Home / Blog / Piutang Mempengaruhi Nilai Investasi Anda
Piutang Mempengaruhi Besarnya Investasi Anda
Piutang Mempengaruhi Besarnya Investasi Anda

Piutang Mempengaruhi Nilai Investasi Anda

Mau tidak mau Anda harus mengakui, jika piutang merupakan hal yang seharusnya Anda hindari. Ya, meski itu bukan hal yang mudah. Dan jika Anda harus melakukan penjualan kredit banyak hal yang harus pertimbangkan, agar usaha Anda tetap bertahan dengan kerasnya badai persaingan dalam bisnis saat ini.

Karena besaran nilai investasi juga dipengaruhi oleh piutang. Oleh karena itu Anda harus benar-benar mengontrol piutang dengan benar. Berikut saya akan mencoba uraikan beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya investasi dalam piutang.

  • Volume penjualan kredit. Semakin besar volume penjualan kredit Anda makin besar pula investasi yang tertanam dalam Piutang. Oleh karena itu Anda harus memiliki batas maksimum penjualan kredit.
  • Syarat pembayaran (termin). Semakin lama masa kredit maka semakin besar invesatasinya Anda. Berikan termin pembayaran kepada klien maksimal 30 hari agar tidak terlalu mempegharui cash flow Anda.
  • Ketentuan tentang pembatasan kredit. Batasan kredit dapat berupa kuantitatif (plafon kredit, semakin besar plafon kredit perklien makin besar investasi yang diperlukan) dan kualitatif (selektif terhadap klien kredit, makin ketat seleksi yang Anda buat akan semakin memperkecil investasi dalam piutang).
  • Kebijakan pengumpulan piutang. Pengumpulan piutang dapat bersifat aktif (menggunakan debt collector) pengumpulan piutang lebih tepat waktu tetapi perlu tambahan biaya pengumpulan piutang, atau pasif yaitu keyakinan bahwa debitur menepati janji, maka resiko tertunggaknya piutang lebih besar.
  • Kebiasaan membayar dari para klien. Apabila sebagian besar pelanggan membayar pada masa diskon (termin 2/10;n/30), maka membutuhkan investasi lebih kecil, tetapi jika pelanggan membayar pada hari ke 30 atau bahkan menunggak, maka Anda perlu invstasi yg besar.

Berikut artikel mengenai “Piutang Mempengaruhi Besarnya Investasi Anda” Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada yang ingin Anda tanyakan atau mungkin akan memberikan saran. Anda dapat koment dibawah ini. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda