Home / Blog / Sebelum Memperluas Pasar, Simak Tips Berikut ini

Sebelum Memperluas Pasar, Simak Tips Berikut ini

Memperluas pasar baru bisa menjadi cara yang efektif untuk menumbuhkan bisnis Anda. Proses disiplin akan membantu Anda menilai secara akurat potensi setiap peluang bagi pertumbuhan bisnis Anda, karena persiapan yang buruk justru dapat meruntuhkan bisnis Anda.

Persiapan dari sumber daya yang tepat dalam melakukan analisis pasar, seleksi produk dan ceruk pasar yang diincar, dan metode masuk yang tepat dapat menciptakan landasan untuk sukses di pasar yang dipilih. Kami menyarankan lima langkah berikut untuk menilai dengan tepat peluang dan risiko pasar baru yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memperluas pasar.

1. Tentukan Pasar

Mendefinisikan pasar Anda dengan jelas mungkin tampak seperti langkah sederhana, tetapi sebelum Anda mengidentifikasi dengan jelas kepada siapa Anda ingin menjual produk Anda, sulit untuk memahami kebutuhan mereka. Anda perlu mempertimbangkan demografi, lokasi, dan minat atau kebutuhan pelanggan target Anda.

2. Lakukan Analisis Pasar

Memperluas ke pasar baru melibatkan banyak riset pasar di samping target pelanggan. Anda perlu mengembangkan pemahaman mendalam tentang tingkat pertumbuhan pasar, perkiraan permintaan, pesaing, dan potensi hambatan untuk masuk. Ini sangat penting jika Anda ingin memasuki pasar (memperluas pasar) yang relatif tidak terdefinisi.

3. Menilai Kemampuan Internal

Sebagian besar keputusan Anda tentang cara memasuki pasar baru (membangun, membeli, atau bermitra) didorong oleh penilaian kemampuan internal. Selama tahap ini, Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti: Berapa banyak kompetensi inti kita yang dapat kita manfaatkan? Apakah kita memiliki jaringan penjualan / infrastruktur di pasar yang baru?.

Sangatlah penting untuk memahami pasar baru apa pun yang akan Anda masuki, sehingga Anda bisa menyiapkan langkah yang berikut ini:

  • Analisis segmentasi pasar (akankah produk Anda laku di pasar baru ini?)
  • Analisis kesenjangan produk (apakah sudah ada produk serupa yang laris manis di pasar baru ini?)
  • Analisis SWOT (jika produk Anda dihargai lebih tinggi dari barang dagangan lokal, apakah masih bisa bertahan sendiri?)
  • Peluang / ukuran pasar (seberapa besar pasar baru dan berapa lama untuk mencapai penjualan yang ditargetkan?)

Secara umum hal ini masuk dalam kategori analisa SWOT (analisa kekuatan dan kelamahan) yang perlu Anda persiapkan dengan matang.

4. Prioritaskan dan Pilih Pasar yang Paling Memungkinkan untuk Masuk

Setelah Anda menyelesaikan analisis pasar dan penilaian keterampilan internal, sekarang saatnya memprioritaskan pasar potensial untuk ekspansi. Pasar harus diprioritaskan berdasarkan kecocokan strategis dan kemampuan Anda untuk melayani kebutuhan mereka. Jawab pertanyaan seperti: Apakah ada celah di pasar ini yang dapat kita isi (dan melakukannya dengan lebih baik daripada pesaing kita)? Nilai apa yang kami berikan ke pasar ini dan berapa banyak yang mau mereka bayar (daya beli) untuk itu?

5. Kembangkan Opsi Masuk Pasar

Setelah memilih pasar yang menarik, Anda bisa menentukan pendekatan organik yang tepat atau pilihan lain ekspansi melalui serangkaian akuisisi (atau kombinasi keduanya). Jika Anda memiliki infrastruktur pelengkap atau jaringan penjualan di tempat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pendekatan organik untuk pertumbuhan bisnis Anda. Langkah-langkah utama di sini adalah untuk mengembangkan rencana bisnis, besarnya investasi, dan rencana kerja implementasi, termasuk SDM yang akan dimasukkan, jadwal buka pasar baru, pembagian tugas, dan tonggak penting lainnya untuk masuk.

Jika Anda memasuki pasar yang sama sekali baru, dengan aset inti terbatas untuk dimanfaatkan, Anda harus mempertimbangkan usaha patungan / kemitraan atau akuisisi. Opsi-opsi ini memerlukan identifikasi target, penentuan prioritas, uji tuntas, negosiasi kesepakatan, dan kesimpulan akhir untuk eksekusi. Temuan sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi campuran yang tepat dari opsi masuk pasar langsung atau melalui kemitraan yang terkait dengan kompetensi inti bisnis, aset, dan strategi keseluruhan.

Jika dilakukan dengan disiplin, tahapan langkah diatas lebih memudahkan Anda untuk sukses di pasar yang baru Anda masuki. Selamat Mencoba !

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.