Dan saya akan mencoba memberikan tips atas permasalahan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator