Home / Blog / Software Akuntansi: Solusi tepat untuk kontrol stok secara akurat

Software Akuntansi: Solusi tepat untuk kontrol stok secara akurat

Sering saya ditanya kolega bisnis tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengimplementasi software akuntansi keuangan, dan saya balik bertanya apa yang menjadi problem utama di perusahaannya saat ini. Apakah di bagian Keuangan yang bertugas menghasilkan laporan keuangan akuntansi; Gudang yang bertanggung jawab menghandle persediaan/stok barang; SDM yang bertugas meningkatkan kualitas dan produktifitas karyawan atau marketing yang bertugas menjual barang atau mendapatkan order.

Maka salah satu jawaban yang paling sering saya terima adalah “problem yang terjadi di bagian gudang” yang sangat berkaitan erat dengan pengelolaan persediaan barang di suatu perusahaan. Hal ini sudah jamak terjadi dalam dunia bisnis khususnya yang bergerak di perdagangan bahwa perputaran stok adalah salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis, karena semakin besar perputaran barang yang bisa dilakukan berarti seiring pula dengan semakin besarnya omzet perusahaan. Sementara dengan perputaran barang yang kecil/rendah maka omzet juga akan turun dan modal yang berhenti dalam bentuk barang cukup besar.

Perlu diketahui bahwa 4 (empat) problem utama yang terjadi di gudang persediaan barang khususnya yang belum menerapkan software akuntansi keuangan sehingga berpotensi merugikan perusahaan adalah:

  1. Penyusutan jumlah persediaan barang, yang disebabkan diantaranya oleh kehilangan, barang rusak atau habis masa kadaluwarsa

  2. Stok mati, yaitu jumlah persediaan barang yang ngendon di gudang dan tidak laku dijual, hal ini bisa disebabkan dua hal yaitu: pertama, barang yang distok memang barang yang tidak diminati konsumen (salah pilih barang); kedua, barang tersebut termasuk laku keras hanya saja stok dilakukan di musim yang salah yaitu saat low season (misal: baju muslim anak, musim ramai untuk komoditi ini hanya 4 bulan dalam setahun yaitu 4 bulan menjelang hari raya idul fitri)

  3. Stok berlebih, yaitu persediaan barang yang berlebihan karena ketidakmampuan system di gudang memprediksi tren permintaan pasar dan memprediksi jumlah stok yang seharusnya disediakan

  4. Data persediaan tidak akurat, sering terjadi penyesuaian saldo dan proses penghitungan yang lama, berulang-ulang dan tidak efisien

Padahal kondisi ideal pengelolaan gudang yang paling tepat adalah barang seminimal mungkin berada di gudang, dan sesegera mungkin barang tersebut sudah harus laku dan dikirim ke kastemer, atau biasa disebut just in time.

“Jadi, software akuntansi keuangan bisa menyelesaikan masalah diatas? Ya, dan harus bisa!” dengan tegas saya sampaikan hal ini karena dengan meng-implementasi software akuntansi sederhana saja yang mencatat barang masuk, barang keluar, nomer PO, data order, pengurangan stok secara otomatis setidaknya masalah no 4 sudah bisa terselesaikan karena stok secara riil time akan bertambah dan berkurang dan saldo persediaan barang akan dihitung saat itu juga.

Selanjutnya untuk memecahkan masalah no 1, 2 dan 3 itulah yang dibutuhkan software aplikasi akuntansi yang berskala lebih luas atau terintegrasi. Khususnya untuk poin nomer 3 pebisnis akan mendapatkan usulan data stok yang tepat untuk periode waktu tersebut atau setidaknya program akuntansi menyediakan komparasi data penjualan pada periode waktu tertentu yang dibandingkan dengan jumlah persediaan barangnya di waktu yang sama, sehingga keluar berapa jumlah persediaan barang yang seharusnya disediakan. Belum lagi kalau mengambil contoh kasus baju muslim anak yang memiliki ukuran 1, 2, 3, 4 s/d 14 dimana ini identik dengan usia anak. Maka ternyata untuk usia 1 sampai dengan 14 yang lebih laku keras adalah usia 4 s/d 8 tahun, dan untuk anak jenis kelamin perempuan model gamis/abaya itu lebih laku tahun ini dibandingkan model stelan rok maupun stelan celana.

Inti yang ingin saya sampaikan, bahwa data statistik dalam sebuah perusahaan sangat penting sekali artinya karena ini menjadi dashboard bisnis perusahaan Anda dalam mengambil keputusan strategis. Jadi bila perusahaan Anda sudah besar dan belum menggunakan software accounting maka sebaiknya segeralah memulai, adapun untuk skala bisnis UKM juga tidak menjadi alasan untuk menunda memulai implementasi accounting software sesegera mungkin, karena software akuntansi Indonesia yang gratis pun sudah banyak dijumpai, selamat berbisnis dan salam sukses mulia!

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About david

Passion pada dua bidang IT dan Bisnis mengilhami David dan team untuk menciptakan Beeaccounting. Memiliki Visi membantu 1jt bisnis di Indonesia untuk lebih profitable melalui sistemasi bisnis berbasis IT.

One comment

  1. Sore mas mohon info lanjut…
    Bisa dpt no Hp nya agar bisa komunikasi tanya jawab
    Tq sebelumnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.