Home / Blog / Proses Perencanaan & Manajemen Ritel

Proses Perencanaan & Manajemen Ritel

Jika membicarakan mengenai perencanaan pasti diantara Anda ada yang tahu bagaimana cara dan prosesnya. Disini anda akan lebih mendalami bagaimana proses perencanaan dan manajemen retail untuk mengingatkan Anda kembali.

Perencanaan yaitu memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan apa (what), siapa (Who), kapan (When) dimana (When), mengapa (why) dan bagaimana (How). Perencanaan akan memfungsikan seorang leader untuk menghubungkan dengan pemilihan dari sekumpulan kegiatan dan pemutusan tujuan, kebijaksanaan serta program yang dilakukan.

Untuk menentukan proses perencanaan dan managemen ritel. Anda harus tahu apa saja yang menjadi pertimbangan customer untuk memilih retail store?  ternyata untuk mempertimbangkan pilihan customer selain kebutuhan ekonomi, kebutuhan emosionalnya seperti gengsi yang akan mempengaruhi pilihannya. 

Nah, faktor-faktor yang relevan dalam menentukan customer memilih retail store antara lain:

  1. Harga, Hampir rata-rata retail store saat ini menggunakan harga pasti (harga yang sudah tidak bisa ditawar lagi).
  2. Kemudahan Parkir, bisa cepat pergi setelah membayar, dan mudah mencari barang yang diinginkan (meliputi proses menemukan, membandingkan, dan memilih). Ini juga menjadi pertimbangan para customer.
  3. Kualitas produk yang ditawarkan, Jaga kualitas produk Anda dengan cara membersihkan produk-produk dari debu. Pastikan produk yang terpasang di rak tidak expired.
  4. Bantuan wiraniaga, Anda disini harus memastikan apakah wiraniaga harus pasif atau aktif membantu karena ada beberapa orang yang justru merasa risih saat waraniaga membantu aktif saya sarankan lebih baik buatlah pasif yang baru aktif ketika ada customer yang meminta bantuan. Ini menjaga agar customer merasa nyaman belanja ditempat Anda.
  5. Reputasi, Jaga reputasi produk dan tempat usaha Anda. Selalu konsisten dalam memberikan pelayanan yang terbaik. 
  6. Nilai yang ditawarkan, yaitu perbedaan total customer value dan total customer cost. Total customer value adalah sekumpulan manfaat yang diharapkan pelanggan dari produk dan jasa, meliputi product value (misalnya keandalan, daya tahan/keawetan, unjuk kerja), service value (penyerahan barang, pelatihan, instalasi, perawatan, reparasi), personnel value (kompeten, responsif, empati, dapat dipercaya), dan image value (citra perusahaan). Sedangkan total customer cost terdiri dari harga yang dibayarkan, biaya waktu, biaya tenaga, dan biaya psikis.
  7. Jasa-jasa khusus yang ditawarkan. Pengiriman barang gratis, pembelian kredit dan bisa mengembalikan atau menukar barang yang sudah dibeli.

Dalam usaha perdagangan ritel dimana arus data barang dan uang berputar sangat cepat oleh sebab itu diperlukan pengendalian dan pengawasan yang baik. Salah satu caranya dengan melakukan pencatatan atau pembukuan data yang tertib dan teratur. Agar informasi mengenai laporan kondisi perusahaan tersaji dengan akurat dan tepat waktu sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi setiap keputusan yang akan diambil.

BeeAccounting turut mengembangkan Sistem untuk bisnis Ritel yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan yang berbasis pada pemanfaatan teknologi terpadu peralatan sistem mekanisasi pengolah data sebagai penyedia informasi untuk menunjang semua aspek kegiatan yang berhubungan dengan operasional, manajemen, analisis maupun dalam hal pembuatan keputusan. Secara umum struktur BeeAccounting ritel tidak berbeda dengan Sistem Informasi Manajemen lainnya, meliputi:

  • Tingkatan informasi untuk proses transaksi melalu POS (Point Of Sale), dalam hal ini fungsinya adalah sebagai inquiry response. Tingkatan ini biasanya menjadi tanggung jawab dari staff atau clerk.
  • Tingkatan informasi untuk perencanaan operasional, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam bentuk laporan keuangan yang dapat menjadi pertimbangan melakukan keputusan.
  • Dapat mengontrol stok yang dimiliki, mengetahui stok sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan produk yang berlimpa apa? dan bisa digunakan untuk menciptakan promosi.   
  • Terdapat fitur Level harga yang bisa dimanfaat bila ingin menciptakan diskon dan promo. 
  • Memberikan informasi perencanaan strategi dengan memberikan informasi sales siapa yang memiliki penjualan yang paling tinggi. 

Sangat mudah kan bila menggunakan BeeAccounting, Bila Anda kebutuhan anda hanya ingin POS dan seputar transaksi saja Anda cocok mencoba Bee Lite. Dan bila Anda membutuhkan hingga akuntansi bisa Bee Gold. Download trialnya disini. Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda