Home / Blog / Pentingnya Membuat Bisnis Plan agar Sukses Membangun Bisnis

Pentingnya Membuat Bisnis Plan agar Sukses Membangun Bisnis

Ketika saya diminta menjelaskan mengapa perencanaan bisnis sangat penting, Anda bisa mengutip Lewis Carroll, seorang pakar pemasaran dilansir dari entrepreneur.com. Dalam Petualangan Lewis Carroll, dia datang ke persimpangan jalan dan ada seseorang yang bertanya kepadanya:

“Maukah kamu memberitahuku, tolong, ke mana aku harus pergi dari sini?” tanya orang tersebut. “Itu sangat tergantung pada tempat yang Anda inginkan,” kata Lewis. “Aku tidak terlalu peduli di mana–” kata orang tersebut. “Maka tidak masalah ke mana Anda pergi,” kata Lewis.

Adegan ini merangkum dengan sempurna masalah yang bakal terjadi jika seseorang tidak memiliki tujuan dan rencana pasti. Tanpa rencana, bisnis pada dasarnya tidak memiliki kemudi, dan kegiatan sehari-hari cenderung serampangan dan reaktif, sangat kontras dengan bisnis yang menerapkan rencana bisnis yang dipikirkan dengan matang. Berikut ini merupakan daftar lima alasan utama pentingnya sebuah perusahaan membutuhkan bisnis plan agar sukses membangun bisnis.

  1. Bisnis plan untuk memetakan rencana bisnis masa depan

Sebuah rencana bisnis tidak hanya diperlukan untuk mengamankan pendanaan (modal) pada tahap awal, tetapi merupakan panduan penting untuk membantu Anda mengelola bisnis Anda secara lebih efektif. Dengan menerapkan pemikiran dan rencana bisnis Anda di atas kertas, Anda dapat memahami bisnis Anda dengan lebih baik dan juga memetakan tindakan khusus yang perlu diambil untuk meningkatkan bisnis Anda. Sebuah bisnis plan dapat merinci skenario masa depan alternatif dan menetapkan tujuan dan sasaran spesifik bersama dengan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan memahami bisnis plan dan potensi pasar yang ada, Anda akan sedikit lebih baik dalam merencanakan cara terbaik untuk memastikan kesuksesan jangka panjang Anda.

  1. Bisnis plan untuk mendukung pertumbuhan dan pendanaan yang aman

Sebagian besar bisnis menghadapi pilihan untuk mengambil keputusan dalam investasi jangka panjang. Seringkali, peluang bisnis tidak dapat didanai oleh arus kas saja, dan bisnis harus mencari pendanaan eksternal. Mengingat fakta bahwa pasar untuk pendanaan (investor) sangat kompetitif, semua calon pemberi pinjaman akan memerlukan akses ke Laporan Laba Rugi terbaru perusahaan, bersama dengan rencana bisnis terbaru mereka. Pada intinya, laporan keuangan membantu investor memahami masa lalu, sedangkan rencana bisnis (bisnis plan) akan membantu memberi mereka proyeksi bisnis di masa depan.

  1. Bisnis plan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan suatu tindakan bisnis (corporate action)

Rencana bisnis membantu perusahaan menilai peluang masa depan dan berkomitmen terhadap tindakan tertentu. Dengan melakukan rencana bisnis yang tertulis diatas kertas, semua opsi lain secara efektif terpinggirkan dan perusahaan sejajar untuk fokus pada kegiatan-kegiatan utama dalam bisnis plan tersebut. Rencana bisnis tersebut mampu membantu manajemen untuk memantau kemajuan bisnis termasuk menjadi panduan dalam mengambil tindakan bisnis (corporate action).

  1. Bisnis plan untuk membantu mengelola arus kas

Pengelolaan arus kas yang hati-hati merupakan persyaratan mendasar bagi semua bisnis. Alasannya cukup sederhana – banyak bisnis gagal, bukan karena mereka tidak menguntungkan, tetapi karena mereka akhirnya menjadi bangkrut (yaitu, tidak dapat membayar utang mereka saat jatuh tempo). Salah satu acuan bisnis pemula adalah titik impas — di mana pendapatan total sama dengan biaya total. Bisnis plan membantu mengatasi kondisi seperti ini.

  1. Bisnis plan untuk mendukung exit strategis yang tepat (misalnya jika ingin go publik)

Akhirnya, pada titik tertentu, pemilik perusahaan akan memutuskan sudah waktunya untuk berkembang lebih pesat lagi. Go publik atau akuisisi perusahaan lain bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Semua aksi korporasi tersebut membutuhkan bisnis plan yang tepat agar dapat membantu menginformasikan dan mengarahkan keputusan tersebut.

Dengan melihat banyaknya manfaat bisnis plan seperti tersebut diatas, perlu kiranya setiap perusahaan senantiasa membuat dan melakukan monitor bisnisnya berdasarkan plan yang sudah dibuat tersebut.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.