Home / Blog / Seluk Beluk Bisnis Retail (Minimarket ) Masa Kini
seluk-beluk-bisnis-retail-masa-kini-picture

Seluk Beluk Bisnis Retail (Minimarket ) Masa Kini

Pengertian Retail (Minimarket)

Didalam bahasa Indonesia bisnis retail dikenal dengan nama eceran. Dan arti dari retail atau eceran sendiri adalah salah satu cara memasarkan produk secara langsung kepada konsumen akhir yang dipergunakan untuk keperluan pribadi dan bukan bisnis.

4 Fungsi Utama Bisnis Retail :

1. Membeli dan menyimpan barang,

2. Memindahkan hak milik barang kepada konsumen akhir

3. Memberikan informasi tentang sifat dasar serta cara pemakaian barang tersebut,

4.  Memberikan kredit kepada konsumen (ini bisa dilaksanakan dalam kondisi tertentu dan kebijakan khusus)

Dari sisi konsumen, retail sangat membantu masyarakat untuk menikmati produk tertentu yang dinginkan sesuai kebutuhan, sedangkan dari sisi produsen bahwa dengan adanya retail membantu menyalurkan produk kepada konsumen akhir sehingga barang akan habis dipakai atau dikonsumsi. Selanjutnya, akan dilakukan proses produksi kembali, begitu seterusnya.

Dilihat dari jenis produk yang di jual secara eceran biasanya berupa makanan dan minuman, peranti keras termasuk didalamnya yaitu perabot rumah tangga, elektronik, furnitur, alat olahraga, alat kantor, dan alat kesehatan. Selain itu, produk peranti biasa atau peranti konsumsi seperti pakaian serta barang tenun lainnya juga dapat diperdagangkan secara retail.

Sedangkan sumber produk bisa berasal dari dalam negeri yang di produksi sendiri oleh pengusaha–pengusaha lokal maupun impor dari negera lain dengan syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Dan di era perkembangan zaman yang semakin maju seperti saat ini, masyarakat Indonesia bisa menikmati produk teranyar dari berbagai negara di dunia.

Jenis-Jenis Retail

Secara umum retail ada tiga macam, yaitu :

a) Pengecer Toko (retailing stores) contohnya : toko kelontong, toko swalayan, toko serba ada, dan sebagainya.

b) Pengecer Non Toko (nonstores retailing) contohnya : penjualan langsung (direct selling), pemasaran bertingkat/jaringan (multi level marketing), penjualan otomatis (automatic vending), dan lain – lain.

c) organisasi pengecer (retailer organization) contohnya : jaringan toko koorperat (coorporate chain store); koperasi pengecer (retailer cooperatif) bentuknya berupa toko grocir, toko obat, dll; organisasi waralaba (franchise organization), dan lain sebagainya (diambil dari berbagai sumber).

Jika beberapa tahun yang lalu banyak kios atau outlet retail dengan berbagai macam produk yang dijual dan tersebar di berbagai wilayah, maka saat ini kondisinya berubah.

Contohnya di Indonesia, sepanjang tahun 2017 dari 1.880 kios di Pasar Glodok yang tercatat masih aktif berdasarkan data Pasar Jaya hanya 1.167 kios (38% kios tak beroperasi lagi). Dan banyak toko retail dengan sistem konvensional yang dulu berjaya kini bertumbangan karena kalah bersaing dengan bisnis yang berbasis online.

Ketua Umum Asosiasi Pelaku Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan bahwa retail di Indonesia hingga semester I 2017 tumbuh hanya 3,7%. Ia memprediksi hingga akhir tahun akan mencapai 7,5% sampai 8% lebih rendah dari semester II 2016 yang tumbuh 9%.

Untuk mempertahankan eksistensi bisnis retail khususnys di Indonesia, maka owner atau pemilik usaha seperti Anda harus segera merambah ke dunia maya. Apalagi pada saat ini, pesatnya perkembanga teknologi telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat.

Mereka memilih hal yang praktis dalam semua aktivitas, termasuk dalam berbelanja kebutuhan pribadi. Dengan menggunakan gadged, pembeli dapat mengunjungi online shop tertentu, memilih produk yang dikehendaki, kemudian melakukan pembayaran melalui transfer, dan kurirpun akan mengantarkan barang tersebut ke tempat kita.

Itulah tantangan bisnis retail masa kini. Retail konvensional yang tidak cepat berubah sudah banyak yang gulung tikar, meskipun sebelumnya merajai pasar hingga bertahun-tahun. Sedangkan retail yang cepat merespon perubahan masih tetap bisa survive hingga saat ini.

Semoga artikel ini bermafaat untuk Anda. Jangan lupa share ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatknya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefre

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.