Home / Blog / Seberapa Penting Manajemen Stok dalam Perusahaan?

Seberapa Penting Manajemen Stok dalam Perusahaan?

Pengendalian barang persediaan adalah sesuatu yang harus menjadi perhatian utama bagi siapa pun terutama dalam bisnis distribusi barang dalam skala grosir. Dalam ketentuan yang paling sederhana, pengendalian inventaris melibatkan pengawasan yang lebih besar atas stok barang. Beberapa menyebutnya sebagai “kontrol internal atau manajemen stock” yang diperlakukan atau dicatat dalam sistem akuntansi untuk melindungi aset. Mari kita lihat mengapa manajemen stok sangat penting dan juga apa saja yang terlibat dalam pengembangan sistem yang efektif.

Apa itu Manajemen Stok dan Mengapa Itu Penting?

Memahami apa yang Anda miliki, di mana ia berada di gudang Anda, dan kapan stok masuk dan keluar dapat membantu Anda menurunkan biaya, mempercepat pemenuhan kebutuhan, dan mencegah terjadinya fraud/penipuan. Perusahaan Anda juga dapat mengandalkan sistem kontrol inventaris untuk menilai aset Anda saat ini, menyeimbangkan akun Anda, dan menyediakan pelaporan keuangan dengan baik. Pengendalian persediaan juga penting untuk menjaga keseimbangan stok di gudang Anda.

Anda tentu tidak ingin kehilangan prospek penjualan karena Anda tidak memiliki persediaan yang cukup untuk mengisi pesanan pembeli bukan? Masalah inventaris yang konstan (sering backorder, dll.) dapat mengarahkan pelanggan ke pemasok lain dan Anda kehilangan prospek Anda sepenuhnya. Ketika Anda memiliki kendali atas inventaris Anda, Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Hal ini juga akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan real-time tentang apa yang dijual dan apa yang tidak.

Disisi lain, Anda juga tidak ingin inventaris berlebih yang justru menghabiskan ruang di gudang Anda secara tidak perlu. Terlalu banyak persediaan dapat memicu kerugian laba –– apakah suatu produk kedaluwarsa, rusak, atau keluar dari musimnya. Kunci untuk kontrol inventaris yang tepat adalah pemahaman yang lebih dalam tentang permintaan pelanggan untuk produk Anda.

Bagaimana Perusahaan Melakukan Manajemen Stok?

Ada banyak cara untuk mengendalikan inventaris Anda. Salah satu cara dasarnya adalah membuat spreadsheet dengan berbagai kolom untuk nama produk, nomor item, dan kuantitas. Anda dapat memiliki kolom untuk mengurangi apa yang Anda jual dan kirimkan. Anda juga dapat menyimpan catatan pengembalian yang dimasukkan ke dalam stok masuk barang baru. Tentu saja, ini adalah proses yang sangat padat karya namun harus ditangani dengan baik oleh bisnis yang sedang tumbuh. Diperlukan pemantauan manual terus menerus untuk memastikan setiap transaksi bisa diperhitungkan dengan baik.

Seberapa Penting Manajemen Stok Bagi Perusahaan?

Manajemen stok itu penting bagi perusahaan karena memiliki semua informasi ini akan memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi tentang kebutuhan perusahaan Anda tersebut. Berikut ini manfaat manajemen stok bagi perusahaan:

Fungsi Pelacakan dan Transparansi

Salah satu keuntungan besar dari sistem manajemen persediaan adalah memudahkan fungsi pelacakan dan transparansi. Dengan semua aset Anda terus-menerus dilacak/dikontrol, Anda dapat dengan jelas melihat di mana kekuatan dan kelemahan bisnis Anda. Selanjutnya, Anda selalu tahu di mana inventaris Anda dan berapa nilainya. Dengan pemindai barcode yang digunakan untuk melacak produk dan semua siklus keluar masuk barang, Anda dapat melihat di mana mereka berada secara real time, yang berarti inventaris Anda aman dan terbebas dari resiko hilang kendali. Dengan sistem manajemen inventaris, Anda juga dapat mencegah kelebihan persediaan, dengan menyimpan stok yang cukup. Hal ini meminimalkan jumlah inventaris yang tidak terpakai yang Anda miliki, dan dengan demikian menurunkan overhead penyimpanan bisnis Anda.

Hubungan Vendor yang Lebih Baik

Kelebihan lain dari sistem manajemen persediaan adalah dapat membantu meningkatkan hubungan Anda dengan vendor. Dengan semua item dilacak dengan rapi, Anda dan vendor mudah untuk mengetahui kebutuhan pemesanan Anda. Anda dapat mengatur sistem Anda sehingga barang-barang tertentu secara otomatis dipesan ulang pada interval tertentu berdasarkan riwayat pesanan. Selanjutnya, Anda dapat menjadwalkan pengiriman dengan cara yang jauh lebih sistematis dan terorganisir. Ini membuat hubungan berjalan lancar, dengan kedua belah pihak tahu persis apa yang diharapkan.

Sistem Terintegrasi

Fitur penting terakhir dari sistem manajemen persediaan adalah integrasi. Anda dapat mengatur sistem manajemen inventaris Anda untuk diintegrasikan dengan sejumlah sistem perangkat lunak lain, termasuk sistem akuntansi dan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memahami nilai barang yang Anda miliki pada suatu titik waktu, membantu Anda dengan metode pencatan akuntansi dan manajemen aset. Sistem lain yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen persediaan adalah sistem point-of-sale (POS) yang digunakan untuk menelepon pembelian (seperti register kas) dan sistem pesanan pembelian (PO) yang mampu melacak pesanan saat mereka ditempatkan pad rak barang. Menghubungkan berbagai sistem Anda memungkinkan pengorganisasian yang lebih baik dan penyederhanaan proses yang efisien.

Dengan memahami system manajemen stok yang baik, perusahaan akan semakin efisien dan maksimal dalam pengelolaan barang dalam siklus keluar masuk barang di perusahaan tersebut.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.