Home / Blog / Prosedur Pelayanan di Restoran Yang Baik Dan Benar

Prosedur Pelayanan di Restoran Yang Baik Dan Benar

Setiap restoran manapun pastinya menginginkan memiliki pelanggan setia yang selalu datang kembali ke tempat tersebut. Hal ini tentunya tidak lepas untuk memiliki progres pendapatan yang baik dari waktu ke waktu. Sayangnya, untuk bisa memiliki pelanggan setia maka sebuah restoran haruslah memiliki beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi.

Dari sekian banyak persyaratan tersebut, ada satu hal paling mutlak untuk bisa dimiliki yakni prosedur pelayanan di restoran yang baik. Dengan memiliki prosedur pelayanan restoran yang baik maka restoran tersebut telah memiliki sebuah modal untuk memikat hati para pelanggannya. Berikut ini prosedur pelayanan di restoran yang paling dianjurkan.

1. Memberikan Salam (Greeting)

Prosedur pertama yang dimiliki oleh setiap restoran adalah memberikan salam pada setiap pelanggannya. Hal ini tentunya dilakukan untuk memberikan kesan ramah sekaligus membuat pelanggan merasa dihargai karena berada di sana. Sesuatu yang pastinya membuat mereka tidak ragu untuk nantinya kembali lagi.

2. Menempatkan Tamu (Seating the Guest)

Hal berikutnya yang mesti dilakukan adalah menempatkan tamu pada tempat duduk yang masih kosong atau tempat duduk yang sudah mereka pesan. Hal ini selain akan memberikan penghormatan pada para tamu juga akan membuat proses pelayanan bisa cepat dilakukan.

3. Memberikan Buku Menu (Presenting the Menu Book)

Setelah tamu di restoran berada di tempat duduk mereka maka hal berikutnya yang semestinya dilakukan adalah memberikan buku menu. Pemberian buku menu ini juga sebagai tanda bahwa restoran telah siap untuk melayani tamu.

4. Mencatat Pesanan

Pencatatan pesanan juga harus dilakukan secara benar dan juga teliti. Hal ini tentunya tidak lepas karena berhubungan dengan kepuasaan konsumen. Jangan sampai terjadi pesanan tidak sesuai dengan apa yang dipesan maupun apa yang diharapkan oleh konsumen. Berangkat dari hal inilah, setiap pelayanan yang mencatat pesan diharap sigap dan juga teliti dalam mendengarkan setiap keinginan konsumen.

5. Menyajikan Makanan dan Minuman (Serving Food and Beverage)

Setelah pesanan disiapkan maka segeralah sajikan pada pelanggan. Penyajian makanan maupun minuman ini juga janganlah sembarangan. Perhatikan etika dan juga kesopanan. Jangan sampai karena ingin mengejar waktu untuk bisa memburu pesanan lainnya maka pesanan yang sudah ada di depan mata diabaikan begitu saja.

Layanilah setiap pelanggan dengan cara yang paling terbaik. Terutama dalam menyajikan makanan dan minuman di atas meja mereka. Hindarilah cara sembrono dan tergesa-gesa karena hal itu akan membuat tamu menjadi sangat tidak nyaman.

6. Melakukan Pembayaran (Billing System)

Proses pembayaran yang dilakukan oleh para tamu juga harus diperhatikan dengan seksama. Jangan ragu untuk menghitung kembali berapa persisnya harga yang harus dikeluarkan oleh tamu. Kesalahan dan kekeliruan pada tahap ini akan membuat tamua atau pelanggan menganggap restoran Anda kurang profesional.

Sesuatu yang tentunya tidak ingin dirasakan. Memberikan pelayanan pembayaran yang cepat dan tepat pastinya akan memberikan nilai plus tersendiri bagi setiap tamu yang datang.

7. Mengucapkan Terima Kasih (Thank You)

Meskipun restoran telah memberikan pelayanan terbaiknya, jangan pernah sungkan untuk mengucapkan kata “Maaf” ataupun “Terima kasih”. Hal yang sama juga berlaku ketika tamu sudah menyelesaikan makan dan proses pembayarannya. Jangan lupa untuk mengucapkan kata “Terima kasih” pada setiap tamu yang sudah datang.

Hal tersebut tentunya sebagai bentuk penghargaan kepada mereka karena telah menyediakan waktu, tenaga maupun uang untuk berada di restoran Anda. Sesuatu yang pastinya akan membuat tamu menjadi merasa dihargai.

8. Membersihkan Meja (Clear up)

Proses terakhir untuk menutup semuanya adalah membersihkan kembali meja yang telah digunakan tamu sebelumnya. Hal ini berguna untuk membuat kesan rapi pada restoran sekaligus membuat tamu yang datang berikutnya tidak segan untuk duduk di meja tersebut.

Apabila setiap prosedur pelayanan restoran tersebut dilakukan secara tepat pastinya akan membuat para tamu yang datang merasa dihargai dan juga betah. Kombinasi yang pastinya akan membuat mereka tidak ragu untuk kembali lagi mengunjungi restoran Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi pelanggan setia.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.