Home / Blog / Semua Hal Tentang Akuntansi Perpajakan yang Wajib Anda Ketahui

Semua Hal Tentang Akuntansi Perpajakan yang Wajib Anda Ketahui

Sistem perpajakan self assessment yang diterapkan saat ini lebih leluasa bagi wajib pajak untuk melakukan perhitungan pajak terutang, melunasi kekurangan pajak, menghitung pajak yang telah dibayarkan, dan melaporkan sendiri ke Dirjen Pajak dengan prinsip asas keadilan dimana wajib pajak bisa menentukan sendiri besarnya pajak sesuai dengan Undang-Undang Perpajakan. Hal ini lebih memudahkan dalam sistem akuntansi perpajakan. Akuntansi Perpajakan adalah akuntansi yang diterapkan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak.

Baca Juga: Cara Membuat Perencanaan Pajak di Musim Pajak

Pengelompokan Pajak berdasarkan cara pemungutannya

Berdasarkan cara pemungutannya, pajak dikelompokkan kedalam 2 kategori yaitu:

  1. Pajak langsung yang dikenakan berdasarkan jumlah penghasilan dan kekayaan yang dimiliki, dimana besarnya pajak sudah diatur dalam Undang-Undang Perpajakan yang dibayarkan oleh wajib pajak secara langsung, dan tidak boleh diwakilkan.
  2. Pajak tidak langsung yang dibayarkan ketika terjadi sebuah transaksi keuangan dimana pajak ini bisa dibebankan atau dipindahkan kepada orang lain. Bisanya pajak ini banyak diterapkan pada produk yang dijual di pusat perbelanjaan dimana biasanya harga sudah termasuk besarnya pajak didalamnya.

Sifat Akuntansi Perpajakan yang harus Anda ketahui

Biar administrasi perpajakan Anda lancar, maka perlu kiranya wajib pajak memahami sifat-sifat akuntansi perpajakan agar makin sadar pentingnya pajak bagi kesejahteraan warga negara seperti berikut ini:

  • Pajak bisa dipaksakan kepada semua wajib pajak. Pada prakteknya, masih saja ada perusahaan yang berusaha menghindari pajak agar laba bisa maskimal. Berbagai strategi digunakan untuk memaksimalkan pendapatan pajak salah satunya program tax amnesty beberapa periode yang lalu.
  • Pajak sejatinya untuk membiayai pembangunan sehingga manfaatnya kembali ke masyarakat. Anggaran negara yang dibiayai dari penerimaan pajak misalnya saja pembangunan infrastruktur, subsidi, bantuan sosial, pembukaan lapangan kerja, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Wajib pajak harus membayar tagihan pajak sebelum jatuh tempo kepada kantor-kantor pajak setempat. Jika bingung, Anda bisa berkonsultasi kepada petugas pajak, dimana petugas pajak wajib melayani dengan sebaik-baiknya.

 Fungsi Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan memudahkan wajib pajak mengelola adminsitrasi pajak usaha mereka. Namun sebenarnya akuntansi perpajakan bukan saja berfungsi untuk mengetahui besarnya pajak, tetapi juga memiliki fungsi lainnya seperti ulasan berikut ini:

  • Akuntansi perpajakan yang berisi data pembayaran pajak bisa menjadi strategi dan perencanaan perpajakan di masa yang akan datang.
  • Tren pembayaran pajak dari waktu ke waktu bisa digunakan untuk mengetahui prediksi besaran pajak yang menjadi tanggungan perusahaan di waktu yang akan datang.
  • Untuk keperluan pengembangan usaha, akuntansi perpajakan bisa jadi satu elemen penting dalam laporan keuangan untuk ditawarkan kepada investor atau keperluan pemaparan ke publik lainnya.
  • Pencatatan pembayaran pajak setiap tahun penting untuk dijadikan alat bantu perkembangan usaha dan kondisi keuangan perusahaan atau dengan kata lain, makin besar pajak yang Anda bayarkan, makin berkembang pula usaha Anda.

Akuntansi menawarkan berbagai spesialisasi, termasuk akuntansi pajak, akuntansi keuangan, dan akuntansi manajerial. Akuntansi pajak membutuhkan keterampilan riset yang kuat dan kemampuan untuk mengikuti aturan dan regulasi yang terus berubah. Seiring dengan perkembangan bisnis, teknologi dan juga regulasi, penting bagi akuntan pajak untuk mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik. Anda bisa berkonsultasi ke konsultan akuntansi Anda jika tidak memiliki dasar dalam pajak atau akuntansi. Konsultan akuntansi Anda harus memiliki kemampuan untuk menyederhanakan topik keuangan yang kompleks sehingga Anda mudah memahami semua hal terkait akuntansi perpajakan diatas.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.