Home / Blog / Pusing bayar THR? Copy-paste Trik Pengusaha cerdik ini

Pusing bayar THR? Copy-paste Trik Pengusaha cerdik ini

Sebelum anda membaca tulisan ini sampai selesai, sebaiknya anda tahu bahwa besaran THR (tunjangan hari raya) adalah 1 bulan gaji, atau prorate apabila masa kerja dibawah 12 bulan. Apakah tiap tahun anda juga pusing bayar THR ?

SAMA!! … hehe
Saya dulu juga sering pusing menjelang pembagian THR karena beban gaji dibulan ini meningkat dua kali, ditambah pemasukan bisnis dibulan puasa pada beberapa jenis usaha cenderung tidak menentu (ada yang naik: makanan, fashion, dan ada yg turun).

bayar thr

Namun sekarang tidak lagi …
THR diperusahaan saya sekarang dibagikan di minggu pertama puasa, agar karyawan bisa menggunakan untuk belanja persiapan mudik dan lebaran.

4 tahun lalu saya belajar tips sederhana dari pengusaha cerdas ini, sebut saja namanya Agung, teman lama semasa kuliah dulu. Waktu itu minggu pertama bulan puasa saya ketemu agung ketemu saat acara buka puasa bersama teman-teman kampus sambil reunian kecil. Singkat cerita sekarang dia menjalankan bisnis distribusi dibeberapa kota di sulawesi dengan jumlah karyawan kurang lebih 100-an karyawan. Sambil cerita keluarga lanjut ke bisnis masing-masing, akhirnya masuk ke topik seputar lebaran dan THR. Ada seorang rekan lain yg kebetulan juga seorang pengusaha yang nyentil “karyawan enak dapat THR, bossnya yang pusing” disambut tawa lepas teman-teman lainnya seakan mengamini.

Iya, agung saat itu punya 3 cabang terpisah. Bayangkan.. Bagaimana teman saya ini bisa dengan lancar & tanpa pusing bayar THR ? bahkan di minggu pertama bulan puasa pula. ‘Gendeng’ pikir saya … . Karena sudah kenal lama saya pun gak sungkan untuk nanya tips nya ke dia:

“Gung, karyawanmu kan sekitar 100-an orang. Kamu gak pusing bagi THR segitu banyak ?”
Akhirnya, Dia mulai menjelaskan triknya dengan wajah masih gelak tawa karena pertanyaan tadi.

Skip cerita.. Ternyata rahasia-nya simple banget dan kayaknya belum terpikirkan oleh mayoritas pengusaha pada umumnya terutama saya. *Dieenggg sambil tepuk jidat

“Sisihkan dana perusahaan selama 11 bulan” tuturnya
Hah., 11 bulan ? Berarti #telat gak bisa langsung dipraktekkan donk ?
Anggap saja tahun ini Anda sudah mengetahui dulu rahasianya dan mulai periode depan Anda bisa mempraktekkannya.

Setuju untuk mencobanya? Silahkan lanjutkan baca, tambahan tips dari saya:

  1. Pertama, bukalah rekening Bank baru, jenis TABUNGAN-ku (jenis tabungan bebas biaya admin karena merupakan program pemerintah, cuma bunganya juga kecil banget hehe).
  2. Sisihkan kurang lebih 10% dari beban gaji bulanan yang biasa anda keluarkan. di transfer terpisah ke tabungan tersebut. Jika ini terasa berat, dan anda punya cashflow harian, maka anda bisa sisihkan secara Harian.
  3. Saat tiba kewajiban pengusaha membayar THR dananya sudah siap dan bisa anda bayarkan di minggu pertama puasa
Coba bayangkan bagaimana respon karyawan Anda karena terkejut THR mereka di transfer lebih cepat dari biasanya ? Lumayan jadi sekarang gak puyeng lagi tiap tahun kan hehe

Semoga dibulan yang penuh berkah ini kita semua menjadi manusia yang selalu lebih baik dari sebelumnya dan bisnis anda makin moncer.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About david

Passion pada dua bidang IT dan Bisnis mengilhami David dan team untuk menciptakan Beeaccounting. Memiliki Visi membantu 1jt bisnis di Indonesia untuk lebih profitable melalui sistemasi bisnis berbasis IT.