Home / Blog / Perencanaan Kelola Uang Saat Ramadan Untuk Pebisnis

Perencanaan Kelola Uang Saat Ramadan Untuk Pebisnis

Perencanaan adalah suatu hal yang tidak pernah bisa lepas dari kehidupan. Salah satu jenis perencanaan itu tidak lain dan tidak bukan adalah perencanaan keuangan.

Untuk menjalani hidup yang lebih nyaman dan terkendali, perencanaan keuangan yang matang  memang diperlukan, terlebih lagi pada saat-saat yang diliputi banyak kebutuhan seperti Ramadan atau yang dikenal dengan bulan puasa.

Bukan hanya siap dalam berpuasa dan menyambut bulan penuh suci ini, bagi para muslim, Anda juga perlu mempersiapkan perencanaan keuangan yang matang.

1. Perencanaan keuangan yang bisa Anda lakukan adalah mengenai pemasukan dan pengeluaran.

Perencanaan yang baik yaitu ketika jumlah pengeluaran Anda tidak melebihi jumlah pemasukan Anda. Untuk Anda yang merupakan pebisnis yang pemasukan utamanya adalah dari profit dan gaji, ada baiknya bagi Anda untuk mengatur pendapatan Anda sebaik mungkin. Buatlah sebuah perencanaan mengenai apa-apa saja yang harus diprioritaskan untuk dilakukan pertama, pastinya memberikan THR dan kebutuhan yang dibeli.

2. Mempersiapkan Bingkisan lebaran

Sebagai pelaku bisnis apa anda salah satu yang suka mengirimkan bingkisan atau kartu ucapan secara personal kenapa rekan bisnis Anda? itu bagus untuk memperat hubungan Anda dengan mitra bisnis. Meski sebagian instansi pemerintah sudah tidak memperbolehkan menerima bingkisan. Coba kirim kepada pihak swasta yang sangat berperan penting untuk jalannya bisnis Anda. Agar mereka tetap loyar kepada Anda. Gunakan jasa pengiriman parsel terpercaya yang dapat ada pilih untuk memberikan terbaik untuk rekan bisnis Anda di sini

3. Persiapkan Budgeting Buka Bersama

Bulan puasa  saatnya menjadi hubungan yang telah lama tak bertemu. Silaturahmi dalam bentuk Buka bersama sangat sering Anda temukan. Penting juga loh Anda juga mengajak staff Anda untuk buka bersama. Membuat meraka saling kompak dan menjaga kebersamaan dalam menjalankan bisnis anda.

3. Menggunakan Kartu Kredit

Anda juga bisa mencoba menggunakan kartu kredit atau KTA yang sudah banyak disediakan oleh perusahaan di bidang jasa keuangan di Indonesia. Untuk menghemat pengeluaran Anda bila terdapat promo-promo. Menggunakan kartu kredit bisa membantu Anda untuk membeli beberapa kebutuhan dengan mudah dan praktis, meskipun tentunya harus diiringi dengan pembatasan yang baik.

4.  Persiapan budget untuk mudik lebaran

Mudik lebaran juga sudah menjadi tradisi setiap tahun di bulan Ramadan. Mudik berarti pulang ke kampung halaman, pulang ke tempat asal entah itu tempat lahir atau tempat keluarga ketika menjelang lebaran agar bisa berkumpul bersama keluarga. Meskipun tidak semua orang memiliki kampung halaman dan melakukan mudik, setiap tahunnya jumlah warga yang mudik menunjukkan angka yang sangat tinggi. Pastikan karyawan Anda dan Anda memiliki asuransi yang dapat menjaga jika hal terburuk menimpah. Ini upaya Anda menjaga orang terkasih dan tidak akan membebani keuangan Anda bila hal itu terjadi.

5. Atur Semua dengan Perencanaan

Pastikan Anda telah merencanakan semua itu jauh-jauh hari. Tetap usahakan semua yang ada lakukan memperoleh manfaat dan amalan untuk segala Bisnis Anda. Jangan sampai yang Anda lakukan saat ramadhan menghabiskan kas bisnis Anda. Atur secara terkontrol dengan sistem pencatatan yang sesuai dengan bisnis Anda. Let’s #beefree

 

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda