Home / Blog / Sistem Sales Take Order Distributor

Sistem Sales Take Order Distributor

Bila Anda pelaku bisnis distributor, pasti sudah sering sekali melakukan kegiatan yang dilakukan oleh Sales take order.

Apa saja sih kegiatan yang dilakukan sales take order?

Seperti artinya taking adalah mengambil, sedangkan order adalah pesanan. Kegiatan yang dilakukan oleh sales take order tidak hanya sekedar mengambil dan memesan saja bila dilihat secara detail.

Anda harus membuat sistem sales take order memiliki tanggung jawab untuk mencapai target yang dibebankan oleh perusahaan, Target yang dibebankan perusahaan ada 2 yaitu :

  1. Target omzet (jumlah penjualan)
  2. Jumlah Bon Penjualan (BP) yang harus tercetak setiap hari.

Selain itu, mereka juga yang harus menyelesaikan tagihan toko karena biasanya untuk toko grosir atau semi grosir banyak yang melakukan pembelian secara kredit.

Berbeda dengan bila meminjam di Bank yang mana di situ harus ada jaminan yang diberikan bila kita tidak mampu melunasi pembayaran.

Sedangkan untuk sales tidak ada jaminan yang diberikan oleh toko, oleh karena itu menjadi kewajiban sales untuk menyeleksi toko mana yang bisa diberi fasilitas kredit mana yang tidak.

Tidak jarang apabila terjadi bedt debt (tagihan tidak terbayar) hal ini menjadi tanggung jawab Salesman itu sendiri untuk menyelesaikan tagihan toko yang tidak terbayar.

Tugas Taking sales take order juga meliputi memonitor aktifitas barang rusak/expired dan menggantinya dengan yang baik.

Tidak jarang pada perusahaan tertentu, perusahaan mengadakan limit (batasan) tertentu untuk barang yang rusak/expired, ini berarti sales harus juga menganalisa apakah suatu barang tertentu cocok bila dijual ditoko A atau B supaya ia tidak kembali ke kantor dalam kondisi expired.

Naah… sekarang Anda sudah lebih paham lagikan sistem targeting yang dapat Anda gunakan untuk sales Take Order Anda. Bila Anda saat ini masih menjadi superhero yang menjalankan sistem take order ini sendiri. Tidak masalah, asalkan Anda tetap disiplin untuk mencatat semua transaksi dan memiliki daftar list pelanggan Anda.

Untuk membantu Anda dalam mencatat hasil transaksi penjualan anda. Anda bisa memanfaatkan sistem berupa software free ataupun premium untuk mempermudah anda dalam mengontrol penjualanan anda. Sukses selalu untuk anda Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator