Home / Blog / Pentingnya Pencatatan untuk Bisnis Restoran
Pentingnya Laporan Keuangan Bagi kelangsungan Bisnis Restoran Anda!
Pentingnya Laporan Keuangan Bagi kelangsungan Bisnis Restoran Anda!

Pentingnya Pencatatan untuk Bisnis Restoran

Bisnis kuliner saat ini semakin menjamur dimana-mana. Banyak restoran baru yang bermunculan membuat persaingan ketat. Banyak restoran yang berhasil bertahan, Namun banyak pula yang mengalami kegagalan. Faktor penyebabnya selain kualitas makanan yang merupakan hal terpenting, tetapi juga mengenai servis atau pelayanan yang diberikan.

Kunci dari sebuah bisnis sukses atau tidak itu adalah Keuntungan. Banyak pengusaha restoran yang tidak tahu bagaimana caranya keuntungan itu diperoleh (selanjutnya baca Cara Menghitung Keuntungan Bisnis Restoran). Mungkin sebagian dari Anda para pengusaha restoran berpikir bahwa selama masih bisa menutup biaya bulanan usaha dan biaya operasional restoran sudah dirasa cukup.

Cara berpikir seperti itu memang tidak salah. Namun, bila Anda memiliki impian yang lebih besar untuk bisnis restoran Anda. Anda harus merubah cara berpikir tersebut. Mulailah melakukan pengelolaan keuangan restoran Anda dengan baik dan tepat agar Anda mengetahui untung ruginya.

Menyusun pembukuan usaha restoran memang bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti menggunakan excel. tetapi cara tersebut membutuhkan proses pencatatan yang lama (karena dilakukan secara manual).  Berikut adalah kelengkapan pembukuan yang perlu Anda lakukan, antara lain :

1. Catatan Stock Barang

Anda harus mencatat keluar masuk barang untuk mengetahui secara jelas jumlah persediaan barang digudang. Selain itu juga, untuk mengetahui berapa jumlah barang yang terjual. Disini juga anda mencatat semua bahan baku yang dibutuhkan untuk sebuah porsi makanan. Dan melakukan perkiraan stock yang tersedia bisa untuk berapa porsi makanan.  

2. Pencatatan Pemasukan

Pencatatan setiap ada penjualan yang dilakukan oleh kasir. Buatlah tanda terima rangkap dua dan diberi nomer yang telah tercetak secara berurutan. Setiap Konsumen diberikan perincian tagihan waitres dan membayar dikasir. Setelah menutup toko atau pergantian shift, cocokkan antara nota dan uang yang ada. Pastikan faktur nota yang keluar lengkap dan berurutan.

3. Pencatatan Biaya-biaya/ Pegeluaran

Catat semua biaya yang dikeluarkan mulai dari biaya sehari-hari, mingguan, hingga bulanan. Dan Anda harus sertakan kwitansi atau bon pembelian ataupun pembayaran sebagi bukti tanda dikeluarkan uang. Buatlah catatan berbeda antara hutang yang sudah dibayarkan dan yang belum.

4 .Catatan Rugi/ Laba

Menghitung keuntungan atau kerugian yang diperoleh dalam usaha merupakan hal yang terpenting. Dengan ini Anda akan mengetahui apakah restoran Anda mengalami perkembangan, stagnan atau bahkan kemunduran.

Proses pencatatan yang tepat dapat membuat Anda mudah mengatur cara untuk mengembangkan usaha restoran Anda. Proses pencatatan tersebut dapat dilakukan secara lebih professional dengan tambahan pembukuan arus kas (cash flow), depreseasi aset, neraca rugi laba, dsb.

Jika proses pembukuan dilakukan secara displin dan rutin maka akan diperoleh data keuangan yang rapi. Membuat pembukuan secara manual tidak akan menyita waktu Anda, bisa dibayangkan jika restoran Anda semakin besar, tentunya hal ini akan mengganggu efektivitas usaha Anda.

Terlebih tidak ada seorang pun yang mampu menjamin keakuratan data tersebut. Mengingat transaksi yang dilakukan semakin banyak dan beragam. Ini juga membuka peluangan kebocoran bisnis restoran dari berbagai segi, stock, penjualan dll.

Ini mengapa komputerisasi diperlukan dalam mengelola bisnis restoran Anda. Dengan software data keuangan yang dihasilkan akan akurat. Selain efisiensi waktu dalam bekerja dengan menggunakan software palayanan restoran akan lebih baik dan cepat. Customer lebih puas dengan pelayanan restoran Anda dan juga mengurangi kebocoran stock. Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator