Home / Blog / Rahasia Efektif Mengelola Bisnis Distributor dengan Sales Territory
rahasia-efektif-mengelola-bisnis-distributor-dengan-sales-territory-image

Rahasia Efektif Mengelola Bisnis Distributor dengan Sales Territory

Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis tentunya berhubungan erat dengan wilayah kerja penjualan sales atau sales territory.

Sales territory merupakan hal yang sangat vital dalam menentukan sukses tidaknya penjualan Anda sehingga diperlukan suatu strategy yang terencana dalam menempatkan sales force Anda dalam suatu wilayah.

Agar Anda benar-benar dapat berhasil menguasai pasar wilayah.

Kesalahan dalam menempatkan sales force dan pembagian wilayah kerjanya akan berdampak pada pembengkakan cost per sales dan efektifitas kerja harian sales, yang akhirnya berdampak pada penyebaran dan penjualan produk yang Anda pasarkan.

Apakah Territory penjualan itu?

Menurut William J Stanton, Territory Penjualan adalah suatu daerah geografis tertentu yang dipercayakan pada seorang sales atau distributor dengan mempertimbangkan jumlah customer atau calon customer di tiap daerah geografis.

Sun Tzu di bukunya yang berjudul The art Of War membagi Pholosopy Territoruy Managament menjadi 3 yaitu :

  1. Kalau Anda mengenal musuh dan diri sendiri, Anda tidak perlu takut terhadap 100 pertempuran
  2. Kalau Anda mengenal diri sendiri tetapi tidak mengenal musuh, untuk setia pada kemenangan yang Anda   raih, Anda juga akan menderita kekalahan.
  3. Kalau Anda tidak mengenal diri sendiri ataupun musuh, Anda akan kalah dalam setiap pertempuran

Pertimbangan mengapa Anda membentuk wilayah penjualan

  • Pengcoveran yang lebih baik
  • Mengurangi biaya penjualan
  • Penilaian presentasi dan kinerja yang lebih akurat
  • Meningkatkan pelayanan terhadap customer

Dasar–dasar yang harus Anda ketahui dalam merancang territory penjualan

1. Potensi Wilayah

Potensi wilayah sangat berpengaruh sekali pada pembagian territory utamanya dalam hal kontribusi omset dan penghasilan sales :

  • Kapasitas suatu territory yang diproyeksikan dapat mempengaruhi nilai penjualan.
  • Parameter yang dijadikan patokan adalah Batasan Geografis, Jumlah Penduduk, Sumber daya ekonomi dan sosial budaya, jumlah outlet (Customer dan Calon Customer), Internal data (omzet per Customer, Per Sales, Per Area, Districk, effective call).

2. Beban kerja Sales

  • Beban kerja sales adalah seluruh kegiatan yang harus diakukan oleh seorang sales untuk mencapai potensi permintaan penjualan di daerah territory yang dipercayakan.
  • Ukurannya yaitu jumlah kunjungan yang harus dilakukan sales dalam satu tahun, siklus kujungan yang dilakukan serta jumlah kunjunga max yang dapat dilakukan seorang Sales dalam 1 hari dengan memperhitungkan waktu perjalanan, jarak tempuh, pembuatan laporan, menunggu customer dll.
  • Kemampuan pengcoveran area (jumlah customer yang dikunjungi) apakah sales mampu melayani semua customernya pada hari itu dan mampu mencari customer baru?

3. Jarak Tempuh

  • Cara sales mengatur waktu. Apakah sales hanya menghabiskan di perjalanan atau membuat sales call

4. Kondisi Geografis

  • Meminimkan hambatan kondisi geografis
  • Membagi wilayah harus memeprhatikan sungai, pegunungan, lintasan kereta api dll, agar pengcoveran territory berjalan maksimal.

5. Cara monitoring dan kontrol territory

  • Dilakukan secara berjejang agar proses kontrol dapat berjalan dengan baik dengan berdasarkan parameter call, effektif call, aktivitas transaksi, langganan transaksi , omset dan tagihan.
  • Join visit secara rutin ke wilayah kerja sales dengan acuan parameter diatas dan standar yang telah ditetapkan perusahaan.

Ini sangat bermanfaat bila Anda menerapkannya untuk daftar outlet atau customer Anda. Gunakan data yang ada untuk memetakan sesuai dengan sales territory.

Rasakan sendiri betapa teraturnya dan hemat ongkos operasional bila Anda terapkan. Gunakan sistem pencatatan untuk setiap daftar outlet dan customer sales kanvasing Anda.

BeeAccounting memiliki aplikasi coming soon Sales Order Mobile yang dapat anda gunakan untuk ini. 

Mudahnya berbisnis akan terasa bila segala sistem operasional Anda telah terstruktur dan teratur. Sukses Selalu untuk bisnis distributor Anda. Let’s #beefree. 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator