Home / Blog / Program Keuangan Gratis Solusi Problem Stok

Program Keuangan Gratis Solusi Problem Stok

Program keuangan gratis banyak dicari belakangan ini, entah karena tipikal orang Indonesia yang senang dengan barang gratisan atau promosi dari salah satu vendor developer software akuntansi yang mujarab, tapi sayapun ikut “termakan” promo ini. “nothing to lose” pikir saya, apalagi kalau nanti bermanfaat khan malah untung, dan ternyata setelah menggunakan, program ini sungguh melebihi ekspektasi saya.

Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya di bulan agustus 2011 di saat low season penjualan perusahaan keputusan menggunakan program keuangan mulai diwacanakan. Karena momen sepi ini saya gunakan sebaik mungkin untuk mengevaluasi bersama tim dan membahas hal-hal apa yang perlu di-improve untuk memudahkan langkah setahun ke depan, khususnya saat menghadapi peak season yang akan hadir mulai bulan januari 2012. Langkah evaluasi tersebut dimulai dengan merunut berbagai problem di inventory yang diantaranya:

  1. Respon time sales mengetahui posisi stok masih lambat
  2. Banyak stok mati
  3. Kebocoran di stok dan keuangan
  4. Piutang macet menumpuk
  5. Laporan stok tidak update
  6. Banyak pengeluaran insidentil karena tidak ada budgeting

Berbekal 6 problem diatas, maka kami di kantor bersama-sama mencari solusi sederhana yang bisa diaplikasikan dengan biaya rendah. Ya, satu kata kunci adalah hemat biaya, karena dengan pengeluaran yang sudah banyak di periode sebelumnya tanpa adanya budgeting yang jelas, pengeluaran perusahaan sudah cukup besar sehingga jadi tantangan tersendiri untuk tetap survival dengan modal yang ada.

Maka wacana program keuangan gratis pun akhirnya muncul, dan karena gratis maka otomatis yang perlu diubah hanyalah cara kerja dan kemauan tim untuk mengimplementasi system keuangan dan akuntansi tersebut di tengah roda kerja perusahaan yang masih terbiasa dengan system komputerisasi manual menggunakan excel dan word.

Tentangan menggunakan software akuntansi pun banyak, khususnya dari pihak yang akan menggunakannya sehari-hari. Berbagai kendala disampaikan yang sepertinya masuk akal, mulai dari kekhawatiran respon time pelayanan makin lambat karena harus entry data, kalau terjadi error di accounting software nya maka data-data laporan keuangan bisa hilang sampai tentangan yang tidak masuk akal seperti kapok menggunakan program keuangan, “yang berbayar saja belum tentu beres apalagi yang gratis” pungkas salah satu tim.

Memang tidak mudah, debat memenuhi ruangan diskusi. Bersachet-sachet kopi pun laku keras menemani adu pendapat tentang penggunaan program akuntansi gratis. Tapi keinginan untuk lebih baik Alhamdulillah menjadi spirit utama dalam diskusi tim hari itu, sehingga keputusan bulat akhirnya dicapai. Bahwa menggunakan program keuangan gratis harus dicoba, mengeluh boleh, menentang juga boleh asalkan ada solusi lain yang lebih baik. “Kalau hanya keluhan dan tentangan tanpa solusi maka wajib untuk tidak didengarkan” tegas saya mengakhiri diskusi siang itu.

Manfaat memang tidak langsung dirasakan, begitu pula hasil dari solusi sederhana berbiaya rendah untuk mulai menggunakan software akuntansi gratis. Tapi 4 bulan berjalan dan saat peak season mulai datang, manfaat pun mulai terasa karena pihak sales ternyata jadi lebih cepat melayani kastemer karena hanya dalam hitungan belasan detik sudah tahu stok barang ready atau kosong, tingkat kebocoran stok drastis berkurang walaupun belum nol sama sekali tapi setidaknya angka dibawah 1% itu sudah masuk kategori bagus, belum lagi kondisi piutang macet yang sudah tidak ada lagi ini sangat menggembirakan pihak collection dan keuangan, hikmah dari semua ini saya rasakan salah satunya adalah manfaat dari menggunakan program keuangan gratis 🙂

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About beeaccounting

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.