Home / Blog / Biaya Lembur Karyawan Termasuk Pemborosan, Hitung Sekarang!
Sekarang Saatnya Efisiensi, Jadi Jangan Lakukan Hal Ini!

Biaya Lembur Karyawan Termasuk Pemborosan, Hitung Sekarang!

Salah satu kunci agar Anda sukses melewati bisnis ditengah badai perekonomian yang melanda saat ini adalah dengan melakukan efisiensi. Dan salah satu dari efisiensi adalah dengan cara membuat kinerja setipa karyawan menjadi efektif, jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia alias tidaj produktif.

Bagaimana sich cara membuat kinerja karyawan Anda efektif?

Oke disini saya akan membahasnya lebih jauh mengenai efektifitas team admin Anda. Mengapa saya justru membahas admin? Ya seperti Anda ketahui jika di jaman sekarang ini semua pekerjaan itu harus by data dan yang menyajikan data siaoa lagi kalau bukan team admin.

Karena itu sering kali Anda bisa jumpai team admin harus lembur-lembur untuk mengerjakan hal tersebut. Ini merupakan pemborosan bagi saya. Apakah Anda setuju dengan saya?

Begini lho alasan saya mengatakan jika itu merupakan pemborosan, yuk kita hitung bersama biaya lembur yang harus Anda keluarkan tiap bulannya.

Perhitunagn tarif lembur menurut Peraturan Kemenakertrans No. KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal 11, yang sebelumnya sudah diatur pada Pasal 8 yang menyatakan bahwa:

1. Perhitungan upah lembur didasarkan pada upah bulanan,

2. Cara menghitung upah sejam adalah 1/173 kali upah sebulan.

Tapi ini yang akan saya simulasikan hanya yang bekerja di jam kerja saja ya, bukan hari libur.

Waktu Jam Lembur Upah lembur Rumus
Jam pertama lembur 1,5 X Upah 1 Jam 1,5 X 1/173 X Upah Sebulan
Jam ke-2 dan seterusnya 2 X Upah 1 jam 2 X 1/173 X Upah Sebulan

Keterangan:

Upah sebulan adalah Upah pokok sebulan 100% + tunjangan tetap atau 75% apabila upah yang berlaku di perusahaan terdiri dari upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Dengan ketentuan bahwa upah sebulan tidak lebih rendah dari upah minimum.

Dita  bekerja di sebuah perusahaan yang menerapkan sistem 8 jam kerja/hari, dan 40 jam dalam seminggu. Gaji bulanan Dita sebesar Rp3.000.000/bulan sudah termasuk gaji pokok+tunjangan tetap. Setiap bulannya Dita harus lembur 10 kali dalam satu bulan dan waktu rata-rata lembur selama 3 jam.

Jadi perhitungannya adalah 

Upah sebulan: Rp3.000.000

Upah lembur/jam: 1/173 X Rp1.500.000 = Rp 17.341

Upah lembur/minggu: 20 X Rp17.341 = Rp 300.710

Jadi uang lembur yang harus Anda bayarkan Rp 318.000 ini baru satu admin lho, bayangkan jika jumlah admin Anda ada 3 atau 4 dan bagian divisi yang lainya juga. Apalagi jika lemburnya di hari minggu atau tangggal merah. Bisa Anda kalkukasikan sendiri berapa uang yang harus Anda keluarkan.

Oleh karena itu saya sarankan agar admin Anda tidak lebur-lembur membuat laporan serahkan pada ahlinya. Eits jangan salah sangka dulu ahlinya disini bukan konsultan. Saya tahu membayar konsultan jauh lebih mahal dibandingkan Anda membayar uang lemburan hehehe.

Ahlinya yang saya maksud disini adalah software. Selain mempermudah kinerja admin ini juga akan membantu Anda dalam melihat dan menganalisa keuangan bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Yuk koment dibawah jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin mau menambahi. Terimakasih. Salam Let’s #beefree.

 

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator