Home / Blog / Sebesar Apa Peran Akuntansi dalam Bisnis dan Kegiatan Usaha?

Sebesar Apa Peran Akuntansi dalam Bisnis dan Kegiatan Usaha?

Akuntansi adalah pencatatan aktivitas bisnis dan punya fungsi pelayanan. Hal ini penting karena memberikan informasi kuantitatif yang bersifat finansial kepada berbagai pemangku kepentingan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis. Stakeholder dalam sebuah bisnis ini termasuk investor, manajemen, pemerintah, pemasok, pemodal, regulator, dll. Akuntansi bisnis membantu dalam membuat sejumlah keputusan bisnis jangka pendek dan jangka panjang yang membantu perusahaan untuk tumbuh serta menembus pasar. Tiga pernyataan utama yang dihasilkan oleh sistem akuntansi bisnis adalah sebagai berikut:

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi menunjukkan laba bersih yang dihasilkan / rugi bersih yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu.

2. Neraca atau Laporan posisi keuangan

Laporan neraca menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan pada tanggal tertentu. Saldo penutup dari berbagai aset dan liabilitas dilaporkan dalam neraca. Kelebihan aset lebih dari kewajiban adalah modal.

3. Laporan arus kas

Laporan Arus Kas menunjukkan bagaimana perubahan dalam neraca dan laporan laba rugi yang mempengaruhi kas dan setara kas. Pada dasarnya ini menunjukkan arus kas masuk dan keluar di antara operasi, investasi dan kegiatan keuangan suatu perusahaan.

Ketiga pernyataan ini bila digabungkan bersama membentuk Laporan Keuangan. Laporan keuangan diperlukan oleh semua pemangku kepentingan.

Pentingnya Peran Akuntansi dalam Bisnis

Dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan kompleks saat ini, sangat penting untuk menjaga catatan akuntansi kita tetap bersih dan mutakhir. Akuntansi yang tepat penting bagi perusahaan mana pun karena alasan berikut:

1. Membantu mengevaluasi kinerja bisnis

Seperti dibahas di atas, catatan akuntansi mencerminkan hasil operasi serta laporan posisi keuangan. Juga berbagai rasio neraca dan laporan laba rugi yang membantu pengguna laporan keuangan untuk menganalisis kinerja suatu entitas. Misalnya rasio ekuitas hutang, rasio lancar, rasio turnover dll. Juga kita dapat membandingkan data akuntansi periode sebelumnya dengan periode berjalan serta angka yang dianggarkan untuk analisis varians.

2. Membantu mengelola dan memantau arus kas

Modal kerja dan kebutuhan uang tunai suatu perusahaan dapat diurus dengan baik oleh sistem akuntansi yang tepat.

3. Membantu bisnis untuk patuh pada undang-undang

Akuntansi bisnis yang tepat memastikan pencatatan kewajiban Anda untuk tepat waktu yang perlu dibayar dalam batas waktu yang ditentukan. Ini termasuk dana hemat, dana pensiun, PPN, pajak penjualan, dan juga pajak penghasilan. Pembayaran kewajiban tepat waktu membantu perusahaan untuk patuh pada undang-undang.

4. Membantu menciptakan anggaran dan proyeksi masa depan

Data akuntansi membantu perusahaan untuk menyiapkan anggaran dan perkiraan untuk periode mendatang. Tren bisnis diproyeksikan berdasarkan data masa lalu yang dihasilkan oleh sistem akuntansi.

5. Membantu pengarsipan laporan keuangan untuk investor maupun regulator, bursa efek dan sebagainya

Untuk perusahaan yang sudah go publik, perusahaan diwajibkan mengirimkan laporan keuangan ke bursa efek. Untuk keperluan pengarsipan pajak dan sebagainya juga diperlukan laporan keuangan dan informasi keuangan lainnya.

Untuk kepentingan berbagai hal di atas kita dapat menyimpulkan bahwa akuntansi sangat penting untuk perusahaan apa pun baik perusahaan terbukan atau tidak, berorientasi laba atau tidak untuk laba, baik milik pemerintah atau swasta.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa akuntansi tidak hanya membantu perusahaan untuk melakukan kegiatan sehari-harinya dengan lancar tetapi juga membantu pertumbuhannya di masa depan. Pada saat yang sama, laporan keuangan yang dihasilkan oleh berbagai sistem akuntansi digunakan oleh banyak pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan bisnis. Praktik pelaporan dan akuntansi yang tepat membantu menjaga kepercayaan investor dan membawa pertumbuhan ekonomi juga.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.